Soal Essay Yesus Mewartakan Kerajaan Allah Melalui Tindakan atau Mukjizat Sumatif Agama Katolik Kelas VIII

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay sumatif agama Katolik kelas 8 materi Yesus Mewartakan Kerajaan Allah Melalui Tindakan atau Mukjizat Sumatif dilengkapi dengan kunci jawaban. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi contoh soal essay sumatif agama Katolik kelas 8 materi Yesus Mewartakan Kerajaan Allah Melalui Tindakan atau Mukjizat Sumatif dilengkapi dengan kunci jawaban.

Soal Essay Yesus Mewartakan Kerajaan Allah Melalui Tindakan atau Mukjizat Sumatif Agama Katolik Kelas VIII

Gambar: freepik.com

1. Apa yang dapat dilakukan oleh Yesus selain berkata-kata dalam Mewartakan Kerajaan Allah?

Kunci Jawaban:

Yesus hadir untuk mewartakan kabar suka cita Kerajaan Allah kepada semua umat manusia. Dalam mewartakan Kerajaan Allah tersebut, Yesus tidak hanya berkatakata melalui perumpamaan. Yesus menampakkan Kerajaan Allah tersebut secara nyata melalui mukjizat-mukjizat-Nya.

2. Apa yang diingikan Yesus melalui mukjizat-mukjizat penyembuhan, pengusiran setan, menakhlukkan alam, bahkan menghidupkan orang yang mati?

Kunci Jawaban:

Melalui mukjizat-mukjizat penyembuhan, pengusiran setan, menakhlukkan alam, bahkan menghidupkan orang yang mati, Yesus menginginkan agar kehadiran Kerajaan Allah benar-benar dirasakan oleh umat manusia. Dia juga ingin menunjukkan kepada semua orang bahwa Dialah sang Mesias yang dinantikan.

3. Mengapa Yesus dikatakan membawa kabar gembira?

Kunci Jawaban: 

Yesus tidak hanya menyampaikan kabar yang menggembirakan itu, tetapi haruslah dimengerti bahwa Dialah Kabar Gembira, ”Injil,” yang membawa keselamatan, rahmat, dan penyembuhan bagi manusia yang sengsara, menderita, dan terpinggirkan.Dengan mengerjakan mukjizat-mukjizat-Nya, Yesus tidak hanya mewartakan Kerajaan Allah, melainkan juga memperlihatkan kehadiran Kerajaan Allah. Dia ingin menghadirkan Kerajaan Allah itu secara nyata.

4. Jelaskan empat contoh mukjizat Yesus dalam mewartakan Kerajaan Allah!

Kunci Jawaban:

  1. Mukjizat penyembuhan, seperti Yesus menyembuhkan orang buta (Mat. 9:27-38), Yesus menyembuhkan orang lumpuh (Mat. 9:2-8),. Yesus menyembuhkan orang kusta (Luk. 17:12-21),
  2. Mukjizat pengusiran setan, antara lain Yesus mengusir setan yang merasuki seseorang (Mat. 8:28-32)
  3. Mukjizat menakhlukkan alam, antara lain Yesus meredakan angin ribut (Matius 8:23-27), Yesus berjalan diatas air (Mat 14:23-33).
  4. Mukjizat membangkitkan, seperti Yesus membangkitkan pemuda di Nain (Luk. 7:11-17), Yesus membangkitkan Lazarus (Yoh 11:1-48)

5. Tuliskan contoh doa pembuka pembelajaran materi Yesus mewartakan kerajaan Allah melalui tindakan atau mukjizat!

Kunci Jawaban: 

Ya Yesus yang penuh kasih, kami bersyukur kepada-Mu, Atas penyertaan-Mu dalam kebersamaan kami hari ini. Berilah kami terang-Mu ya Yesus, agar kami mampu memahami kehendak-Mu, yang Kau nyatakan melalui mukjizat-mukjizat-Mu. Bukalah hati dan pikiran kami, sehingga kami dapat belajar dengan baik. Engkau yang selalu kami puji ya Yesus, kini dan sepanjang masa. Amin.

