Kumpulan 25+ Contoh Soal Essay Mengenal Leluhur Bangsa Indonesia : IPS Kelas VII Kurikulum Merdeka

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay materi mengenal leluhur bangsa Indonesia dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran IPS kelas 7 Kurikulum Merdeka belajar. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal essay materi mengenal leluhur bangsa Indonesia dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran IPS kelas 7 Kurikulum Merdeka.

Contoh Soal Essay Mengenal Leluhur Bangsa Indonesia : IPS Kelas VII Kurikulum Merdeka
Gambar: freepik.com

1. Jelaskan peranan penting alam pada Zaman Praaksara!

Jawaban:

Sejak Zaman Praaksara alam berperan penting dalam memenuhi kebutuhan hidup. Bahan-bahan untuk sandang (pakaian), pangan (makanan), dan papan (tempat tinggal) tersedia di alam. Bahan-bahan ini harus kita olah dengan baik. Salah satu caranya adalah menanam tanaman sayuran di pekarangan rumah dan memanfaatkan hasilnya.

2. Mengapa pada Zaman Prasejarah kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari alam?

Jawaban:

Sejak Zaman Prasejarah, kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari alam. Nenek moyang kita bertahan hidup dengan beradaptasi secara fisik dengan lingkungan alam. Mereka mampu beradaptasi dengan memanfaatkan postur tubuh yang tegak untuk mencari, membuat dan menggunakan alat dari lingkungan sekitarnya.

3. Apakah pendapat para ilmuwan seputar postur tegak dan penggunaan alat pada Zaman Prasejarah!

Jawaban:

Para ilmuwan percaya bahwa postur tegak dan penggunaan alat berkontribusi pada pertumbuhan otak manusia. Seiring bertambahnya ukuran otak, manusia mampu membuat alat yang lebih baik dan mengembangkan bahasa untuk berkomunikasi.

4. Jelaskann cara manusia pada Zaman Prasejarah dalam memenuhi kebutuhannya!

Jawaban:

Berdasarkan cara manusia memenuhi kebutuhan hidupnya, Zaman Praaksara terbagi menjadi zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana, zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut, zaman bercocok tanam, serta Zaman Perundagian.

5. Tuliskan 4 ciri-ciri masyarakat pada Zaman Praaksara!

Jawaban:

Ciri-ciri masyarakat pada Zaman Praakasara adalah sebagai berikut.

  • Memiliki akal dan kecakapan yang masih sangat terbatas.
  • Hidup di dataran rendah yang dekat dengan sumber air dan makanan.
  • Mata pencaharian pokoknya adalah berburu dan mengumpulkan makanan.
  • Hidup berpindah-pindah dan bergantung pada ketersediaan makanan di suatu tempat.

6. Apa yang dimaksud dengan Zaman Perundagian!

Jawaban:

Perundagian berasal dari kata undagi yang berarti tenaga ahli atau seseorang yang memiliki keterampilan dan keahlian dalam melakukan pekerjaan tertentu. Pada masa ini, orang-orang sudah mulai melakukan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilannya masing-masing.

7. Tuliskan ciri-ciri masyarakat pada tingkat lanjut Zaman Praaksara!

Jawaban:

Pada zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat lanjut, ciri-ciri masyarakatnya adalah sebagai berikut.

  • Proses pengumpulan makanan tidak hanya dilakukan di sekitar tempat tinggal, tetapi mencakup daerah lainnya.
  • Bertempat tinggal di gua-gua.
  • Hidup berpindah tempat ketika persediaan sumber makanan berkurang.
  • Alat-alat yang digunakan masih berbentuk kasar, terbuat dari batu, tulang, dan tanduk yang tajam dan runcing.

8. Tuliskan ciri-ciri masyarakat pada Zaman Perundagian!

Jawaban:

Ciri-ciri masyarakat pada Zaman Perundagian adalah sebagai berikut.

Sudah membentuk kelompok-kelompok kerja dalam bidang pertukangan. Sudah mengenal status keanggotaan masyarakat. Sudah mengenal teknik pengolahan logam. Sudah membuat perhiasan dan emas. Sudah membuat bangunan-bangunan yang terbuat dari batu-batu besar sebagai sarana pemujaan kepada roh nenek moyang.

9. Jelaskan kondisi Zaman Perundagian dari aspek kehidupan masyarakat!

Jawaban:

Kondisi masyarakat pada Zaman Perundagian dari aspek kehidupan masyarakat yaitu hidup secara menetap, mata pencaharian pokok bercocok tanam, terampil membuat alat-alat logam, melakukan perdagangan antarpulau dengan perahu bercadik, dan sudah terdapat pengelompokan golongan di masyarakat.

10. Jelaskan kondisi Zaman Perundagian dilihat dari aspek peralatan yang digunakan!

Jawaban:

Kondisi masyarakat pada Zaman Perundagian dari aspek peralatan yaitu sebagian besar alat-alat dari tulang dan batu digantikan dengan alat-alat dari logam, misalnya kapak perunggu, bejana perunggu, dan alat-alat dari besi.

11. Jelaskan Zaman Bercocok Tanam pada Zaman Praaksara!

Jawaban:

Pada Zaman Bercocok Tanam telah terjadi perubahan pola hidup yang mendasar, dari pengumpulan makanan (food gathering) menjadi penghasil makanan dengan cara bertani dan beternak (food producing).

12. Jelaskan kondisi zaman berburu dan mengumpulkan makanan dilihat dari aspek fauna!

Jawaban:

Kondisi zaman berburu dan mengumpulkan makanan dilihat dari aspek fauna yaitu biawak, kera, banteng, kerbau, kijang, ikan, kerang, dan siput pada umumnya berukuran lebih besar dibandingkan saat ini.

