Kumpulan 30+ Contoh Soal (Terbaru) Membandingkan Isi Teks | USBN Bahasa Indonesia Kelas IX

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal membandingkan isi teks dilengkapi dengan kunci jawaban dalam USBN SMP/MTs kelas 9 terbaru kurikulum merdeka. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar kumpulan contoh soal membandingkan isi teks dilengkapi dengan kunci jawaban dalam USBN SMP/MTs kelas 9 terbaru.

Kumpulan 30+ Contoh Soal (Terbaru) Membandingkan Isi Teks | USBN Bahasa Indonesia Kelas IX

Gambar: freepik.com

Setiap teks memiliki tujuan tertentu untuk dipahami pembaca. Ada teks yang bersifat instruktif, deklaratif, evaluatif, dan sebagainya. Untuk mencapai tujuan tertentu, informasi dalam teks ditulis dengan pola pengembangan dan kaidah kebahasaan tertentu.

Membandingkan isi teks dapat dilakukan dengan memperhatikan pola pengembangan dan kaidah kebahasaan. Karena memiliki tujuan tertentu yang boleh jadi berbeda pada setiap teks, pola pengembangan dan kaidah kebahasaannya pun akan berbeda.

Pola pengembangan teks berkaitan dengan cara penulis menjelaskan informasi. Teks dapat berpola deduktif atau induktif. Pola pengembangan juga dapat memperhatikan unsur sebab dan akibat, atau sebaliknya. Hal-hal lain yang berkaitan dengan pola pengembangan teks adalah struktur teks.

Kaidah kebahasaan dalam teks nonsastra umumnya bersifat baku. Namun, tidak jarang penulis juga menyajikan teks menggunakan bahasa tertentu. Penggunaan bahasa daerah atau bahasa asing dapat menjadi pertimbangan untuk menentukan perbedaan atau persamaan kaidah kebahasaan dalam teks yang dibandingkan. Selain itu, fitur bahasa berupa majas, ungkapan, peribahasa, dan ungkapan juga kerap digunakan dalam teks nonsastra.

1. Bacalah dua kutipan teks berikut!

Teks 1
Menurut data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), rumah unik ini sudah tersebar di lebih dari 30 negara. Para pembeli datang dari Asia Tenggara, Asia Timur, Eropa, serta Amerika Serikat. Ekspor juga dilakukan ka Tanzania, Australia, Selandia Baru, Maladewa, Argentina, dan Meksiko. "Rumah panggung Woloan diminati pasar ekspor karena memiliki karakteristik dan ciri khas yang berbeda. Apalagi matearialnya berasal dari kayu tropis yang terkenal bagus dan kuat," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut.
 
Teks 2
Pantun adalah bentuk kesenian lisan yang tersebar luas di Asia Tenggara dan telah digunakan di kawasan ini setidaknya selama 500 tahun. Pantun merupakan sarana untuk mengungkapkan rasa cinta dan nasihat. Lebih dari 70 persen syairnya ditunjukan untuk mengungkapkan cinta terhadap keluarga, komunitas, alam, dan sebagainya.

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. membicarakan budaya Indonesia yang memiliki ciri khas
B. berbicara tentang hasil budaya Indonesia yang telah mendunia
C. memaparkan budaya Indonesia yang terkenal di 30 negara di dunia
D. menjelaskan hasil budaya Indonesia yang sudah digunakan 500 tahun

2. Bacalah teks berikut!

Teks 1
Menteri pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), yang memberi sambutan secara virtual mengatakan, MPP meningkatkan kualitas dan mengintekrasikan pelayanan. "Memudahkan seluruh masyarakat Sanggau dan sekitarnya untuk mempercepat pengurusan berbagai pelayanan pribadi maupun yang berkaitan dengan investasi," ujarnya Sang Menteri dalam acara Peresmian MPP Kabupaten Sanggau, Selasa (24/05).
 
Teks 2
Secara terperinci, lanjut Menkeu, surplus APBN pada April disebabkan oleh pendapatan negara yang tercatat Rp853,6 triliun atau meningkat 45,9 persen dari tahun ke tahun. Pertumbuhan tersebut dinilainya sangat bagus karena pada bulan lalu, pertumbuhan pendapatan negara sebesar 31,1 persen.
Untuk komponen pendapatan pajak, tercatat Rp567,1 triliun atau tumbuh 51,1 persen. Kepabeaan dan cukai tercatat Rp108,4 triliun atau tumbuh 37,7 persen. Realisasi PNBP mencapai Rp177,4 triliun atau tumbuh 35 persen.

