Kumpulan 35+ Contoh Soal (Essay) Analisis Data Dilengkapi Kunci Jawaban : Informatika Kelas VII

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay materi analisis data dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran Informatika kelas 7 kurikulum merdeka belajar. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal essay materi analisis data dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran Informatika kelas 7 kurikulum merdeka.

Kumpulan 35+ Contoh Soal (Essay) Analisis Data Dilengkapi Kunci Jawaban : Informatika Kelas VII

Gambar: freepik.com

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan cell?

Jawaban:

Cell merupakan kotak kecil pada lembar kerja (worksheet) yang berfungsi sebagai penghubung antara baris (row) dan kolom (column)

2. Jelaskan cara memulai kerja baru di lembar kerja!

Jawaban:

Yaitu kita dapat memilih dari daftar template yang disediakan di buku kerja baru tersebut akan ditampilkan di jendela Microsoft Excel. Selain itu, kita juga dapat memulai buku kerja baru dengan cara mengklik menu file dan memilih menu new.

3. Bagaimana cara menginput data berupa angka?

Jawaban:

Proses input data berupa angka-angka dilakukan dengan mengetik angka-angka tersebut. Angka yang diketik akan ditempatkan di cell yang sedang aktif. Kita dapat melihat angka yang ditulis dengan memberikan tanda titik sebagai pemisah ribuan dan jutaan.

4. Jelaskan cara yang tidak diperbolehkan dalam menginput angka di lembar kerja!

Jawaban:

Proses menginput data angka di lembar kerja microsoft Excel tidak diperkenankan menginput angka dengan memberikan tanda titik sebagai pemisah ribuan. Hal ini karena Microsoft Excel akan memperlakukan tanda titik yang diinput sebagai karakter titik biasa dan bukan sebagai tanda pemisah.

5. Jelaskan cara menginput data berupa teks di lembar kerja excel!

Jawaban:

Untuk menginput data berupa teks, dilakukan dengan mengetik huruf-huruf dari teks tersebut menggunakan keyboard. Berbeda dengan data berupa angka yang ditempatkan merapak ke kanan cell, data berupa teks akan ditempatkan merapat ke kiri cell.

6. Jelaskan cara menginput data berupa waktu di lembar kerja!

Jawaban:

Jika data yang dimasukan berupa waktu. Microsoft Excel menggunakan tanda titik dua (:) untuk memisahkan jam, menit, dan detik. Jika kita menggunakan sistem waktu 12 jam, maka kita harus menambahkan waktu AM dan huruf p untuk waktu PM setelah angka waktu dimasukan.

7. Jelaskan cara menginput data berupa tanggal di lembar kerja excel!

Jawaban:

Jika kita ingin memasukan data berupa tanggal, microsoft excel menggunakan tanda slash (/) atau hyphen (-) untuk memisahkan hari, bulan, dan tahun. Contohnya jika ingin memasukan tanggal 10 Oktober 2022, maka kita dapat mengetik 20-10-2022 atau 10/10/2022.

8. Jelaskan cara menginput data yang berurutan di lembar kerja!

Jawaban:

Jika data yang ingin diinput merupakan data berurutan dengan pola tertentu, data tersebut tidak perlu dimasukan satu per satu. Kita hanya perlu menginput beberapa data pertama, kemudian meng-copy data tersebut.

9. Tuliskan langkah-langkah menginput data berurutan di lembar kerja!

Jawaban:

Langkah-langkah untuk menginput data yang berurutan yaitu sebagai berikut.

  • Pilihlah cell tempat data pertama akan diinput.
  • Ketik data pertama kemudian pindah ke cell berikutnya.
  • Ketik data kedua yang sesuai dengan urutan data.
  • Blok kedua cell yang sudah diisi dengan data tersebut.
  • Letakkan pointer di sudut kanan bawah cell yang kedua sampai tanda tambah muncul di pointer.
  • Drag ke kanan atau ke bawah untuk urutan data yang semakin besar.
  • Jika data terakhir sudah diinput, lepaskan mouse.

10. Jelaskan cara menginput data seragam di lembar kerja!

Jawaban:

Jika data yang ingin dimasukan untuk beberapa cell adalah data yang sama, kita dapat memasukan data ke beberapa cell sekaligus. Letak cell yang berisi data yang sama merupakan cell-cell yang saling berdekatan atau cell-cell yang saling berjauhan.

11. Jelaskan cara melakukan drag di lembar kerja!

Jawaban:

Drag dilakukan dengan cara menekan tombol kiri mouse, menahan dan menarik hingga posisi yang diinginkan, kemudian melepaskan (drop).

