15 Contoh Soal Membandingkan Penggunaan Bahasa dalam Cerita : Bahasa Indonesia Kelas IX

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal membandingkan penggunaan bahasa dalam cerita bahasa Indonesia kelas 9 kurikulum merdeka belajar. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar  contoh soal membandingkan penggunaan bahasa dalam cerita bahasa Indonesia kelas 9 kurikulum merdeka.

15 Contoh Soal Membandingkan Penggunaan Bahasa dalam Cerita : Bahasa Indonesia Kelas IX

Gambar: freepik.com

1. Bacalah teks berikut!

Teks 1

Teknologi bisa membuat proses belajar belajar mengajar jadi lebih interaktif. Tidak lagi terlalu fokus pada guru, tetapi lebih terpusat pada anak. Meski begitu, peran guru dalam penggunaan teknologi pada kegiatan belajar mengajar tetap penting. Mereka harus bisa memastikan teknologi secara sehat dan tepat. Dengan begitu , anak didik pun bisa leluasa mendapat akses ilmu pengetahuan.

Teks 2

Kini, usaha kecil menengah sudah menjadi salah satu persaingan bisnis kecil-kecilan di masyarakat. Banyak jenis usaha kecil yang saling berlomba untuk mendapatkan pangsa pasar. Oleh karena itu, para wirausahawan harus melakukan berbagai cara strategi agar usahanya tersebut tidak tersisih dan gulung tikar.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: kata tidak baku, teks 2: kata baku
B. Teks 1: kalimat tunggal, teks 2: kalimat majemuk
C. Teks 1:bahasa resmi, teks 2: bahasa sehari-hari
D. Teks 1 : istilah asing, teks 2 : menggunakan ungkapan

2. Cermati kedua kutipan cerita berikut!

Kutipan 1

Ketika rakyat menyalahkan para ulama yang dianggap tidak pandai menjaga raja, negara-negara tetangga seolah dapat angin untuk melakukan pemeriksaan ke seluruh pojok kerajaan, dengan dalih ikut merasa kehilangan. Rakyat yang sudah di pesan pangeran untuk tetap tinggal diam jika melihat negara lain mengerbu-dan itu sudah berkali-kali kejadian- kali ini rakyat tak dapat lagi menahan keberaniannya. Rakyat dengan tangan telanjang mengepung bala tentara musuh, ketika memasuki taman kolam.
 
Kutipan 2

“saya ingin tau kenapa Petruk mengucapkan tuduhan yang seperti itu kepada prabu Batara Kresna?” tanya pak bupati.
“Siapa yang tahu?” kata pak dalang sambil mengembuskan asap pipinya .” tapi kita bisa bertanya kepada petruk kenapa mulutnya selancang itu.”
“pak dalang tidak perlu berpura-pura. Pak dalang bisa menjawabnya dengan mudah.”
“seandainya saya tahu jalan pikiran Petruk.” “pak dalang mengucapkan tuduhan-tuduhan itu!”
“Ini kekacauan pikiran. Siapa yang mengucapkan, siapa yang di tuduh.”

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Kutipan 1: menggunakan kalimat tidak langsung, kutipan 2: menggunakan kalimat langsung
B. Kutipan 1: menggunakan majas, kutipan 2:menggunakan ungkapan
C. Kutipan 1: tidak menggunakan bahasa daerah, kutipan 2: menggunakan bahasa daerah
D. Kutipan 1: tidak menggunakan ungkapa , kutipan 2: menggunakan ungkapan

3.    Bacalah kutipan teks berikut!

Teks biografi

George Washington merupakan politisi, jenderal, dan negarawan yang termasuk bapak pendiri Amerika serikat (AS). Dia memimpin para patriot dalam perang kemerdekaan untuk mengusir Inggris dan ikut dalam konvensi konstitusional pada 1787 sebagai dasar pemeringkatan AS. Atas jasanya, dia di tunjuk sebagai presiden pertama AS dan memerintah selama dia periode sebelum pensiun pada 4 Maret 1797.

Teks laporan

Bagi anda yang ingin mencari suasana tenang dan jauh dari keramaian kota Kupang pantau tablolong bisa menjadi salah satu tempat alternatif untuk mewujudkan itu. Pantau ini berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Kupang ke arah tenau dan lamanya perjalanan kurang lebih 1-1,5 jam. Pantai ini memiliki matahari terbenam yang khas dan indah.

