Kumpulan 90+ Contoh Soal Ide Pokok dan Kunci Jawaban : Bahasa Indonesia Kelas V Terbaru

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal ide pokok dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru muatan mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V revisi terbaru Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka Belajar. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal ide pokok dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru muatan mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V revisi terbaru Kurikulum 2013.

Kumpulan 90+ Contoh Soal Ide Pokok dan Kunci Jawaban : Bahasa Indonesia Kelas V Terbaru

Gambar: freepik.com

1. Hasil laut seperti karang, teripang, dan kepiting adalah barang ekspor. Karena itu, nelayan kita harus sangat terampil dalam menanam dan memanen hasil laut ini sehingga tidak ada makanan laut dari luar negeri yang mencapai Indonesia. Generasi muda harus memikirkan perkembangan laut. Jangan mengambil pandangan bahwa laut itu menakutkan, tetapi harus sebaliknya, laut adalah teman.

Ide utama paragraf tersebut adalah ....
A. produk Maritim adalah barang ekspor
B. budaya laut harus diajarkan sejak dini
C. laut adalah sahabat sejati manusia
D. laut dan isinya harus disimpan dalam pembangunan

2. Memainkan alat musik sasando tidak mudah. Diperlukan harmonisasi perasaan dan teknik untuk menciptakan melodi melodi. Ini juga membutuhkan keterampilan jari untuk memetik senar seperti kecapi.

Gagasan utama dari bacaan di atas adalah ....
A. bermain sasando tidak sulit
B. karakteristik alat musik sasando
C. teknik bermain sasando
D. bermain Sasando itu sulit

3. Ide pokok terdapat pada kalimat ....
A. penjelas
B. pendukung
C. utama
D. semua benar

4. Persahabatan Annisa dan Fatimah begitu dekat. Pikiran dan hobi Anda sangat cocok. Mereka adalah teman masa kecil. Hubungan antara keduanya sangat dekat dan tidak terpisahkan.

Gagasan utama dari bacaan di atas adalah ....
A. bentuk persahabatan
B. jenis pertemanan
C. persahabatan dekat dua anak
D. Annisa dan Fatima tidak dapat dipisahkan

5. Nama lain dari ide pokok adalah ....
A. gagasan utama
B. gagasan akhir
C. kalimat penjelas
D. gagasan pendukung

6. Bangsa Indonesia memiliki enam agama resmi. Keenam agama tersebut adalah Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Keragaman agama di Indonesia tidak membuat bangsa Indonesia terpecah belah. Indonesia tetap menjaga persatuan dan kesatuan sesuai dengan semboyannya, “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya "meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua". menjaga isu SARA adalah hal nomor 1 yang diutamakan

Gagasan pokok paragraf di atas terdapat pada kalimat nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

7. Bertani jagung dimulai dengan menanam bijinya. Setelah tiga sampai empat hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Petani dapat memanen jagung setelah tanaman berusia tiga setengah bulan. Itulah tahapan petani dalam menanam jagung.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. tahapan bertani jagung
B. usia jagung dipanen
C. teknik bertani jagung
D. awal mula bertani jangung

8. Manusia dapat menggerakan tubuhnya karena adanya otot. Otot atau yang dikenal dengan istilah daging terdiri atas sel-sel otot. Sifat sel otot adalah mempunyai kemampuan untuk mengerut (kontraksi) dan meregang kembali (relaksasi).

Gagasan pokok paragraf di atas adalah ....
A. otot disebut juga daging
B. otot dapat meregang
C. otot dapat mengerut
D. manusia dapat bergerak karena otot

9. Bunglon adalah hewan reptil sejenis kadal kecil yang biasa hidup di pohon. Tampilannya mirip hewan purba. Bunglon jantan biasanya mempunyai tanduk, sirip, dan gelambir leher. Bunglon memiliki kemampuan untuk mengubah warna kulitnya.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Bunglon jantan memiliki tanduk
B. Bunglon dapat mengubah warnanya
C. Bunglon adalah hewan reptil
D. Bunglon merupakan binatang purba

10. Bahan baku tahu Sumedang berupa kacang kedelai. Bahan ini disuplai dari Bandung. Untuk keperluan produksi, secara rutin dikirim 5 ton kacang kedelai per minggu. Harga kacang kedelai yang digunakan berkisar antara Rp12.700,00 sampai Rp13.000,00 per kilogram.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. Bahan baku tahu Sumedang
B. Pembuatan tahu Sumedang
C. Harga kacang kedelai
D. Pengiriman kacang kedelai

