sentralsoal.com - Selamat datang di sentral soal. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal fragmen dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran seni budaya kelas VII revisi. Harapannya, contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi kumpulan contoh soal fragmen dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran seni budaya.
Gambar: pixabay.com
1. Cuplikan, petikan, bagian, atau pecahan dari sebuah drama atau cerita adalah ....
A. drama
B. naskah
C. fragmen
D. sandiwara
2. Simbol yang Nampak dalam penglihatan penonton disebut ....
A. Simbol visual
B. Simbol verbal
C. Simbol auditif
D. Simbol audiovisual
3. Menurut Balthazar Vallhagen, drama adalah ....
A. kesenian melukiskan sifat dan sikap manusia dengan gerak
B. hidup yang dilukiskan dengan gerak (life presented in action)
C. karangan yang masih ditulis dengan tangan yang belum diterbitkan
D. bahan dasar sebuah pementasan dan belum sempurna bentuknya apabila belum dipentaskan
4. Tema cerita yang terdapat pada cerita rakyat “Jaka Tingkir” adalah ....
A. Anak durhaka
B. Kasih ibu sepanjang jalan
C. Cinta terlarang
D. Balas dendam
5. Ide/ gagasan pokok (penting) yang dijadikan sebagai dasar dalam pengembangan cerita dalam fragmen adalah ....
A. alur
B. tema
C. drama
D. naskah
6. Simbol yang di ungkapkan dengan kata-kata, baik oleh pemain, narrator, maupun dalang adalah ....
A. Simbol visual
B. Simbol verbal
C. Simbol auditif
D. Simbol audiovisual
7. Keterangan mengenai tempat, ruang, dan waktu di dalam sebuah cerita adalah ....
A. alur
B. latar
C. tema
D. tokoh
8. Semua nada, lirik dan lagu dalam petunjukan teater secara sengaja diciptakan dengan tujuan ....
A. Agar petunjukan teater semakin meriah
B. Agar petunjukan teater banyak penontonnya
C. Untuk memperkuat komunikasi makna
D. Agar suasana teater lebih hidup dan tidak monoton
9. Penurunan emosi tokoh dan juga sekaligus penurunan emosi pada penonton adalah ....
A. ending
B. eksposisi
C. komplikasi
D. falling action
10. Teater tradisional dari Jawa Timur yaitu ....
A. Longser
B. Ludruk
C. Tanjidor
D. Ketoprak
11. Puncak permasalahan yang uncul, terurai, dan mendapatkan penjelasan melalui lakon karakter ataupun dialog antartokoh adalah ....
A. klimaks
B. eksposisi
C. komplikasi
D. falling action
12. Contoh teater transisi adalah ....
A. Komedi stambul
B. Wayang kulit
C. Wayang golek
D. Wayang orang
13. Ringkasan atau garis besar naskah yang menggambarkan isi dari suatu film atau pementasan yang dilakukan, baik secara konkret maupun secara abstrak adalah ....
A. dialog
B. babak
C. adegan
D. sinopsis
14. Teater tradisional betawi adalah ....
A. Tanjidor
B. Ketoprak
C. Lenong
D. Ludruk
15. Menentukan tema, mendata satuan peristiwa, dan menyusun data satuan peristiwa merupakan tiga langkah dalam menulis ....
A. dialog
B. drama
C. naskah
D. sandiwara
16. Ciri-ciri teater tradisional adalah ....
A. Ada naskah baku
B. Karya seni bersifat temporal
C. Tidak diketahui penciptanya
D. Diketahui penciptanya
17. Orang yang memperagakan cerita disebut ....
A. pemain
B. produser
C. sutradara
D. penonton
18. Salah satu contoh bentuk teater tradisional Jepang adalah ....
A. Opera peking
B. Kabuki
C. Ludruk
D. Lenong
19. Salah satu unsur pementasan fragmen yang berperan sebagai editor berbagai gagasan-gagasan yang ingin ditampilkan oleh para pendukung pentas, baik dari pemain maupun dari penggagas artistik adalah ....
A. pemain
B. produser
C. sutradara
D. penonton
20. Tulisan yang merangkum semua cerita yang terdapat dalam drama teater dinamika ....
A. Sinopsis
B. Narasi
C. Narator
D. Naskah
21. Petugas yang memilih media promosi dan menentukan golongan penonton yang diharapkan akan menghadiri pementasan fragmen adalah tim ....