Perbedaan kaidah kebahasaan kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks biografi: menggunakan konjungsi pilihan, teks laporan: menggunakan konjungsi penambahan
B. Tesks biografi: adanya kata ganti orang, teks laporan: adanya kata tunjuk yang mengacu benda.
C. Teks biografi: adanya kohesi gramatikal, teks laporan: adanya kata penghubung waktu
D. Teks biografi: terdapat kalimat tunggal, teks laporan: terdapat kalimat majemuk.

4. Bacalah kutipan teks berikut!

Teks 1

Ternyata kancil berhasil mengelabui kura-kura. Kura-kura yang awalnya ingin meminta bantuan untuk membawakan makanannya, ternyata semua makanan yang di bawa kancil di makan semua tanpa tersisa.
“Hai kancil! Kenapa makananku kau makan semua?” tanya kura-kura.
“Ini semua salah kamu, kenapa kau menyuruhku membawakannya? Kau kan tau aku ini hewan yang cerdik,” jawab kancil.
“Kau tidak hanya cerdik. Tapi kau juga tamak. Kau menghabiskan semua makananku tanpa kau memikirkan aku nanti mau makan apa,” kata kura-kura dengan kesal.

Teks 2

Hani memiliki sifat tomboi. Hani memiliki ekstrakulikuler karate dan pencak silat disekolahnya. Hani memang seperti anak laki-laki, tetapi Hani memiliki sifat yang baik, sopan, dan ramah ketika bertemu dengan siapa pun, apalagi orang yang lebih tua dari nya. Hani juga tidak pernah pilih-pilih atau membeda-bedakan teman.

Perbandingan bahasa kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 adalah teks fabel dengan dialog dan teks 2 adalah teks cerpen tanpa dialog
B. Teks 1 adalah teks fabel tanpa dialog dan teks 2 adalah teks cerpen dengan dialog langsung
C. Teks 1 adalah teks cerpen langsung oleh pencerita dan teks 2 dengan dialog
D. Teks 1 adalah teks cerpen dengan dialog dan teks 2 adalah teks fabel tanpa dialog

5. Cermatilah kedua teks berikut!

Teks 1

Toko oen Semarang merupakan tempat pertama yang kamu kunjungi setelah menempuh tujuh jam perjalanan dari Jakarta. Kami sampai di toko ini pukul 10.00 WIB. Toko oen merupakan toko favorit kami. Di sini kami membeli beraneka menu masakan dan camilan khas. Usai dari toko oen, tepat pukul 12.00 WIB kami mampir membeli lumpia khas kota Semarang di pusat oleh-oleh yang terletak di jalan Pandanaran. Rasanya enak dan di lengkapi daun Putut sebagai isian. Selesai membeli oleh-oleh, kami melanjutkan perjalanan ke kota Kudus. Perjalanan kami memiliki waktu tempuh yang singkat.

Teks 2
 
Bukit Widodaren berada di sebelah barat telaga Claket. Lokasinya berada di desa sedangijo, kecamatan selogiri, kabupaten wonogiri. Jarak tempuh dari kota Wonogiri adalah sekitar 10 km dengan waktu tempuh kurang lebih setengah jam. Rute perjalanan dari kawasan bukit Widodaren menuju puncak bukit hanya bisa dilakukan dengan berjalan kaki. Sementara itu, kendaraan bisa di titipkan di obyek wisata telaga Claket. pendakian di mulai dari sisi Utara bukit. Nantinya akan ada jalan setapak di samping jalan Claket.
 
Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 : menggunakan kata ganti orang, teks 2: menggunakan kata ganti benda
B. Teks 1: menggunakan kata tunjuk, teks 2: menggunakan kata tujukan
C. Teks 1: menggunakan kata sandang, teks 2: menggunakan kata sapaan
D. Teks 1: menggunakan kalimat aktif dan pasif, teks 2: menggunakan kalimat majemuk

6. Cermatilah kedua teks berikut!

Teks 1

Pagi-pagi sekali, samar-samar sahutan ayam membangunkanku. Kala mentari masih malu-malu menampakkan dirinya. Kurasakan angin dingin membelaiku. Aku melirik ke jendela kamar yang sepertinya terbuka. Aku mengangkat tubuhku, dan bangun dari kasur. Dengan langkah gontai kuseret perlahan membuka daun pintu itu. Aku berjalan menuju ke kamar mandi. Membersihkan diri dan mengambil air wudu.
 
