Kumpulan 20+ Contoh Soal Essay (Uraian) Teks Laporan Percobaan Bahasa Indonesia Kelas IX

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal Essay (Uraian) materi teks laporan percobaan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX revisi Kurikulum 2013. Harapannya, contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal Essay (Uraian) materi teks laporan percobaan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia.

Kumpulan 20+ Contoh Soal Essay (Uraian) Teks Laporan Percobaan Bahasa Indonesia Kelas IX

Gambar: freepik.com

1. Tuliskan contoh pernyataan umum dalam teks laporan percobaan!
Jawaban:
Planet venus merupakan planet kedua setelah planet Merkurius yang memiliki jarak terdekat dengan matahari.
 
2. Tuliskan pengertian teks laporan percobaan
Jawaban:
Teks laporan percobaan atau eksperimen  adalah teks yang berisi paparan data secara terperinci hasil praktik, pengamatan, dan penelitian yang ditulis berdasarkan percobaan data setelah pengamat selesai melakukan percobaan atau penelitian.
 
3. Tuliskan tiga bagian pendahuluan dalam teks laporan percobaan dan berikan contohnya.
Jawaban:
1) Latar Belakang
Untuk tetap bertahan hidup, makhluk hidup memerlukan makanan sebagai sumber energi. Makanan merupakan kebutuhan kita sehari-hari dan kebutuhan mutlak yang wajib dipenuhi bagi setiap makhluk hidup. Makanan yang kita konsumsi setiap hari merupakan zat gizi utama bagi tubuh. Zat gizi (nutrisi) adalah substansi-substansi di dalam makanan yang menyediakan energi dan material untuk perkembangan, pertumbuhan, dan perbaikan sel tubuh.
 
Makanan yang masuk ke tubuh kita akan diproses melalui sistem pencernaan yang dipecah menjadi molekul sederhana melalui dua cara, yaitu secara mekanis dan kimiawi. Cara mekanis melibatkan pergerakan otot, misalnya melalui mulut (gigi) dan gerak paristaltik. Cara kimiawi dilakukan oleh enzim pencernaan dan diproses di dalam mulut dan lambung.
 
Sebelum makanan dikonsumsi untuk selanjutnya dapat dicerna oleh tubuh, sebaiknya perlu diperhatikan zat gizi (nutrisi) yang terkandung di dalamnya. Akan tetapi, kebanyakan orang memang tidak terlalu memperhatikan hal tersebut sehingga saat manusia makan, mereka melupakan nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya. Dalam kehidupan sehari-hari, beberapa orang hanya mengonsumsi karbohidrat tanpa protein, glukosa, dan makanan lainnya yang menjadi sumber zat gizi (nutrisi). Hal tersebut bisa terjadi karena kebanyakan dari mereka tidak mengetahui pasti bahan makanan apa saja yang mengandung zat gizi (nutrisi) yang diperlukan oleh tubuh mereka. 
 
Berkaitan dengan hal tersebut, perlu diadakan praktikum untuk mengetahui kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa dalam berbagai bahan makanan.
2) Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah dalam laporan ini adalah bagaimana menguji kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa dalam berbagai bahan makanan?
3) Tujuan
Laporan ini bertujuan mengetahui kandungan karbohidrat, protein, lemak, dan glukosa dalam berbagai bahan makanan.
 
4. Tuliskan contoh paragraf bagian pembahasan pada teks laporan percobaan!
Jawaban:
Hasil percobaan sebagaimana terlihat pada Tabel Hasil Uji Bahan Makanan menunjukkan bahwa nasi merupakan salah satu contoh bahan makanan yang mengandung karbohidrat. Hal itu terbukti setelah diberi tetesan lugol, ekstrak nasi berubah warna menjadi biru tua. Begitu juga pada kentang dan roti yang mengalami perubahan warna yang sama seperti nasi setelah diberi tetesan lugol.
Sementara itu, tahu dan telur yang diberi tetesan biuret mengalami perubahan warna menjadi ungu. Hal ini menunjukkan bahwa tahu dan telur merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung protein.
Lain halnya dengan avokad, minyak, dan mentega yang merupakan bahan makanan yang mengandung lemak. Hasil percobaan menunjukkan bahwa kertas buram yang diolesi bahan makanan akan tampak transparan.
Pada percobaan yang dilakukan pada gula dan permen, ekstrak gula dan permen yang sudah diberi tetesan fehling A dan B atau benedict kemudian dipanaskan akan mengalami perubahan warna menjadi merah bata. Hal tersebut membuktikan bahwa gula dan permen merupakan glukosa.
 
