30+ Contoh Soal Essay Mengenal Lingkungan Sekitar : IPS Kelas VII Kurikulum Merdeka

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay materi mengenal lingkungan sekitar dalam mata pelajaran IPS kelas 7 kurikulum merdeka revisi. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal essay materi mengenal lingkungan sekitar dalam mata pelajaran IPS kelas 7 kurikulum merdeka.

30+ Contoh Soal Essay Mengenal Lingkungan Sekitar : IPS Kelas VII Kurikulum Merdeka

Gambar: freepik.com

1. Jelaskan pengertian zaman praaksara!

Jawaban:

Interaksi antara manusia dan lingkungan alam sudah terjalin sejak zaman prasejarah. Zaman prasejarah disebut juga dengan zaman praaksara. Zaman praaksara atau masa nirkela adalah zaman ketika menusia belum mengenal aksara atau tulisan.

2. Jelaskan empat tahapan masa perkembangan bumi!

Jawaban:

Sebelum manusia ada di dunia, sejarah alam semesta sudah berlangsung lebih dulu. Menurut teori geologi, proses perkembangan bumi terjadi dalam empat tahapan masa, yaitu masa Arkaekum, Paleozoikum, Mesozoikum, dan Neozoikum.

3. Jelaskan ciri-ciri kehidupan pada zaman Arkaekum!

Jawaban:

Ciri-ciri kehidupan pada masa zaman arkaekum yatu kulit bumi masih panas, keadaan bumi belum stabildan masih dalam proses pembentukan, serta belum ada tanda-tanda kehidupan.

4. Jelaskan ciri-ciri kehidupan pada zaman Palaeozoikum!

Jawaban:

Bumi sudah terbentuk, tanda-tanda kehidupan sudah mulai muncul, seperti mikro-organisme, ikan, amfibi, dan reptil yang bentuknya kecil dengan jumlah yang belum begitu banyak.

5. Jelaskan kehidupan dari masa ke masa pada zaman paleozoikum sampai dengan pleistosen!

Jawaban:

Pada masa paleozoikum kehidupan mulai muncul . Sementara itu, manusia purba mulai terlihat pada masa Neozoikum, tepatnya pada zaman pleistosen. Di Indonesia, terutama di Pulau Jawa, para arkeolog banyak menemukan fosil-fosil manusia praaksara.

6. Sebutkan fosil-fosil manusia yang di temukan di Indonesia pada masa praaksara!

Jawaban:

Fosil-fosil manusia praaksara yang ditemukan di wilayah Indonesia mencakup Pithecanthropus mojokertensis, Meganthropus palaeojavanicus, Pithecanthropus erectus, Homo soloensis, Homo wajakensis, dan Homo floresiensis.

7. Jelaskan pencemanaran yang terjadi pada zaman prasejarah!

Jawaban:

Seiring dengan perkembangan peradaban manusia, pencemaran lingkungan pun terjadi. Hal ini terjadi ketika aktivitas manusia tidak terkontrol dengan baik. Pada zaman praaksara, pencemaran dimulai ketika manusia menciptakan api pertama. Hal ini terbukti dengan adanya jelaga yang ditemukan di langit-langit gua prasejarah.

8. Apa yang menyebabkan pencemaran yang terjadi pada zaman prasejarah!

Jawaban:

Pencemaran tersebut terjadi karena kurangnya ventilasi atau saluran sirkulasi udara di gua-gua pada zaman itu. Pencemaran lingkungan semakin terlihat pada zaman logam, saat manusia mengenal penempaan logam.

9. Tuliskan jenis-jenis pencemaran!

Jawaban:

Ada berbagai jenis pencemaran antara lain adalah pencemaran udara, pencemaran air, dan pencemaran tanah.

10. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pencemaran udara!

Jawaban:

Pencemaran udara adalah pencemaran yang sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Menurut WHO, sepertiga kematian penduduk dunia disebabkan oleh pencemaran udara.

11. Bagaimana pencemaran udara bisa terjadi dalam kehidupan sehari-hari?

Jawaban:

Pencemaran udara terjadi ketika ada substansi fisik, biologi, atau kimia di atmosfer dengan jumlah yang dapat membayakan kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya. Pencemaran udara dapat disebabkan oleh zat gas, cair, maupun padat.