Teks 2

Sudah berapa lamakah aku meninggalkan kampung halaman? Aku sudah pangling. Namun, pertama kali aku menginjakkan kaki kembali, tampak di hadapanku sebuah kampung yang asing. Beberapa yang kukenali dulu adalah semak dan belukar yang hening kini telah di sulap menjadi metropolis yang serba gemerlap, benderang, dan bising. Tak ada lagi lahan kosong seperti dulu.

Di tengah deru kendaraan, lengkingan para pencari rotan, serta siulan-siulan para bocah terngiang kembali di benakku . Kini, tak ada lagi hutan. Tak ada lagi rawa. Tak ada lagi pohon-pohonyang dulu kerap kami panjati. Tak ada lagi setiap rumah yang mengolah gula merah. Kini, seakan aku mengais-ngais sisa kenangan yang dulu pernah bersemayam pada masa kannakku. Semua seperti pupus dan berlalu.
    
Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: kalimat perbandingan, teks 2: kalimat bermajas
B. Teks 1:kalimat bermajas, teks 2: kalimat kajian
C. Teks 1: kalimat tidak efektif, teks 2: kalimat bermajas
D. Teks 1: kalimat bermajas, teks 2: kalimat perbandingan
 
7.    Bacalah kedua teks berikut!

Teks 1
 
Dari seokarno hatta, saya terbang menggunakan maskapai batik air menuju Manado, Sulawesi Utara. Setelah rehat sejenak di bandara Sam RatulangiRatulangi, Manado,saya melanjutkan perjalanan dengan menggunakan maskapai wings air. rasa lelah selama perjalanan terbayar sewaktu pesawat Wings air hendak mendarat di bandara marinda, kabupaten raja Ampat. gugusan pulau-pulau kecil meretas mata dari bayangan kantuk.

Teks 2

Di tepi pantai, sediakan banyak tempat duduk dari bambu yang di buat olah warga setempatsetempat. kita bisa dusun gratidusuns di tenda yang di siapkan warga. Dipantai koka, kita bisa berenang, swafoto, dan menaiki bukit.selain itu kita bisa duduk manis sambil menikmati kopi, jagung muda,pisang goreng, dan makanan ringan lainnya yang di sediakan penjual setempat.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan laporan tersebut adalah ....
A. Teks 1: menggunakan kata tunjuk , teks 2: tidak menggunakan kata tunjuk
B. Teks 1: tidak menggunakan kata sandang, teks 2: menggunakan kata sandang
C. Teks 1: menggunakan kalimat aktif dan pasif, teks 2 menggunakan kalimat langsung
D. Teks 1: menggunakan kata ganti orang pertama, teks 2: menggunakan kata ganti orang dua

8. Bacalah kedua teks berikut untuk menjawab soal nomor 8-9

Teks 1

Dia terlihat sangat cantik memakai gaun merah, dengan rambut yang di gulung keatas. Semua orang melihat dengan terpana karena kecantikannya. Dia bernama Shinta, gadis asal Surabaya yang duduk di bangku kelas 2 sekolah menengah atas. Dia sangat cantik bak rembulan di malam hari yang selalu bersinar. Matanya tajam ketika menatap di sekelilingnya dan mempunyai lesung pipi yang begitu menawan.
 
Teks 2

Angin berbisik menyampaikan salamku padanya. Tak lama kemudia, malam itu dia berkata padamu “ Terima kasih telah mengajakku kesini.” Aku pun menjawab, “ ini tempat yang paling indah ketika malam tiba,” dia merasa senang karena aku mengajaknya ketempat yang belum di kunjungi, yaitu taman kota yang indah ketika malam hari. Suasana samai di kelilingi oleh pengunjung yang berdatangan. Ketika itupun kami pulang kerumah karena sudah larut malam.

Perbedaan kaidah kebahasaan kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: menggunakan konjungsi, teks 2:menggunakan kalimat imperatif
B. Teks 1: menggunakan kalimat deskriptif, teks 2: menggunakan kalimat langsung
C. Teks 1: mengandung makna denotatif, teks 2: mengandung makna konotatif
D. Teks 1:menggunakan kalimat langsung, teks 2: menggunakan kalimat tak langsung

9. Perbedaan penggunaan gaya bahasa kedua teks cerpen tersebut adalah ....
A. Teks 1: menggunakan majas assosiasi, teks 2: menggunakan majas personifikasi
B. Teks 1: menggunakan majas hiperbola, teks 2: menggunakan majas litotes
C. Teks 1: menggunakan majas sinestesia, teks 2: menggunakan majas metafora
D. Teks 1: menggunakan majas metafora, teks 2: menggunakan majas sinestesia

10.    Bacalah kedua kutipan cerpen berikut!

Kutipan cerpen 1

Gorden jendela disibak. Cahaya matahari yang garang masuk menerjang. Sungguh-sungguh mengganggu ketentraman. Oke. Sudahlah. Aku melompat bangun. “Mau kemana? Beresin dulu tempat tidurnya!” aduh. Lantas anak itu pun mengeraskan volume pula.

