Contoh Soal Membandingkan Persamaan Isi Teks | AAS Bahasa Indonesia Kelas VI

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal membandingkan persamaan isi teks dilengkapi dengan kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 6 kurikulum merdeka. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar kumpulan contoh soal membandingkan persamaan isi teks dilengkapi dengan kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 6 kurikulum merdeka.

Contoh Soal Membandingkan Persamaan Isi Teks | AAS Bahasa Indonesia Kelas VI

Gambar: freepik.com

1. Cermati kedua teks berikut!

Teks 1

Udara segar mampu memaksimalkan kinerja otak karena asupan oksigen dalam tubuh terpenuhi. Apalagi udara segar pada pagi hari merupakan sumber oksigen yang baik. Jadi, biasakan bangun pagi hari. Tujuannya untuk memaksimalkan fungsi otak karena aliran oksigen ke otak menjadi lancar.

Teks 2

Gas ozon yang ada saat menjelang matahari terbit, ternyata baik untuk mencegah kerusakan paru-paru. Bukan hanya udaranya, melainkan juga cahaya matahari pada pagi hari penting untuk tubuh. Sinar matahari pagi kaya vitamin D yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Dengan memperoleh matahari pagi, kamu bisa mencegah terjadinya ' pengeroposan tulang.

Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 membahas manfaat cahaya matahari pagi;Teks 2 membahas manfaat olahraga.
B. Teks 1 membahas manfaat menghirup udara segar; Teks 2 membahas manfaat cahaya matahari pagi.
C. Teks 1 membahas manfaat sinar matahari; Teks 2 membahas manfaat makan.
D. Teks 1 membahas manfaat udara pagi hari; Teks 2 membahas panas matahari.

2. Bacalah dua teks berikut!

Teks 1

Bencana banjir sering terjadi pada musim penghujan. Bencana tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan manusia membuang sampah dialiran sungai. Ketika sampah menyumbat aliran sungai, terjadilah banjir, Banjir dapat menimbulkan korban jiwa.

Teks 2

Berita bencana tanah longsor sering terdengar akhir - akhir ini. Tanah longsor terjadi karena penggundulan hutan. Hutan gundul dikarenakan ulah manusia yang melakukan penebangan liar. Jika hal ini dibiarkan, bencana yang lebih besar mungkin akan terjadi.

Persamaan kedua teks adalah ....
A. Korban bencana
B. Penyebab bencana
C. Berita bencana
D. Musim penghujan

3. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks I

Sudah banyak orang membuktikan keampuhan dari daun jambu biji. Daun jambu biji dapat menyembuhkan penyakit diare secara alami. Anda dapat memberikan daun jambu biji kepada si kecil untuk dikonsumsi secara langsung. Caranya adalah ambillah pucuk daun jambu yang masih muda. Cucilah daun tersebut, lalu tumbuk hingga halus. Peraslah sampai mendapatkan 1 sendok makan dan beri sedikit garam. Resep obat tradisional ini dapat diberikan kepada si kecil.

Teks II

Bukan hanya buahnya saja yang kaya nutrisi, daun jambu juga bermanfaat untuk kesehatan. Daun pohon jambu biji kaya akan antioksidan, zat antiinflamasi, antibakteri, dan tanin yang dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan. Daun jambu biji dapat meringankan masalah pencernaan seperti diare. Untuk mendapatkan khasiat itu, daun jambu dapat diseduh menjadi teh.

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. Kandungan nutrisi yang terdapat pada daun jambu biji.
B. Teh daun jambu biji dapat meredakan penyakit diare.
C. Khasiat daun jambu biji untuk menyembuhkan penyakit diare.
D. Daun jambu biji adalah resep tradisional penyakit diare.

4. Bacalah dua teks berikut ini!

Teks 1

Banyak petani mengeluh. Hujan tak kunjung tiba. Sawah mereka kering tidak ada air sama sekali. Bahkan, tanah yang ditumbuhi tanaman padi itu sampai pecah-pecah.

Teks 2

Menunggu hujan tak kunjung tiba. Para petani berupaya untuk mencari air. Mereka bersepakat membuat sumur bor di sawah. Dengan mesin penyedot air, mereka mendapat air untuk mengairi sawah-sawahnya. Para petani pun merasa lega.

