Kumpulan 20+ Contoh Soal Essay Teks Pidato Persuasif Bahasa Indonesia Kelas IX

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal Essay materi teks pidato persuasif dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX revisi terbaru K13. Harapannya, contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal Essay materi teks pidato persuasif dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX revisi .

Kumpulan 20+ Contoh Soal Essay Teks Pidato Persuasif Bahasa Indonesia Kelas IX

Gambar: pixabay.com

1. Tuliskan pengertian teks pidato persuasif!
Jawaban:
Pidato persuasif merupakan pidato yang berusaha untuk membujuk secara halus atau mengajak pendengar dengan menyampaikan pendapat, gagasan, dan alasan yang jelas, masuk akal, dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

2. Tuliskan empat langkah-langkah menyimpulkan teks pidato persuasif.
Jawaban:
1) Mendengarkan (menyimak) isi pidato persuasif
2) Menentukan topik pidato persuasif
3) Mencatat butir-butir penting dalam pidato persuasif
4) Menyimpulkan gagasan, pandangan atau pesan dalam pidato persuasif.
 
3. Tuliskan jenis pembukaan dalam teks pidato dan jelaskan!
Jawaban:
Pembukaan teks pidato persuasif terdiri atas 3 bagian, yaitu salam pembuka, ucapan penghormatan, dan juga ucapan syukur.
1) Salam pembuka disesuaikan dengan situasi (waktu) dan latar belakang pendengar (audiens) yang hadir. Kamu bisa menggunakan salam pembuka, seperti selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam tergantung situasi (waktu) dan latar belakang pendengar.
2) Ucapan (sapaan) penghormatan dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan orator kepada pendengar. Dari sisi etika, pendengar yang memiliki tingkatan sosial atau usia yang lebih tinggi diberikan ucapan (sapaan) penghormatan lebih dahulu.
3) Ucapan rasa syukur merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan atas semua anugerah yang telah dilimpahkan kepada hamba-Nya.

4. Tuliskan pengertian isi dalam struktur teks pidato dan jelaskan!
Jawaban:
Isi merupakan bagian inti pidato. Pendapat, gagasan, alasan, berbagai data pendukung, dan pesan berupa imbauan atau ajakan disampaikan orator pada bagian ini. Orator menjelaskan secara terperinci tentang hal-hal yang terkait dengan pendapat, gagasan, atau pesan yang ingin disampaikan.

5. Tuliskan pengertian penutup dalam teks pidato dan jelaskan.
Jawaban:
Penutup Pidato merupakan bagian akhir sebuah pidato. Dalam pidato persuasif, bagian penutup berisi hal-hal berikut ini.
- Harapan agar gagasan dan pesan yang disampaikan bermanfaat bagi pendengar.
- Permohonan maaf kepada pendengar jika ada kesalahan dan kukhilafan.
- Ucapan terima kasih kepada pendengar.
- Salam penutup.
 
6. Tuliskan enam ciri kebahasaan teks pidato persuasif dan jelaskan!
Jawaban:
1) Menggunakan kalimat aktif. Teks pidato mengunakan kalimat aktif yaitu kalimat yang subjeknya aktif melakukan kegiatan atau aktivitas.
2) Menggunakan kata tugas. Teks pidato menggunakan kata tugas yaitu sejenis kategori kata dalam tata bahasa Indonesia yang terdiri atas kata depan,kata sambung ,kata sandang,atau kata seru.
3) Kosa kata emotif. Kosakata yang berhubungan dengan emosi (perasaan) yang bisa membuat pendengar tersentuh emosinya ketika menyimak atau membaca.   
4) Menggunakan kosa kata bidang ilmu(istilah). Teks pidato persuasif menggunakan kosa kata bidang ilmu (istilah)yaitu kosa kata yang lazim di gunakan dalam bidang keilmuan.
5) Menggunakan sinonim. Sinonim adalah satu kata dengan bentuk yang berbeda namun mempunyai arti yang mirip atau sama.
6. Mengunakan kata benda abstrak. Teks pidato persuasif abstrak yaitu kata yang sifatnya abstrak (tanpa wujud)karena tak bisa di tangkap panca indra.

7. Tuliskan 1 contoh penggunaan kata tugas dalam sebuah kalimat!
Jawaban:
Marilah kita jaga dan rawat bersama agar nilai kesetiakawanan sosial itu bisa terus tumbuh dan berkembang di tengah tantangan perubahan zaman yang tidak mungkin kita hindari.
Ket:
- Kata tugas preposisi: di
- Kata tugas konjungsi: dan, agar, dan itu
- Kata tugas/kata sandang: yang