Kutipan cerpen 2

Mungkin abis pernah membaca buku tentang salesmanship. Ia selalu murah senyum bila sedang berjualan bubur. Bubur yang memang enak itu, menjadi lebih laku karena senyum abus yang memikat orang untuk makan lagi. Di dalam surau, senyum itu mendadak akan lenyap lagi dari muka abis. Tiap hari, kecuali pada bulan ramadhan, abis selalu bermuka dua seperti itu.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Kutipan cerpen 1: menggunakan majas, kutipan cerpen 2: menggunakan peribahasa
B. Kutipan cerpen 1: menggunakan peribahasa, kutipan cerpen 2: menggunakan ungkapan
C. Kutipan cerpen 1: menggunakan ungkapan, kutipan cerpen 2: menggunakan majas
D. Kutipan cerpen 1: menggunakan majas, kutipan cerpen 2: menggunakan ungkapan

11.    Bacalah kedua kutipan fabel berikut!

Kutipan fabel 1

“akulah binatang tercantik di laut ini,” kata Lala, si bintang laut sambil merentangkan kelima lengannya. “jangan besar kepala, Lala. Bodi si ikan badut juga cantik. Bahkan dia banyak di buru oleh manusia. Kiko kuda laut juga cantik. Dia mirip dengan kuda yang hidup di darat,” kata dang dang si udang. “Ah, tapi tidak ada yang secantik diriku. Aku mirip dengan bintang yang berkilauan di angkasa sama,” kata Lala Dangan congkak. Kiko, Budi, dan dang dang saling berpandangan

Kutipan fabel 2

Sebenarnya piyo tidak mau meminjam pensil milik cikojika dia tidak meminjam, dia tidak bisa melanjutkan menggambar. “Oh tentu saja boleh piyo,” kata Ciko sambil menyerahkan sebatang pensil pada piyo . Piyo sangat senang. Dia pun melanjutkan menggambar. Saat dia hendak mewarnai gambar, dilihatnya Ciko tidak membawa pensil warna. “ciko kalau kamu mau, kamu boleh pinjam pensil warnaku,” sahut piyo. Ciko senang sekali.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua kutipan fabel tersebut adalah ....

A. Kutipan fabel 1: menggunakan makan kias, kutipan fabel 2: menggunakan makan lugas.
B. Kutipan fabel 1: menggunakan majas, kutipan fabel 2: menggunakan ungkapan
C. Kutipan fabel 1: menggunakan dialog antartokoh , kutipan fabel 2: tidak menggunakan dialog
D. Kutipan fabel 1: menggunakan kata ganti orang pertama, kutipan fabel 2: menggunakan kata ganti orang ketiga.

12.    Bacalah kedua kutipan teks berikut!

Teks 1

Cuaca panas ekstrim yang melanda Jakarta dan sejumlah daerah di Indonesia di perkirakan berlangsung hingga akhir Oktober ini. Kondisi tersebut berpotensi membuat warga terkena penyakit “ serangan panas “. “serangan panas “ adalah sebuah kondisi yang di sebabkan badan yang terlalu panas. Dua penyebab serangan tersebut adalah suhu dilingkungan yang terlalu tinggi dan melakukan aktivitas berat. Gejala umunya adalah kepala pusing, kebingungan, tidak sadar, kelelahan dan muntah. Gejala tersebut lebih serius dengan timbulnya kulit pucat, kesulitan berjalan, pupil terdilatasi,nafas cepat, dan kejang-kejang.

Teks 2

Lemon mampu mengurangi radang yang terjadi di bagian tenggorokan sekaligus memberi asupan vitamin C yang cukup bagi tubuh. Ramuan obat batuk sederhana dapat di buat dengan mengombinasikan satu sendok teh jus lemon dengan satu sendok teh madu. Minumlah obat batuk ini beberapa kali dalam sehari. Cara lain mengonsumsi lemon sebagai obat batuk yakni mencampurkan lada dan madu kedalam air perasan lemon.

