Kumpulan 30+ Contoh Soal (Essay) Dasar-Dasar Pengukuran IPA - Kelas X Kurikulum Merdeka

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay materi dasar-dasar pengukuran IPA dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran IPA kelas 10 kurikulum merdeka belajar. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal essay materi dasar-dasar pengukuran IPA dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran IPA kelas 10 kurikulum merdeka.

Kumpulan 30+ Contoh Soal (Essay) Dasar-Dasar Pengukuran IPA - Kelas X Kurikulum Merdeka

Gambar: freepik.com

1. Apa yang dimaksud dengan thermal scanner?

Jawaban:

Thermal scanner adalah alat ukur yang digunakan untuk mengecek suhu tubuh manusia. Suhu tubuh manusia termasuk dalam satu besaran pokok dalam IPA.

2. Tuliskan pengertian suhu!

Jawaban:

Suhu adalah salah satu besaran dalam IPA. Satuan suhu yang lazim digunakan yaitu celcius dan kelvin.

3. Apa yang dimaksud dengan besaran?

Jawaban:

Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan sebagai angka. Dalam fisika, besaran dikelompokkan berdasarkan satuannya serta berdasarkan nilai dan arah.

4. Tuliskan dua jenis besaran berdasarkan satuannya!

Jawaban:

Berdasarkan satuannya besaran dibagi menjadi dua, yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

5. Apa yang dimaksud dengan besaran pokok?

Jawaban:

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah didefinisikan terlbih dahulu. Besaran pokok, satuan, dan lambang satuannya dituliskan sebagai contoh besaran pokok panjang, satuan meter, dan lambang satuan m.

6. Tuliskan dan berikan contoh pengertian besaran turunan!

Jawaban:

Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok. Contoh besaran turunan dan satuannya yaitu besaran turunan luas, besaran penyusun panjang x lebar, dan lambang satuan m2.

7. Tuliskan pengertian besaran skalar dan berikan contohnya!

Jawaban:

Besaran skalar adalah besaran yang memiliki nilai saja tetapi tidak memiliki arah. Contoh: massa, suhu, waktu, luas, volume, usaha, daya, dan energi.

8. Tuliskan pengertian besaran vektor dan berikan contohnya!

Jawaban:

Besaran vektor adalah besaran yang memiliki nilai dan arah. Contoh: perpindahan, kecepatan, percepatan, gaya, berat, impuls, dan momentum.

9. Jelaskan apa yang dimaksud dengan satuan!

Jawaban:

Satuan adalah segala sesuatu yang dinyatakan sebagai hasil pengukuran dari suatu besaran. Dalam satuan terdapat beberapa sistem satuan, antara lain sistem FPS (feet, pound, sekon), CGS (sentimeter, gram, dan sekon), dan MKS (meter, kilogram, dan sekon).

10. Tuliskan jenis-jenis standar satuan!

Jawaban:

Jenis-jenis standar satuan dalam besaran adalah sebagai berikut.
1) Standar satuan massa
2) Standar satuan panjang
3) Standar satuan waktu
4) Standar satuan arus
5) Standar satuan suhu
6) Standar satuan jumlah zat
7) Standar satuan intensitas cahaya

11. Apa yang dimaksud dengan standar satuan massa?

Jawaban:

Standar satuan massa adalah kilogram. Satuan kilogram didasarkan pada tiga konstanta mandasar yaitu, kecepatan cahaya, radiasi gelombang mikro alami atom sesium, dan konstanta planck.

12. Apa yang dimaksud dengan dimensi?

Jawaban:

Dimensi adalah cara untuk menyusun besaran turunan dari besaran pokok. Penulisan dimensi dinyatakan dengan lambang huruf tertentu (huruf kapital) dan diberi kurung tegas [].

13. Jelaskan apa yang dimaksud dengan standar satuan waktu!

Jawaban:

Standar satuan waktu adalah sekon atau detik. Satu sekon dinyatakan sebagai selang waktu yang diperlukan oleh atom sesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali radiasi transisi elektron terkuantisasi di antara dua tingkat energi yang sangat halus pada keadaan dasar.

14. Apa yang dimaksud dengan pengukuran?

Jawaban:

Pengukuran adalah salah satu pengamatan dalam IPA. Pengukuran merupakan suatu kegiatan dengan cara membandingkan segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan sebagai angka dan satuan.

15. Jelaskan skala yang terdapat pada mistar atau penggaris!

Jawaban:

Mistar atau penggaris memiliki skala terkecil 1 mm. Istilah lain dari skala terkecil adalah ketelitian. Nilai ketidakpastian pada mista merupakan setengahnya dari skala terkecil. Artinya, nilai ketidakpastian pada mistar adalah 0,5 mm atau 0,05 cm.

16. Jelaskan besaran panjang pada jangka sorong!

Jawaban:

Jangka sorong memiliki skala terkecil 0,1 mm atau 0,01 cm. Dengan demikian, nilai ketidakpastian pada jangka sorong adalah 0,05 mm atau 0,005 cm. Jangka sorong hanya dapat mengukur panjang benda misalnya mengukur diameter dalam, diameter luar, dan kedalaman benda.

17. Jelaskan besaran panjang pada mikrometer sekrup!

Jawaban:

Mikrometer sekrup memiliki skala terkecil 0,01 mm sehingga ketidakpastian dari mikrometer sekrup 0,005 mm. Mirometer sekrup dapat mengukur suatu benda misalnya ketebalan benda. Mikrometer sekrup memiliki dua skala yaitu skala utama dan skala nonius.