6. Sebutkan dua alasan Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan mukjizat!

Kunci Jawaban:

  1. Yesus ingin mewujudkan Kerajaan Allah itu melalui tindakan-Nya terlebih melalui mukjizat yang dilakukan-Nya. Kerajaan Allah adalah situasi ketika semua orang dikasihi Allah, tidak tersekat-sekat oleh jurang antara kaya dan miskin. Yesus menunjukkan hal itu dengan bergaul dengan siapa saja, terutama dengan mereka yang miskin dan berdosa, yang selama ini disingkirkan oleh masyarakat.
  2. Yesus ingin memperlihatkan secara nyata kehadiran Kerajaan Allah dan sekaligus ingin menyampaikan bahwa Dia sendirilah Mesias yang dinantikan itu. Ia sendirilah Kabar Gembira, ”Injil,” keselamatan, rahmat, dan penyembuhan bagi manusia yang sedang susah.

7. Tuliskan contoh mukjizat yang dilekukan oleh Tuhan Yesus lengkap dengan ayat-ayatnya!

Kunci Jawaban: 

1. Mukjizat penyembuhan:

  • Yesus menyembuhkan orang kusta (Luk. 17:12-21)
  • Yesus menyembuhkan orang buta (Mat. 9:27-38)
  • Yesus menyembuhkan orang lumpuh (Mat. 9:2-8)

2. Mukjizat pengusiran setan:

  • Yesus mengusir setan yang merasuki seseorang (Mat. 8:28-32)

3. Mukjizat menaklukkan alam

  • Yesus meredakan angin ribut (Mat 8:23-27)
  • Yesus berjalan di atas air (Mat 14:23-33)

4. Mukjizat membangkitkan

  • Yesus membangkitkan pemuda di Nain (Luk. 7:11-17)
  • Yesus membangkitkan Lazarus (Yoh 11:1-48)

8. Tuliskan keteladanan yang perlu kita lakukan dalam mewartakan Kerajaan Allah!

Kunci Jawaban:

Sebagai murid Yesus, kita harus mampu meneladani yang telah dilakukanNya, yaitu turut mewartakan kabar suka cita pada orang lain dengan tindakan kasih kita pada sesama, terlebih sesama yang menderita.

9. Rumuskanlah pemahaman kalian bahwa Yesus adalah pemenuhan janji Allah!

Kunci Jawaban:

Sejak Adam dan Hawa diusir dari taman Firdaus dan manusia terjerumus dalam dosa, Allah mengungkapkan janji-Nya untuk menyelamatkan manusia dengan menjanjikan akan hadirnya Sang Juru Selamat. Janji Allah itu diungkapkan kembali oleh nabi Yesaya (Yes 7: 1-14). Yesaya menyampaikan nubuatnya: “Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Ia Immanuel.” Apa yang dijanjikan tersebut telah tergenapi atau terpenuhi dengan peristiwa kelahiran Yesus yang mengalami sengsara wafat dan bangkit bagi penebusan umat manusia. Dengan demikian Yesus adalah pemenuhan atas janji Allah tersebut.

10. Rumuskanlah pemahaman kalian tentang Yesus sungguh manusia dan sungguh Allah!

Kunci Jawaban:

Yesus memiliki aspek kemanusiaan dengan berbagai ciri manusia pada umumnya, namun demikian ketika Yesus turun ke dunia sebagai manusia, Ia tidak kehilangan hakikat ke-Allahan-Nya. Hal ini dapat dilihat dari berbagai mukjizat yang Ia lakukan. Dengan demikian Yesus memang sungguh manusia yang turun ke dunia dalam wujud manusia yang sesungguhnya dan tetap memiliki hakikat sebagai Allah.

11. Mengapa Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan perumpamaan?

Kunci Jawaban:

Yesus mewartakan Kerajaan Allah dengan perumpamaan agar dapat dengan mudah dipahami oleh semua orang yang mendengarkan. Sebab perumpamaan yang digunakan oleh Yesus adalah perumpamaan yang sesuai dengan keadaan keseharian umat yang diberi warta oleh Yesus.

12. Tuliskan tgiga tindakan untuk menunjukkan peran serta kita dalam mewujudkan suasana Kerajaan Allah melalui kata-kata kita!

Kunci Jawaban:

1) Memberi nasihat kepada teman yang melakukan suatu kesalahan
2) Memberikan penghiburan kepada teman yang mengalami kesedihan
3) Berkata-kata yang sopan setiap menyapa atau berbicara dengan orang lain

13. Tuliskan tindakan yang dapat dilakukan untuk mewujudkan peran serta kita dalam mewujudkan suasana Kerajaan Allah melalui tindakan!

Kunci Jawaban:

1) Memberikan sedekah kepada pengemis
2) Melakukan kunjungan dan memberikan sumbangan ke Pantiasuhan
3) Berbagi makanan kepada teman yang tidak memiliki makanan
4) Mengunjungi teman yang sakit