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: menggunakan ungkapan, teks 2: menggunakan kata kias
B. Teks 1: menggunakan ragam bahasa lisan, teks 2: menggunakan ragam bahasa tulis
C. Teks 1: menggunakan kosa kata tidak baku, teks 2: menggunakan kosa kata baku
D. Teks 1: menggunakan ragam tidak resmi, teks 2: menggunakan ragam resmi

13.    Cermati kedua teks berikut!

Teks 1

Salipan menuju depan bioskop, membelok ke kanan, berjalan terus , lalu membelok ke kiri. Bagi salipan, tidak sulit untuk menemukan rumah Tontowi meskipun sebelumnya salipan tidak pernah kesana. Rumah itu besar dengan pekarangan luas dan bagus. Pohon-pohon rendah di taman itu memperbagus keadaan pekarangan. Begitu juga kolam ikan di tengah pekarangan. Salipan berdiri di tepi kolam, lalu melempari ikan dengan batu-batu kecil dari sekitar kolam. Tidak ada satu batu pun yang mengenai sasaran. Beberapa ciprat air melompat ke udara, lalu membasahi pakaiansalipan.

Teks 2

“sekarang lihatlah kesana,” kata paki-laki berjerawat. “reruntuhan pesawat terbang akan dibawa melalui jalan itu,” kata laki-laki berbaju hitam. “ Tunggu saja,” kata laki-laki berjerawat.” Sekarang lihatlah ke bawah sana,” kata laki-laki berjerawat.”berita-berita penting memang tidak pernah disiarkan,”kata laki-laki berjerawat. “ Dan orang-orang di sini lebih tertarik pada berita-berita murahan.”

Perbedaan penggunaan bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: kalimat perbandingan, Teks 2: kalimat bermajas
B. Teks 1: kalimat tidak efektif, Teks 2: kalimat kajian
C. Teks 1: kalimat kajian, Teks 2: kalimat tidak efektif
D. Teks 1: kalimat bermajas, Teks 2: kalimat perbandingan

14.    Cermatilah kutipan teks berikut!

Teks 1

Diana berjalan menuju kota dengan penuh semangat untuk bertemu dengannya. Ketika sesampainya di kota tiba-tiba apa yang di harapkan tidak sesuai dengan keinginannya. Dia merasakan sepi di tengah keramaian kota itu.

Teks 2

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang digunakan oleh bangsa Indonesia. Fungsi bahasa Indonesia adalah untuk mempersatukan bangsa dari berbagai suku dan budaya. Selain itu, bahasa Indonesia juga digunakan sebagai bahasa di bidang ilmu pendidikan dan seni.

Perbedaan bahasa kedua kutipan teks tersebut adalah ....
A. Teks 1: menggunakan bahasa sehari-hari, Teks 2: menggunakan bahasa daerah
B. Teks 1: menggunakan majas personifikasi, Teks 2: menggunakan bahasa baku
C. Teks 1: menggunakan bahasa yang menunjukkan simbol, Teks 2: menggunakan bahasa yang menunjukkan kiasan
D. Teks 1: menggunakan majas paradoks, Teks 2: menggunakan bahasa bermakna denotasi.

15.    Bacalah teks berikut dengan saksama!

Teks 1

Pada 2012 silam, sesosok pria menggendong ibunya dengan sehelai kain untuk membawanya ke rumah sakit. Ia melakukan ini lantaran sang ibu mengalami patah tulang dan tak dapat berjalan. Dia menggendong ibunya seperti bayi karena ingin segera mengantarkan ibunya ke rumah sakit. Pemandangan ini mengharukan orang-orang yang saat itu berada di rumah sakit. Ia pun menjadi perbincangan di dunia Maya karena aksi mulia tersebut

Teks 2

Kerja kerasnya membuahkan hasil. Orang-orang mulai menaruh perhatian pada penemuan Edison. Sampai akhirnya, ia menjadi pengusaha sekaligus penemu hebat. Beberapa penemuan yang ia pelopori, yaitu stock ticker, lampu pijar listrik, fonograf fonomotor, vitascope, dan sebagainya. Thomas Alva Edison merupakan salah satu orang yang berperan dalam perkembangan peradaban manusia. Berbagai penemuannya sangat berguna bagi banyak orang. Edison lahir di Amerika, tepatnya di Milan, ohoi pada 11 februari 1847.

Pernyataan mengenai perbedaan penggunaan bahasa berdasarkan teks tersebut adalah ....
A. Teks kedua menggunakan kata teknis.
B. Teks kedua menggunakan bahasa majar
C. Teks pertama menggunakan bahasa lokal
D. Teks pertama dan kedua tidak memiliki perbedaan