Kumpulan 30+ Contoh Soal Essay Jaringan Komputer dan Internet : Informatika Kelas VII

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay materi jaringan komputer dan internet dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran Informatika kelas 7 Kurikulum Merdeka. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar  contoh soal essay materi jaringan komputer dan internet dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran Informatika kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kumpulan 30+ Contoh Soal Essay Jaringan Komputer dan Internet : Informatika Kelas VII

Gambar: freepik.com

1. Jelaskan manfaat internet dalam kehidupan manusia!

Jawaban:

Internet telah menjad bagian yang tidak terpisahkan dari hidup manusia. Internet telah dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, seperti bisnis, pendidikan, sosial, pemerintahan, kesehatan, dan sebagainya.

2. Jelaskan manfaat internet dalam dunia pendidikan!

Jawaban:

Dalam bidang pendidikan, internet dapat digunakan untuk sarana komunikasi dan sumber pembelajaran. Sebagai sarana komunikasi, internet dapat digunakan untuk mendukung kolaborasi dalam bidang penelitian antarakademisi dan juga mendukung proses pembelajaran.

3. Coba kalian jelaskan peranan teknologi dalam kehidupan manusia!

Jawaban:

Mengingat peranan teknologi internet yang begitu besar dalam kehidupan manusia, maka penting bagi kita memahami bagaimana teknologi tersebut berkembang dan bekerja, dan bagaimana menghubungkan sebuah perangkat ke internet sehingga kita dapat memanfaatkan internet untuk kebutuhan belajar dan juga hal-hal lain.

4.  Tuliskan pengertian internet menurut The Free Dictionary dan The American Heritage Dictionary!

Jawaban:

Internet menurut The Free Dictionary adalah singkatan dari kata International Network atau Interoperable Network. Sedangkan menurut he American Heritage Dictionary internet adalah sistem jaringan yang saling terinterkoneksi yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia melalui protokol TCP/IP.

5. Jelaskan jaringan-jaringan terkecil di dunia!

Jawaban:

Jaringan-jaringan terkecil yang ada di dunia antara lain adalah jaringan lokal (LAN), jaringan kota (MAN), dan jarintgan wilayah tertentu (WAN). Jutaan jaringan inilah yang terhubung satu dengan yang lain dan membentuk sebuah jaringan yang sangat besar yang disebut dengan internet.

6. Tuliskan pengertian internet!

Jawaban:

Internet adalah jaringan komputer yang sangat besar, karena itu setiap kali komputer terhubung ke internet, komputer tersebut terhubung ke seluruh komputer yang ada di dunia. Jika dua komputer sama-sama terhubung ke jaringan internet, kedua komputer tersebut dapat saling berkomunikasi dan saling mengakses informasi.

7. Tuliskan peran yang sangat penting dalam kehidupan manusia!

Jawaban:

Kemampuan internet untuk menghubungkan antara komputer sehingga komputer-komputer tersebut dapat saling berkomunikasi dan mengakses informasi, membuat internet memiliki dua peran yang snagat penting yaitu sebagai sumber data dan informasi dan sebagai sarana komunikasi.

8. Jelaskan kelebihan yang dimiliki oleh internet dibandingkan dengan alat komunikasi yang lain!

Jawaban:

Ada banyak aplikasi internet yang memungkinkan komunikasi antara dua atau lebih pengguna internet dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Internet memungkinkan pesan atau informasi yang dikirimkan oleh seorang pengguna internet sampai ke tujuan dalam tempo yang sangat cepat.

9. Jelaskan alasan pengguna internet tidak dibatasi oleh batas wilayah!

Jawaban:

Pengguna internet tidak dibatasi oleh batas wilayah dari negara tertentu untuk mengakses informasi atau melakukan komunikasi melalui internet. Seorang pengguna internet di Indonesia dapat secara bebas mengakses informasi yang terdapat di Amerika tanpa harus mendapatkan izin dari pemerintah setempat.

10. Apa yang menyebabkan internet sebagai pemicu terjadinya globalisasi!

Jawaban:

Internet menjadi salah satu pemicu terjadinya globalisasi karena telah menghilangkan batas-batas negara. Dengan internet, semua informasi dapat disebarluaskan dan diakses di seluruh penjuru dunia. Akibatnya, kejadian yang terjadi di suatu negara dapat langsung diketahui oleh negara yang terletak di belahan dunia lain dalam hitungan detik.