13. Jelaskan kondisi zaman berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana pada zaman praaksara dilihat aspek keadaan alam, flora, fauna, kehidupan masyarakat, dan peralatan!

Jawaban:

Keadaan alam : kondisi bumi masih belum stabil (zaman tersier). Flora : Pohon salam dan rasamala, umbi-umbian, buah-buahan, serta sayur-sayuran. Fauna: lembu, gajah, dan harimau. Kehiduoan masyarakat: mengumpulkan makanan, nomaden, dan belum mengenal sistem religi. Peralatan: kapak perimbas, alat serpih, dan alat tulang.

14. Tuliskan pengertian animisme!

Jawaban:

Animisme berasal dari bahasa Latin anima, yang berarti roh. Animisme adalah kepercayaan bahwa segala benda yang ada di bumi seperti wilayah tertentu, gunung, laut, sungai, gua, pohon, dan batu memiliki roh.

15. Tuliskan empat teori yang menjelaskan asal-usul leluhur bangsa Indonesia!

Jawaban:

Ada beberapa teori yang menjelaskan asal-usul leluhur bangsa Indonesia yaitu sebagai berikut.

  • Teori out of Africa
  • Teori out of Yunnan
  • Teori Nusantara
  • Teori out of Taiwan

16. Jelaskan asal-usul leluhur bangsa Indonesia ditinjau dari teori out of Africa!

Jawaban:

Teori out of Africa menyatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Afrika. Sekitar 70.000-100.000 tahun lalu, manusia mulai menyebar ke seluruh Afrika. Pada tahun 60.000 SM, bumi mengalami penurunan suhu sehingga menyebabkan terbentuknya es di daerah Eropa Utara dan Amerika Utara.

17. Jelaskan pengertian dari Dinamisme!

Jawaban:

Dinamisme berasal dari bahasa Yunani dunamos yang berarti kekuatan atau daya. Dinamisme adalah kepercayaan bahwa berbagai benda di sekitar manusia memiliki kekuatan gaib yang mampu memberikan manfaat atau musibah bagi manusia.

18. Jelaskan asal-usul leluhur bangsa Indonesia berdasarkan teori out of Yunnan!

Jawaban:

Teori out of Yunnan menyatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunnan, Tiongkok bagian selatan. Beberapa ahli yang mendukung teori ini, antara lain H. Kern dan Robert Barron von Heine-Geldern. Berdasarkan teori ini, orang-orang Yunnan melakukan migrasi ke wilayah Nusantara dalam tiga gelombang utama.

19. Jelaskan asal-usul leluhur bangsa Indonesia menurut teori Nusantara!

Jawaban:

Teori nusantara menyatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia bukan berasal dari luar, melainkan dari wilayah Nusantara sendiri. Teori ini didukung oleh beberapa pakar, seperti Muh. Yamin, J. Crawford, K. Himly, dan Sutan Takdir Alisjahbana. Teori ini didasarkan pada beberapa alasan, salah atunya adalah bahasa-bahasa Austronesia yang berkembang di Nusantara tidak memiliki kemiripan dengan bahasa-bahasa yang berkembang di Asia Tengah.

20. Jelaskan asal-usul leluhur bangsa Indonesia berdasarkan teori out of Taiwan!

Jawaban:

Menurut teori out of Taiwan leluhur bangsa Indonesia berasal dari Taiwan. Leluhur Austronesia bermigrasi untuk pertama kalinya dari Taiwan (formosa) ke Filipina bagian utara sekitar tahun 4.500 hingga 3.000 SM.

21. Jelaskan asal kata dan pengertian diaspora!

Jawaban:

Secara etimologi kata diaspora berasal dari kata Yunani Kuno, yaitu diaspeiro. Kata ini mempunyai arti penyebarluasan. Dalam konteks ini, kita coba melihat bahwa sejak zaman dahulu kala orang-orang Indonesia sudah menetap di luar negeri.

22. Di manakah letak Pulau Madagaskar?

Jawaban:

Pulau Madagaskar terletak di lepas pantai tenggara Arfrika dan kaya akan sumber daya alam. Menariknya, kita dapat menemukan suku Dayak dan suku Bugis di pulau ini.

23. Berikan bukti kehadiran suku Dayak di Pulau Madagaskar!

Jawaban:

Kehadiran suku Dayak di Pulau Madagaskar dapat dibuktikan dengan kemiripan bahasa suku-suku Merina, Sihanaka, dan Betsileo di dataran tinggi Madagaskar dengan bahasa Barito yang banyak digunakan di Kalimantan bagian selatan.

24. Selain suku Dayak, suku Bugis dipercaya pernah hadir di Pulau Madagaskar, jelaskan!

Jawaban:

Selain suku Dayak, suku Bugis juga diketahui pernah mengunjungi Madagaskar. Salah seorang tokohnya adalah Syekh Yusuf dari Gowa, Makassar. Di sana, beliau menyiarkan agama Islam membentuk komunitas Islam. Komunitas ini ditemukan, antara lain di salah satu kota kecil di Afrika Selatan, yaitu Macassar.

25. Jelaskan bukti bahwa suku Bugis pernah merantau ke Malaysia!

Jawaban:

Sejak abad ke-18, orang Bugis telah dikenal memiliki tradisi merantau. Mereka pergi merantau dengan menggunakan perahu. Salah satu daerah perantauannya adalah Malaysia. Orang bugis diperkirakan mengunjungi Semenanjung Malaysia sekitar pertengahan tahun 1600-an.