20+ Contoh Soal Essay Sistem Komputer dan Kunci Jawaban : Informatika Kelas VII

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay materi sistem komputer dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran Informatika kelas 7 kurikulum merdeka belajar revisi terbaru. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal essay materi sistem komputer dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran Informatika kelas 7 kurikulum merdeka belajar.

20+ Contoh Soal Essay Sistem Komputer dan Kunci Jawaban : Informatika Kelas VII

Gambar: freepik.com

1. Jelaskan perangkat yang digunakan oleh sebuah komputer agar dapat menjalankan fungsi seperti yang kita inginkan!

Jawaban:

Agar dapat menjelankan fungsi seperti yang diinginkan, komputer dilengkapi dengan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras memiliki wujud fisik yang dapat dilihat secara kasat mata, sedangkan perangkat lunak tidak memiliki wujud fisik, melainkan berupa program-program yang dijalankan untuk melakukan perintah atau fungsi tertentu.

2. Apakah yang dimaksud dengan Central Processing Unit (CPU)?

Jawaban:

Central Processing Unit (CPU) atau lebih dikenal dengan nama prosesor adalah bagian terpenting dari komputer karena merupakan otak dari komputer tersebut. Prosesor adalah pusat pengolahan data dan pengontrolan kerja komputer. Jika prosesor tidak dapat melakukan pengolahan data dengan cepat dan baik, kerja komputer akan terasa lambat dan tidak akurat.

3. Tuliskan dan jelaskan fungsi jenis-jenis prosesor!

Jawaban:

Prosesor terdiri atas dua bagian yang dibedakan berdasarkan fungsi operasinya, yaitu Aritmetic Logic Unit (ALU) dan Control Unit (CU). ALU berfungsi sebagai pusat pengolah data seperti perhitungan matematika, sedangkan CU berfungsi sebagai pengontrol kerja komputer, yaitu mengatur urutan proses-proses yang dilakukan di komputer, yaitu mengatur urutan proses berjalan sebagaimana mestinya.

4. Jelaskan kecepatan parameter sebuah prosesor komputer yang baik!

Jawaban:

Sebagai otak dari kumputer, kecepatan adalah parameter yang sangat penting bagi prosesor. Kecepatan kinerja prosesor diukur dengan satuan Hertz. Saat ini, prosesor yang digunakan di komputer-komputer sudah mempunyai kecepatan hingga Gigahertz (1 Gigahertz = 1.000.000.000 Hertz). Semakin tinggi kecepatan prosesor, semakin cepat kinerja komputer dan harganya juga semakin mahal.

5. Tuliskan 2 jenis prosesor yang mendominasi pasar saat ini!

Jawaban:

Prosesor yang beredar di pasaran saat ini didominasi oleh merek Intel dan AMD, Inc (Advanced Micro Devices). Kedua merek tersebut terus berinovasi untuk dapat saling mengungguli. Perkembangan kecepatan prosesor sangat pesat. Pada tahun 1993, Intel mengeluarkan prosesor dengan kecepatan 133 MHz. Pada tahun 2022, kecepatan prosesor keluaran Intel Core Alder Lake i9 12900K dengan 16 inti (core) telah memiliki kecepatan hingga 5,2 GHz.

6. Apakah yang dimaksud dengan memori?

Jawaban:

Memori ialah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh prosesor. Informasi tersebut dapat berbentuk perintah-perintah maupun data. Sebagai tempat penyimpanan, memori mempunyai ruang-ruang penyimpanan dengan masing-masing ruang penyimpanan tersebut mempunyai alamat sendiri berupa nomor-nomor yang menunjuk lokasi tertentu di memori.

7. Tuliskan jenis-jenis memori yang digunakan di sebuah komputer!

Jawaban:

Memori terbagoi menjadi dua bagian, yaitu memori eksternal yang disebut dengan RAM (Random Acces Memory) dan memori internal yang disebut dengan ROM (Read Only Memory).

8. Tuliskan fungsi dari Random Acces Memory!

Jawaban:

Random Acces Memory (RAM) dalam kehidupan sehari-hari dikenal dengan istilah memori, digunakan untuk menyimpan program dan data secara sementara ketika program dijalankan dan data di proses. RAM disebut random acces karena perangkat ini memungkin untuk mengakses sel-sel memori secara langsung tanpa harus melalui urutan baris dan kolom-kolom selnya.

9. Tuliskan empat spesifikasi yang perlu diperhatikan dalam memilih sebuah RAM (Random Acces Memory)!

Jawaban:

Ketika memilih RAM, ada beberapa spesifikasi yang perlu diperhatikan, diantaranya sebagai berikut.

