Contoh Soal Essay Diri dan Keluarga Dilengkapi Kunci Jawaban : IPS Kelas VII

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay materi diri dan keluarga dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran IPS kelas 7 Kurikulum Merdeka. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal essay materi diri dan keluarga dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran IPS kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Contoh Soal Essay Diri dan Keluarga Dilengkapi Kunci Jawaban : IPS Kelas VII

Gambar: freepik.com

1. Tuliskan pengertian keluarga!

Jawaban:

Keluarga adalah satuan kekerabatan yang sangat mendasar dalam masyarakat atau sekelompok orang yang dipersatukan oleh ikatan perwakinan, ikatan darah, atau adopsi menjadi satu rumah tangga di mana mereka hidup bersama-sama.

2. Apakah yang dimaksud dengan keluarga inti (nuclear family)?

Jawaban:

Keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, anak dan cucu dan hidup bersama-sama.

3. Tuliskan pengertian keluarga besar!

Jawaban:

Keluarga besar adalah ikatan keluarga yang terdiri dari beberapa generasi dan berbagai hubungan kekerabatan yang berbeda, seperti kakek, nenek, ayah, ibu, paman, bibi, anak, dan cucu.

4.  Tuliskan pengertian sistem kekerabatan bilateral!

Jawaban:

Sistem kekerabatan bilateral merupakan sistem yang menghitung hubungan keluarga baik dari pihak ayah maupun dari pihak ibu. Sistem bilateral ini contohnya berlaku di masyarakat Suku Jawa dan Sunda.

5. Apakah yang dimaksud dengan sistem kekerabatan unilateral?

Jawaban:

Sistem unilateral merupakan sistem yang menghitung garis keluarga dari satu pihak saja. Sistem unilateral patrilineal adalah sistem yang menghitung garis keluarga dari pihak ayah. Contoh masyarakat yang menganut sistem patrilineal adalah masyarakart Suku Timor, Flores, Minahasa, dan Batak.

6. Tuliskan pengertian sistem unilateral matrilineal!

Jawaban:

Sistem martrilineal adalah sistem yang menghitung garis keluarga dari pihak ibu. Contoh masyarakat yang mengant sistem matrilineal adalah masyarakat suku Minangkabau.

7. Apa yang dimaksud dengan sejarah keluarga?

Jawaban:

Sejarah keluarga adalah mengacu pada catatan keluarga dan semua orang yang terhubung dengan mereka, baik oleh darah maupun pernikahan, dalam garis keturunan yang sama. Sejarah keluarga dapat menjadi sumber pemahaman tentang siapa diri kita sebagai individu dengan identitas yang unik.

8. Jelaskan unsur-unsur penting dalam keluarga!

Jawaban:

Manusia, ruang, dan waktu merupakan unsur penting dalam sejarah, Manusia menjadi pelaku dalam setiap peristiwa sejarah. Persitiwa ini terjadi dalam ruang dan waktu. Ruang mengacu pada lokasi di mana peristiwa terjadi. Waktu mengacu pada kapan peristiwa itu terjadi.

9. Tuliskan alasan utama seseorang harus mempelajari sejarah keluarganya!

Jawaban:

Dengan mempelajari sejarah keluarga, kita dapat mengetahui bagaimana orang tua, kakek, dan para leluhur kita mengatasi kegagalan, capaian-capaian mereka serta impian yang mereka bangun. Ini semua tentunya dapat menjadi inspirasi bagi hidup kita.

10. Tuliskan pengertian silsilah keluarga!

Jawaban:

Silsilah keluarga adalah suatu bagan yang menunjukkan asal-usul suatu keluarga. Kita dapat melihat hubungan suatu keluarga dengan keluarga lain dari beberapa generasi. Silsilah keluarga biasanya disajikan dalam bentuk suatu struktur pohon.

11. Jelaskan alasan mengapa silsilah keluarga menyerupai pohon yang terdiri dari akar, batang, ranting, dan daun?

Jawaban:

Pada struktur pohon terdapat akar, batang, ranting, dan daun. Struktur ini melambangkan asal-usul. Itulah sebabnya ada banyak gambar silsilah keluarga menyerupai akar pohon. Pohon dalam bahasa Arab disebut dengan istilah syajaratun yang menjadi asal-usul kata sejarah menggambarkan dinamika perkembangan peradaban manusia.

12. Tuliskan pengertian Syajaratun dan jelaskan!

Jawaban:

Syajaratun artinya adalah sebuah pohon. Kata ini menjadi asal dari kata sejarah. Sejarah sendiri adalah sebuah kesinambungan. Kesinambungan ini dapat digambarkan dengan sebuah pohon yang terhubung dari akar hingga ke batang, dahan, daun maupun buahnya. Manusia memiliki sejarah berbeda satu dengan yang lain.