18. Apa yang dimaksu dengan neraca ohaus?

Jawaban:

Neraca ohaus adalah neraca yang memiliki ketelitian 0,01 g. Berdasarkan jumlah lengannya, neraca ohaus dibagi menjadi dua macam, yaitu neraca ohaus dua lengan dan neraca ohaus tiga lengan. 

19. Jelaskan apa yang dimaksud dengan neraca ohaus dua lengan!

Jawaban:

Neraca ohaus dua lengan adalah neraca yang memiliki anting logam yang dapat digeser setiap lengannya. Neraca ohaus memiliki anting logam pada lengan depan dan belakang.

20. Apa yang dimaksud dengan standar satuan arus?

Jawaban:

Standar satuan arus adalah Ampere. Satu ampere dinyatakan sebagai kuat arus listrik yang memindahkan muatan listrik 1 coulomb setiap 1 detik.

21. Apa yang dimaksud dengan neraca ohaus tiga lengan?

Jawaban:

Neraca ohaus tiga lengan adalah neraca yang memiliki tiga buah lengan yang terdiri atas lengan bagian depan, tengah, dan belakang. Tiap-tiap lengan memiliki anting logam untuk menggeser skala saat pengukuran massa.

22. Jelaskan apa yang dimaksud dengan neraca dacin!

Jawaban:

Neraca dacin adalah neraca yang tersusun atas tongkat berskala yang dilengkapi dengan anak timbangan. Proses pengukuran massa benda menggunakan neraca dacin dengan cara menggeserkan dan menyeimbangkan bandul dacin terhadap posisi antarlengan. Neraca dacin biasanya digunakan di posyandu saat menimbang balita.

23. Tuliskan pengertian pengukuran!

Jawaban:

Pengukuran adalah penentuan besaran, dimensi, atau kapasitas, biasanya terhadap suatu standar atau satuan ukur. Pengukuran juga dapat diartikan sebagai pemberian angka terhadap suatu atribut atau karakteristik tertentu yang dimiliki oleh seseorang, hal, atau objek tertentu menurut aturan atau formulasi yang jelas dan disepakati. Pengukuran dapat dilakukan pada apapun yang dibayangkan, tetapi dengan tingkat kompleksitas yang berbeda.

24. Apa yang dimaksud dengan pengukuran langsung?

Jawaban:

Pengukuran langsung adalah metode pengukuran yang membandingkan antara suatu besaran yang tidak diketahui nilainya dengan standar pengukuran. Jenis pengukuran ini umum diterapkan pada pengukuran besaran listrik dengan menggunakan alat ukur listrik. Pengukuran tidak langsung mengetahui nilai besaran dengan mengukur kuantitas dari segi fungsional dan sesuai dengan jenis besaran yang diperlukan.

25. Tuliskan pengertian notasi ilmiah!

Jawaban:

Notasi ilmiah adalah cara penulisan nomor yang mengakomodasi nilai-nilai terlalu besar atau kecil untuk dengan mudah ditulis dalam notasi desimal standar. Notasi ilmiah memiliki sejumlah sifat yang berguna dan umumnya digunakan dalam kalkulator oleh para ilmuwan, matematikawan, dokter, dan insinyur.

26. Tuliskan perbedaan antara akurasi dan presisi!

Jawaban:

Secara sederhana, presisi adalah istilah yang digunakan untuk merepresentasikan seberapa andal dan konsisten pengukuran eksperimen jika dilakukan secara berulang sedangkan akurasi adalah isitilah yang merepresentasikan kedekatan hasil pengukuran eksperimen dengan nilai ideal atau nilai sebenarnya.

27. Apa yang dimaksud dengan mistar?

Jawaban:

Penggaris atau mistar adalah sebuah alat pengukur dan alat bantu gambar untuk menggambar garis lurus. Terdapat berbagai macam penggaris, dari mulai yang lurus sampai yang berbentuk segitiga (biasanya segitiga siku-siku sama kaki dan segitiga siku-siku 30°–60°). Penggaris dapat terbuat dari plastik, logam, berbentuk pita dan sebagainya. Juga terdapat penggaris yang dapat dilipat.

28. Tuliskan pengertian jangka sorong!

Jawaban:

Jangka sorong adalah salah satu alat ukur yang dapat digunakan untuk mengetahui panjang, diameter luar, dan diameter dalam sebuah bentuk benda tertentu. Jangka sorong juga bisa digunakan untuk mengukur kedalaman lubang atau bangun ruang tertentu, seperti tabung.

29. Tuliskan beberapa fungsi utama jangka sorong!

Jawaban:

Berikut ini fungsi atau manfaat jangka sorong
1) Berfungsi mengukur ketebalan suatu bentuk benda
2) Berfungsi mengukur diameter dalam bentuk benda menggunakan rahang tetap dan rahang geser atas
3) Berfungsi mengukur kedalaman suatu bentuk benda menggunakan tangkai ukur bagian bawah, misalnya kedalaman tabung, lubang kecil, atau perbedaan tinggi yang relatif kecil
4) Memiliki dua skala, yaitu skala utama dan nonius
5) Berfungsi untuk mengukur suatu benda dari sisi luar dengan cara diapit
6) Berfungsi mengukur sisi dalam bentuk benda yang biasanaya berupa lubang seperti pada pipa dengan cara mengulurnya
7) Berfungsi mengukur kedalaman celah atau lubang suatu bentuk benda dengan cara menancapkan atau menusukan bagian alat ukur

30. Tuliskan bagian-bagian jangka sorong!

Jawaban: 

Bagian-bagian jangka sorong adalah sebagai berikut.
1) Rahang Dalam
2) Rahang Luar
3) Tangkai Ukuran Kedalaman
4) Skala Utama
5) Skala Nonius
6) Baut Pengunci