A. kerja produksi
B. pemimpin artistik
C. pemimpin produksi
D. asisten manajer panggung
22. Kata-kata yang diguakan dalam bahasa drama harus dipilih sedemikian rupa sehingga terungkap semua gagasan dan perasaan pengarang serta mudah diterima oleh pembaca, pendengar, atau penonton dinamakan ....
A. Gaya bahasa
B. Diksi
C. Idiom
D. Peribahasa
23. Tempat terjadinya pola dasar gerak dari suatu episode, suasana, serta peristiwa disebut ....
A. plot
B. setting
C. scenery
D. background
24. Irama suara dengan penekanan mengucapkan kata-kata sehingga dihasilkan pengucapan yang tidak monoton disebut ....
A. Intonasi
B. Dinamika
C. Artikulasi
D. Olah suara
25. Bagian yang berguna untuk menentukan tingkat sosial aktor, tempat dan waktu kejadian lakon serta karakter dari seorang aktor adalah ....
A. kostum
B. tata rias
C. tata suara
D. tata cahaya
26. Teater yang menekankan pada tooh untuk melakukan dialog adalah ....
A. Teater non verbal
B. Teater verbal
C. Teater teatrikal
D. Teater tradisional
27. Kesuksesan sebuah pementasan fragmen biasanya dapat diukur dari banyak atau sedikitnya ....
A. lakon yang ditampilkan pementasan
B. produser yang menyusun pementasan
C. sutradara yang mengarahan pementasan
D. penonton yang menyaksikan pementasan tersebut
28. Teater dapat diartikan sebagai ....
A. Tempat bermain
B. Tempat berperan
C. Tempat beristirahat
D. Tempat pertunjukan
29. Pemimpin yang mempertanggungjawabkan karya seni yang diproduksikannya adalah ....
A penata musik
B. pemimpin artistik
C. manajer panggung
D. pimpinan produksi
30. Di bawah ini yang termasuk unsur-unsur pertunjukan tater, kecuali ....
A. Irama
B. Naskah
C. Panggung
D. Sutradara
31. Tokoh penentang, atau yang bertentangan dengan lakon utama dalam teater/fragmen disebut ....
A. Lakon pembantu
B. Antagonis
C. Spesialis
D. Protagonis
32. Kata “tidak” dalam teks naskah dapat menggunakan bahasa tubuh dengan cara ....
A. Menganggukan kepala
B. Menggelengkan kepala
C. Menengadahkan kepala
D. Mengangkat tangan
33. Ide dasar yang terkandung dalam keseluruhan naskah fragmen atau drama, disebut ....
A. artikulasi
B. tema
C. alur cerita
D. eksposisi
34. Kata “ya” dalam naskah drama dapat menggunakan bahasa tubuh dengan ....
A. Anggukan kepala
B. Menggelangkan kepala
C. Melambaikan tanggan
D. Menundukan kepala
35. Latar belakang panggung yang disesuaikan dengan tema cerita dalam fragmen atau drama dinamakan ....
A. akting
B. ekpresi
C. setting
D. wirupa
36. Seorang pemain teater membutuhkan riasan untuk memperkuat karakter tokoh yang diperankannya. Hal ini menjadi tugas tim ....
A. Pemain
B. Tata busana
C. Kostum
D. Tata rias
37. Di bawah ini yang bukan contoh teater boneka adalah ....
A. wayang golek
B. wayang kulit
C. pantomim
D. wayang boneka
38.Tugas pemeran dalam teater adalah ....
A. Menonton drama
B. Memainkan peran sesuai arahan
C. Mempersiapkan kostum
D. Pengatur jalannya teater
39. Wor adakah seni pertunjukan dari Irian Jaya yang merupakan salah satu teater tradisional yang digunakan dalam ....
A. upacara ritual
B. sarana hiburan
C. keagamaan
D. pertunjukan teater
40. Tokoh utama dalam teater diebut ....
A. Protagonis
B. Antagonis
C. Tetragonis
D. Compiden
41. Bentuk pementasan drama atau teater yang menggunakan unsur benda dan lakon (cerita) sebagai unsur yang banyak mengambil peran disebut ....
