Contoh Soal Mengidentifikasi Jenis Teks (Deskripsi dan Narasi) | AAS Bahasa Indonesia Kelas VI

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal mengidentifikasi jenis teks deskripsi dan narasi dilengkapi dengan kunci jawaban AAS bahasa Indonesia kelas 6 kurikulum merdeka belajar. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik kelas 6 dalam mencari referensi seputar contoh soal mengidentifikasi jenis teks deskripsi dan narasi dilengkapi dengan kunci jawaban AAS bahasa Indonesia kelas 6 kurikulum merdeka.

Contoh Soal Mengidentifikasi Jenis Teks (Deskripsi dan narasi) | AAS Bahasa Indonesia Kelas VI

Gambar: freepik.com

1. Di suatu pagi, Aluna pergi ke pasar dengan menggunakan sepeda bututnya. Sesampainya ia di pasar, Aluna membeli beberapa rempah-rempah. Aluna membeli jahe, kencur, dan temulawak yang akan dijadikan jamu oleh ibunya. Sesudah semua barang tersebut dibeli, Aluna mengayuh sepedanya untuk kembali ke rumah.

Jenis paragraf di atas adalah ....
A. Eksposisi
B. Deskripsi
C. Persuasi
D. Narasi

2. Lambang negara Indonesia berbentuk burung Garuda. Kepala burung Garuda menoleh ke kanan. Kedua kakinya mencengkeram pita yang bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Ia berkalungkan perisai. Perisai tersebut bergambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, padi dan kapas.

Jenis paragraf tersebut adalah ....
A. persuasi
B. argumentasi
C. deskripsi
D. narasi

3. Pandan wangi (atau biasa disebut pandan saja) adalah jenis tumbuhan yang memiliki daun beraroma wangi yang khas. Tumbuhan ini mudah dijumpai di pekarangan atau tumbuh liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Akarnya besar dan memiliki akar tunggang yang menopang tumbuhan ini bila telah cukup besar. Daunnya memanjang seperti daun palem dan tersusun secara roset yang rapat, panjangnya dapat mencapai 60cm. Beberapa varietas memiliki tepi daun yang bergerigi.

Jenis paragraf di atas adalah paragraf ....
A. Persuasi
B. Deskripsi
C. Narasi
D. Eksposisi

4. Penggunaan ponsel yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan. Resiko gangguan kesehatan akibat ponsel tergantung dari tingkat penggunaan. Misalnya paparan cahaya sebelum tidur akan mempengaruhi kualitas tidur. Kualitas tiduryang buruk menyebabkan penyakitdiabetes, obesitas, dan penyakit jantung. Maka dari itu, sebaiknya kita lebih bijak dalam menggunakan ponsel.

Jenis paragraf tersebut adalah ....
A. persuasi
B. argumentasi
C. deskripsi
D. narasi

5. Tanaman obat sambiloto sudah sangat terkenal sejak zaman nenek moyang kita terdahulu. Tanaman obat sambiloto ini memiliki banyak khasiat yang digunakan untuk menyembuhkan sebuah luka serta dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita juga.

Jenis paragraf di atas adalah paragraf ....
A. Persuasi
B. Eksposisi
C. Deskripsi
D. Narasi

6. Gudeg merupakan salah satu makanan daerah yang sudah terkenal. Bahan dasar gudeg berasal dari nangka muda. Nangka muda sangat mudah didapatkan bila musim berbuah. Pohonnya banyak kita temui di wilayah kita. Gudeg diolah dengan bumbu yang pas, sehingga cita rasa gudeg memang memiliki ciri tersendiri. Gudeg dapat dinikmati semua kalangan, baik tua maupun muda. Menu makan dengan gudeg sangat cocok bila ditambah sambal dan rempeyek.

Jenis paragraf tersebut adalah ....
A. persuasi
B. eksposisi
C. deskripsi
D. narasi

7. Kebersihan merupakan salah satu hal terpenting di dalam kehidupan kita. Tanpa kebersihan, mungkin dunia kita akan dipenuhi dengan sampah. Bahkan beragam bencana pun akan timbul. Oleh sebab itu, marilah kita jaga lingkungan yang ada di sekitar kita agar tetap bersih dan nyaman.

Jenis paragraf di atas adalah paragraf ....
A. Persuasi
B. Eksposisi
C. Narasi
D. Deskripsi

8. Membaca memiliki banyak manfaat. Melalui membaca, pengetahuan dapat bertambah. Semakin banyak membaca, kosakata semakin bertambah. Otak akan terjaga aktif dan membuatnya tidak mudah lupa. Oleh karena itu, biasakanlah membaca setiap hari.