Tuliskan perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut!
Jawaban:
Pola penyajian teks adalah bentuk atau format penulisan teks. Teks 1 menggunakan pola penyajian dialog. Hal tersebut ditandai dengan adanya penggunaan kalimat langsung dalam teks. Hal ini menunjukkan ada dialog atau ucapan narasumber dalam berita. Adapun teks 2 menggunakan pola penyajian naratif. Hal tersebut ditandai oleh paparan berita yang dituturkan oleh penulis, tanpa kalimat langsung atau ucapan narasumber.

3. Cermati kedua teks berikut!

Teks 1
Udara segar mampu memaksimalkan kinerja otak karena asupan oksigen dalam tubuh terpenuhi. Apalagi udara segar pada pagi hari merupakan sumber oksigen yang baik. Jadi, biasakan bangun pagi hari. Tujuannya untuk memaksimalkan fungsi otak karena aliran oksigen ke otak menjadi lancar.
 
Teks 2
Gas ozon yang ada saat menjelang matahari terbit, ternyata baik untuk mencegah kerusakan paru-paru. Bukan hanya udaranya, melainkan juga cahaya matahari pada pagi hari penting untuk tubuh. Sinar matahari pagi kaya akan vitamin D yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Dengan memperoleh matahari pagi, kamu bisa mencegah terjadiya pengeoposan tulang.

Perbedaan kedua teks di atas adalah ....
A. Teks 1 membahas manfaat sinar matahari; teks 2 membahas manfaat olahraga.
B. Teks 1 membahas menghirup udara segari; teks 2 membahas manfaat sinar matahari.
C. Teks 1 membahas manfaat sinar matahari; teks 2 membahas manfaat makan.
D. Teks 1 membahas udara pagi; teks 2 membahas panas matahari.

4. Perhatikan teks berikut!

Teks 1
Liburan yang lalu, saya berlibur di rumah nenek. Di sana saya belajar menanam jagung di kebun nenek. Waktu saya mau pulang, tanaman jagung itu sudah tumbuh dengan subur. Saya senang sekali dan berpesan pada nenek agar menjaga dan merawat tanaman jagung yang saya tanam.
 
Teks 2
Sayang sekali jika liburan tidak diisi dengan hal-hal yang menyenangkan. Aku mengisi waktu liburanku dengan berkunjung ke rumah nenek. Rumah nenek berada di desa sehingga aku dapat melakukan kegiatan yang tidak dapat dilakukan di kota, misalnya bermain di sawah, menanam padi, mandi di sungai, dan lainnya.

Persamaan isi kedua teks di atas adalah ....
A. berlibur di rumah nenek
B. menanam jagung
C. mengisi waktu liburan bersama keluarga
D. main di sawah

5. Bacalah dua teks berikut ini!

Teks 1
Pagi itu hujan lebat mengguyur Kota Bandar Lampung, Lampung. Hujan yang terjadi mulai pukul 04.30 WIB tadi membuat jalan menuju Stasiun Tanjung Karang, tepatnya Jalan Raden Intan, terendam banjir. Pada malam hari genangan air setinggi sekitar 40 cm mengakibatkan kemacetan cukup panjang.
 
Teks 2
Ribuan rumah terendam banjir bandang di tiga kecamatan di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah. Para korban mengungsi ke daerah yang lebih aman. Kondisi itu terjadi pada Minggu pukul 03.00 WITA.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 : urutan sebab-akibat, Teks 2 : urutan waktu
B. Teks 1 : urutan tempat, Teks 2 : urutan waktu
C. Teks 1 : urutan waktu, Teks 2 : urutan tempat
D. Teks 1 : urutan waktu,  Teks 2 : urutan sebab-akibat

6. Perhatikan teks berikut!

Teks 1
Meski banyak proyek perbaikan jalan dilakukan, jumlah jalan rusak di Surabaya masih cukup banyak. Bahkan, beberapa jalan utama yang baru saja diperbaiki, ternyata kini rusak lagi.
 
Teks 2
Saat ini jalur utama penghubung Anyer-Panarukan itu rusak parah. Kerusakan ini cukup mengejutkan. Sebenarnya jalur itu pernah mengalami kerusakan yang sama dan diperbaiki pertengahan 2018 silam. Namun kini kondisinya kembali rusak.

Persamaan tema kedua teks di atas adalah ....
A. kerusakan jalan
B. perbaikan jalan utama
C. jalur utama jalan
D. proyek perbaikan jalan

7. Cermati kutipan teks berita berikut!

Teks Berita 1
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.
 
Teks Berita 2
Menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....
A. Teks I diawali dengan mengapa, teks II diawali bagaimana.
B. Teks I diawali dengan apa, teks II diawali mengapa.
C. Teks I diawali dengan siapa, teks II diawali mengapa.
D. Teks I diawali dengan apa, teks II diawali bagaimana.