A. opera
B. pantomim
C. wayang atau teater boneka
D. deklamasi
42. Teater yang dalam pementasannya harus sesuai dengan aturan-aturan etis dan estetis adalah ....
A Teater modern
B. Teater klasik
C. Teater rakyat
D. Teater campuran
43. Wayang golek termasuk teater boneka tradisional. Wayang golek disebut juga dengan nama wayang tengul. Sumber cerita wayang golek diambil dari cerita ....
A. sejarah
B. perjuangan
C. pendidikan
D. rakyat
44. Dalam seni teater gerakan badan dengan anggotannya ke kiri dan ke kanan, berputar ke belakang dengan salah satu kaki sebagai porosnya disebut ....
A. Movements
B. Gestures
C. Bussines
D. Detail
45. Gerakan dasar bertujuan merupakan gerakan yang menirukan gerak mimik orang dengan tujuan tertentu, seperti ....
A. menirukan bunyi angin ribut
B. berpindah dari tempat satu ke tempat lain
C. menyetop bus
D. memalingkan kepala
46. Ludruk adalah teater tradisional yang berasal dari daerah ....
A. Jawa timur
B. Banten
C. Jawa tengah
D. Jawa barat
47. Tata artistik merupakan unsur rupa seni teater. Tata artistik meliputi pencahayaan, tata rias, kostum, dekorasi, dan properti. Kostum yang digunakan pemeran akan menjelaskan ....
A. situasi jalinan cerita
B. keberhasilan suatu pertunjukan
C. tempat peristiwa cerita
D. karakter peran
48. Semua unsur yang mendukung alur cerita seperti lokasi kejadian, waktu kejadian, serta suasana atau kondisi kejadian disebut ....
A. Dialog
B. Narator
C. Setting
D. Petunjuk
49. Pementasan ludruk diambil dari cerita zaman perjuangan dan cerita rakyat sehari-hari. Pementasan ludruk selalu diselingi dengan lawakan dan diiringi ....
A. gong
B. gamelan
C. gambang kromong
D. terompet
50. Kisah hidup dan kehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas, disaksikan orang banyak dan didasarkan pada naskah yang tertulis disebut ....
A. Teater
B. Ketoprak
C. Sinetron
D. Sendratari
51. Suatu pesan yang ingin disampaikan sebuah pertunjukkan drama/fragmen kepada penontonnya disebut dengan ....
A. karakter
B. tema
C. naskah
D. amanat
52. Tulisan yang merangkum semua cerita yang terdapat dalam drama teater dinamakan ....
A. Sinopsis
B. Narasi
C. Narator
D. Naskah
53. Hal-hal yang harus dipersiapkan dalam mengadakan pementasan fragmen di sekolah salah satunya yaitu, menentukan atau menyiapkan pemain yang dapat dilakukan dengan cara casting. Cara panitia menentukan pemain dengan casting, seperti ....
A. menentukan pemain berdasarkan kesesuaian usia
B. menentukan pemain berdasarkan kecakapan
C. memilih pemain tidak didasarkan pada hasil observasi pribadinya
D. menentukan pemain sesuai dengan karakter aslinya.
54. Unsur berikut yang paling berpengaruh dalam keberhasilan pementasan drama adalah ....
A. Naskah
B. Sutradara
C. Panggung
D. Penonton
55. Untuk menampilkan fragmen di sekolah dapat dipilih cerita rakyat sederhana yang ada ditiap daerah atau cerita-cerita yang bertemakan alam. Misalnya cerita yang berasal dari Jawa Tengah yaitu ....
A. Bancak Doyok
B. Kancet Datun Julut
C. Topeng Betawi
D. Mamanda
56. Bentuk panggung yang dibatasi oleh nyekat disebut ....
A. Amphiteater
B. Arena
C. Panggung
D. Panggung biasa
57. Teater tradisional lenong dari Jawa Barat menggunakan iringan musik ....
A. angklung
B. rebana
C. gambang kromong
D. kendang
58. Perlengkapan yang digunakan untuk mendukung pertunjukan drama teater disebut ....
A. Aksesoris
B. Tata busana
C. Tata dekorasi
D. Properti
59. Bentuk seni pertunjukan yang berhubungan dengan kehidupan manusia ,baik langsung atau tidaklangsung berhadapan dengan penonton adalah ....
A. seni teater
B. seni rupa
C. seni lukis
D. seni musik
60. Teknik mengolah perasaan, emosi dan rasa yang berkaitan dengan psikologis dengan konsentrasi pikiran penuh disebut ....