Perbedaan kedua teks tersebut adalah ....
A. teks 1 petani hanya mengeluh, sedangkan teks 2 petani mencari akal untuk mengatasi keadaan
B. teks 1 dan teks 2 sama-sama tentang petani yang mengalami kekurangan air
C. teks 1 mengalami kekeringan, sedangkan teks 2 tidak
D. teks 1 tentang petani, sedangkan teks 2 tentang sumur bor di sawah

5. Perhatikan teks berikut!

Teks 1

Liburan yang lalu, saya berlibur di rumah nenek. Di sana saya belajar menanam jagung di kebun nenek. Waktu saya mau pulang, tanaman jagung itu sudah tumbuh dengan subur. Saya senang sekali dan berpesan pada nenek agar menjaga dan merawat tanaman jagung yang saya tanam.

Teks 2

Sayang sekali jika liburan tidak diisi dengan hal-hal yang menyenangkan. Aku mengisi waktu liburanku dengan berkunjung ke rumah nenek. Rumah nenek berada di desa sehingga aku dapat melakukan kegiatan yang tidak dapat dilakukan di kota, misalnya bermain di sawah, menanam padi, mandi di sungai, dan lainnya.

Persamaan isi kedua teks di atas adalah ....
A. berlibur di rumah nenek
B. menanam jagung
C. mengisi waktu liburan bersama keluarga
D. main di sawah

6. Bacalah dua teks berikut!

Teks 1

Rafa mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah. Ia belajar secara rutin. Setiap hari ia memulai belajar pukul 19.00 WIB. la baru berhenti belajar saat jam menunjukkan pukul 21.30 WIB. Biasanya ia belajar bersama ibunya. Rafa sangat berharap dalam ujian nanti, ia lulus dengan nilai memuaskan sehingga bisa diterima di SMP favorit di kotanya.

Teks 2

Ridho, siswa kelas V. Dia termasuk anak yang tidak pandai. Meskipun begitu, ia tidak pernah merasa rendah diri. Ia selalu bertanya jika ada materi pelajaran yang belum dipahami. Setiap kali ada ulangan. ia berusaha sungguh-sungguh untuk mendapatkan nilai terbaik. Demikian juga pada kenaikan kelas nanti, ia berharap mendapatkan nilai memuaskan. Ridho juga ingin agar ibunya merasa bangga.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ....
A. Semangat belajar untuk mendapat nilai terbaik.
B. Kerja keras dalam belajar agar naik kelas.
C. Ketekunan dalam belajar agar lulus ujian.
D. Kasih sayang seorang anak tahadap ibunya

7. Perhatikan teks berikut!

Teks I

Meski banyak proyek perbaikan jalan dilakukan, jumlah jalan rusak di Surabaya masih cukup banyak. Bahkan, beberapa jalan utama yang baru saja diperbaiki, ternyata kini rusak lagi.

Teks 2

Saat ini jalur utama penghubung Anyer-Panarukan itu rusak parah. Kerusakan ini cukup mengejutkan. Sebenarnya jalur itu pernah mengalami kerusakan yang sama dan diperbaiki pertengahan 2018 silam. Namun kini kondisinya kembali rusak.

Persamaan tema kedua teks di atas adalah ....
A. perbaikan jalan utama
B. proyek perbaikan jalan
C. jalur utama jalan
D. kerusakan jalan

8. Perhatikan kedua teks di bawah ini !

Teks 1

Liburan yang lalu, saya berlibur di rumah nenek. Di sana saya belajar menanam jagung di kebun nenek. Waktu saya akan pulang, tanaman jagung itu sudah tumbuh dengan subur. Saya senang sekali dan berpesan pada nenek agar menjaga tanaman jagung saya.

Teks 2

Sayang sekali jika liburan tidak diisi dengan hal-hal yang menyenangkan. Aku mengisi liburan dengan berkunjung ke rumah nenek. Rumah nenek berada di desa sehingga aku dapat melakukan kegiatan yang tidak dapat dilakukan di kota, misalnya bermain di sawah, menanam padi, mandi di sungai, dan lainnya.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ....
A. Berlibur di rumah nenek
B. Menanam jagung
C. Liburan bersama keluarga
D. Main di sawah

9. Perhatikan teks berikut!

Teks I

Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok Utara tentu sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia. Gunung Rinjani yang mempunyai tinggi lebih dari 3.700 meter di atas permukaan laut (mdpl) adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan merupakan primadona wisata di Pulau Lombok.

Teks 2

Setiap tahunnya, jumlah pendaki Gunung Rinjani semakin banyak. Sebagian besar pendaki ini merupakan mahasiswa pencinta alam yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Hal yang paling sering mereka lakukan adalah memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di puncak Gunung Rinjani pada bulan Agustus.