5. Apa yang di maksud dengan judul dalam teks laporan percobaan.
Jawaban:
Judul laporan percobaan adalah cerminan dari objek percobaan. Judul laporan percobaan dirumuskan dalam bentuk kalimat singkat, padat, komunikatif, dan jelas. Judul harus objektif dan sesuai dengan masalah yang diteliti.
 
6. Tuliskan contoh paragraf simpulan dalam teks laporan percobaan.
Jawaban:
Berdasarkan hasil percobaan, dapat dirumuskan simpulan sebagai berikut.
Nasi, roti, dan kentang mengandung karbohidrat karena hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak nasi, roti, dan kentang yang ditetesi lugol berubah warna menjadi biru tua.
Mentega, avokad, dan minyak mengandung lemak karena saat dioleskan ke kertas buram, kertas tersebut berubah menjadi transparan.
Permen dan gula mengandung glukosa karena pada saat pembakaran, ekstrak permen dan gula yang sudah ditambahkan benedict atau fehling A dan B berubah warna menjadi merah bata.
Putih telur dan tahu terbukti mengandung protein karena hasil uji laboratorium menunjukkan perubahan warna pada ekstrak putih telur dan tahu pada saat ditetesi biuret.
 
7. Tuliskan contoh penulisan daftar pustaka pada laporan percobaan
Jawaban:
Atkins, P. W. 1991. Physical Chemistry. UK: Oxford University Press.
Bendict, S. R. 1909. A Reagent For the Detection Of Reducing Sugars. Berlin: J. Biol. Chem.
Chang, Raymond. 1998. Chemistry 6th ed. Boston: James M. Smith.
Clayden, J., et al. 2020. Organic Chemistry.  UK: Oxford University Press.
Pauling, L. General Chemistry, Dover Publications.
Simoni, Robert D., Robert L. Hill, dan Martha Vaughan. 2020. Benedict's Solution, a Reagent for Measuring Reducing Sugars: the Clinical Chemistry of Stanley R. Benedict. Berlin:J. Biol. Chem
 
8. Tuliskan langkah-langkah menyimpulkan teks laporan percobaan.
Jawaban:
Bacalah dengan saksama laporan percobaan tersebut.
Catat setiap informasi yang terdapat dalam laporan percobaan tersebut.
Berdasarkan informasi tersebut, simpulkan informasi dari laporan percobaan tersebut.
Pilihlah kosakata baku dan susun dengan gaya kalimat kalian sendiri.
 
9. Tuliskan tujuh struktur teks laporan percobaan1
Jawaban:
1) Judul
2) Pendahuluan
a. Latar belakang
b. Rumusan masalah
c. Tujuan
3) Landasan Teori/Kajian Pustaka
4) Metode penelitian
a. Alat dan bahan
b. Prosedur kerja
5) Hasil dan Pembahasan
6) Simpulan
7) Daftar Pusaka
 
10. Tuliskan dan jelaskan kaidah kebahasaan teks laporan percobaan.
Jawaban:
1) Menggunakan sinonim dan antonim
Pada teks laporan percobaan, biasanya terdapat kata yang bersinonim atau bahkan berantonim. Biasanya, kata-kata ini terdapat pada bagian langkah-langkah percobaan.
2) Menggunakan kata bilangan
Pada teks laporan percobaan, akan ditemukan kata bilangan yang menunjukkan jumlah bahan yang digunakan dalam percobaan.
3) Menggunakan kalimat perintah
Pada teks laporan percobaan, terdapat kalimat perintah seperti sebaiknya, hindari, campurkan, satukan, aduklah, lilitkan, dan lainnya.
4) Menggunakan kata hubung
Pada teks laporan percobaan, akan ditemukan kata hubung dan, tetapi, apabila, saat, jika, sehingga, meskipun, dan lainnya.
 