11. Apa yang dimaksud dengan gagasan pokok ....
A. gagasan yang sering muncul
B. Ide yang mendukung gagasan utama.
C. Ide pokok atau sebuah inti pembahasan yang tertulis di dalam paragraf.
D. Ide pokok yang terdiri lebih dari satu kalimat dalam sebuah paragraf

12. Para petani banyak diuntungkan dengan memanfaatkan pupuk organik. Jangka waktu kesuburan tanah menjadi semakin lama. Biaya yang dikeluarkan untuk pembelian pupuk juga semakin murah. Hasil panennya pun lebih menyehatkan apabila dikonsumsi. Harga jual hasil panen dengan pupuk organik di pasaran lebih tinggi. Dengan demikian, petani mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. hasil panen pupuk organik
B. keuntungan memakai pupuk organik
C. keuntungan petani yang berlipat
D. manfaat pembuatan pupuk organik

13. Bangsa Indonesia memiliki enam agama resmi. Keenam agama tersebut adalah Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Keragaman agama di Indonesia tidak membuat bangsa Indonesia terpecah belah. Indonesia tetap menjaga persatuan dan kesatuan sesuai dengan semboyannya, "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya" meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua”.

Gagasan pokok paragraf di atas terdapat pada kalimat nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

14. Untuk menambah kompetensi di dunia kerja, bahasa Inggris perlu dikuasai. Penguasaan bahasa Inggris memiliki nilai penting untuk mendongkrakkemajuan karier. Pada era persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif, seseorang yang menguasai bahasa Inggris otomatis memiliki peluang kerja. Seseorang yang tidak menguasai bahasa Inggris peluangnya lebih kecil untuk diterima sebagai karyawan.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. dunia kerja semakin kompetitif dengan bahasa Inggris
B. peluang kerja bagi yang tidak bisa berbahasa Inggris
C. bahasa Inggris untuk mendongkrak kemajuan
D. penguasaan bahasa Inggris bagi pencari kerja

15. ASI atau air susu ibu adalah sumber makanan utama bagi bayi. ASI mengandung banyak nutrisi penting bagi bayi. ASI mengandung asam amino yang diperlukan untuk proses tumbuh kembang otak bayi. Selain itu, ASI mengandung zat untuk kekebalan tubuh bayi.

Gagasan utama pada paragraf diatas adalah ....
A. ASI mengandung nutrisi
B. ASI mengandung asam amino
C. ASI adalah sumber makanan utama bayi
D. ASI mengandung zat untuk kekebalan tubuh bayi

16. Pohon memberikan banyak manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lain. Pohon berperan sebagai sumber makanan, obat, dan bahan industri. Salah satu peran pohon yang tidak kalah penting adalah penghasil udara segar.

Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. pohon sebagai penghasil udara segar
B. pohon sebagai sumber makanan
C. manfaat pohon bagi kehidupan
D. Salah satu peran pohon

17. Uraian atau tambahan informasi yang menjelaskan gagasan utama disebut ....
A. kalimat utama
B. gagasan utama
C. gagasan pokok
D. gagasan pendukung

18. Untuk menambah kompetensi di dunia kerja, bahasa lnggris perlu dikuasai. Penggunaan bahasa lnggris memiliki nilai panting untuk mendongkrak kemajuan karier. Pada era persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif, seseorang yang menguasai bahasa lnggris otomatis memiliki peluang kerja. Seseorang yang tidak menguasai bahasa lnggris peluangnya lebih kecil untuk diterima sebagai karyawan.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. Dunia kerja semakin kompetitif dengan bahasa lnggris
B. Peluang kerja bagi yang fidak bisa berbahasa lnggris
C. Penguasaan bahasa lnggris bagi pencari kerja
D. Bahasa lnggris untuk mendongkrak kemajuan

19. Perubahan iklim terjadi di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Perubahan iklim tersebut menyebabkan kemarau panjang hingga hujan yang tidak menentu. Peristiwa alam tersebut berdampak pada keadaan alam daerah tertentu. Misalnya, di daerah dataran tinggi, intensitas hujan yang tinggi menyebabkan tanah terkikis dan rapuh.