Perbedaan isi dari kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 menceritakan ketinggian dan letak Gunung Rinjani, sedangkan teks 2 menceritakan pendaki Gunung Rinjani.
B. Teks 1 menjelaskan bahwa Gunung Rinjani adalah gunung yang paling banyak dikunjungi oleh pendaki, sedangkan teks 2 menjelaskan kegiatan di Gunung Rinjani.
C. Teks 1 menjelaskan persiapan mendaki Gunung Rinjani, sedangkan teks 2 menjelaskan pendaki Gunung Rinjani.
D. Teks 1 menceritakan pendaki Gunung Rinjani, sedangkan teks 1 menceritakan ketinggian dan letak Gunung Rinjani.

10. Perhatikan kedua teks di bawah ini!

Teks 1

Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui bidang pendidikan dewasa ini terus berkembang. Namun, perkembangan bidang pendidikan itu hanya terjadi di daerah perkotaan. Sementara itu, daerah pinggiran kota sering diabaikan bahkan tidak tersentuh. Sejumlah anggota masyarakat di Kabupaten Jayapura meminta agar layanan pendidikan di derah pinggiran lebih diperhatikan.

Teks 2

Kepala SMA Negeri 1 Batu Ketulis, Agus Rohman, mengharapkan adanya bantuan dari Pemerintah untuk perbaikan jalan yang melalui sekolahnya tersebut. Upaya ini dilakukan karena pada musim penghujan jalan semakin sulit dilalui. Pada musim penghujan jalan menjadi licin. Selain itu, ketika hujan turun dengan intensitas tinggi, dikhawatirkan akan terjadi longsor.

Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 membahas perkembangan pendidikan di daerah perkotaan dan pinggiran tidak merata. Sementara itu, teks 2 membicarakan harapan agar Pemerintah memperbaiki akses jalan menuju sekolah.
B. Teks 1 membahas pendidikan di daerah pinggiran yang sangat memprihatinkan. Sementara itu, teks 2 membahas Pemerintah akan memberikan bantuan untuk memperbaiki jalan menuju sekolah-sekolah.
C. Teks 1 membahas perkembangan pendidikan di daerah perkotaan lebih berkembang daripada di daerah pinggiran. Sementara itu, teks 2 membicarakan Pemerintah memperbaiki akses jalan.
D. Teks 1 membahas pihak sekolah mengharapkan Pemerintah lebih memperhatikan perkembangan pendidikan daerah pinggiran . Sementara itu, teks 2 membahas longsor yang terjadi di jalan menuju sekolah.

11. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1

Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta. Gudeg berbahan utama nangka muda yang dimasak dengan santan. Gudeg dimasak Hingga berjam-jam agar rasanya enak. Warna cokelat yang ada pada gudeg dihasilkan dari daun jati yang dimasak bersamaan bahan-bahan yang lain. Gudeg sangat disukai oleh banyak orang karena rasanya yang unik.

Teks 2

Ada orang yang bilang kalau ke Yogya tapi tidak membeli bakpia, maka ia belum ke Yogya. Bakpia adalah salah satu makanan khas Yogya yang sudah terkenal. Bakpia terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula yang dibalut dengan tepung. Adonan ini lalu dipanggang. Konon, dulu bakpia ini sangat populer di keluarga Tionghoa. Namun, seiring perkembangan ekonomi, bakpia kini sudah dapat dibeli di mana saja.

Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. jenis makanan yang diceritakan
B. makanan tradisional Yogyakarta
C. dua makanan tersebut tidak banyak dikenal orang
D. makanan khas dari Kota Yogyakarta

12. Perhatikan kedua teks di bawah ini!

Teks 1

KA Bandar Soekarno-Hatta beroperasi secara penuh pada 2 Januari 2018. Pengoperasian kereta ini sebagai upaya memudahkan akses masyarakat. Pengoperasian kereta ini juga bertujuan untuk meningkatkan mobilitas. Selain itu, alat transportasi ini bertujuan mengurangi kepadatan jalan baik dari maupun menuju bandara.

