15+ Contoh Soal Essay Lokasi Tempat Tinggal : IPS Kelas VII Kurikulum Merdeka

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay materi lokasi tempat tinggal dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran IPS kelas 7 kurikulum merdeka revisi terbaru. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak dan Ibu Guru dalam mencari referensi seputar contoh soal essay materi lokasi tempat tinggal dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran IPS kelas 7 kurikulum merdeka revisi.

15+ Contoh Soal Essay Lokasi Tempat Tinggal : IPS Kelas VII Kurikulum Merdeka

Gambar: freepik.com

1. Tuliskan pengertian ruang menurut UU No. 26 Tahun 2007 tentang penataan ruang!

Jawaban:

Ruang merupakan wadah yang meliputi ruang darat, ruang laut, dan ruang udara, termasuk ruang di dalam bumi, sebagai satu kesatuan wilayah, tempat manusia dan makhluk lain hidup, melakukan kegiatan, dan memelihara kelangsungan hidupnya.

2. Tuliskan dan jelaskan dua cara yang digunakan dalam menggambarkan suatu lokasi!

Jawaban:

Salah satu konsep geografi yang terkait dengan ruang adalah lokasi. Lokasi mengacu pada posisi sesuatu di permukaan bumi. Ada dua cara yang dapat digunakan dalam menggambarkan suatu lokasi. Kedua cara itu adalah dengan cara menunjukkan lokasi absolut dan menunjukkan lokasi relatif.

3. Tuliskan perbedaan antara lokasi absolut dengan lokasi relatif!

Jawaban:

Lokasi absolut adalah lokasi yang disajikan pada peta melalui garis lintang dan garis bujur. Misalnya, Kota Makassar terletak di antara 7° 58' 48" LS dan 112° 37' 12" BT. Sementara itu. lokasi relatif adalah lokasi sesuatu dalam kaitannya dengan lokasi sesuatu lain. Misalnya, Kota Makassar tidak jauh dari Kota Maros.

4. Jelaskan mengapa negara Indonesia dikategorikan ke dalam negara kepulauan!

Jawaban:

Indonesia merupakan negara kepulauan. Menurut Rujukan Nasional Data Kewilayahan Republik Indonesia, ada sekitar 17.504 pulau di Indonesia. Luas wilayah Indonesia 8.300.000 km². Luas total perairan Indonesia sebesar 6.400.000 km².

5. Jelaskan letak astronomis, geografis, dan geologis wilayah Indonesia!

Jawaban:

Letak wilayah Indonesia dapat dilihat dari letak astronomis, geografis, dan geologis. Letak astronomis adalah letak suatu tempat berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Letak astronomis Indonesia ada di antara 95° BT - 141° BT dan 6° BT - 11° LS. Letak geografis adalah letak suatu negara dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Secara geografis, Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Hindia.

6. Tuliskan pengertian cuaca dan jelaskan jenis-jenisnya!

Jawaban:

Cuaca adalah keadaan udara hari demi hari pada satu tempat tertentu dengan jangka waktu terbatas. Cuaca digambarkan sebagai kombinasi unsur-unsur cuaca, seperti penyinaran matahari, suhu udara, kelembaban udara, angin, dan hujan. Ada beberapa jenis cuaca. Beberapa diantaranya adalah cuaca cerah, panas, berawan, dingin, hujan, dan berangin.

7. Tuliskan dan jelaskan pengertian iklim dan jenis-jenisnya!

Jawaban:

Iklim adalah keadaan cuaca yang terjadi secara umum di suatu wilayah yang luas dalam periode waktu yang lama. Adapun jenis-jenis iklim yang ada antara lain adalah iklim musim, iklim tropis, dan iklim laut adalah jenis-jenis iklim yang ada di Indonesia.

8. Jelaskan mengapa Indonesia terletak di dua paparan!

Jawaban:

Indonesia terletak pada dua paparan yaitu Paparan Sunda dan Paparan Sahul, serta daerah zona transisi yang terletak di antara keduanya. Kondisi ini menyebabkan keanekaragaman hayati di Indonesia cukup tinggi.

9. Jelaskan tiga lempeng yang terletak di wilayah Indonesia!

Jawaban:

Wilayah Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng besar, yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik. Pergerakan lempeng-lempeng tektonik ini menimbulkan cekungan basin (sedimentary) yang dapat menyebabkan endapan mineral yang menjadi sumber barang tambang dan mineral.

10. Jelaskan dua deretan pengunungan lipatan yang ada di wilayah Indonesia!

Jawaban:

Wilayah Indonesia merupakan pertemuan dari dua deretan pengunungan lipatan muda dunia, yaitu rangkaian Sirkum Pasifik dan rangkaian Sirkum Mediterania. Hal ini menyebabkan di Indonesia ada banyak gunung berapi. Sebagian besar gunung berapi itu masih aktif. Letusan gunung berapi ini menjadikan tanah Indonesia subur.

11. Apa yang dimaksud dengan peta dan fungsinya?

Jawaban:

Peta adalah gambar pada permukaan datar yang memberikan informasi tertentu tentang suatu tempat, seperti letak, batas wilayah, dan ciri-ciri alamnya. Itulah sebabnya peta biasanya digunakan untuk menemukan lokasi suatu ruang atau tempat.

12. Tuliskan empat fungsi peta menurut Aryono Prihandito!

Jawaban:

Fungsi peta menurut Aryono Prihandito adalah sebagai berikut.

  • Menunjukkan posisi atau lokasi relatif
  • Menunjukkan jarak antarkota atau luas daerah muka bumi
  • Memperlihatkan bentuk atau dimensi penampakan tertentu, seperti gunung, sungai, dan benua.
  • Mengumpulkan dan menyeleksi data-data dari suatu daerah dan menyajikannya di atas peta.

13. Tuliskan jenis-jenis peta berdasarkan informasi, jenis, skala, dan bentuknya!

Jawaban:

Berdasarkan informasinya, peta dapat dibedakan atas peta umum dan peta khusus. Berdasarkan jenisnya, peta dibedakan menjadi peta foto dan peta garis. Berdasarkan skalanya, peta dibedakan menjadi peta kadaster, peta skala besar, peta skala sedang, peta skala kecil, dan peta skala geografis. Berdasarkan bentuknya, peta dapat dibedakan menjadi peta timbul, peta datar, dan peta digital.

14. Mengapa komponen peta sangat penting untuk ada dalam sebuah peta!

Jawaban:

Untuk mendapatkan informasi yang lengkap dari peta, seseorang harus mengetahui dan memahami komponen-komponen yang ada dalam peta. Komponen-komponen tersebut adalah judul peta, tanda arah, legenda, garis astronomis, inset peta, tahun pembuatan, simbol, dan skala peta.

15. Jelaskan media pertama kali yang dibuat sebagai bahan utama membuat peta!

Jawaban:

Salah satu media yang pernah digunakan untuk membuat peta adalah tanah liat. Contohnya, peta kuno tertua yang dibuat oleh bangsa Babilonia. Media lain adalah kertas. Contohnya, peta yang dibuat oleh Anaximander (611-547 SM). Media kertas paling banyak digunakan untuk membuat peta.