Jenis paragraf tersebut adalah ....
A. persuasi

B. eksposisi
C. deskripsi
D. narasi

9. Mariana memiliki perawakan tinggi dan berkulit sawo matang. Kegemarannya adalah bermain bola bersama teman-temannya saat jam istirahat. Mariana merupakan salah satu siswa berprestasi di kelas. Ia selalu menduduki peringkat tiga besar di kelas. Ia bahkan tidak pernah datang terlambat atau bolos sekolah.

Paragraf tersebut termasuk jenis paragraf ....
A. persuasi
B. eksposisi
C. narasi
D. deskripsi

10. Kepedulian masyarakat terhadap sampah masih tergolong rendah. Masih sering kita temui sampah dimana-mana. Sampah yang menggunung dapat menimbulkan masalah baru. Selain mengganggu pemandangan, sampah dapat mengganggu kesehatan. Untuk mengurangi dampak negatif tersebut kita perlu mengelola sampah dengan bijak. Salah satu diantaranya adalah dengan memilah sampah sesuai dengan jenisnya. Dengan pengelolaan yang baik, kita dapat menekan volume sampah yang semakin besar. Oleh karena itu, marilah kita mulai peduli terhadap sampah.

Jenis paragraf tersebut adalah ....
A. persuasi
B. eksposisi
C. deskripsi
D. narasi

11. Nama Hang Tuah bisa dipastikan tidak asing lagi ditelinga banyak orang. Sama halnya dengan banyak tokoh yang dianggap berperan dalam sejarah bangsa ini, nama Hang Tuah pun diabadikan pada ruas-ruas jalan di Jakarta. Bahkan nama Hang Tuah juga diabadikan pada kapal perang milik Indonesia. Pemberian nama itu untuk mengenang kejayaan Hang Tuah yang selalu mencapai kemenangan di laut.

Yang diperkenalkan dalam cuplikan di atas adalah ....
A. tokoh-tokoh bersejarah
B. nama asing di Indonesia
C. ketokohan Hang Tuah
D. nama-nama jalan di Jakarta

12. SD Harapan Baru mengadakan kerja bakti di sekolah setiap hari Jumat. Kepala sekolah mengimbau warga sekolah membawa alat kebersihan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pukul 07.30 setelah senam pagi. Lingkungan sekolah diharapkan menjadi bersih dan asri. Seluruh siswa dapat belajar dengan nyaman. Kegiatan kerja bakti diakhiri dengan cuci tangan.

Peristiwa yang akan terjadi jika warga sekolah tidak peduli pada lingkungannya adalah ....
A. Lingkungan menjadi kotor dan berbau.
B. Bibit penyakit akan berkembang.
C. Sekolah akan terlihat bersih, rapi, dan anak-anak sehat.
D. Seluruh siswa belajarnya tidak aman dan nyaman.

13. Sementara itu, faktor sosial berkaitan dengan kebiasaan manusia yang tidak ramah terhadap alam. Perilaku masyarakat yang sering membuang sampah sembarangan merupakan contoh nyata yang berdampak terhadap terjadinya banjir. selain itu, penebangan hutan secara ilegal dan beralih fungsinya daerah resapan menjadi daerah permukiman juga menjadi penyebab utama terjadinya banjir.

Informasi penting pada paragraf di atas adalah ....
A. Tumpukan sampah yang dibuang sembarangan menyebabkan banjir
B. Hilangnya daerah resapan mengakibatkan banjir di perumahan
C. Perilaku manusia mengakibatkan bencana banjir besar
D. Perilaku manusia merupakan penyebab utama terjadinya banjir.

14. Setiap sekolah menggalakkan penguatan pendidikan karakter. Salah satu di antaranya adalah gotong royong. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kebersamaan antar warga sekolah. Dengan gotong royong, dapat memupuk kerjasama. Pekerjaan yang berat pun menjadi ringan dan cepat selesai.

Peristiwa yang akan terjadi jika sekolah tidak menggalakkan penguatan pendidikan karakter adalah ....
A. warga sekolah tidak pernah gotong royong
B. nilai mata pelajaran semua siswa menjadi rendah
C. budi pekerti para siswa kurang tumbuh
D. pekerjaan yang berat tidak akan selesai

15. Di bawah ini termasuk contoh cerita jenaka adalah ....
A. si kabayan
B. asal mula telaga warna
C. calon arang
D. si kancil dan buaya

16. Banjir telah menerjang pertanian bawang di Brebes. Banyak tanaman bawang siap panen yang terendam banjir. Para petani bawang berupaya mencari bawang yang masih bisa diselamatkan. Tetapi banyak tanaman bawang yang membusuk.