Teks 2

Kemenhub telah melaksanakan uji coba tahap akhir terkait operasional KA Bandara Soekarno-Hatta. Uji coba ini dilakukan guna menindaklanjuti instruksi Menteri Perhubungan beberapa waktu lalu. Setelah melalui serangkaian rapat koordinasi, disepakati bahwa KA Bandara Soekarno-Hatta beroperasi penuh pada tanggal 2 Januari 2018.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ....
A. Kedua teks tersebut membahas instruksi Menteri Perhubungan beberapa waktu lalu.
B. Kedua teks tersebut membahas upaya mengurangi kemacetan jalan di daerah Bandara.
C. Kedua teks tersebut membahas manfaat adanya KA Bandara Soekano-Hatta.
D. Kedua teks tersebut membahas jadwal beroperasinya KA Bandara Soekarno-Hatta.

13. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1

Pembalakan liar pohon jati di hutan lindung mengakibatkan hutan menjadi gundul dan terjadi banjir bandang. Banjir bandang yang menerjang wilayah kecamatan, menyadarkan masyarakat bahwa hutan perlu dilestarikan.

Teks 2

Masyarakat bergotong royong melakukan reboisasi di hutan yang gundul. Reboisasi dipimpin oleh kepala desa. Hutan tidak hanya ditanami pohon jati, tetapi juga tanaman berkayu lainnya, seperti mahoni, serta tanaman tumpang sari, seperti jagung dan singkong.

Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 menjelaskan akibat pembalakan liar, sedangkan teks 2 berisi penyelesaian masalah hutan gundul.
B. Teks 1 berisi penyebab masalah banjir bandang, sedangkan teks 2 menjelaskan jenis pencemaran lingkungan.
C. Teks 1 berisi cara pembalakan pohon jati yang benar, sedangkan teks 2 penanggulangan lingkungan yang rusak dengan reboisasi.
D. Teks 1 menjelaskan pencemaran lingkungan yang terjadi secara alami, sedangkan teks 2 menjelaskan tanaman berkayu.

14. Perhatikan kedua teks di bawah ini!

Teks 1

Air adalah unsur penting dalam kehidupan manusia. Manusia membutuhkan air bukan hanya untuk minum dan membersihkan badan, tetapi juga untuk kesehatan dan kekuatan tubuh.

Teks 2

Air merupakan bahan utama yang mengatur sistem tubuh. Tidak kurang dari 80 persen komponen tubuh terdiri dari air yang memegang peranan penting dalam metabolism, transportasi zat gizi, mengatur keseimbangan cairan dan garam mineral, melancarkan proses pencernaan, mengatur suhu tubuh, melindungi dan melumasi gerakan sendi dan otot.

Persamaan kedua teks di atas adalah ....
A. Membahas proses pencernaan dalam tubuh
B. Membahas air sehat dan tubuh yang kuat
C. Membahas manfaat air bagi tubuh
D. Membahas dampak buruk air bagi tubuh

15. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1

Bahasa Inggris ternyata sangat diperlukan di dunia kerja. Pada persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif ini, orang yang menguasai bahasa Inggris dengan baik lebih diutamakan daripada orang yang tidak menguasai bahasa Inggris. Oleh sebab itu, kita harus dapat menguasai bahasa Inggris.

Teks II

Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang banyak dipelajari. Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang paling banyak dituturkan di dunia. Hal ini disebabkan oleh perkembangan ekonomi Tiongkok yang pesat sehingga membuat banyak orang mempelajari bahasa Mandarin.

Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. membahas tentang asal muasal bahasa masing-masing
B. bahasa Inggris dan Mandarin merupakan dua bahasa yang berbeda
C. pentingnya menguasai bahasa asing
D. kita harus bersaing dengan menguasai bahasa asing

16. Bacalah kedua teks berikut!

Teks 1

Banyak petani di desa Suka Maju, yang resah jika musim kemarau panjang datang. Karena sebagian besar lahan pertanian mereka adalah sawah tadah hujan. Sehingga jika tidak ada hujan, sawah akan mengalami kekeringan dan tidak bisa ditanami. Akibatnya, para petani banyak yang menganggur.

Teks 2

Kelangkaan air yang terjadi akibat kemarau panjang membuat warga desa Kembang Arum menjadi resah. Sejumlah bendungan dan waduk yang menjadi sumber mata air kini airnya telah menyusut. Bahkan sudah banyak persawahan yang mengering.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ....
A. Kekeringan akibat kemarau panjang.
B. Bendungan dan waduk menjadi kering.
C. Para petani resah karena sawahnya terkena banjir.
D. Sekarang petani menjadi pengangguran.

17. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1

Malioboro adalah sebuah nama jalan yang membentang dari persimpangan rel kereta api Stasiun Tugu Yogyakarta di ujung utara hingga pertigaan pojokan Gedung Agung di ujung selatan. Malioboro adalah sebuah jalan legendaris yang menjadi ikon Kota Yogyakarta. Saat siang hari, ruas Jalan Malioboro dipadati kendaraan para pelancong. Selain itu, ada berbagai toko yang menjual berbagai macam kebutuhan pokok.

Teks II

Yogyakarta adalah kota yang tak pernah tidur. Salah satu napas yang terus membuatnya terjaga adalah gudeg. Penjualnya silih berganti menggelar dagangan dari dini hari hingga tengah malam. Kala fajar tiba dan matahari belum keluar dari cakrawala, Wijilan dan Barek sudah mulai menggeliat dengan aktivitas warga berburu gudeg untuk menu sarapan mereka. Para penjual di sentra gudeg ini akan terus setia melayani pelanggan hingga jam 8 atau 9 malam. Kita dapat dengan mudah menemukan penjaja makanan khas ini di Yogya.

Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. teks 1 tentang kawasan wisata Malioboro, teks 2 tentang cara pembuatan gudeg
B. teks 1 tentang kawasan wisata Malioboro, teks 2 tentang gudeg
C. teks 1 tentang tempat wisata di Yogyakarta, teks 2 tentang makanan khas Yogyakarta
D. teks 1 tentang tips berbelanja di Malioboro, teks 2 tentang makanan khas Yogyakarta

18. Perhatikan dua teks berikut!

Teks 1

Candi Ijo merupakan candi tertinggi di Yogyakarta. Candi Ijo terletak di ketinggian 375 meter di atas permukaan laut. Dari ketinggian tersebut, pengunjung dapat melihat keindahan panorama perbukitan. candi ini dinamakan candi Ijo karena dibangun di sebuah bukit yang dikenal dengan nama Bukit Hijau atau Gumuk Hijau.

Teks 2

Candi Ijo adalah candi tertinggi di Yogyakarta. Candi ini terletak di Bukit Ijo. Menurut perkiraan, candi Ijo dibangun sekitar abad ke-9 Masehi. Bangunan candi Ijo terdiri atas 17 struktur bangunan dan terbagi menjadi 11 teras berundak. Ragam relief yang dijumpai di candi Ijo menandakan candi ini termasuk peninggalan agama Hindu.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ....
A. Candi yang diperkirakan dibangun pada akhir ke 9 Masehi.
B. Pengunjung dapat menikmati panorama perbukitan dari candi Ijo
C. Candi Ijo merupakan candi tertinggi di Yogyakarta.
D. Candi Ijo merupakan candi penginggalan agama Hindu.

19. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1

Tari kecak merupakan salah satu kesenian dari Indonesia yang sangat populer. Bukan hanya di Indonesia, melainkan sudah sangat terkenal di dunia. Hal ini karena tari kecak sangat unik dan sulit ditemui di tempat lain.

Teks II

Masyarakat Indonesia tidak merasa asing lagi dengan kesenian tari kecak. Tidak hanya di dalam negeri, di luar negeri pun tari kecak juga terkenal. Tarian ini begitu mengesankan hingga pemerintah terus berusaha untuk melestarikan kesenian tari kecak ini.

Persamaan informasi pada kedua teks tersebut adalah ....
A. pemerintah Indonesia berusaha melestarikan kesenian tari kecak
B. tari kecak merupakan salah satu kesenian Indonesia yang sangat unik
C. kesenian tari kecak terkenal baik di dalam, maupun di luar negeri
D. kesenian tari kecak sulit ditemukan di tempat lain selain di Indonesia

20. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1

Harga telur disejumlah daerah dilaporkan meningkat dalam dua pekan terakhir. Di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat harga telur semula Rp. 19.000,00 naik menjadi Rp. 24.000,00 per kilogram. Kenaikan harga telur ini meroket seiring meningkatnya permintaan warga untuk peringatan Maulid Nabi.