  • Tipe RAM
  • Kapasitas RAM
  • Kecepatan
  • Jumlah pin

10. Bagaimana cara mengenali sebuah kecepatan RAM?

Jawaban:

Kecepatan RAM dapat dikenali dari spesifikasi yang digunakan, misalnya 32 GB DDR5-6400MHz DIMMs, yang berarti RAM tersebut memiliki kecepatan transfer data 51,2 GB/s. Kecepatan transfer data dari RAM akan turut menentukan kinerja komputer secara keseluruhan.

11. Tuliskan dan jelaskan dua tipe RAM yang umum digunakan!

Jawaban:

Tipe RAM yang umum digunakan ada dua jenis, yaitu Dynamic RAM (DRAM) dan Static RAM (SRAM). Saat ini, teknologi DRAM lebih berkembang dan lebih banyak digunakan karena DRAM mempunyai kemampuan transfer data yang lebih cepat dibandingkan SRAM.

12.  Jelaskan fungsi utama dari Read Only Memory (ROM)!

Jawaban:

Read Only Memory (ROM) digunakan untuk menyimpan perintah-perintah dan data secara tetap. Sesuai dengan namanya, komputer hanya dapat membaca data dan perintah yang terdapat pada ROM. Komputer tidak dapat mengubah data dan perintah yang disimpan di ROM.

13. Tuliskan pengertian dari Motherboard!

Jawaban:

Motherboard adalah perangkat komputer yang berfungsi sebagai tempat perangkat-perangkat internal, seperti prosesor, memori, kartu grafis, kartu suara, dan LAN card. Setiap perangkat tersebut melekat di motherboard. Selain berfungsi sebagai tempat untuk menempatkan perangkat-perangkat yang lain, motherboard berfungsi sebagai penyedia jalur koneksi (bus) atau aliran data dari satu perangkat dengan perangkat yang lain.

14. Tuliskan 7 perangkat pemrosesan dan penyimpanan data pada sistem komputer!

Jawaban:

Perangkat pemrosesan dan penyimpanan data terbagi menjadi tujuh bagian, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Central Processing Unit (CPU)
  • Memori
  • Motherboard
  • Kartu Grafis
  • Kartu suara
  • Media penyimpan internal
  • Media penyimpan eksternal

15. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kartu grafis!

Jawaban:

Kartu grafis atau lebih populer dengan nama VGA (Video Graphics Array) card merupakan peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar dalam bentuk piksel. Kartu grafis memungkinkan data dalam bentuk digital ditampilkan dalam bentuk gambar di layar monitor.

16. Jelaskan secara singkat bentuk fisik dari kartu grafis!

Jawaban:

Secara fisik, kartu grafis merupakan kartu yang memiliki rangkaian elektronik yang dipasangkan pada slot yang terdapat di motherboard. Pada salah satu sisinya, kartu grafis dilengkapi dengan port untuk memasangkan kabel yang dihubungkan dengan monitor komputer. Port yang umumnya ada dalam kartu grafis adalah port VGA, Digital Video Interface (DVI), dan High Definition Multimedia Interface (HDMI).

17. Tuliskan pengertian kartu suara (sound card)!

Jawaban:

Kartu suara adalah peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (sinyal suara) dan sebaliknya mengubah sinyal analog (sinyal suara) menjadi sinyal digital. Kartu suara memungkinkan data suara, seperti lagu-lagu dengan format MP3 dan suara dari video yang diputar di komputer.

18. Tuliskan jenis-jenis kartu suara atau sound card dari segi fisik dan jelaskan!

Jawaban:

Secara fisik, kartu suara dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu kartu suara standar, kartu suara onboard (motherboard sound chip), dan kartu suara eksternal.  Kartu suara standar merupakan kartu suara berupa kartu elektronik yang dipasangkan pada slot yang terdapat di motherboard. Kartu suara onboard merupakan kartu suara yang sudah disertakan di motherboard komputer dalam bentuk chip.

19. Jelaskan apa yang dimaksud dengan harddisk!

Jawaban:

Harddisk adalah media penyimpanan yang pertama kali digunakan pada tahun 1950-an dengan ukuran sebesar 20 inci (sekitar 50 cm) dengan kapasitas masih beberapa megabyte saja. Saat pertama kali digunakan harddisk disebut dengan fixed disks sesuai dengan nama produk IBM yang sedang populer pada saat itu. Kemudian harddisk disebut untuk membedakannya dari floppy disk.

20. Tuliskan dan jelaskan jenis teknologi yang digunakan oleh harddisk!

Jawaban:

Saat ini ada dua jenis teknologi yang digunakan pada harddisk, yaitu HDD dan SSD. HDD (Hard Disc Drive) adalah media penyimpanan yang terdiri atas kumpulan piringan (platter) sebagai media menyimpan yang mempunyai poros yang dapat berputar. Solid State Drive (SSD) adalah teknologi penyimpanan baru yang berkembang dengan cepat dan mampu menambahkan kapasitas penyimpanan setiap tahunnya.