11. Jelaskan aplikasi yang paling banyak digunakan untuk menyimpan data saat ini di internet!

Jawaban:

Aplikasi yang paling banyak digunakan untuk menyimpan data dan informasi di internet yaitu World Wide Web. Dengan kata lain, informasi yang ada di internet lebih banyak ditempatkan di halaman-halaman web.

12. Jelaskan sesuatu yang dapat menghubungkan web satu dengan yang lain di internet!

Jawaban:

Halaman web yang satu dengan halaman web yang lain dihubungkan dengan menggunakan link atau hyperlink. Link tersebut dapat berupa teks, gambar, animasi, dan objek-objek lainnya. Link dapat dikenali dengan mendekatkan pointer mouse di atasnya sehingga pointer mouse akan menunjukkan bahwa kita dapat mengklik link tersebut.

13. Apakah yang dikembangkan oleh Joseph C. R. Licklider pada bulan Agustus 1962?

Jawaban:

Pada bulan Agustus 1962 Joseph C. R. Licklider mengembangkan konsep jaringan komputer yang disebut 'Galactic Network', yaitu sebuah visi untuk menghubungkan secara global komputer-komputer yang ada, di mana masing-masing komputer dapat saling mengakses data dan program dari lokasi mana saja.

14. Terobosan apakah yang dilakukan oleh Lawrence G. Roberts dan Thomas Marill pada tahun 1965?

Jawaban:

Pada tahun 1965 dengan bantuan dana dari ARPA, Lawrence G. Roberts dan Thomas Marill mencoba membuat koneksi Wide-Area Network yang pertama. Mereka menghubungkan komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 di Santa Monica California melalui jaringan telepon.

15. Apakah yang dilakukan oleh Bob Taylor dari ARPA pada tahun 1966 seputar internet!

Jawaban:

Pada tahun 1966, Bob Taylor dari ARPA berhasil menghimpun dana dari beberapa universitas di Amerika Serikat untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dari sejumlah universitas yang mendanai percobaan ini.

16. Jelaskan kemajuan yang diperoleh oleh The Network Working Group pada tahun 1971!

Jawaban:

Pada tahun 1971, The Network Working Group menyelesaikan protokol Telnet. Protokol yang digunakan untuk mengakses sebuah komputer dari jarak jauh. Selain itu, The Network Working Group membuat kemajuan pada standar file transfer protocol (FTP). Protocol yang digunakan untuk mengunduh file-file.

17. Jelaskan permasalahan yang timbul ketika menghungkan jaringan-jaringan komputer ke dalam ARPENT!

Jawaban:

Permasalahan yang timbul untuk menghubungkan jaringan-jaringan komputer ke dalam ARPANET adalah banyaknya jaringan komputer yang berbeda. Network Control Protocol (NCP) yang digunakan di  ARPANET menjadi tidak memadai. Oleh karena itu, pada tahun 1973 dimulai pengembangan sebuah protokol yang kemudian hari disebut dengan protokol TCP/IP oleh sebuah kelompok yang dipimpin oleh Vinton Cerf.

18. Kapankah internet dipergunakan secara terbuka oleh umum!

Jawaban:

Pada tahun 1986, internet dipergunakan secara umum dan terbuka ke umum. Sejak saat itu, penggunaan internet berkembang dengan sangat cepat ke seluruh dunia. Pada tahun 1989, jumlah jaringan yang tergabung ke internet berkembang dengan pesat.

19. Jelaskan perkembangan kemajuan signifikan pengguna internet pada tahun 1989!

Jawaban:

Di bulan Januari, jumlah jaringan yang tergabung ke internet menjadi 80.000, kemudian bertambah menjadi 130.000 di bulan Juli, dan lebih dari 160.000 jaringan di bulan November. Beberapa negara, seperti Australia, Jerman, Italia, Jepang, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, dan Inggris ikut bergabung dengan internet.