Teks 2

Harga telur di sejumlah pasar tradisional di beberapa daerah naik drastis. Salah satunya di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Harga telur di Kabupaten Mamuju mengalami kenaikan dalam sepekan terakhir. Harga telur naik Rp. 8000,00 dari harga sebelumnya. Kenaikan harga telur disebabkan banyaknya permintaan masyarakat untuk perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 membahas peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, sedangkan teks 2 membahas kenaikan harga telur di beberapa daerah.
B. Teks 1 membahas kenaikan harga telur di Kabupaten Cianjur, sedangkan Teks 2 membahas kenaikan harga telur di Kabupaten Mamuju.
C. Teks 1 membahas harga telur selama sepekan menjelang menjelang peringatan Maulid Nabi, sedangkan teks 2 membahas harga telur usai peringatan Maulid Nabi.
D. Teks 1 membahas jumlah permintaan telur pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, sedangkan teks 2 membahas harga telur di pasar tradisional.

21. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks I

Beberapa hari terakhir, sejumlah wilayah Indonesia mengalami suhu udara yang sangat panas pada siang hari. Menurut hasil pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu udara maksimum bisa mencapai lebih dari 39 derajat Celsius. Cuaca panas terjadi karena sebagian besar wilayah Indonesia masih dalam kondisi kemarau, khususnya wilayah yang ada di selatan ekuator. Penyebab lain karena saat ini posisi gerak semu matahari berada tepat di atas Indonesia (sekitar ekuator).

Teks II

Cuaca panas kali ini disebabkan oleh gerak semu matahari. Pada bulan September, matahari berada di sekitar wilayah Khatulistiwa dan sedang bergerak ke belahan bumi selatan. Pada Oktober, matahari akan berada di wilayah Indonesia bagian selatan, yakni Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan sebagainya. Gerak semu matahari ini menyebabkan wilayah selatan Indonesia menerima banyak radiasi matahari sehingga menjadi lebih panas.

Persamaan kedua isi bacaan tersebut adalah ....
A. membahas fenomena gerak semu matahari
B. membahas dampak cuaca panas di Indonesia
C. membahas kemarau panjang di Indonesia
D. membahas penyebab cuaca panas di Indonesia

22. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks I

Pemerintah telah resmi menaikkan iuran peserta BPJS Kesehatan. Kenaikan iuran tersebut akan dimulai awal tahun 2020. Langkah itu diambil untuk mengatasi permasalahan kekurangan keuangan BPJS Kesehatan. Dengan upaya tersebut, Pemerintah berharap tidak perlu lagi menyuntikkan dana ke BPJS Kesehatan.

Teks II

Presiden Jokowi meresmikan kenaikan iuran BPJS Kesehatan pada awal tahun 2020. Kenaikan iuran tersebut sebesar seratus persen. Penjelasan tersebut terangkum dalam Pasal 34 Perpres Nomor 75 Tahun 2019. Kenaikan iuran tersebut berlaku bagi Pekerja Bukan Penerima Upah dan peserta bukan pekerja.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ....
A. Kenaikan iuran BPJS Kesehatan berlaku bagi peserta bukan pekerja.
B. Iuran BPJS Kesehatan resmi mengalami kenaikan pada awal tahun 2020.
C. Kenaikan iuran BPJS Kesehatan tahun 2020 sebesar seratus persen.
D. Kenaikan iuran BPJS Kesehatan bertujuan mengatasi kekurangan keuangan.

23. Cermati kedua teks berikut!

Teks I

Angin kencang melanda kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Peristiwa tersebut terjadi sejak Minggu, 20 Oktober 2019. Peristiwa tersebut menyebabkan pohon-pohon tumbang dan sejumlah fasilitas di tempat wisata rusak. Selain itu, akses jalan menuju Kawah Sikidang tertutup pohon yang melintang di jalan.

Teks II

Angin kencang terjadi di Kecamatan .Pangalengan, Kabupaten Bandung. Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu, 20 Oktober 2019. Peristiwa tersebut menyebabkan ribuan rumah warga rusak dan ratusan pohon tumbang. Selain itu, aliran listrik padam karena ada jaringan yang terganggu.

Perbedaan kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks I membahas peristiwa angin kencang di kawasan Dataran Tinggi Dieng, sedangkan Teks II membahas peristiwa angin kencang di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.
B. Teks I membahas kerusakan rumah yang dialami warga di kawasan Dataran Tinggi Dieng, sedangkan Teks II membahas pohon tumbang akibat angin kencang di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.
C. Teks I membahas kerusakan rumah warga di kawasan Dataran tinggi Dieng, sedangkan Teks II membahas akses jalan di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung terputus karena tertutup pohon tumbang.
D. Teks I membahas aliran listrik padam karena angin kencang di kawasan Dataran Tinggi Dieng, sedangkan Teks II membahas kerusakan fasilitas tempat wisata di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.