8. Perhatikan teks berikut!

Teks 1
Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok Utara tentu sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia. Gunung Rinjani yang mempunyai tinggi lebih dari 3.700 meter di atas permukaan laut (mdpl) adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dan merupakan primadona wisata di Pulau Lombok.
 
Teks 2
Setiap tahunnya, jumlah pendaki Gunung Rinjani semakin banyak. Sebagian besar pendaki ini merupakan mahasiswa pencinta alam yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Hal yang paling sering mereka lakukan adalah memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di puncak Gunung Rinjani pada bulan Agustus.

Perbedaan isi dari kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 menjelaskan bahwa Gunung Rinjani adalah gunung yang paling banyak dikunjungi oleh pendaki, sedangkan teks 2 menjelaskan kegiatan di Gunung Rinjani.
B. Teks 1 menjelaskan persiapan mendaki Gunung Rinjani, sedangkan teks 2 menjelaskan pendaki Gunung Rinjani.
C. Teks 1 menceritakan pendaki Gunung Rinjani, sedangkan teks 1 menceritakan ketinggian dan letak Gunung Rinjani.
D. Teks 1 menceritakan ketinggian dan letak Gunung Rinjani, sedangkan teks 2 menceritakan pendaki Gunung Rinjani.

9. Bacalah kedua teks berikut!

Teks 1
Pensiun merupakan masa seseorang berhenti bekerja. Banyak yang mengalami sindrome saat mendekati pensiun. Makanya sebelum pensiun diberi wejangan dulu.
 
Teks 2
Upaya pembenahan transportasi publik terus dilakukan. Selain menambah jaringan rute bus, juga memperbaiki sistemnya.

Perbedaan penggunaan bahasa pada teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 bahasa resmi, teks 2 bahasa sehari-hari
B. Teks 1 kalimat tunggal, teks 2 kalimat majemuk
C. Teks 1 kata tidak baku, teks 2 kata-kata baku
D. Teks 1 istilah asing, teks 2 menggunakan ungkapan

10. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1
Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta. Gudeg berbahan utama nangka muda yang dimasak dengan santan. Gudeg dimasak Hingga berjam-jam agar rasanya enak. Warna cokelat yang ada pada gudeg dihasilkan dari daun jati yang dimasak bersamaan bahan-bahan yang lain.
Gudeg sangat disukai oleh banyak orang karena rasanya yang unik.
 
Teks 2
Ada orang yang bilang kalau ke Yogya tapi tidak membeli bakpia, maka ia belum ke Yogya. Bakpia adalah salah satu makanan khas Yogya yang sudah terkenal. Bakpia terbuat dari campuran kacang hijau dengan gula yang dibalut dengan tepung. Adonan ini lalu dipanggang. Konon, dulu bakpia ini sangat populer di keluarga Tionghoa. Namun, seiring perkembangan ekonomi, bakpia kini sudah dapat dibeli di mana saja.

Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. makanan khas dari Kota Yogyakarta
B. jenis makanan yang diceritakan
C. dua makanan tersebut tidak banyak dikenal orang
D. makanan tradisional Yogyakarta

11. Bacalah dua kutipan cerita berikut!

Cerita 1
Dari Semarang aku menuju Yogya. Rumah kawan Sutopo terletak di sebuah kota, diatur seperti rumah-rumah pelukis lainnya. Di sekelilingnya terdapat pohon-pohon kelapa dan bambu yang menunjukkan udara malam hari.
 
Cerita 2
Keluarga Darmiati ingin sekali membeli piano sebab semua anggota Darmiati menyukasi musik. Rencana membeli piano ini sangat didukung Rena. Didalamdirinyaadasemangatmembarauntukmahir bermain piano. Setelah bermusyawarah, akhirnya keluarga Darmiati sepakat membeli piano. Rena senang sekali ketika papanya memutuskan ini.

Perbedaaan sudut pandang kedua kutipan cerita tersebut adalah ....
A. cerita 1 : orang pertama, cerita 2 : orang ketiga
B. cerita 1 : serba tahu, cerita 2 : pengamat
C. cerita 1 : orang ketiga, cerita 2 : orang pertama
D. cerita 1 : pengamat, cerita 2 : serbatahu

12. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1
Pembalakan liar pohon jati di hutan lindung mengakibatkan hutan menjadi gundul dan terjadi banjir bandang. Banjir bandang yang menerjang wilayah kecamatan, menyadarkan masyarakat bahwa hutan perlu dilestarikan.
 