12. Jelaskan penyebab terjadinya pencemaran udara yang disebabkan oleh zat gas, cair, dan padat!

Jawaban:

Pencemaran oleh zat gas disebabkab senyawa gas seperti karbon monoksida (CO), senyawa-senyawa belerang (S), senyawa nitrogen (N), dan chlorofluorocarbon (CFC). Pencemaran udara oleh zat cair misalnya titik-titik air atau kabut. Sementara itu, pencemaran udara oleh zat padat misalnya debu.

13. Jelaskan penyumbang utama pencemaran dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban:

Aktivitas manusia adalah penyumbang terbesar pencemaran udara di dunia. Sebagian besar pencemaran tersebut disebabkan oleh pembakaran, khususnya pembakaran bahan bakar yang menimbulkan asap. Aktivitas-aktivitas itu, antara lain kegiatan memasak, pembakaran sampah, penggunaan kendaraan bermotor, dan kegiatan industri yang menghasilkan limbah asap.

14. Jelaskan dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran asap dan kabut pada kesehatan manusia!

Jawaban:

Kombinasi asap dan kabut dapat menimbulkan kabut asap. Kabut asap dapat terlihat seperti awan berwarna kuning kecokelatan. Kabut ini sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Kabut asap dapat menyebabkan iritasi pada mata, merusak paru-paru, dan bahkan menyebabkan kanker. Oleh karena itu, kita harus melindungi diri dari kabut asap untuk mengurangi dampaknya bagi kesehatan.

15. Sebutkan dampak negatif lain yang yang berbahaya bagi kehidupan manusia selain kabut asap!

Jawaban:

Selain kabut asap, senyawa klorofluorokarbon yang digunakan pada alat pendingin, penyejuk udara, dan semprotan aerosoljuga sangat berbahaya. Klorofluorokarbon dianggap berbahaya karena dapat menyebabkan penipisan lapisan ozon di atmosfer yang melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet yang berbahaya.

16. Jelaskan pengertian dari klorofluorokarbon!

Jawaban:

Klorofluorokarbon adalah salah satu senyawa penyebab efek rumah kaca. Jika senyawa tersebut memenuhi atmosfer, maka sinar matahari yang masuk akan dipantulkan kembali ke permukaan bumi. Panas dan sinar matahari akan tetap tinggal di bumi sehingga suhu udara bumi semakin tinggi.

17. Jelaskan contoh pencemaran udara secara alami!

Jawaban:

Pencemaran udara juga dapat terjadi secara alami. Pencemaran udara secara alami terjadi, antara lain karena asap dari letusan gunung berapi, debu yang dibawa oleh angin, serta gas metana dari dataran lumpur dan rawa.

18. Jelaskan nama tokoh penemu fosil Pitecanthropus!

Jawaban:

Fosil Pitecanthropus ditemukan oleh tokoh yang bernama Eugene Dubois yang diberi nama Pithecanthropus erectus. Fosil Pithecantropus mojokertensis juga ditemukan oleh von Koenigswald di Mojokerto pada tahun 1936.

19. Jelaskan manfaat air bersih dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban:

Tiga perempat permukaan bumi adalah air. Namun, jumlah air tawar yang bisa dimanfaatkan manusia hanya 3%. Manusia biasa menggunakan air untuk memenuhi kebutuhan dasar, misalnya minum, mencuci, dan sanitasi. Selain itu, air dapat digunakan untuk keperluan lain, seperti irigasi, transportasi, pembangkit listrik, dan sarana rekreasi.

20. Tuliskan pengertian pencemaran air!

Jawaban:

Pencemaran air adalah masuknya zat pencemar dengan konsentrasi yang cukup besar ke dalam air tanah di bawah permukaan atau badan air (laut, danau, atau sungai) yang membuat kualitas air menurun. Sumber air yang tercemar sangat berbahaya bagi organisme-organisme yang menggunakannya.

21. Jelaskan proses terjadinya pencemaran air dalam kehidupan manusia!

Jawaban:

Pencemaran air banyak terjadi karena berbagai macam limbah. Limbah-limbah tersebut datang dari wilayah permukiman, industri, dan pertanian. Pencemaran itu terjadi ketika limbah rumah tangga dari permukiman dibuang ke badan air. Pencemaran bisa juga terjadi karena limbah logam berat, pelarut, lumpur, dan limbah lain yang beracun dari wilayah industri. 

