Kumpulan 30+ Contoh Soal (Essay) Kedudukan, Fungsi, dan Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay kedudukan, fungsi, dan penerapan Pancasila dari masa ke masa dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 7 kurikulum merdeka belajar. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal essay kedudukan, fungsi, dan penerapan Pancasila dari masa ke masa dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas 7 kurikulum merdeka.

Kumpulan 30+ Contoh Soal (Essay) Kedudukan, Fungsi, dan Penerapan Pancasila dari Masa ke Masa

Gambar: freepik.com

1. Jelaskan Pancasila sebagai dasar negara bangsa Indonesia!

Jawaban:

Kedudukan utama Pancasila bagi bangsa dan negara Indonesia adalah sebagai dasar negara. Sebagai dasar negara, Pancasila menjadi norma dasar atau kaidah negara yang fundamental. Sifatnya tetap, kuat, dan tidak dapat diubah oleh siapa pun, termasuk oleh MPR-DPR hasil pemilihan umum. Mengubah Pancasila berarti membubarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diproklmasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

2. Jelaskan kedudukan dan fungsi Pancasila sebagai dasar negara yang terdapat dalam Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945!

Jawaban:

Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara sesuai dengan bunyi alinea keempat Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia (NRI) Tahun 1945, yang tertulis, "... maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan berada, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia."

3. Jelaskan peranan Pancasila sebagai dasar negara!

Jawaban:

Sebagai dasar negara, Pancasila berperan menjadi pedoman dasar yang mengatur seluruh tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam arti ini, segala sesuatu yang berkaitan dengan sistem ketatanegaraan dilingkungan Negara Indonesia harus dilandaskan pada Pancasila.

4. Apa yang dimaksud dengan pandangan hidup?

Jawaban:

Pandangan hidup merupakan suatu wawasan menyeluruh tentang kehidupan yang terdiri atas kesatuan rangkaian nilai-nilai luhur. Pandangan hidup yang diyakini suatu masyarakat akan berkembang secara dinamis dan menghasilkan pandangan hidup bangsa.

5. Jelaskan pengertian Pandangan hidup bangsa!

Jawaban:

Pandangan hidup bangsa adalah kristalisasi nilai-nilai yang diyakini kebenaran dan manfaatnya oleh suatu bangsa sehingga tumbuh tekad untuk mewujudkannya di dalam sikap hidup sehari-hari.

6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pandangan hidup bangsa Indonesia?

Jawaban:

Pandangan hidup bangsa Indonesia adalah Pancasila. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila berasal dari budaya bangsa Indonesia sendiri. Pancasila adalah inti dari nilai-nilai budaya Indonesia sehingga Pancasila dapat disebut sebagai cita-cita moral bangsa Indonesia.

7. Jelaskan maksud Pancasila sebagai cita-cita moral bangsa Indonesia!

Jawaban:

Pancasila sebagai cita-cita moral bangsa, Pancasila memberikan pedoman dan kekuatan rohaniah bagi bangsa untuk berperilaku luhur dalam kehidupan sehari-hari di dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

8. Mengapa Pancasila harus dijunjung tinggi oleh warga negara?

Jawaban:

Pancasila dijunjung tinggi oleh warga negara, karena sebagai pandangan hidup, Pancasila berakar pada budaya dan pandangan hidup masyarakat. Dengan demikian, Pancasila sebagai pandangan hidup bagi bangsa Indonesia yang memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika harus merupakan asas pemersatu bangsa.

9. Jelaskan arti penting Pancasila sebagai pandangan hidup!

Jawaban:

Pancasila sebagai pandangan hidup berarti nilai-nilai Pancasila melekat dalam kehidupan masyarakat dan dijadikan norma dalam bersikap dan bertindak. Nilai-nilai tersebut memberikan arahan bagi masyarakat Indonesia untuk mencapai hidup yang sejahtera dan bahagia secara lahir dan batin.