Teks 2
Masyarakat bergotong royong melakukan reboisasi di hutan yang gundul. Reboisasi dipimpin oleh kepala desa. Hutan tidak hanya ditanami pohon jati, tetapi juga tanaman berkayu lainnya, seperti mahoni, serta tanaman tumpang sari, seperti jagung dan singkong.

Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 menjelaskan akibat pembalakan liar, sedangkan teks 2 berisi penyelesaian masalah hutan gundul.
B. Teks 1 berisi penyebab masalah banjir bandang, sedangkan teks 2 menjelaskan jenis pencemaran lingkungan.
C. Teks 1 berisi cara pembalakan pohon jati yang benar, sedangkan teks 2 penanggulangan lingkungan yang rusak dengan reboisasi.
D. Teks 1 menjelaskan pencemaran lingkungan yang terjadi secara alami, sedangkan teks 2 menjelaskan tanaman berkayu.

13. Bacalah dua teks berikut!

Teks 1
Bencana banjir sering terjadi pada musim penghujan. Bencana tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu penyebabnya adalah kebiasaan manusia membuang sampah dialiran sungai. Ketika sampah menyumbat aliran sungai, terjadilah banjir, Banjir dapat menimbulkan korban jiwa.
 
Teks 2
Berita bencana tanah longsor sering terdengar akhir - akhir ini. Tanah longsor terjadi karena penggundulan hutan. Hutan gundul dikarenakan ulah manusia yang melakukan penebangan liar. Jika hal ini dibiarkan, bencana yang lebih besar mungkin akan terjadi.

Persamaan kedua teks adalah ....
A. Korban bencana
B. Penyebab bencana
C. musim penghujan
D. Berita bencana

14. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1
Bahasa Inggris ternyata sangat diperlukan di dunia kerja. Pada persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif ini, orang yang menguasai bahasa Inggris dengan baik lebih diutamakan daripada orang yang tidak menguasai bahasa Inggris. Oleh sebab itu, kita harus dapat menguasai bahasa Inggris.
 
Teks 2
Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang banyak dipelajari. Bahasa Mandarin merupakan salah satu bahasa yang paling banyak dituturkan di dunia. Hal ini disebabkan oleh perkembangan ekonomi Tiongkok yang pesat sehingga membuat banyak orang mempelajari bahasa Mandarin.

Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. bahasa Inggris dan Mandarin merupakan dua bahasa yang berbeda
B. pentingnya menguasai bahasa asing
C. kita harus bersaing dengan menguasai bahasa asing
D. membahas tentang asal muasal bahasa masing-masing

15. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1
Korupsi di Indonesia tidak ada matinya, bahkan modusnya kian canggih. Memang tidak ada Negara bebas korupsi, tetapi Indonesia bermasalah dengan mental korupsi. Tanpa revolusi mental, pemberantasan korupsi akan selalu tertinggal dengan kecepatan dan metamorphosis korupsi. Revolusi mental harus dimulai dari atas dan dibuat terstruktur. Harus ada sanksi serius bagi pejabat yang tidak melaporkan dengan benar penghasilan dan kekayaannya.
 
Teks 2
Presiden RI Joko Widodo menggagas revolusi mental. Revolusi mental masih menjadi topic perbincangan public hingga saat ini. Moral negeri ini sepertinya sedang berjalan menuju ambang kematian. Moral yang telah bermetamorfosis (berubah bentuk) menjadi kejahatan, seperti korupsi, kekerasan terhadap perempuan dan anak, penyalahgunaan narkoba, dan menguatnya aksi terorisme mendorong Presiden Joko Widodo meniup terompet perang dengan taktik revolusi mental. Revolusi mental ala Presiden Joko Widodo bisa mujarab melawan tindak pidana korupsi sebagaimana pemimpin besar hebat tersebut.

Persamaan kedua teks tersebut membahas ....
A. Pemberantasan korupsi
B. Metamorphosis mental
C. Korupsi di Indonesia
D. Gagasan revolusi mental

16. Cermati kedua teks berikut!

Teks 1
Upaya pelestarian tumbuhan dapat dilakukan dengan sistem tebang pilih. Sistem tebang pilih berarti sistem penebangan pohon yang sudah memenuhi syarat tertentu, seperti jenis, umur, dan ukuran. Setelah penebangan, akan dilakukan penanaman bibit baru.
 
Teks 2
Penghijauan adalah penanaman lahan-lahan kosong dengan aneka jenis tanaman untuk mencegah pencemaran udara. Reboisasi merupakan penanaman kembali hutan yang gundul. Reboisasi ini merupakan bentuk pelestarin tumbuhan untuk menjaga keseimbangan lingkungan.