12. Jelaskan langkah-langkah menginput data yang sama di cell sekaligus!

Jawaban:

  • Pilihlah cell-cell tempat data yang sama akan diinput.
  • Ketiklah data yang akan diinput.
  • Tekan Ctrl + Enter. Data yang diinput akan mengisi semua cell yang sudah dipilih sekaligus.

13.  Jelaskan cara memformat data dengan tipe data yang sesuai!

Jawaban:

Data yang diinput di lembar kerja dapat terdiri atas berbagai tipe. Ada tipe data yang berupa teks, bilangan sains, uang, waktu, tanggal, dan sebagainya. Masing-masing tipe data tersebut ditampilkan dengan format tertentu. Misalnya tipe data uang ditampilkan dengan memberikan simbol mata uang di depannya.

14. Bagaimana cara memberi batas dan mengatur warna cell di lembar kerja?

Jawaban:

Untuk memberi batas dan mengatur warna cell, dapat dilakukan dengan cara memilih cell batas, kemudian mengklik ikon Borders di tab home. Pilihlah jenis batas yang ingin diberikan pada cell tersebut, kemudian pilih ikon Fill Color untuk mengatur warna cell.

15. Tuliskan langkah-langkah memberikan batas cell di lembar kerja!

Jawaban:

Langkah-langkah untuk melakukan pemberian batas pada lembar kerja cell adalah sebagai berikut.

  • Pilihlah seluruh cell, dalam hal ini cell B3 sampai F15.
  • Dari tab Home, kllik tombol Bolders, kemudian pilihlah batas cell All Borders.
  • Untuk membedakan garis batas di cell B3 sampai F3, pilihlah cell-cell tersebut.
  • Klik kembali tombol Bolders, pilihlah batas cell bottom double border.
  • Pilihlah cell yang ingin di warnai.
  • Dari tab home, klik tombol fill color.
  • Pilihlah warna yang ingin digunakan.

16. Jelaskan cara mengatur tanda desimal dan ribuan di lembar kerja!

Jawaban:

Angka-angka yang terdapat di cell terkadang terdiri atas pecahan-pecahan yang memiliki bilangan desimal dan angka-angka yang sangat besar yang memerlukan tanda pemisahan bilangan ribuan. Tanda pemisah bilangan ribuan dan desimal berbeda untuk setiap negara.

17.  Jelaskan cara mengatur lebar kolom dan tinggi baris pada lembar kerja komputer!

Jawaban:

Pengaturan lebar kolom dan tinggi baris diperlukan untuk kerapian tampilan lembar kerja serta untuk mendapatkan lebar kolom dan tinggi baris yang sesuai dengan panjang dan tinggi teks data yang ada di dalamnya. Jika data yang dimasukkan membutuhkan ruang yang lebih kecil, lebar kolom sebaiknya diperkecil dan demikian juga sebaliknya.

18. Tuliskan langkah pertama dan kedua mengatur lebar kolom dan tinggi baris!

Jawaban:

Langkah pertama yaitu letakkan pointer mouse di atas kanan kolom yang ingin di atur lebarnya sampai pointer mouse berubah menjadi tanda tambah dengan panah ganda ke kiri dan ke kanan. Langkah kedua adalah klik kiri mouse dan tahan, tarik ke kanan untuk melebarkan kolom atau ke kiri untuk mengecilkan kolom, jika lebar kolom yang diinginkan telah dipenuhi, lepaskan mouse.

19. Tuliskan langkah ketiga dalam mengatur lebar kolom dan tinggi baris!

Jawaban:

Sebaliknya, jika ingin mengatur tinggi baris, latekkan pointer mouse di atas bawah dari baris yang ingin diatur tingginya sampai pointer mouse berubah menjadi tanda tambah dengan panah ganda atas dan bawah.

20. Tuliskan cara lain yang digunakan untuk mengatur lebar kolom pada lembar kerja!

Jawaban:

Cara lain untuk mengatur lebar kolom adalah dengan menggunakan perintah AutoFit. Perintah ini akan mengatur lebar kolom sesuai dengan lebar kolom yang dibutuhkan oleh data terpanjang pada kolom tersebut.

21. Tuliskan cara pertama dalam mengatur lebar kolom dengan menggunakan perintah AutoFit!

Jawaban:

Letakkan pointer mouse pada batas kanan kolom yang ingin di atur lebarnya. Tunggu sampai muncul tanda tambah dengan panah ganda ke kiri dan ke kanan. Klik ganda pada batas kolom tersebut.