Hal yang akan terjadi sesuai paragraf tersebut adalah ....
A. Seluruh masyarakat Brebes akan mencari bawang.
B. Semua pedagang bawang akan mengalami kerugian.
C. Banjir akan berlangsung lebih lama.
D. Harga bawang di Brebes akan mahal.

17. Cerita yang memiliki latar belakang sejarah dan dipercayai oleh masyarakat sebagai cerita yang benar-benar terjadi dan berhubungan dengan kepercayaan, benda gaib, roh, dewa dan dewi disebut ....
A. fabel
B. mitos
C. legenda
D. cerita jenaka

18. Penangkapan ikan menggunakan bahan peledak menimbulkan dampak yang kurang baik. Dampak terhadap ikan yang ditangkap maupun terhadap karang terdapat di lokasi tersebut. Penggunaan bahan peledak Ini menimbulkan efek samping yang sangat besar. Selain rusaknya terumbu karang, juga menyebabkan kematian biota laut lainnya.

Hal yang akan terjadi jika masyarakat menggunakan bahan peledak dalam penangkapan ikan adalah ....
A. Terumbu karang dan ikan akan terancam punah
B. Pasir yang ada di sekitar pantai semakin terkikis
C. Pengunjung kawasan pantai berkurang
D. Pekerjaan nelayan mulai ditinggalkan orang

19. Salah satu jenis dongeng yang menceritakan kehidupan binatang adalah ....
A. fabel
B. cerita jenaka
C. legenda
D. mitos

20. Zaman dahulu, manusia menggambar dan menulis dengan menggoreskan ujung pisau ke batang pohon. Pada masa Romawi Kuno, sebilah logam tipis dipakai untuk membuat goresan pada batu dan lembar daun papirus. Perkembangan pensil dimulai sejak ditemukannya grafit pada tahun 1564. Di Borrowdale, Inggris. Grafit ditemukan sebagai material yang dapat meninggalkan tanda hitam yang cukup pekat, namun terbukti lunak dan gampang patah.

Apa yang akan terjadi jika pensil tidak ditemukan ....
A. Kita sulit menulis dan menggambar.
B. Kita tidak bisa belajar dan bersekolah.
C. Kita menulis menggunakan grafit.
D. Kita dapat menjumpai pensil di Inggris.

21. Tokoh-tokoh yang terdapat di dalam cerita fabel adalah ....
A. benda mati
B. para guru
C. manusia
D. binatang

22. Pantai Nusa Penida memiliki tata keindahan alam yang menarik, khususnya bagi wisatawan yang mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari kebisingan kota. Pohon-pohonnya rindang. Bentangan lautnya luas. Bagi penyelam, Pantai Nusa Penida juga menawarkan keindahan ikan laut yang sedang berenang. Pemda Bali harus menata dan mengelola Pantai Nusa Penida sebagai tujuan wisata alternatif.

Paragraf tersebut termasuk paragraf ....
A. deskripsi
B. persuasi
C. eksposisi
D. narasi

23. Dongeng yang menceritakan asal usul suatu tempat, seperti wilayah, daerah, atau tempat yang menjadi objek wisata adalah ....
A. legenda
B. novel
C. mitos
D. fabel

24. Teh terbuat dari daun teh yang sudah dirajang kecil-kecil dan dikeringkan kemudian diproses sedemikian rupa. Ada yang dicampur kembang melati agar baunnya wangi dan masih banyak lagi campurannya sehingga menimbulkan dampak yang enak pada rasanya.

Paragraf tersebut termasuk paragraf ....
A. persuasi
B. eksposisi
C. narasi
D. deskripsi

25. Di bawah ini yang bukan termasuk cerita legenda adalah ....
A. laskar pelangi
B. asal usul bukit catu
C. roro jongrang
D. asal usul danau toba

26. Padatnya jadwal pelajaran di sekolah menyebabkan aktivitas siswa untuk belajar tari tradisional di luar jam sekolah semakin sulit. Meski demikian, tari Remo, salah satu ikon produk seni dan budaya Jawa Timur, masih diminati anak-anak untuk belajar tari Remo", kata Dini Ariati, pemimpin sanggar tari Remo, “Laboratorium Remo” di sela-sela pembukaan Festival Budaya di Surabaya, Kamis (31/5).

Jenis paragraf di atas termasuk paragraf ....
A. narasi
B. deskripsi
C. eksposisi
D. persuasi

27. Masalah yang dihadapi pemerintah Kalimantan Selatan dalam mencanangkan Banjarmasin sebagai pusat pertumbuhan bagi Kalsel sangatlah banyak. sebagai kota pusat aktifitas propinsi, Banjarmasin tidak bisa mengelak dari arus urbanisasi. Penduduk berdatangan dari berbagai pelosok Kalimantan dengan alasan mengadu untung. kehadiran mereka beserta beserta keluarga sekaligus memunculkan beragam persoalan kota. Di mana-mana terdapat pemukiman kumuh baru. Penertiban yang berlangsung tanpa henti ternyata bukan menjadi hambatan untuk masuknya penduduk dari luar kota.