Persamaan kedua teks di atas adalah ....
A. upaya pelestarian tumbuhan
B. alasan pelestarian tumbuhan
C. ajakan pelestarian tumbuhan
D. manfaat pelestarian tumbuhan

17. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1
Tari kecak merupakan salah satu kesenian dari Indonesia yang sangat populer. Bukan hanya di Indonesia, melainkan sudah sangat terkenal di dunia. Hal ini karena tari kecak sangat unik dan sulit ditemui di tempat lain.
 
Teks 2
Masyarakat Indonesia tidak merasa asing lagi dengan kesenian tari kecak. Tidak hanya di dalam negeri, di luar negeri pun tari kecak juga terkenal. Tarian ini begitu mengesankan hingga pemerintah terus berusaha untuk melestarikan kesenian tari kecak ini.

Persamaan informasi pada kedua teks tersebut adalah ....
A. pemerintah Indonesia berusaha melestarikan kesenian tari kecak
B. tari kecak merupakan salah satu kesenian Indonesia yang sangat unik
C. kesenian tari kecak terkenal baik di dalam, maupun di luar negeri
D. kesenian tari kecak sulit ditemukan di tempat lain selain di Indonesia

18. Bacalah dua teks berikut ini!

Teks 1
Banyak petani mengeluh. Hujan tak kunjung tiba. Sawah mereka kering tidak ada air sama sekali. Bahkan, tanah yang ditumbuhi tanaman padi itu sampai pecah-pecah.
 
Teks 2
Menunggu hujan tak kunjung tiba. Para petani berupaya untuk mencari air. Mereka bersepakat membuat sumur bor di sawah. Dengan mesin penyedot air, mereka mendapat air untuk mengairi sawah-sawahnya. Para petani pun merasa lega.

Perbedaan kedua teks tersebut adalah ....
A. teks 1 petani hanya mengeluh, sedangkan teks 2 petani mencari akal untuk mengatasi keadaan
B. teks 1 dan teks 2 sama-sama tentang petani yang mengalami kekurangan air
C. teks 1 mengalami kekeringan, sedangkan teks 2 tidak
D. teks 1 tentang petani, sedangkan teks 2 tentang sumur bor di sawah

19. Cermati kedua teks berikut!

Teks 1
Udara segar mampu memaksimalkan kinerja otak karena asupan oksigen dalam tubuh terpenuhi. Apalagi udara segar pada pagi hari merupakan sumber oksigen yang baik. Jadi, biasakan bangun pagi hari. Tujuannya untuk memaksimalkan fungsi otak karena aliran oksigen ke otak menjadi lancar.
 
Teks 2
Gas ozon yang ada saat menjelang matahari terbit, ternyata baik untuk mencegah kerusakan paru-paru. Bukan hanya udaranya, melainkan juga cahaya matahari pada pagi hari penting untuk tubuh. Sinar matahari pagi kaya vitamin D yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Dengan memperoleh matahari pagi, kamu bisa mencegah terjadinya ' pengeroposan tulang.

Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 membahas manfaat menghirup udara segar; Teks 2 membahas manfaat cahaya matahari pagi.
B. Teks 1 membahas manfaat sinar matahari; Teks 2 membahas manfaat makan.
C. Teks 1 membahas manfaat udara pagi hari; Teks 2 membahas panas matahari.
D. Teks 1 membahas manfaat cahaya matahari pagi;Teks 2 membahas manfaat olahraga.

20. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1
Mungkin kamu termasuk orang yang suka mengonsumsi minuman bersoda. Minuman bersoda bisa menyebabkan seseorang menjadi kecanduan minum manis. Sayangnya, minuman bersoda member efek buruk bagi kesehatan tubuh, bahkan berujung pada kematian. Akibat ini disebabkan oleh banyaknya kandungan pemanis buatan dan zat berbahaya lainnya.
 
Teks 2
Mobilitas manusia dan hewan lintas Negara yang meningkat karena globalisasi berkontribusi mempercepat proses penyebaran wabah. Penyebaran wabah tersebut diidentifikasi sebagai ancaman kesehatan global yang harus diantisipasi. Selain itu, peningkatan resistensi antimikroba telah mendorong penignkatan munculnya penyakit baru pandemic.

Perbedaan pemakaian bahasa pada kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 menggunakan bahasa resmi; Teks 2 menggunakan bahasa santai.
B. Teks 1 menggunakan bahasa resmi; Teks 2 menggunakan bahasa ilmiah.
C. Teks 1 menggunakan bahasa sehari-hari; Teks 2 menggunakan bahasa ilmiah.
D. Teks 1 menggunakan bahasa baku; Teks 2 menggunakan bahasa tidak baku.

21. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1
Sudah banyak orang membuktikan keampuhan dari daun jambu biji. Daun jambu biji dapat menyembuhkan penyakit diare secara alami. Anda dapat memberikan daun jambu biji kepada si kecil untuk dikonsumsi secara langsung. Caranya adalah ambillah pucuk daun jambu yang masih muda. Cucilah daun tersebut, lalu tumbuk hingga halus. Peraslah sampai mendapatkan 1 sendok makan dan beri sedikit garam. Resep obat tradisional ini dapat diberikan kepada si kecil.
 
Teks  2
Bukan hanya buahnya saja yang kaya nutrisi, daun jambu juga bermanfaat untuk kesehatan. Daun pohon jambu biji kaya akan antioksidan, zat antiinflamasi, antibakteri, dan tanin yang dapat meningkatkan kesehatan secara signifikan. Daun jambu biji dapat meringankan masalah pencernaan seperti diare. Untuk mendapatkan khasiat itu, daun jambu dapat diseduh menjadi teh.

Persamaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. Kandungan nutrisi yang terdapat pada daun jambu biji.
B. Teh daun jambu biji dapat meredakan penyakit diare.
C. Khasiat daun jambu biji untuk menyembuhkan penyakit diare.
D. Daun jambu biji adalah resep tradisional penyakit diare.

22. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1
Pagi itu hujan lebat mengguyur Kota Bandar Lampung, Lampung. Hujan yang terjadi mulai pukul 04.30 WIB tadi membuat jalan menuju Stasiun Tanjung Karang, tepatnya Jalan Raden Intan, terendam banjir. Pada malam hari genangan air setinggi sekitar 40 cm mengakibatkan kemacetan cukup panjang.
 
Teks 2
Ribuan rumah terendam banjir bandang di tiga kecamatan di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah. Para korban mengungsi ke daerah yang lebih aman. Kondisi itu terjadi pada Minggu pukul 03.00 WITA

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 : urutan tempat, Teks 2 : urutan waktu
B. Teks 1 : urutan tempat, Teks 2 : urutan sebab-akibat
C. Teks 1 : urutan waktu, Teks 2 : urutan tempat
D. Teks 1 : urutan waktu, Teks 2 : urutan sebab-akibat

23. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1
Pemerintah telah resmi menaikkan iuran peserta BPJS Kesehatan. Kenaikan iuran tersebut akan dimulai awal tahun 2020. Langkah itu diambil untuk mengatasi permasalahan kekurangan keuangan BPJS Kesehatan. Dengan upaya tersebut, Pemerintah berharap tidak perlu lagi menyuntikkan dana ke BPJS Kesehatan.
 
Teks 2
Presiden Jokowi meresmikan kenaikan iuran BPJS Kesehatan pada awal tahun 2020. Kenaikan iuran tersebut sebesar seratus persen. Penjelasan tersebut terangkum dalam Pasal 34 Perpres Nomor 75 Tahun 2019. Kenaikan iuran tersebut berlaku bagi Pekerja Bukan Penerima Upah dan peserta bukan pekerja.

Persamaan kedua teks tersebut adalah ....
A. Kenaikan iuran BPJS Kesehatan berlaku bagi peserta bukan pekerja.
B. Iuran BPJS Kesehatan resmi mengalami kenaikan pada awal tahun 2020.
C. Kenaikan iuran BPJS Kesehatan tahun 2020 sebesar seratus persen.
D. Kenaikan iuran BPJS Kesehatan bertujuan mengatasi kekurangan keuangan.

24. Cermati kedua teks berikut!

Teks Berita  1
Evan Dimas menjadi satu-satunya pemain usia muda yang dipanggil oleh pelatih alfred riedl untuk mengikuti seleksi dalam 23 pemain yang akan melaju ke turnamen AFF Suzuki Cup 2014. Evan Dimas sendiri berpeluang diturunkan pada laga uji coba untuk mengisi lini tengah lapangan juga sangat besar lantaran pemain yang mengisi posisi ini mengalami cedera.
 