20. Siapakah penggagas Nescape Corp sekaligus pengembang Microsoft internet Explorer!

Jawaban:

Pada tahun 1993, dikembangkan aplikasi browsing yang disebut Mosaic oleh Marc Andreesen bersama timnya di National Center for Supercomputing Applications (NCSA). Andreessen kemudian keluar dari NCSA dan menjadi penggagas Nescape Corp yang kemudian membuat Nescape, browser yang paling sukses, sampai akhirnya Microsoft mengembangkan Microsoft internet Explorer.

21. Jelaskan negara dengan penggunaan internet terbesar berdasarkan wilayah!

Jawaban:

Berdasarkan wilayah, Asia merupakan wilayah dengan jumlah pengguna internet terbesar dengan jumlah pengguna mencapai lebih dari 2,7 Miliar dan diikuti denga Eropa dengan jumlah pengguna sekitar 736 juta pengguna. Kemudian Afrika dengan hampir 600 juta pengguna.

22. Jelaskan perkembangan pengguna internet di Indonesia!

Jawaban:

Perkembangan internet di Indonesia juga tidak kalah cepat. Pada tahun 1995, pengguna di Indonesia mencapai 10.000 orang. Jumlah ini meningkat 10 kali lipat pada tahun 1997. Pada tahun 2000, jumlah pengguna internet di Indonesia menurut data lembaga survei eTForeccasts sebesar 2.000.000 orang.

23. Jelaskan pengertian jaringan komputer!

Jawaban:

Jaringan komputer adalah kumpulan komputer-komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya. Adanya keperluan untuk pengolahan data dan informasi dari satu komputer ke komputer yang lain, maka untuk kelancaran dan efesiensi, komputer-komputer yang ada kemudian dihubungkan satu sama lain menggunakan jaringan komputer.

24. Tuliskan beberapa manfaat yang diperoleh dari adanya jaringan komputer!

Jawaban:

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya jaringan komputer, diantaranya sebagai berikut.

  • Membagi sumber daya
  • reliabilitas tinggi
  • menghemat biaya
  • sebagai sarana komunikasi

25. Jelaskan jaringan komputer sebagai sumber daya!

Jawaban:

Jaringan komputer dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk membagi sumber daya yang ada. Sumber daya tersebut dapat berupa sumber daya yang berupa perlengkapan komputer, seperti printer, maupun sumber daya yang berupa data-data, file-file, dan program-program. Dengan adanya jaringan komputer, maka penggunaan sumber daya menjadi lebih efisien.

26. Jelaskan jaringan komputer dilihat dari segi fisik!

Jawaban:

Dilihat secara fisik, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua yaitu jaringan kabel dan jaringan nirkabel. Jaringan kabel adalah jaringan komputer yang secara fisik dihubungkan dengan kabel-kabel jaringan. Sedangkan jaringan nirkabel adalah jaringan komputer yang dihubungkan dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.

27. Jelaskan kelebihan yang dimiliki oleh jaringan nirkabel (wireless network atau WiFi)!

Jawaban:

Jaringan  nirkabel (wireless network atau WiFi) memiliki kelebihan yaitu tidak memerlukan kabel sehingga perangkat yang dihubungkan dapat bergerak dengan bebas. Seiring dengan semakin tingginya tingkat mobilitas manusia, wireless network atau WiFi merupakan solusi yang tepat sebagai sarana komunikasi.

28. Jelaskan pengertian Local Area Network (LAN)!

Jawaban:

Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang terdapat dalam suatu gedung atau perkantoran. Umumnya dimiliki oleh satu perusahaan atau organisasi tertentu. LAN digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat di dalam gedung atau kantor.

29. Jelaskan jaringan sebagai sarana komunikasi!

Jawaban:

Jaringan komputer dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau organisasi sebagai sarana komunikasi, misalnya membagikan file kebijakan baru. Pimpinan perusahaan tidak perlu mengirimkan file tersebut kepada semua bawahannya. Cukup dengan menempatkan file di server, semua pengawai dapat mengaksesnya.

30. Tuliskan pengertian intranet!

Jawaban:

Intranet merupakan jaringan komputer pribadi yang menggunakan teknologi yang sama dengan internet. Oleh karena mempunyai teknologi yang sama dengan internet, maka intranet sebenarnya sama dengan internet. Perbedaannya, jaringan intranet merupakan jaringan pribadi milik organisasi tertentu dan hanya dapat diakses oleh organisasi tersebut dan tidak dibuka untuk umum.