8. Tuliskan 5 langkah-langkah dalam menyusun teks pidato persuasif.
Jawaban:
1) Memilih dan menentukan topik yang akan di tulis, usahakan kamu memilih dan menentukan topik yang benar-benar kamu kuasai agar kamu tidak kehabisan bahan utama mengembangkannya menjadi sebuah  teks yang utuh
2) Menentukan tujuan pidato persuasif, pidato persuasif memiliki tujuan menyampaikan pendapat, pandangan, gagasan, atau pesan dengan alasan yang kuat dan meyakinkan sehingga mampu memengaruhi, membujuk , atau mengajak pendengar sesuai dengan topik  dan isi pidato. Dengan tujuan yang jelas
3) Mengumpulkan data  untuk mendukung argumen (alasan). Data, baik berupa fakta, contoh , bukti , maupun pendapat pakar perlu di kumpulkan sebanyak- banyak nya agar teks pidato persuasif benar - benar dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya sehingga mampu memengaruhi, membujuk, atau mengajak pendengar dengan topik pidato
4) Menyusun kerangka pidato, setelah topik, tujuan, dan data, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menyusun kerangka pidato. Kerangka tulisan dimaksudkan sebagai acuan
5) Pengembangan ide sehingga tidak menyimpang dari kerangka yang telah di susun. Selain itu , hal tersebut juga di maksud kan agar teks pidato persuasif dapat tersusun secara runtut dan sistematis
Pembahasan dengan mengembangkan kerangka pidato, berdasarkan kerangka pidato yang telah di susun, kamu dapat mulai melangkah untuk mengembangkan nya menjadi teks pidato persuasif yang utuh dan lengkap
 
9. Tuliskan bagian-bagian pembukaan dalam teks pidato persuasif dan jelaskan ketiga bagian tersebut.
Jawaban:
1) Salam pembuka disesuaikan dengan situasi (waktu) dan latar belakang pendengar (audiens) yang hadir. Kamu bisa menggunakan salam pembuka, seperti selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam tergantung situasi (waktu) dan latar belakang pendengar.
2) Ucapan (sapaan) penghormatan dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan orator kepada pendengar. Dari sisi etika, pendengar yang memiliki tingkatan sosial atau usia yang lebih tinggi diberikan ucapan (sapaan) penghormatan lebih dahulu.
3) Ucapan rasa syukur merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan atas semua anugerah yang telah dilimpahkan kepada hamba-Nya.

10. Tuliskan dan jelaskan langkah pertama dalam menyimpulkan teks pidato persuasif!
Jawaban:
Langkah pertama yang perlu kamu lakukan, yaitu mendengarkan (menyimak) isi pidato dengan saksama. Agar mampu menyimak isi pidato dengan baik, kamu perlu membiasakan diri untuk memusatkan perhatian pada isi yang sedang disimak. Jangan sampai kehilangan konsentrasi dan kehilangan fokus (pusat perhatian) yang dapat membuat pikiranmu terganggu. Jika mendengarkan pidato secara langsung, jangan lupa untuk memperhatikan gerak-gerik, roman, dan bahasa tubuh sang orator. Hal ini dimaksudkan agar kita benar-benar dapat menangkap dan memahami setiap kata yang disampaikan oleh orator.

11. Tuliskan dan jelaskan langkah kedua dalam menyimpulkan teks pidato persuasif!
Jawaban:
Langkah kedua yaitu menentukan topik pidato persuasif. Meskipun topik pidato tidak disampaikan secara langsung oleh orator, kamu tetap dapat menentukan garis besarnya. Pidato biasanya berkaitan dengan hal-hal yang menarik dan menyangkut kepentingan orang banyak sehingga mampu memberikan inspirasi dan pengetahuan baru bagi pendengar. Dengan mengetahui topik pidato, kamu akan lebih mudah untuk menangkap hal-hal yang dibahas orator.

12. Tuliskan dan jelaskan langkah ketiga dalam menyimpulkan teks pidato persuasif!
Jawaban:
Langkah ketiga yaitu mencatat butir-butir penting dalam pidato persuasif. Seperti yang sudah diketahui bahwa pada saat menyimak pidato, kamu tidak boleh kehilangan fokus (pusat perhatian) dan harus benar-benar konsentrasi agar mampu menangkap maksud yang disampaikan orator. Ketika menyimak, catatlah butir-butir penting yang disampaikan orator. Catatanmu akan sangat bermanfaat ketika hendak menyimpulkan kan isi pidato.

13. Tuliskan dan jelaskan langkah keempat dalam menyimpulkan teks pidato persuasif!
Jawaban:
Langkah keempat yaitu menyimpulkan gagasan, pandangan, atau pesan dalam pidato persuasif. Berdasarkan butir-butir penting yang telah dicatat, kamu bisa merumuskan simpulan gagasan, pandangan, atau pesan pidato yang disampaikan oleh orator. Hal-hal yang perlu diperhatikan kan dalam menyimpulkan gagasan, pandangan, atau pesan pidato adalah:

14. Tuliskan ciri-ciri teks pidato!
Jawaban:
1) Isi dari teks pidato harus mengandung kebenaran.
2) Mempunyai tujuan yang jelas.
3) Menciptakan suasana yang efektif dengan pendengar.
4) Cara menyampaikan pidatonya sesuai dengan para hadirin.
5) Penyampaiannya jelas, berikut juga dengan artikulasi, intonasi dan volume.
 