Cuplikan teks eksposisi di atas mengenalkan tesis tentang ....
A. penertiban kota Banjarmasin
B. persoalan pemukiman kumuh
C. pusat aktivitas provinsi
D. permasalahan pemerintah Kalsel

28. Cerita rakyat yang berdasarkan peristiwa sejarah, yang kemudian dikombinasikan dengan cerita khayalan rakyat yang menceritakan tentang keberanian atau kepahlawanan tokoh di dalam cerita disebut ....
A. mitos
B. cerpen
C. legenda
D. saga

29. Keterampilan berpidato ini bukanlah masalah yang gampang dan bisa tumbuh dengan sendirinya, melainkan perlu ditumbuhkan, dibina, dan dilatih sejak dini. Berbekal keterampilan ini akan dapat dilkukan berbagai kegiatan antara lain memberi sambutan, berani mempresentasikan hasil kerja, dan sebagainya. Oleh karena itu, berpidato perlu memperhatikan strategi pidato yang meliputi menetapan tujuan pidato, lama pidato, materi,diksi, atau pilihan kata, dan sebagainya.

Paragraf tersebut berpola ....
A. sebab- akibat
B. akibat-sebab
C. umum-khusus
D. khusus-umum

30. Dibawah ini yang bukan termasuk contoh cerita saga adalah ....
A. lutung kasarung
B. si kancil dan buaya
C. calon arang
D. si pitung

31. Teks yang menjelaskan tentang mengapa dan bagaimana terjadinya suatu fenomena sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya adalah ....
A. Teks Deskripsi
B. Teks Narasi
C. Teks Observasi
D. Teks Eksplanasi

32. Karya sastra yang dituliskan dalam bentuk cerita atau kisah secara ringkas, pendek dan jelas adalah ....
A. mitos
B. legenda
C. novel
D. cerpen

33. Unsur internal yang sangat penting dalam pembuatan teks wacana adalah ....
A. Kata-Kalimat dan Teks-Konteks
B. Kata-Paragraf dan Teks-Istilah
C. Kalimat-Paragraf dan Judul-Konteks
D. Kata-Kalimat dan Koteks-Kompress

34. Karya sastra yang menceritakan sisi utuh atas problematika kehidupan seorang tokoh atau beberapa tokoh disebut ....
A. cerita jenaka
B. legenda
C. cerpen
D. novel

35. Teks Wacana yang berorientasi pada pokok pembicaraan dan kurang mementingkan waktu dan pelaku adalah ....
A. Teks Wacana Argumentasi
B. Teks Wacana Persuasi
C. Teks Wacana Eksplorasi
D. Teks Wacana Eksposisi

36. Dibawah ini yang termasuk contoh novel adalah ....
A. si pitung
B. laskar pelangi
C. asal usul danau toba
D. jaka tarub dan dewi nawangwulan

37. Teks Wacana yang dilengkapi dengan gagasan dan ide yang bertujuan meyakinkan pembaca adalah ciri teks ....
A. Teks Wacana Argumentasi
B. Teks Wacana Deskripsi
C. Teks Wacana Persuasi
D. Teks Wacana Eksposisi

38. Cerita yang terjadi tidak berdasarkan kenyataan dan hanya berupa ide, khayalan atau imajinasi dari seorang pengarang disebut ....
A. cerita rakyat
B. cerita pendek
C. cerita fiksi
D. cerita nonfiksi

39. Di suatu hutan yang rindang, hidup berbagai binatang buas dan jinak. Ada kelinci, burung, kucing, capung, kupu-kupu dan yang lainnya. Pada suatu hari, hutan dilanda badai yang sangat dahsyat. Angin bertiup sangat kencang, menerpa pohon dan daun-daun. Kraak! terdengar bunyi dahan-dahan berpatahan. Banyak hewan yang tidak dapat menyelamatkan dirinya, kecuali si semut yang berlindung di dalam tanah. Badai baru berhenti ketika pagi menjelang.

Di mana latar tempat terjadinya cerita pada cuplikan di atas ....
A. di taman
B. di kebun
C. di rumah
D. di hutan

40. Teks yang menceritakan yang berdasarkan kenyataan dan merupakan cerita yang nyata dan benar-benar terjadi disebut ....
A. cerita rakyat
B. cerita pendek
C. teks fiksi
D. teks nonfiksi