10. Jelaskan Pancasila sebagai pandangan hidup yang membentuk identitas atau jati diri bangsa!

Jawaban:

Membentuk identitas atau jati diri bangsa. Di era globalisasi ini, muncul berbagai tantangan terhadap identitas dan jati diri bangsa Indonesia. Keberadaan Pancasila sebagai pandangan hidup sangat menentukan karena menjadi identitas atau jati dirinya yang harus dipegang agar tidak terbawa arus budaya asing.

11. Jelaskan arti penting Pancasila sebagai sarana pemersatu bangsa dan negara!

Jawaban:

Pancasila sebagai sarana pemersatu bangsa dan negara. Untuk mencapai persatuan bangsa, Pancasila berperan sebagai pedoman, arahan, atau pegangan hidup untuk mencapai kehidupan berdasarkan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

12. Jelaskan Pancasila sebagai alat untuk mengatasi berbagai pertentangan dan ketegangan sosial!

Jawaban:

Mengatasi berbagai pertentangan dan ketegangan sosial. Pancasila menjadi ideologi nasional, yang memberikan pedoman agar negara dapat kukuh berdiri di tengah derasnya arus ideologi global. Persatuan dan kesatuan yang timbul dari kesadaran untuk senantiasa berpedoman pada Pancasila, membuat negara dan masyarakat mampu menghadapi berbagai persoalan dalam hidup bernegara.

13. Jelaskan salah satu bentuk keberagaman bangsa Indonesia!

Jawaban:

Salah satu bentuk keberagaman bangsa Indonesia adalah budaya. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa merupakan sarana pemersatu keberagaman berdasarkan semangat Bhinneka Tunggal Ika.

14. Apa yang dimaksud dengan ideologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia?

Jawaban:

Berdasarkan KBBI, ideologi adalah kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat atau kejadian yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup. Ideologi berasal dari bahasa Latin idea yang artinya daya cipta sebagai hasil kesadaran manusia dan logos yang berarti ilmu.

15. Tuliskan pengertian ideologi menurut Alfian!

Jawaban:

Menurut Alfian, ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.

16. Jelaskan mengapa Pancasila disebut sebagai ideologi nasional!

Jawaban:

Pancasila sebagai ideologi nasional berarti suatu cara berpikir suatu bangsa. Ideologi nasional bangsa indonesia adalah Pancasila. Sebagai ideologi nasional, Pancasila merupakan suatu sistem nilai yang ideal, dicita-citakan, dan diyakini kebenarannya untuk diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

17. Mengapa Pancasila dikatakan sebagai ideologi terbuka?

Jawaban:

Pancasila adalah ideologi terbuka. Aktual, dinamis, antisipatif, dan senantiasa mampu menyesuaikan dengan perkembangan jaman, pengetahuan, dan teknologi, serta dinamika perkembangan aspirasi masyarakat.

18. Mengapa Pancasila dikatakan sebagai ideologi tertutup?

Jawaban:

Pancasila sebagai ideologi tertutup merupakan ideologi yang ditetapkan secara mutlak sehingga tidak peka terhadap perkembangan manusia dan zaman. Ideologi tertutup merupakan ideologi dengan isi dogmatis sehingga tidak dapat diubah atau dimodifikasi.

19. Tuliskan ciri-ciri Pancasila ideologi terbuka!

Jawaban:

Ideologi terbuka memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Merupakan kekayaan rohani, moral, dan budaya seluruh masyarakat.
  • Digali dan ditemukan dalam kehidupan masyarakat, tidak diciptakan oleh negara dan penguasa.
  • Isinya tidak langsung operasional sehingga tiap generasi dapat menggali falsafah tersebut dalam situasi yang mereka jalani.
  • Memberi inspirasi pada masyarakat untuk hidup bertanggung jawab sesuai falsafah itu, tidak membatasi kebebasan dan tanggung jawab masyarakat.

20. Tuliskan satu nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi terbuka!

Jawaban:

Nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah nilai dasar. Nilai dasar yaitu asas-asas yang diterima sebagai dalil yang bersifat mutlak, sesuatu yang benar, atau tidak perlu dipertanyakan lagi. Nilai-nilai tersebut adalah nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan.