15. Tuliskan fungsi teks pidato!
Jawaban:
- Menciptakan hubungan harmonis.
- Mempermudah komunikasi.
- Menciptakan suasana kondusif.
- Media komunikasi organisasi.
 
16. Tuliskan tujuan teks pidato!
Jawaban:
1) Memberikan inspirasi buat seseorang berpidato, untuk melakukan improvisasi yang disesuaikan dengan para pendengar.
2) Mempermudah seseorang yang berpidato dalam menyampaikan gagasan, ide atau informasi kepada banyak orang secara langsung.
3) Mengantisipasi terjadinya lost speech, karena seseorang biasanya lupa apa yang akan disampaikan.
4) Memberikan inspirasi untuk seseorang yang berpidato, buat melakukan improvisasi yang disesuaikan dengan para pendengar.

17. Tuliskan contoh paragraf pembuka dalam teks pidato!
Jawaban:
Marilah kita panjatkan terlebih dahulu puji serta syukur ke hadirat Tuhan yang maha kuasa karena berkatnya kita dapat berkumpul di sini. Di pagi yang sangat cerah ini akhirnya kita semua bisa berkumpul bersama dalam keadaan yang sehat. Pada kesempatan ini ijinkan saya menyampaikan terkait dengan kebersihan lingkungan.

18. Tuliskan bagian isi dalam teks pidato persuasif!
Jawaban:
Menjaga kebersihan merupakan hal yang sangat penting. Jika kebersihan lingkungan tidak bisa dijaga dengan baik maka dampak buruk akan segera datang. Tempat yang kotor secara otomatis akan mengundang wabah penyakit. Hal tersebut tentu merupakan hal yang tidak kita inginkan. Selain itu, sikap kita akan dicontoh oleh anak cucu kita kedepannya.
Saya berpesan agar semuanya memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya sebuah kebersihan. Coba anda bayangkan bagaimana jadinya jika kita semua tidak menjaga kebersihan dengan baik, maka wabah penyakit akan tersebar kemana-mana. Perlu kita ketahui bahwa sehat itu merupakan suatu hal yang mahal.

19. Tuliskan contoh bagian penutup dalam teks pidato persuasif!
Jawaban:
Tidak banyak yang bisa saya sampaikan pada pertemuan kali ini karena keterbatasan waktu yang singkat ini. Saya hanyalah manusia yang tidak sempurna serta tak luput dari berbagai salah. Sehingga saya meminta maaf pada semuanya. Kesalahan pasti berasal dari saya serta kelebihan adalah kebaikan hati Tuhan. Cukup sekian yang dapat disampaikan pada hari ini.
Wassalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

20. Buatlah 1 contoh teks pidato persuasif bertema kedisiplinan!
Jawaban:
Assalamualaikum, Wr. Wb.
Murid-murid yang saya sangat sayangi di sekolah ini,
Segala puji serta syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberikan nafas kehidupan sehingga dapat berkumpul di tempat ini. Terima kasih juga saya berikan kepada Bapak/Ibu guru sekalian serta murid-murid yang saya cintai karena telah hadir untuk berkumpul di tempat ini. Dalam kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato singkat bertema kedisiplinan siswa di sekolah.

Bapak/Ibu Guru sekalian dan murid-murid yang saya cintai, di sini saya akan menyampaikan terkait kedisiplinan siswa di sekolah. Saya sering menjumpai banyak murid yang masih sering melanggar aturan yg dibuat untuk menjaga kedisplinan selama berada di lingkungan sekolah. Murid-muridku terkasih, mulai sekarang kalian harus bisa untuk disiplin saat belajar di sekolah. Karena dengan menjaga kedisiplinan, kita semua dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan tenang serta lebih konsen lagi.

Murid-muridku terkasih, kalian harus mengetahui bahwa disiplin ini sangatlah penting. Mulai sekarang harus dimulai untuk lebih berdisplin lagi dengan cara tak terlambat datang ke sekolah, tidak membawa alat elektronik ke sekolah, tak makan di dalam kelas, serta tidak berkelahi sesama murid lainnya. Murid-muridku terkasih, kalian tak boleh melanggar peraturan karena akan terkena hukuman. Kalian harus mematuhinya agar kalian bisa belajar disiplin sedari usia dini. Berani juga adalah salah satu sikap disiplin, begitu juga dengan sikap rendah hati

Murid-muridku terkasih, masih ada banyak lagi hal-hal kecil yang dapat kalian lakukan agar bisa disiplin di sekolah. Demikian yang bisa saya sampaikan pada siang hari ini. Ingatlah selalu bahwa disiplin adalah kunci awal dari kesuksesan. Harapan saya, semoga apa yang saya sampaikan ini bisa berguna bagi kita semua. Terima kasih saya hanturkan sebelumnya.
Wassalamualaikum, Wr. Wb.