11. Tuliskan empat ciri bahasa teks laporan percobaan.
Jawaban:
Banyak menggunakan kalimat kompleks, yaitu kalimat yang terdiri atas 2 struktur atau lebih dengan 2 verba atau lebih.
Banyak menggunakan kata penghubung, yaitu kata atau ungkapan penghubung antarkata, antarfrasa, antarklausa, dan antarkalimat.
Banyak menggunakan kata rujukan, yaitu kata yang merujuk pada kata lain yang telah diungkapkan sebelumnya.
Banyak menggunakan istilah teknis, yaitu istilah keilmuan yang digunakan dalam bidang tertentu.
 
12. Tuliskan dan jelaskan bentuk teks laporan percobaan.
Jawaban:
Setidaknya terdapat tiga model laporan percobaan yang dapat disusun, berikut adalah penjelasannya.
1) Model laporan percobaan makalah
Model ini disusun dengan menggunakan sistematika makalah, artinya dua struktur utama dari laporan percobaan akan disampaikan melalui: a) Tujuan, b) Kajian Teori, c) Alat dan Bahan, d) Prosedur/Cara Kerja, e) Hasil Pengamatan, f) Pembahasan, g) Simpulan, h) Daftar Pustaka.
2) Model laporan percobaan sederhana
Model ini hanya akan menggunakan dua struktur utama dari laporan observasi, yakni pernyataan umum, dan uraian. Uraian sendiri akan terbari menjadi masing-masing bagian yang diuraikan, misalnya untuk percobaan binatang: a) Penampilan, b) Kebiasaan Makan, c) Kapasitas, d) Perkembangbiakan.
3) Model laporan percobaan pengembangan (pembuatan)
Seperti contoh yang telah diuraikan di atas, laporan percobaan juga dapat disusun melalui model pembuatan suatu benda sebagai kegiatan percobaan. Model ini akan melibatkan struktur: a) tujuan, b) alat dan bahan, c) langkah-langkah, d) hasil, e) simpulan.
 
13. Tuliskan tiga contoh kalimat kompleks dalam ciri kebahasaan teks laporan percobaan.
Jawaban:
Makanan merupakan kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan mutlak yang wajib dipenuhi bagi setiap makhluk hidup.
Makanan yang kita konsumsi setiap hari merupakan zat gizi utama bagi tubuh.
Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan diproses melalui sistem pencernaan yang dipecah menjadi molekul sederhana melalui dua cara, yaitu mekanis dan kimiawi.
 
14. Tuliskan ciri-ciri teks laporan percobaan.
Jawaban:
1) Objektif
Objektif artinya informasi disampaikan berdasarkan hal yang diperoleh melalui percobaan. Jika suatu percobaan menduga A akan memberikan dampak yang baik, namun hasil percobaan ternyata menghasilkan dampak yang buruk, maka laporan percobaan akan tetap menyampaikan bahwa percobaan tersebut gagal (tidak ditutup-tutupi).
2) Fakta
Fakta berarti tidak berdasarkan dugaan yang belum terbukti. Misalnya, laporan percobaan tidak akan mengatakan bahwa “kandungan vitamin C dalam buah jeruk sangat tinggi” tapi akan menyebutkan “kandungan vitamin C dalam buah jeruk berukuran 60 gram adalah sebanyak 100 mg”. Karena percobaan telah dilakukan dan membuktikan serta mengukur kandungan vitamin C dalam buah jeruk.
3) Komprehensif
Komprehensif (Lengkap)adalah laporan percobaan akan menguraikan bagian perbagian secara lengkap dan masing-masing bagian dijelaskan secara detail, tidak hanya gambaran umumnya saja.
 