22. Jelaskan cara kedua dalam mengatur lebar kolom dengan menggunakan perintah AutoFit!

Jawaban:

Pilih salah cell di kolom yang ingin di atur lebarnya, kemudian pilih data yang terpanjang. Pada tab home, klik tombol format, kemudian pada menu pilihan yang ditampilkan klik perintah AutoFit Column Width. Lebar kolom akan disesuaikan dengan data pada cell yang dipilih.

23. Jelaskan cara menyimpan buku kerja baru di lembar kerja!

Jawaban:

Buku kerja yang sudah dibuat dan dikerjakan perlu disimpan agar dapat dibuka dan digunakan di lain waktu. Ketika disimpan, buku kerja akan disimpan dalam bentuk file Microsoft Excel (.xls atau .xlsx).

24. Tuliskan langkah-langkah menyimpan file buku di komputer!

Jawaban:

Penyimpanan file buku kerja dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Klik tombol save di quick access toolbar.
  • Klik perintah save atau save as di tombol office atau tab file.
  • Tekan tombol Ctrl + S di keyboard.

25. Tuliskan cara membuka buku kerja yang baru!

Jawaban:

Membuka buku kerja berarti menampilkan kembali buku kerja Microsoft Excel yang pernah disimpan. Hal ini dilakukan apabila kita ingin mengedit atau sekadar melihat kembali data yang ada di buku kerja.

26. Tuliskan pengertian data dalam lembar kerja!

Jawaban:

Data merupakan catatan dari kejadian atau rekaman sesuatui yang memberikan manfaat pada penggunanya. Agar dapat memberikan manfaat, informasi yang jelas, dan informasi yang berguna, pengguna harus dapat membaca atau menginterpretasikan data dengan baik dan benar.

27. Tuliskan pengertian Microsoft Excel!

Jawaban:

Microsoft excel adalah aplikasi yang mampu melakukan berbagai jenis operasi hitung untuk membantu kita dalam mengolah dan menganalisis data. Operasi hitung tersebut dilakukan dengan menggunakan rumus.

28. Tuliskan 2 hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat di Microsoft Excel!

Jawaban:

Ada dua hal yang selalu terlibat dalam setiap rumus yang digunakan di Microsoft Excel, yaitu operator  dan data. Keterlibatan data dalam rumus dapat dilakukan secara langsung maupun dengan menggunakan bantuan acuan.

29. Tuliskan jenis-jenis operator yang dimiliki oleh Microsoft Excel!

Jawaban:

Jenis operator yang dimiliki oleh Microsoft Excel adalah sebagai berikut.

  • Aritmetika
  • Perbandingan
  • Acuan

30. Jelaskan fungsi utama dari operator aritmetika!

Jawaban:

Operator aritmetika digunakan untuk membentuk operasi-operasi matematika dasar, seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, pemangkatan, dan persentase.

31. Jelaskan fungsi dari operator perbandingan!

Jawaban:

Operator perbandingan digunakan untuk membandingkan dua nilai. Hasil perbandingan tersebut berupa nilai logika, yaitu true atau false. Jika perbandingan bernilai benar, hasil yang ditampilkan adalah true dan jika perbandingan bernilai salah, hasil yang ditampilkan bernilai false.

32. Tuliskan kegunaan dari operator acuan!

Jawaban:

Operator acuan berfungsi untuk menggabungkan selang cell yang terlibat dalam perhitungan. Microsoft Excel mempunyai tiga operator acuan, yaitu titik dua (:), koma (,), dan spasi.

33. Tuliskan pengertian acuan relatif dalam lembar kerja!

Jawaban:

Acuan relatif adalah acuan pada rumus yang akan berubah secara otomatis apabila cell tempat rumus digunakan berubah. Jika posisi dari cell yang mengandung rumus berubah, cell yang menjadi acuan juga berubah. Secara default, rumus-rumus baru menggunakan acuan relatif.

34. Apa yang dimaksud dengan acuan mutlak!

Jawaban:

Acuan mutlak adalah acuan pada rumus yang tidak berubah meskipun cell tempat rumus digunakan berubah. Acuan cell mutlak dalam rumus, misalnya $A$1 selalu mengacu pada satu cell tertentu. Jika posisi cell yang mengandung rumus berubah, cell yang menjadi acuan akan tetap sama.

35. Tuliskan pengertian acuan campuran!

Jawaban:

Acuan campuran adalah acuan yang mencampurkan acuan relatif dengan acuan mutlak. Acuan campuran mempunyai kolom mutlak baris relatif atau kolom relatif dan baris mutlak. Kolom acuan mempunyai bentuk $A1, $B1 dan sebagainya.