Kumpulan 25+ Contoh Soal Essay Aktivitas Memenuhi Kebutuhan : IPS Kelas VII Kurikulum Merdeka

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay materi aktivitas memenuhi kebutuhan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran IPS kelas 7 Kurikulum Merdeka revisi. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal essay materi aktivitas memenuhi kebutuhan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran IPS kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Kumpulan 25+ Contoh Soal Essay Aktivitas Memenuhi Kebutuhan : IPS Kelas VII Kurikulum Merdeka

Gambar: freepik.com

1. Jelaskan pengertian kebutuhan!

Jawaban:

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang perlu dipenuhi oleh manusia dalam hidupnya. Contohnya, kebutuhan akan makanan muncul saat kita merasa lapar. Kebutuhan akan minuman muncul saat kita merasa haus.

2. Jelaskan kebutuhan manusia seiring perkembangan teknologi!

Jawaban:

Selain faktor peradaban, kebutuhan manusia juga bertambah seiring dengan perkembangan teknologi. Contohnya, kebutuhan akan alat komunikasi, seperti telepon seluler, adalah kebutuhan yang saat ini dirasakan sangat penting.

3. Jelaskan perbedaan kebutuhan dengan keinginan!

Jawaban:

Kebutuhan adalah barang dan jasa yang harus ada untuk menjaga kelangsungan hidup manusia, seperti air, makanan, pakaian, dan tempat berlindung. Sedangkan keinginan adalah barang dan jasa yang diharapkan untuk dimiliki.

4. Jelaskan masalah yang menyebabkan kelangkaan dalam kehidupan manusia!

Jawaban:

Jumlah keinginan manusia tidak terbatas. Sementara itu, sumber daya untuk memenuhinya terbatas. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya kelangkaan. Kelangkaan yang tidak ditangani dengan baik dapat menjadi masalah ekonomi. Oleh karena itu, kita harus belajar untuk membedakan mana yang termasuk kebutuhan dan keinginan sejak dini.

5. Tuliskan jenis-jenis kebutuhan manusia!

Jawaban:

Kebutuhan manusia banyak dan beragam. Kebutuhan-kebutuhan tersebut dapat dibedakan berdasarkan beberapa kategori, seperti tingkat kepentingan, waktu pemenuhan, sifat, dan subjeknya.

6. Jelaskan definisi tentang kebutuhan pribadi!

Jawaban:

Kebutuhan pribadi merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi berdasarkan selera atau pilihan pribadi. Misalnya Mariana membutuhkan sepatu hitam, sementara Risma membutuhkan sepatu berwarna merah.

7. Tuliskan pengertian kebutuhan primer!

Jawaban:

Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus segera dipenuhi untuk menjaga kelangsungan hidup. Jika kebutuhan primer tidak segera dipenuhi, kelangsungan hidup manusia dapat terancam. Contoh kebutuhan primer antara lain adalah makanan dan minuman, pakaian, dan tempat tinggal.

8. Jelaskan sebab terjadinya interaksi antarwilayah!

Jawaban:

Kondisi geografis mempengaruhi perbedaan sumber daya alam di setiap wilayah. Perbedaan sumber daya alam menyebabkan kebutuhan masyarakat di suatu wilayah belum tentu dapat terpenuhi secara utuh oleh wilayah itu sendiri. Terdapat kelangkaan yang harus diisi oleh wilayah lain.

9. Apa yang dimaksud dengan kebutuhan sosial?

Jawaban:

Kebutuhan sosial adalah kebutuhan yang berkaitan dengan kehidupan bersama, mulai dari keluarga sampai masyarakat. Kebutuhan ini dinikmati oleh anggota keluarga atau anggota masyarakat.

10. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan!

Jawaban:

Seorang manusia memiliki kebutuhan yang berbeda dengan manusia lain. Terdapat sejumlah faktor yang mempengaruhi kebutuhan tersebut di antaranya tempat tinggal, pendidikan, usia, pendapatan, dan selera.

11. Tuliskan pengertian kebutuhan jasmani!

Jawaban:

kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang perlu dipenuhi agar tubuh dapat berfungsi dengan baik. Kebutuhan jasmani pada umumnya terpenuhi dengan cara mengonsumsi benda yang konkret. Contoh kebutuhan jasmani, antara lain kebutuhan atas makan dan minum, pakaian, atau tempat tinggal.

12. Jelaskan apa yang dimaksud dengan alat pemuas kebutuhan!

Jawaban:

Berbagai kebutuhan manusia dapat dipenuhi dengan alat-alat pemuas kebutuhan. Dalam ilmu ekonomi, alat-alat pemuas kebutuhan terdiri atas barang dan jasa. Alat-alat pemuas kebutuhan dapat kelompokkan berdasarkan kelangkaan, hubungannya dengan benda lain, tujuan penggunaan, dan proses pembuatannya.