15. Tuliskan tiga contoh penggunaan kata penghubung dalam teks laporan percobaan.
Jawaban:
  • Cara kimiawi dilakukan oleh enzim pencernaan dan diproses di dalam mulut dan lambung.
  • Sebelum makanan tersebut dikonsumsi untuk selanjutnya dapat dicerna oleh tubuh, sebaiknya perlu diperhatikan zat gizi (nutrisi) yang terkandung di dalamnya.
  • Hal tersebut bisa terjadi karena kebanyakan dari mereka tidak mengetahui pasti bahan makanan apa saja yang mengandung zat gizi (nutrisi) yang diperlukan oleh tubuh mereka.
16. Tuliskan tiga contoh kalimat yang menggunakan istilah teknis dalam teks laporan percobaan.
Jawaban:
  • Cara kimiawi dilakukan oleh enzim pencernaan dan diproses di dalam mulut dan lambung.
  • Sebelum makanan tersebut dikonsumsi untuk selanjutnya dapat dicerna oleh tubuh, sebaiknya perlu diperhatikan zat gizi (nutrisi) yang terkandung di dalamnya.
  • Hal tersebut bisa terjadi karena kebanyakan dari mereka tidak mengetahui pasti bahan makanan apa saja yang mengandung zat gizi (nutrisi) yang diperlukan oleh tubuh mereka.
17. Tuliskan tujuan dari teks laporan percobaan.
Jawaban:
Teks laporan percobaan memiliki tujuan utama untuk menyampaikan hasil percobaan dengan apa adanya. Mengapa? Berikut adalah beberapa tujuan dan fungsi dari teks laporan percobaan secara umumnya.
  • Mencari dan menemukan teknik atau cara baru yang belum pernah digunakan sebelumnya untuk menyelesaikan suatu permasalahan tertentu yang inovatif.
  • Memberikan pertimbangan terhadap langkah yang akan diambil untuk mengambil keputusan terhadap suatu permasalahan. Melalui percobaan, permasalahan tersebut akan lebih “terlihat” sehingga lebih mudah untuk membuat keputusan berdasarkan fakta objektif yang telah terbukti melalui percobaan.
  • Laporan percobaan dapat menambah pengetahuan mengenai suatu hal, sehingga bisa memberikan pilihan atau alternatif solusi lain yang bisa digunakan.
  • Mencari tahu mengenai perkembangan masalah tertentu yang perlu diujicobakan kembali. Misalnya apakah baterai zaman sekarang sama dengan beberapa dekade silam? Bisa jadi telah berubah dan terdapat hal yang harus disesuaikan dalam menyikapi baterai oleh masyarakat.
  • Mengawasi dan memperbaiki suatu hal dengan lebih efisien dan baik berkat hasil percobaan yang lagi-lagi memberikan uraian detail mengenai apa yang terjadi jika suatu kegiatan dicoba terhadap suatu hal.
18. Tuliskan tiga langkah dalam menyusun teks laporan percobaan.
Jawaban:
Kumpulkan data yang dicatat berdasarkan kegiatan percobaan.
Kembangkan data percobaan dengan menggunakan kaidah struktur teks dengan bahasa sesuai dengan karakteristik teks rekaman percobaan.
Gunakan kalimat kompleks, kata hubung, kata rujukan, dan berbagai istilah teknis untuk mengembangkan data menjadi sebuah teks rekaman percobaan yang utuh dan lengkap
 
19. Tuliskan contoh bagian langkah-langkah dalam teks laporan percobaan.
Jawaban:
Pertama, percobaan dimulai dengan menghubungkan dua kabel pada bohlam. Cara yang digunakan adalah dengan mengelupas sebagian ujung kabel sehingga bagian logamnya tampak lalu direkatkan pada bohlam dengan menggunakan selotip.
Selanjutnya kedua sisa ujung kabel yang telah direkatkan ke lampu ditempelkan pada baterai. Ketika hal tersebut dilakukan lampu menyala. Artinya, kabel dapat menghantarkan listrik dari baterai ke lampu bohlam.
Kemudian, tahap di atas diulangi lagi, hanya saja kali ini tidak menggunakan kabel. Percobaan dilaksanakan dengan menggunakan tali plastik. Ternyata dengan menggunakan tali plastik lampu bohlam tidak menyala.
 
20. Tuliskan bagian simpulan dalam teks laporan percobaan.
Jawaban:
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kabel dapat mengantarkan arus listrik. Sementara itu,  tali plastik tidak dapat menghantarkan arus listrik.