Soal dan Jawaban Essay (Sakramen Inisiasi) Sakramen Baptis | Agama Katolik Kelas VIII

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay dilengkapi dengan kunci jawaban agama Katolik kelas 8 materi sakramen Inisiasi (sakramen baptis). Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal essay dilengkapi dengan kunci jawaban agama Katolik kelas 8 materi sakramen Inisiasi (sakramen baptis).

Soal dan Jawaban Essay (Sakramen Inisiasi) Sakramen Baptis | Agama Katolik Kelas VIII

Gambar: kemdikbud.go.id

1. Jelaskan sakramen Inisiasi yang pertama Gereja Katolik!

Kunci Jawaban:

Sakramen Inisiasi yang pertama dalam Gereja Katolik adalah Sakramen Baptis atau Permandian. Sakramen Baptis menjadi pintu gerbang untuk dapat menerima sakramen-sakramen yang lainnya. Sakramen Baptis adalah sakramen dasar bagi orang Kristiani. Dengan dibaptis, seseorang bergabung secara sah menjadi anggota Gereja.

2. Jelaskanlah asal dan arti kata Baptis!

Kunci Jawaban:

Baptis berasal dari bahasa Yunani Baptizo yang berarti pembasuhan atau pencucian. Berdasar pengertian tersebut, membaptis dapat diartikan sebagai membenamkan calon ke dalam air atau menuangkan air ke atas kepala sambil mengucap atas nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.

3. Rumuskanlah sarana yang digunakan dalam sakramen baptis!

Kunci Jawaban:

Bermula dari peristiwa setelah kebangkitan, Yesus memberikan tugas perutusan kepada para rasul untuk membaptis (Mat 28:19). Sejak Pentakosta, Gereja melayani pembaptisan kepada setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus. Sarana yang dipergunakan dalam sakramen baptis antara lain:

  • Air sebagai lambang membersihkan dari dosa-dosa,
  • Lilin menyala, yang melambangkan cahaya Kristus sebagai penerang dalam kehidupan, karena kita adalah anak terang Kristus (Ef 5:8),
  • Kain putih yang melambangkan "mengenakan Kristus." Sesudah dibaptis, kita mengandalkan kekuatan Kristus dalam menjalani hidup.

4. Jelaskan dua jenis pembaptisan dalam gereja Katolik!

Kunci Jawaban:

Dalam Gereja Katolik, pembaptisan dapat dibedakan menjadi dua yaitu, baptisan bayi dan baptisan dewasa. Dalam babtisan bayi, Gereja membaptis bayi beberapa bulan setelah bayi lahir. Pada dasarnya, dosa asal sudah ada, maka pembatisan bayi berarti bayi telah diselamatkan dari kuasa jahat untuk dibebaskan menjadi anak-anak Allah.

5. Jelaskan syarat untuk dapat melaksanakan pembaptisan bayi!

Kunci Jawaban:

Untuk dapat melaksanakan pembaptisan bayi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu adanya pendampingan orang tua dan Gereja untuk mengucapkan pengakuan iman. Orang tua yang bertanggung jawab atas iman dari si bayi.

6. Jelaskan syarat untuk dapat melaksanakan pembaptisan dewasa!

Kunci Jawaban:

Baptisan dewasa diberikan khusus kepada mereka yang sudah dewasa. Seperti halnya pembaptisan bayi, baptis dewasa pun memiliki beberapa persyaratan antara lain, percaya kepada Kristus sebagai penyelamat, mengikuti pelajaran calon katekumen sekurang-kurangnya 1 tahun, dan mengucapkan pengakuan iman pada waktu pembaptisan.

7. Rumuskanlah 4 tahapan yang harus dilalui seseorang untuk mencapai baptisan!

Kunci Jawaban:

Berbeda dengan baptisan bayi, ada empat tahapan yang harus dilalui seseorang untuk mencapai baptisan tersebut. Adapun keempat tahapan tersebut adalah:

  • Tahapan Prakatekumenat, yaitu masa untuk pemurnian motivasi calon, yang diakhiri dengan upacara tahap pertama, yaitu pelantikan menjadi katekumen,
  • Tahapan Katekumenat, yaitu masa untuk pengajaran dan pembinaan iman, serta latihan hidup dalam jemaat. Masa ini diakhiri dengan upacara pengukuhan katekumenat terpilih,
  • Tahapan persiapan terakhir, yaitu masa khusus untuk mempersiapkan diri menerima sakramen inisiasi, yang diakhiri dengan upacara peneriman Sakramen Baptis,
  • Tahapan mistagogi, yaitu masa untuk pembinaan lanjutan setelah seseorang menerima Sakramen Baptis. Menurut Kitab Hukum Kanonik, calon baptis hendaknya didampingi oleh wali baptis, yang bertugas untuk mendampingi calon baptis dewasa dalam inisiasi kristiani, dan juga mengusahakan agar yang dibaptis hidup secara kristiani sesuai dengan nama baptisnya serta memenuhi dengan setia kewajiban-kewajiban yang melekat pada baptis itu" (KHK No. 872).

8. Apakah buah atau rahmat dari sakramen Baptis!

Kunci Jawaban:

Buah atau rahmat dari Sakramen Baptis adalah dihapuskan dari segala dosa, dilahirkan kembali menjadi anak Allah, mendapat rahmat pengudusan dan pembenaran yang mempersatukan seseorang dengan Kristus dan Gereja-Nya, ikut ambil bagian dalam tugas Gereja, dan dimeteraikan sebagai milik Kristus selama-lamanya.

9. Rumuskanlah 1 contoh doa menutup pembelajaran berkaitan dengan materi sakramen baptis!

Kunci Jawaban:

Allah Bapa kami yang penuh kasih, Puji dan syukur kami haturkan kehadirat-Mu Atas berkat dan pendampingan-Mu hingga hari ini. Mohon berkat-Mu ya Bapa untuk kegiatan belajar kami hari ini. Semoga hari ini kami mampu menghayati Sakramen Baptis, Sebagai sarana untuk bertemu dan semakin dekat dengan-Mu. Engkau kami puji ya Bapa, bersama Putera dan Roh Kudus, Sepanjang segala masa. Amin.

10. Tuliskanlah ayat Alkitab Mat 28:16-20!

Kunci Jawaban:

Dan kesebelas murid itu berangkat ke Galilea, ke bukit yang telah ditunjukkan Yesus kepada mereka. Ketika melihat Dia mereka menyembah-Nya, tetapi beberapa orang ragu-ragu. Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.