Kumpulan 15 Soal & Jawaban Gereja sebagai Komunitas Orang Beriman : Karya Pastoral Gereja

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal sumatif agama Katolik kelas 8 materi gereja sebagai komunitas orang beriman dan karya pastoral gereja dilengkapi dengan kunci jawaban. Harapannya apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan juga peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal sumatif agama Katolik kelas 8 materi gereja sebagai komunitas orang beriman dan karya pastoral gereja.

Kumpulan 15 Soal & Jawaban Gereja sebagai Komunitas Orang Beriman : Karya Pastoral Gereja

Gambar: Paroki Batu

1. Jelaskan tugas pokok gereja pada bidang pewartaan!

Kunci Jawaban:

Bidang Pewartaan (Kerygma) adalah segala bentuk pewartaan, pengajaran iman, dan komunikasi iman untuk saling meneguhkan, berbagi pengalaman iman, dan saling meluruskan pandangan iman. Contonya, pelajaran agama, pelajaran untuk calon baptis, katekese umat, kotbah dan lain lain.

2. Jelaskan tugas pokok gereja bidang Persekutuan (Koinonia)!

Kunci Jawaban:

Bidang Persekutuan (Koinonia) adalah segala usaha untuk semakin mewujudkan persaudaraan murid-murid Kristus dengan saling membantu, menguatkan, bekerja sama, dan berkumpul dalam communio. Contohnya, kelompok putra altar, OMK, kelompok Legio Maria, Marriage Encounter ( ME), wanita Katolik dan sebagainya.

3. Jelaskan tugas pokok gereja bidang Pengudusan (Leyturgia)!

Kunci Jawaban:

Bidang Pengudusan (Leyturgia) adalah segala bentuk kegiatan ibadat kepada Tuhan yang dilakukan oleh umat, baik yang dilakukan secara personal maupun sosial, baik yang merupakan sakramen dan bukan sakramen. Contohnya, perayaan ekaristi, ibadat, doa novena dan lain-lain.

4. Jelaskan tugas pokok gereja pada bidang pelayanan (Diakonia)!

Kunci Jawaban:

Bidang Pelayanan (Diakonia) adalah segala bentuk pelayanan kepada semua orang yang membutuhkan pertolongan dan bantuan. Contohnya, dalam paroki terdapat poliklinik, dana solidaritas, yayasan yatim piatu, aktivitas aksi sosial, APP dan lain-lain.

5. Jelaskan tugas pokok gereja pada bidang Kesaksian hidup (Martyria)!

Kunci Jawaban:

Bidang Kesaksian hidup (Martyria), adalah segala bentuk kesaksian yang dapat diwujudkan dengan cara hidup yang benar (martir putih) dan juga kematian (martir merah).

6. Tuliskan contoh aktivitas yang dapat diikuti oleh kaum muda remaja!

Kunci Jawaban:

Ada banyak wadah untuk pelayanan atau aktivitas yang dapat diikuti oleh kaum muda remaja, misalnya Putra Altar (misdinar), Legio Maria Yunior, Anthiokia, Remaja Katolik, Orang Muda Katolik, Kelompok Karyawan Muda Katolik, dan sebagainya.

7. Apa yang diharapkan gereja melalui aktivitas dan pelayanan kaum muda remaja?

Kunci Jawaban:

Gereja mengharapkan agar remaja berkembang dalam iman dan kepribadian sebagai murid-murid Kristus, melatih diri untuk menjadi kader-kader pemimpin gereja dan masyarakat, dan mengasah kepedulian terhadap sesama.

8. Jelaskan perbedaan antara Kerygma (Pewartaan) dan Koinonia (Persekutuan)!

Kunci Jawaban:

Kerygma (Pewartaan) adalah sSegala bentuk pewartaan, pengajaran iman, dan komunikasi iman untuk saling meneguhkan, berbagi pengalaman iman, dan saling meluruskan pandangan iman. Sedangkan Koinonia (Persekutuan) adalah segala usaha untuk semakin mewujudkan persaudaraan murid-murid Kristus dengan saling membantu, menguatkan, bekerja sama, dan berkumpul dalam communio.

9. Jelaskan perbedaan antara Diakonia dan Leyturgia!

Kunci Jawaban:

Diakonia (Pelayanan) adalah segala bentuk pelayanan kepada semua orang yang membutuhkan pertolongan dan bantuan. Sedangkan Leyturgia (Pengudusan) adalah Segala bentuk kegiatan ibadat kepada Tuhan yang dilakukan oleh umat, baik yang dilakukan secara personal maupun sosial, baik yang merupakan sakramen dan bukan sakramen.

10. Tuliskan 5 ciri hidup Jemaat Perdana!

Kunci Jawaban:

  • Bertekun dalam pengajaran para rasul
  • Bertekun dalam persekutuan
  • Saling memenuhi kebutuhan hidup
  • Berkumpul memecahkan roti dan berdoa (memuji Allah)
  • Memberikan kesaksian melalui mukjizat yang mereka lakukan

11. Jelaskan ciri hidup jemaat perdana dalam Kis 2:41-47 ayat 42!

Kunci Jawaban:

Pada Ayat 42 kita menemukan kalimat bahwa mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Kalimat ini mengandung tiga ciri hidup dari jemaat perdana, yaitu bertekun dalam ajaran para rasul, bertekun dalam persekutuan, dan berdoa memuji Allah.

12. Jelaskan ciri hidup jemaat perdana dalam Kis 2:41-47 ayat 43!

Kunci Jawaban:

Pada ayat 43 kita menemukan kalimat yang menegaskan bahwa rasul-rasul itu mengadakan banyak mukjizat dan tanda. Kalimat ini mengandung satu ciri hidup mereka, yaitu mereka memberikan kesaksian melalui mukjizat yang mereka lakukan.

13. Jelaskan ciri hidup jemaat perdana dalam Kis 2:41-47 ayat 44 dan 45!

Kunci Jawaban:

Pada ayat 44 dan 45, kita menemukan satu ciri hidup jemaat perdana lainnya, yaitu mereka saling memperhatikan dan memenuhi kebutuhan hidup.

14. Tuliskan satu contoh doa pembuka yang berkaitan dengan Karya Pastoral Gereja!

Kunci Jawaban:

Allah, Bapa yang Mahakasih,
Roh Kudus telah mendampingi Gereja-Mu
dalam perjalanan di dunia ini.
Sehingga Gereja-Mu mampu untuk
tetap mewartakan kabar suka cita-Mu
hingga saat ini melalui beragam karya pastoralnya.
Bimbinglah hati, pikiran, dan akal budi kami
dalam belajar hari ini ya Bapa.
Agar kami mampu memahami
beragam karya pastoral Gereja-Mu,
Sehingga memungkinkan kami
untuk turut terlibat di dalamnya.
Demi Kristus, Tuhan dan Juru Selamat kami.
Amin

15. Sebutkanlah isi dari Kis. 2:41-47!

Kunci Jawaban:

Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa. Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda. Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagibagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masingmasing. Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan