Soal Essay & Jawaban Peranan Roh Kudus Bagi Murid Yesus (Yesus Mengutus Roh Kudus) Agama Katolik

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay dan dilengkapi dengan kunci jawaban materi peranan Roh Kudus bagi murid Yesus (Yesus mengutus Roh Kudus) Sumatif agama Katolik kelas 8 terbaru. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan juga peserta didik dalam mencari soal essay dan dilengkapi dengan kunci jawaban materi peranan Roh Kudus bagi murid Yesus (Yesus mengutus Roh Kudus) Sumatif agama Katolik kelas 8.

Soal Essay & Jawaban Peranan Roh Kudus Bagi Murid Yesus (Yesus Mengutus Roh Kudus) Agama Katolik

Gambar: kemdikbud.co.id

1. Rumuskanlah satu contoh doa pembuka yang sesuai dengan materi Yesus mengutus Roh Kudus!

Kunci Jawaban:

Allah, Bapa kami yang penuh kasih, Kami bersyukur atas penyertaan-Mu sampai hari ini. Kami mohon pendampingan-Mu ya Bapa, agar kami mampu belajar dengan baik hari ini. Bukalah hati dan pikiran kami agar semakin mampu menghayati kehadiran Roh Kudus dalam hidup kami sehari-hari. Demi Kristus Tuhan dan Juru selamat kami. Amin.

2. Buatlah satu contoh cerita singkat pengalaman hidup tentang menjadi saksi!

Kunci Jawaban:

Ketika sedang ulangan, Andi terlihat mencontek. Agus dan beberapa teman yang duduk di belakang Andi melihat proses Andi yang sedang mencontek tersebut. Ketika selesai ulangan, Andi menghampiri Agus dan berkata "Awas! Kalau kamu mengadukan aku ke guru, tahu sendiri akibatnya." Agus ketakutan terhadap ancaman Andi. Ketika guru mengoreksi hasil ulangan, ada kecurigaan kalau Andi mencontek, maka dipanggilah Agus yang duduk di belakang Andi. "Bapak dengar, kamu melihat kalau Andi menyontek saat ulangan ya?" tanya guru kepada Agus. Agus kemudian ingat ancaman Andi, lalu berkata pada guru, "Maaf pak, saya tidak lihat. Betul pak, saya tidak lihat."

3. Apa yang dialami oleh para rasul setelah peristiwa sengsara dan wafat Yesus?

Kunci Jawaban:

Setelah peristiwa sengsara dan wafat Yesus, para rasul mengalami kesedihan dan ketakutan yang luar biasa. Mereka mengalami kesedihan karena merasa ditinggalkan oleh Gurunya yang selama ini selalu mereka ikuti. Mereka pun merasa takut untuk memberikan kesaksian tentang Yesus. Dalam ketakutan itu, mereka berharap dan menantikan terpenuhinya janji Yesus untuk mengutus Roh Penghibur.

4. Siapakah Roh Penghibur yang dijanjikan Yesus itu?

Kunci Jawaban:

Roh Penghibur yang dijanjikan Yesus itu adalah Roh kudus sendiri, yang adalah Roh Kebenaran. Roh Kudus adalah Roh Kebenaran yang mengajarkan tentang Kebenaran Allah, yaitu mewartakan tentang Yesus Kristus sendiri dan karya Penyelamatan-Nya.

5. Apakah yang dimaksud dengan roh kebenaran dalam kitab Yoh 16:13?

Kunci Jawaban:

"Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran." (Yoh 16: 13). Berkat bimbingan Roh Kudus yang adalah Roh Kebenaran itulah kita juga diberi keberanian untuk bersaksi tentang Tuhan Yesus dan karya-karya-Nya yang kita imani.

6. Apakah yang dirindukan oleh para rasul pada peristiwa Pentakosta?

Kunci Jawaban:

Kerinduan para rasul itu akhirnya terpenuhi pada peristiwa Pentakosta, yaitu peristiwa turunnya Roh Kudus atas para Rasul. Pada waktu itu, tiba-tiba terjadi tiupan angin yang keras memenuhi seluruh rumah dan lidah-lidah api bertebaran hinggap pada mereka masing-masing, lalu mereka dipenuhi Roh Kudus (Kis.2: 1-11).

7. Apakah bukti dari peristiwa turunnya Roh Kudus?

Kunci Jawaban:

Peristiwa turunnya Roh Kudus atas para rasul ini membuktikan bahwa Yesus tidak pernah meninggalkan murid-murid-Nya. Ia senantiasa menyertai mereka sampai akhir zaman.

8. Jelaskan lambang dari Roh Kudus?

Kunci Jawaban:

Roh Kudus dilambangkan dengan angin, maka hendaknya kita menyadari bahwa Roh Kudus senantiasa berkarya dalam setiap langkah hidup kita, menggerakkan kita kemana Roh itu mau, yaitu menuju kepada kebaikan. Roh Kudus juga dilambangkan dengan api, maka kita menyadari bahwa Roh Kuduslah yang menyemangati hidup kita, yang selalu mengobarkan semangat kita untuk mewartakan karya keselamatan Kristus.

9. Rumuskanlah contoh doa Roh Kudus!

Kunci Jawaban:

Allah Bapa yang maha kudus, kami bersyukur kepada-Mu karena Roh Kudus yang telah Kau curahkan ke dalam hati kami. Kehadiran-Nya dalam hati kami telah membuat kami menjadi bait kehadiran-Mu sendiri, dan bersama Dia pula kami telah Kau lahirkan kembali menjadi anak-anakMu.