A. Olah tubuh
B. Olah vocal
C. Olah sukma
D. Olah pikiran
61. Langkah pertama merancang pertunjukan teater adalah ....
A. mengadalakan latihan
B. menentukan tema
C. menentukan tempat
D. menyiapkan panggung
62. Pemimpin dalam pementasan teater adalah ....
A. Pemain
B. Figuran
C. Sutradara
D. Produser
63. Unsur utama yang terdapat dalam kegiatan teater adalah ....
A. naskah
B. penonton
C. publik
D. produser
64. Teknik melatih anggota badan agar mencapai kelenturan, stamina, dan daya refleksi tubuh disebut ....
A. Olah tubuh
B. Olah badan
C. Olah sukma
D. Olah pikiran
65. Kata teater berasal istilah “Theatron” dalam bahasa Yunani mengandung arti ....
A. Gedung pertunjukan/pergelaran.
B. Peragaan kisah hidup manusia di depan penonton
C. Mempergelarkan pertunjukan di tempat terbuka
D. Ungkapan perasaan manusia melalui gerak yang ritmis dan indah
66. Perpindahan tempat pemain dari satu tempat ke tempat lain seperti jalan, lari, atau bergulung-gulung dinamakan ....
A. Gesture
B. Bussines
C. Movement
D. Gait
67. Di bawah ini hal-hal yang harus di perhatikan dalam blocking pementasan teater, kecuali ....
A. Arah hadap pemain yang wajar di atas pentas disaat melakukan akting
B. Posisi/keberadaan pemain di atas pentas disaat menguasai panggung
C. Posisi pemain tidak boleh sering membelakangi penonton
D. Gerakan anggota tubuh pemain yang harus luwes dan lentur
68. Melatih daya konsentrasi agar terbiasa memusatkan pikiran terhadap sesuatu disebut ....
A. Olah suara
B. Olah tubuh
C. Olah raga
D. Olah sukma
69. Pemimpin yang mempertanggungjawabkan karya seni yang diproduksikannya adalah ....
A. penata musik
B. pemimpin artistik
C. manajer panggung
D. pimpinan produksi
70. Untuk mengetahui interpretasi atas lakon yang akan dimainkan, seorang penata cahaya harus melakukan interaksi dan koordinasi dengan ....
A. Penata panggung
B. Produser
C. Sutradara
D. Penata cahaya
71. Kesuksesan sebuah pementasan fragmen biasanya dapat diukur dari banyak atau sedikitnya ....
A. lakon yang ditampilkan pementasan
B. produser yang menyusun pementasan
C. sutradara yang mengarahan pementasan
D. penonton yang menyaksikan pementasan tersebut
72. Wayang orang, wayang kulit, ludruk termasuk jenis teater ....
A. Nontradisional
B. Kombinasi
C. Tradisional
D. Kontenporer
73. Bagian dalam pementasan yang sering dihubungkan dengan penata lampu dan pemandangan atau properti panggung adalah penataan ....
A. suara
B. lampu
C. cahaya
D. busana/ kostum
74. Orang yang memperagakan cerita disebut ....
A. pemain
B. produser
C. sutradara
D. penonton
75. Bagian yang berguna untuk menentukan tingkat sosial aktor, tempat dan waktu kejadian lakon serta karakter dari seorang aktor adalah ....
A. kostum
B. tata rias
C. tata suara
D. tata cahaya
76. Salah satu unsur pementasan fragmen yang berperan sebagai editor berbagai gagasan-gagasan yang ingin ditampilkan oleh para pendukung pentas, baik dari pemain maupun dari penggagas artistik adalah ....
A. pemain
B. produser
C. sutradara
D. penonton
77. Tempat terjadinya pola dasar gerak dari suatu episode, suasana, serta peristiwa disebut ....
A. plot
B. setting
C. scenery
D. background
78. Tahap proses perancangan dalam pementasan fragmen ada ....
A. dua tahap
B. tiga tahap
C. lima tahap
D. empat tahap
79. Tata pentas disebut juga dengan pemandangan latar belakang atau ....
A. stage
B. scenery
C. background
D. movement komposisi visual
80. Petugas yang memilih media promosi dan menentukan golongan penonton yang diharapkan akan menghadiri pementasan fragmen adalah tim ....
A. kerja produksi
B. pemimpin artistik
C. pemimpin produksi
D. asisten manajer panggung