13. Jelaskan definisi tentang kebutuhan rohani!

Jawaban:

Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang diperlukan agar rohani agar mental manusia berfungsi dengan baik. Kebutuhan rohani, pada umumnya, terpenuhi melalui konsumsi suatu jasa tertentu. Contoh kebutuhan rohani yaitu beribadah dan rekreasi.

14. Tuliskan pengertian kebutuhan sekunder!

Jawaban:

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan tambahan atau kebutuhan pelengkap yang pemenuhannya dapat ditunda. Contoh kebutuhan sekunder adalah olahraga, hiburan, majalah, radio, dan televisi. Jika kebutuhan sekunder terpenuhi manusia dapat hidup dengan baik.

15. Tuliskan pengertian interaksi wilayah untuk pemenuhan kebutuhan!

Jawaban:

Interaksi wilayah adalah proses aliran dinamis dari satu lokasi ke lokasi lain. Hal ini merujuk pada lalu lintas manusia, barang maupun informasi. Menurut Edward L. Ullman, ada tiga hal yang menyebabkan terjadinya interaksi wilayah yaitu kesempatan antara, kemudahan transfer, dan saling melengkapi.

16. Jelaskan maksud dari skala prioritas kebutuhan!

Jawaban:

Kebutuhan yang banyak dan beranekaragam membuat kita perlu menetapkan skala prioritas. Pemenuhan kebutuhan yang lebih penting harus didahulukan daripada kebutuhan lainnya. Secara umum, kebutuhan akan pangan, sandang, dan papan harus didahulukan pemenuhannya dibandingkan dengan kebutuhan yang lain.

17. Tuliskan pengertian benda ekonomi!

Jawaban:

Benda ekonomi adalah benda-benda yang untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan, baik waktu, biaya, maupun tenaga. Jumlah benda ekonomi biasanya terbatas, sedangkan orang yang membutuhkannya sangat banyak. Oleh karena itu, orang rela mengeluarkan biaya dan tenaga untuk mendapatkannya.

18. Jelaskan pengertian kebutuhan tersier!

Jawaban:

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan yang muncul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kebutuhan tersier dapat digolongkan sebagai kebutuhan akan benda-benda atau jasa yang tergolong mewah.

19. Tuliskan pengertian kebutuhan sekarang!

Jawaban:

Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang sangat penting dan mendesak untuk segera dipenuhi. Jenis kebutuhan ini tidak dapat ditunda pemenuhannya. Misalnya, jika lapar, kita perlu segera makan. Jika kita menunda pemenuhan kebutuhan ini, kita bisa kelaparan dan jatuh sakit, atau bahkan meninggal.

20. Tuliskan pengertian benda bebas!

Jawaban:

Benda bebas adalah benda-benda yang untuk mendapatkannya tidak diperlukan pengorbanan. Benda bebas tersedia dalam jumlah yang sangat banyak sehingga orang dapat memperolehnya tanpa pengorbanan yang berarti. Misalnya, sinar matahari dan udara.

21. Jelaskan hal penting yang perlu diperhatikan dalam menyusun skala prioritas!

Jawaban:

Dalam menyusun skala prioritas kebutuhan, kita juga perlu memperhatikan keadaan ekonomi keluarga. Kita hendaknya menghindari pembelian barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Disamping itu, hidup kita juga harus menghindari paham konsumerisme.

22. Apa perbedaan antara benda produksi dan benda konsumsi!

Jawaban:

Benda produksi adalah benda yang digunakan untuk menghasilkan benda lain. Contohnya, kayu, papan, dan cat untuk membuat meja atau kursi. Sedangkan benda konsumsi adalah benda yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Contohnya, makanan, pakaian, dan minuman.

23. Tuliskan pengertian barang illith!

Jawaban:

Barang illith adalah barang yang pada saat jumlahnya sedikit, barang tersebut dapat memenuhi kebutuhan manusia. Akan tetapi pada saat jumlahnya banyak, barang tersebut dapat menimbulkan bencana, sehingga jumlahnya harus dikurangi.

24. Apakah yang dimaksud dengan barang dan jasa!

Jawaban:

Barang adalah benda ekonomi yang jelas wujudnya. Misalnya, makanan, minuman, mobil, perabot, dan rumah. Sementara itu jasa adalah benda ekonomi yang wujudnya tidak nyata (abstrak). Orang yang pekerjaannya memberikan jasa disebut penjual jasa. Misalnya, sopir, dokter, guru, penyanyi, dan pelawak.

25. Tuliskan pengertian benda pengganti atau substitusi!

Jawaban:

Benda pengganti adalah benda yang dapat menggantikan fungsi benda lainnya. Misalnya, jagung dapat menggantikan beras, margarin dapat menggantikan mentega, payung dapat menggantikan jas hujan, dan sebagainya.