Dialah penghibur dan penolong yang Kau utus dalam nama Kristus. Dialah Roh Kebenaran yang memimpin kami kepada seluruh kebenaran. Semoga Dia mengajarkan segala sesuatu kepada kami dan mengingatkan kami akan sabda yang telah dikatakan oleh Yesus, agar kami selalu di tuntun oleh sabda-Nya.

Melalui Roh Kudus-Mu ini, sudilah Engkau membimbing Gereja-Mu, para pemimpin dan pembantu-pembantunya, dan berilah mereka kebijaksanaan sejati. Semoga karena bimbingan-Nya kami semua boleh menikmati buah Roh: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemah lembutan, dan penguasaan diri.

Melalui Roh Kudus-Mu pula, sudilah Engkau membimbing umat-Mu untuk peka dan setia kepada kehendak-Mu, untuk tetap tabah dalam penderitaan, berani menjadi saksi Putra-Mu, berani menjadi pelayan sesama dan menjadi terang serta garam dunia.

Semoga Roh Kudus selalu memimpin kami dengan lemah lembut dan ramah, serta menuntun kami dengan cermat dan teguh. Semoga Ia menjadi daya Ilahi di dalam kehidupan beriman dan bermasyarakat, dan mengantar kami masuk ke dalam kemuliaan surgawi untuk berbahagia abadi bersama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.

10. Apa yang dirasakan oleh para rasul ketika Yesus disalibkan, wafat, dan dimakamkan?

Kunci Jawaban:

Peristiwa Yesus disalibkan, wafat, dan dimakamkan membuat para rasul mengalami kesedihan dan ketakutan. Mereka sedih karena merasa ditinggalkan oleh Sang Guru. Kesedihan itu mulai terobati ketika mereka mengetahui bahwa Yesus telah bangkit dan menerima penampakan Yesus di tengah-tengah mereka.

11. Apakah yang dijanjikan oleh Yesus kepada para rasul sebelum naik ke surga?

Kunci Jawaban:

Sesudah kebangkitan-Nya dari alam maut, Yesus Kristus naik ke surga. Sebelum naik ke surga, Yesus menjanjikan kepada mereka seorang penolong yang akan membantu mereka. "Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu, yaitu Roh Kebenaran" (Yoh 14: 16- 17). Janji Yesus ini telah terpenuhi melalui peristiwa turunnya Roh Kudus atas para rasul dalam peristiwa Pentakosta. Roh Kudus turun atas para rasul dalam rupa lidah- lidah api dan tiupan angin yang kencang, yang memenuhi seluruh ruangan ketika mereka berkumpul. Para murid percaya bahwa Roh Kudus adalah Roh Yesus sendiri yang pernah dijanjikan-Nya kepada mereka. 

12. Siapakah penolong yang dimaksudkan oleh Yesus sebelum Dia naik ke surga?

Kunci Jawaban:

Seorang penolong yang lain yang dijanjikan Yesus disebutnya sebagai Roh Kebenaran (Yoh 14:17). Roh Kudus disebut juga sebagai Roh Kebenaran, yang senantiasa mengajarkan tentang Kebenaran Allah, yaitu mewartakan tentang Yesus Kristus dan karya Penyelamatan-Nya. Roh Kudus adalah Roh Kebenaran yang senantiasa dan selalu menuntun Gereja kepada kekudusan. Roh Kudus adalah Roh Kebenaran yang senantiasa dan selalu menggerakkan, mendorong, menguatkan, dan memberikan semangat kepada Gereja untuk berkarya dan mewartakan Kerajaan Allah. Roh Kudus adalah Roh Kebenaran, yang senantiasa membimbing dan memimpin kita menuju kepada kebenaran Allah. Roh Kudus adalah Roh Kebenaran oleh karena yang dikatakan, didengar, dan diberitakan berasal dari Allah. Itulah Roh Kudus yang dijanjikan Yesus kepada para Rasul.

13. Rumuskanlah melalui peristiwa apakah Roh Kudus yang dijanjikan oleh Yesus benar-benar hadir dalam hati para rasul!

Kunci Jawaban:

Melalui peristiwa Pentakosta, Roh Kudus yang dijanjikan oleh Yesus benar-benar hadir dan memenuhi hati para rasul. Roh Kudus mengubah hati mereka, menyemangati dan mempersatukan semua orang dari berbagai bangsa. Peristiwa Pentakosta menguatkan iman para rasul bahwa Yesus tidak akan pernah meninggalkan mereka. Yesus Kristus akan menyertai mereka sampai akhir zaman. Dengan janji ini, Roh Kudus juga tetap berkarya hingga sekarang, yaitu hadir dalam Gereja, dan selanjutnya menjiwai, membimbing, dan menyertai Gereja.

14. Jelaskanlah manfaat yang dapat peserta didik petik setelah mempelajari materi Peranan Roh Kudus Bagi Murid Yesus (Yesus Mengutus Roh Kudus)

Kunci Jawaban:

Manfaat yang dapat diperoleh oleh peserta didik yaitu semakin menyadari bahwa Roh Kudus yang dijanjikan Yesus itu berkarya hingga saat ini dan akan menyertai sepanjang masa. Dengan demikian peserta didik semakin dikuatkan dalam menjalani hidup bersama dengan Roh kudus yang akan selalu mendampingi mereka.

15. Rumuskanlah contoh kasus pengalaman hidup tentang menjadi saksi!

Kunci Jawaban:

Petrus adalah murid Yesus yang paling berani. Oleh Yesus, Petrus ditunjuk menjadi pemimpin di antara para rasul. Namun, ketika Yesus ditangkap dan Petrus ada di situ, ia menyangkal bahwa dirinya adalah salah satu murid Yesus. Petrus tidak berani berkata "ya," tetapi berkata "bukan." Bahkan hal itu terjadi sampai tiga kali.