21.  Jelaskan kekuatan suatu ideologi dilihat dari aspek idealitas!

Jawaban:

Kadar idealisme yang terkandung dalam Pancasila mampu menumbuhkan motivasi dan gairah kepada subjek pendukungnya sehingga apa yang terkandung di dalam dirinya bukan sekadar utopia tanpa makna, melainkan pada suatu saat benar-benar dapat diwujudkan dalam kenyataan hidup.

22. Jelaskan maksud dari sifat keterbukaan ideologi ada batasnya!

Jawaban:

Sifat keterbukaan ideologi ada batasnya, artinya di satu sisi, nilai instrumental yang terkandung dalam suatu ideologi bersifat dinamis yaitu dapat disesuaikan dengan tuntutan kemajuan zaman, bahkan dapat diganti dengan nilai instrumental lain demi terpeliharanya relevansi ideologi dengan tingkat kemajuan masyarakat.

23. Apa yang dimaksud dengan nilai instrumental?

Jawaban:

Nilai instrumental adalah nilai yang mutlak perlu demi mewujudkan nilai intrinsik karena efek aktual yang dapat diperhitungkan hasilnya. Nilai instrumental adalah penentu bentuk amalan dari nilai intrinsik untuk masa tertentu.

24. Jelaskan apa yang dimaksud dengan nilai intrinsik!

Jawaban:

Nilai intrinsik adalah nilai dasar atau nilai yang dirinya sendiri merupakan tujuan. Dalam ideologi Pancasila, nilai dasar atau nilai intrinsik yang dimaksud adalah nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial yang menjadi jati diri bangsa Indonesia.

25. Jelaskan penerapan Pancasila dari masa ke masa!

Jawaban:

Penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia tidak selalu berjalan dengan baik. Sepanjang sejarahnya, terjadi sejumlah upaya merongrong hingga mengganti Pancasila sebagai dasar negara. Adapun periode-periode penerapan Pancasila sebagai dasar negara yaitu periode 1945-1950, periode 1950-1959, periode 1959-1966, periode 1966-1998, dan periode 1998-sekarang.

26. Jelaskan penerapan Pancasila pada periode 1945-1950!

Jawaban:

Pancasila merupakan dasar negara dan pandangan hidup bangsa yang resmi ditetapkan oleh PPKI sehari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, yaitu pada 18 Agustus 1945. Akan tetapi sejak penetapannya hingga tahun 1950, pelaksana Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan bangsa Indonesia mengalami berbagai tantangan.

27. Jelaskan peristiwa yang terjadi pada periode 1945-1950 dalam penerapan Pancasila!

Jawaban:

Pada periode 1945-1950, Belanda ingin kembali menguasai Indonesia. Namun, rakyat Indonesia berhasil mempertahankan kedaulatan Indonesia.

28. Jelaskan peristiwa yang terjadi pada periode 1950-1959 dalam penerapan Pancasila!

Jawaban:

Pada periode 1950-1959, terjadi sejumlah pemberontakan seperti pemberontakan DI/TII di Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan Aceh, pemberontakan PRRI, dan Permesta.

29. Jelaskan peristiwa yang terjadi pada periode 1959-1966 dalam penerapan Pancasila!

Jawaban:

Pada periode 1959-1966, UUD NRI Tahun 1945 ditetapkan kembali. Namun, masih banyak penyimpangan-penyimpangan yang terjadi. Selain itu, terjadi pemberontakan G-30-S/PKI yang dipimpin oleh D. N. Aidit.

30. Jelaskan peristiwa yang terjadi pada periode 1966-1998 dalam penerapan Pancasila!

Jawaban:

Pada periode 1966-1998, Letjen Soeharto menjabat menjadi presiden yang menandakan masa Orde Baru. Pada periode ini masih banyak hal yang dianggap tidak sesuai dengan semangat Pancasila.