Teks Berita 2
Pada menit ke-10, Indonesia akhirnya berhasil unggul lewat gol dari Sergio van Djik. Mantan pemain Persib Bandung itu mampu memanfaatkan kecerobohan dua bek lawan yang gagal mengantisipasi crossing Rizki Rizaldi Pora. Sergio pun melepaskan bola dengan keras sehingga gagal ditangkap dengan baik oleh kiper Timor Leste.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....
A. Teks Berita 1 : diawali dengan unsur siapa, Teks Berita 2 : diawali dengan unsur kapan
B. Teks Berita 1 : diawali dengan unsur di mana, Teks Berita 2 : diawali dengan unsur kapan
C. Teks Berita 1 : diawali dengan unsur kapan, Teks Berita 2 : diawali dengan unsur bagaimana
D. Teks Berita 1 : diawali dengan unsur apa, Teks Berita 2 : diawali dengan unsur siapa

25. Cermati kedua teks berikut!

Teks 1
Angin kencang melanda kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Peristiwa tersebut terjadi sejak Minggu, 20 Oktober 2019. Peristiwa tersebut menyebabkan pohon-pohon tumbang dan sejumlah fasilitas di tempat wisata rusak. Selain itu, akses jalan menuju Kawah Sikidang tertutup pohon yang melintang di jalan.

Teks  2
Angin kencang terjadi di Kecamatan .Pangalengan, Kabupaten Bandung. Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu, 20 Oktober 2019. Peristiwa tersebut menyebabkan ribuan rumah warga rusak dan ratusan pohon tumbang. Selain itu, aliran listrik padam karena ada jaringan yang terganggu.

Perbedaan kedua teks tersebut adalah ....
A. Teks 1 membahas peristiwa angin kencang di kawasan Dataran Tinggi Dieng, sedangkan Teks 2 membahas peristiwa angin kencang di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.
B. Teks 1 membahas kerusakan rumah yang dialami warga di kawasan Dataran Tinggi Dieng, sedangkan Teks 2 membahas pohon tumbang akibat angin kencang di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.
C. Teks 1 membahas kerusakan rumah warga di kawasan Dataran tinggi Dieng, sedangkan Teks 2 membahas akses jalan di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung terputus karena tertutup pohon tumbang.
D. Teks 1 membahas aliran listrik padam karena angin kencang di kawasan Dataran Tinggi Dieng, sedangkan Teks 2 membahas kerusakan fasilitas tempat wisata di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

26. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks Berita I
Seorang pria paruh baya berusia sekitar 40-50 tahun terserempet Kereta Commuter Line di Stasiun Citayam. Pria yang belum diketahui identitasnya tersebut terserempet kereta dari arah Bogor ke Jakarta. Beruntung nyawanya masih tertolong. Korban mengalami luka ringan dan patah kaki. Petugas Stasiun Citayam, Rendi, menuturkan kejadian itu terjadi setar pukul 08.20 WIB. Kejadian berawal saat pria tersebut hendak menuju peron arah bogor.

Teks Berita 2
Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter line Bogor - Jakarta menyerempet seorang pria di Stasiun Citayam. Diduga pria paruh baya tersebut berusia 40-50 tahun itu nekat menyebrang rel meski kereta sudah dekat, seorang saksi mata, Reza Indragiri, mengatakan sebelum kejadian ada sebuah KRL akan berhenti di Stasiun Citayam. Menjelang berhenti, aada orang masih menyebrang rel menuju peron tanpa menghiraukan kemungkinan tertabrak KRL.

Persamaan isi kedua teks berita tersebut adalah ....
A. Sebuah kereta rel listrik (KRL) commuter line Bogor - Jakarta menyerempet seorang pria paruh baya di Stasiun Citayam.
B. Menurut petugas stasiun, kejadian yang menimpa pria paruh baya tersebut terjadi sekitar pukul 08.20 WIB.
C. Kondisi pria paruh baya yang terserempet kereta di Stasiun Citayam mengalami luka ringan dan patah kaki.
D. Pria paruh baya yang terserempet KRL itu nekat menyebrang rel meski kereta sudah dekat.

27. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1
Beberapa hari terakhir, sejumlah wilayah Indonesia mengalami suhu udara yang sangat panas pada siang hari. Menurut hasil pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu udara maksimum bisa mencapai lebih dari 39 derajat Celsius. Cuaca panas terjadi karena sebagian besar wilayah Indonesia masih dalam kondisi kemarau, khususnya wilayah yang ada di selatan ekuator. Penyebab lain karena saat ini posisi gerak semu matahari berada tepat di atas Indonesia (sekitar ekuator).

Teks 2
Cuaca panas kali ini disebabkan oleh gerak semu matahari. Pada bulan September, matahari berada di sekitar wilayah Khatulistiwa dan sedang bergerak ke belahan bumi selatan. Pada Oktober, matahari akan berada di wilayah Indonesia bagian selatan, yakni Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan sebagainya. Gerak semu matahari ini menyebabkan wilayah selatan Indonesia menerima banyak radiasi matahari sehingga menjadi lebih panas.

Persamaan kedua isi bacaan tersebut adalah ....
A. membahas fenomena gerak semu matahari
B. membahas dampak cuaca panas di Indonesia
C. membahas kemarau panjang di Indonesia
D. membahas penyebab cuaca panas di Indonesia

28. Perhatikan kedua teks berikut!

Teks 1
Malioboro adalah sebuah nama jalan yang membentang dari persimpangan rel kereta api Stasiun Tugu Yogyakarta di ujung utara hingga pertigaan pojokan Gedung Agung di ujung selatan. Malioboro adalah sebuah jalan legendaris yang menjadi ikon Kota Yogyakarta. Saat siang hari, ruas Jalan Malioboro dipadati kendaraan para pelancong. Selain itu, ada berbagai toko yang menjual berbagai macam kebutuhan pokok.

Teks 2
Yogyakarta adalah kota yang tak pernah tidur. Salah satu napas yang terus membuatnya terjaga adalah gudeg. Penjualnya silih berganti menggelar dagangan dari dini hari hingga tengah malam. Kala fajar tiba dan matahari belum keluar dari cakrawala, Wijilan dan Barek sudah mulai menggeliat dengan aktivitas warga berburu gudeg untuk menu sarapan mereka. Para penjual di sentra gudeg ini akan terus setia melayani pelanggan hingga jam 8 atau 9 malam. Kita dapat dengan mudah menemukan penjaja makanan khas ini di Yogya.

Perbedaan isi kedua teks tersebut adalah ....
A. teks 1 tentang kawasan wisata Malioboro, teks 2 tentang cara pembuatan gudeg
B. teks 1 tentang kawasan wisata Malioboro, teks 2 tentang gudeg
C. teks 1 tentang tempat wisata di Yogyakarta, teks 2 tentang makanan khas Yogyakarta
D. teks 1 tentang tips berbelanja di Malioboro, teks 2 tentang makanan khas Yogyakarta

29. Bacalah teks berikut!

Teks 1
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengunjung yang hendak berkunjung ke Puncak menjelang tahun baru agar berada di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Imbauan itu berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00 WIB. Imbauan itu sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan dan warga setempat.

Teks 2
Guna menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para pelancong dengan tujuan Puncak agar mengusahakan tiba di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Persamaan informasi kedua teks berita tersebut adalah ....
A. Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor agar pengunjung Puncak tiba di tempat tujuan sebelum pukul 13.00 WIB
B. Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor agar wisatawan datang ke Puncak.
C. Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor kepada pengendara roda dua dan roda empat
D. Imbauan Kasat Lalu Lintas Polres Bogor tentang recana penutupan jalur Puncak sore hari

30. Bacalah teks berikut!

Teks 1
Selain pemilihan produk, penyimpanan produk juga harus diperhatikan. Biasanya, warna daging apel yang sudah dipotong akan menghitam jika tidak segera dihabiskan.
Diana menjelaskan, warna kecokelatan pada daging buah apel terjadi karena proses oksidasi, yakni ketika enzim polyphenol oxidase (PPO) terpapar oksigen saat apel dipotong atau digigit. Apel tersebut tetap aman dikonsumsi, tetapi disarankan untuk segera dihabiskan untuk menghindari kontaminasi bakteri, kotoran, debu, dan partikel lain yang ada di udara.
Untuk menghindari warna kecokelatan, menurut Diana, Anda dapat merendam apel yang telah dipotong selama 15-30 menit ke dalam wadah berisi air mineral yang diberi sedikit garam dapur. Tiriskan apel. Letakkan apel pada wadah bersih dan tertutup. Lalu, simpan apel di dalam kulkas agar tetap segar.

Teks 2
Saat memilih buah, remas dengan lembut. Umumnya, buah yang segar memiliki daging buah yang kencang. Lantas, cium aromanya. Hampir setiap buah memiliki aroma yang khas. Maka, pastikan buah yang Anda pilih memiliki aroma yang masih segar.
Khusus untuk apel, apakah ada cara khusus memilih produknya? Menurut Diana, terdapat berbagai jenis dan warna apel. Pada umumnya, apel berwarna merah pekat, merah kekuningan, dan hijau.
"Apel yang segar memiliki warna yang cerah dan tekstur kulit yang mulus, beberapa jenis apel juga memiliki kulit yang mengilap. Apel yang segar memiliki daging buah yang kencang dan aroma yang segar," paparnya.

Berdasarkan teks 1 dan teks 2 tersebut, berilah tanda centang pada kotak di depan pernyataan untuk jawaban-jawaban yang benar (jawaban lebih dari satu)
Persamaan isi kedua teks prosedur tersebut adalah ....
⧠ memiliki objek, yaitu buah apel
⧠ memaparkan tips tentang buah apel

⧠ menjelaskan cara memilih buah yang baik
⧠ menjabarkan tata cara menyimpan buah apel