22. Apa yang dimaksud dengan tanah? Jelaskan!

Jawaban:

Tanah adalah bagian penting dari komponen ekosistem. Tanah terintegrasi dengan unsur-unsur fisik permukaan bumi, seperti litosfer, atmosfer, hidrosfer, dan biosfer. Unsur litosfer antara lain mencakup mineral batuan, liat, dan sedimen.

23. Jelaskan bagaimana pencemaran tanah bisa terjadi!

Jawaban:

Pengelolaan tanah yang tidak terkontrol dapat menimbulkan pencemaran. Pencemaran tanah terjadi katika ada bahan kimia beracun di dalam tanah dengan konsentrasi yang cukup tinggi. Hal ini dapat membahayakan kesehatan organisme-organisme yang hidup di permukaan dan di dalam tanah.

23. Jelaskan contoh aktivitas manusia yang bisa mencemari tanah!

Jawaban:

Ada berbagai aktivitas manusia yang dapat mencemari tanah, misalnya praktik pertanian yang memanfaatkan bahan kimia, seperti pupuk, pestisidam dan herbisida. Pencemaran tanah juga dapat disebabkan oleh pembuangan limbah industri yang mempengaruhi sifat kimia dan biologi tanah.

24. Jelaskan limbah berasal dari kota yang dapat menyebabkab pencemaran tanah!

Jawaban:

Pencemaran tanah juga disebabkan oleh limbah-limbah dari perkotaan. Contoh limbah yang berasal dari kota adalah sampah plastik, gelas, kaleng, dan logam. Limbah-limbah tersebut tidak mudah hancur. Tidak hanya itu, pencemaran tanah juga disebabkan oleh limbah-limbah berbahaya yang dibuang sembarangan seperti radioaktif, biomedis, dan limbah nonradiokatif.

25. Tuliskan pengertian asimilasi dalam proses asosiatif!

Jawaban:

Asimilasi adalah cara-cara mengurangi perbedaan antarindividu atau antarkelompok guna mencapai satu kesepakatan berdasarkan kepentingan dan tujuan bersama. Dalam asimilasi terjadi proses identifikasi diri dengan kepentingan dan tujuan kelompok. 

26. Tuliskan empat tujuan akomodasi dalam proses asosiatif!

Jawaban:

Tujuan akomodasi berbeda-beda tergantung pada situasi yang dihadapi. Di antaranya sebagai berikut!

  • Menghasilkan titik temu antara beberapa pendapat yang berbeda agar menghasilkan suatu pola baru.
  • Mencegah terjadinya pertentangan untuk sementara.
  • Mengadakan kerja sama antarkelompok sosial yang terpisah akibat faktor sosial dan psikologis atau kebudayaan.
  • Mengusahakan peleburan antarkelompok sosial yang terpisah, misalnya melalui perkawinan.

27. Apa yang dimaksud dengan interaksi sosial?

Jawaban:

Interaksi sosial adalah pengaruh timbal balik yang dilakukan manusia satu samal lain dalam upaya memecahkan masalah dan dalam upaya mereka menuju tujuan. Interaksi sosial merupakan suatu hubungan antara dua orang atau lebih individu di mana kelakuan individu memengaruhi atau mengubah individu lain atau sebaliknya.

28. Tuliskan pengertian kerja sama!

Jawaban:

Kerja sama adalah suatu usaha bersama antarindividu atau antarkelompok untuk mencapai tujuan bersama. Menurut Charles H. Cooley kerja sama timbul apabila seseorang menyadari dirinya mempunyai kepentingan atau tujuan yang sama dengan orang lain.

29. Jelaskan apa yang dimaksud dengan bentuk interaksi sosial!

Jawaban:

Menurut Jhon Gillin dalam Soekanto (2015), interaksi sosial berlangsung dalam dua jenis proses sosial, yaitu proses asosiatif dan proses disosiatif. Proses asosiatif mengarah pada persatuan atau integrasi sosial. Sebaliknya, proses disosiatif atau proses oposisi adalah cara melawan seseorang atau sekelompok orang demi meraih tujuan tertentu.

30. Jelaskan dua faktor yang memengaruhi seseorang mengalami guncagan budaya!

Jawaban:

Ada beberapa faktor yang memengaruhi sejauh mana seseorang mengalami guncangan budaya. Faktor-faktor itu antara lain sebagai berikut.

  • Sejauh mana perbedaan yang diikutinya selama ini dengan kebudayaan daerah yang dikunjunginya.
  • Sejauh mana seseorang telah mempersiapkan dirinya untuk hidup dalam kebudayaan yang baru.