Letak gagasan utama paragraf di atas adalah ....
A. akhir kata
B. awal paragraf
C. akhir paragraf
D. tengah paragraf

20. Banyak jalan yang dilewati kendaraan-kendaraan bermotor mulai rusak berat. Lubang-lubang yang cukup besar ada di mana-mana. Aspal-aspal mulai rusak karena tidak dirawat. Hujan dan banjir menambah rusaknya jalan. Beban yang berlebihan yang diangkut truk dan bis ikut mempercepat rusaknya jalan.

Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. penyebab kerusakan jalan
B. banyak jalan yang dilewati kendaraan
C. akibat dari rusaknya jalan
D. aspal jalan mulai rusak karena tak dirawat

21. Para petani banyak diuntungkan dengan memanfaatkan pupuk organik. Jangka waktu kesuburan tanah menjadi semakin lama. Biaya yang dikeluarkan untuk pembelian pupuk juga semakin murah. Hasil panennya pun lebih menyehatkan apabila dikonsumsi. Harga jual hasil panen dengan pupuk organik di pasaran lebih tinggi. Dengan demikian, petani mendapatkan keuntungan yang berlipat.

Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. hasil panen pupuk organik
B. keuntungan memakai pupuk organik
C. keuntungan petani yang berlipat
D. manfaat pembuatan pupuk organik

22. Festival rakyat di daerah saya sangat ramai. Acara berlangsung di alun-alun dekat istana. Ada banyak pedagang yang menjual berbagai jenis barang, misalnya pakaian, sepatu, dan tas. Mereka tidak hanya menjual barang tetapi juga makanan tradisional. Wow, festival ini sangat meriah.

Gagasan utama dari bacaan di atas adalah ....
A. karnaval
B. festival rakyat di dekat saya
C. acara di alun-alun dekat istana
D. perayaan festival rakyat

23. Menjadi filatelis atau pengumpul prangko sudah dianggap kuno. Di tengah kemajuan teknologi, banyak pilihan untuk menikmati hobi dan hiburan.Ada hobi game online, fashion, beternak, dll. Mengumpulkan prangko dan benda-benda pos lainnya agaknya mulai ditinggalkan orang.

Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. jenis-jenis hobi
B. hobi orang masa sekarang
C. anggapan filatelis itu kuno
D. banyak pilihan untuk menikmati hobi dan hiburan

24. Pupuk organik adalah pupuk yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup. Pupuk bisa berasal dari kotoran hewan. Selain itu, kotoran manusia dapat dibuat untuk pupuk jenis ini. Ada juga pupuk organik yang berasal dari sisa-sisa tanaman seperti panen mendengkur.

Gagasan utama dari bacaan di atas adalah ....
A. sisa-sisa makhluk hidup
B. definisi Pupuk Organik
C. pupuk dari kotoran hewan
D. limbah manusia dapat digunakan sebagai pupuk

25. Tari Piring merupakan tari yang berasal dari suku Minangkabau, Sumatera Barat. Untuk menampilkan tari piring perlu diiringi oleh dua alat musik. Alat musik tersebut berupa talempong dan saluang. Talempong adalah alat musik pukul dari kayu, kuningan, atau batu. Bentuknya mirip dengan bonang. Saluang adalah alat musik tiup yang terbuat dari bambu, mirip dengan suling. Selain itu, gemerincing cincin yang dikenakan penari dapat mengiringi tari piring.

Gagasan pokok paragraf di atas adalah ....
A. alat musik sederhana untuk tari piring
B. kelincahan penari tari piring
C. tari piring berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat
D. talempong dan saluang pengiring tari piring

26. Peningkatan arus lalu lintas selama mudik menyebabkan kerentanan lalu lintas. Risiko lalu lintas termasuk kemacetan lalu lintas, kecelakaan lalu lintas, pelanggaran lalu lintas dan kejahatan jalan raya. Kerentanannya adalah bahwa wilayah Jawa Tengah adalah Wilayah Trans Jawa, yang merupakan wilayah transit untuk perjalanan dari Barat dan Timur. Selain itu, wilayah Jawa Tengah juga merupakan titik kelelahan bagi pengemudi yang bepergian di Jawa.

Ide utama paragraf tersebut adalah ....
A. arus mudik yang terjadi setiap tahun menyebabkan kemacetan lalu lintas
B. kecelakaan lalu lintas adalah salah satu lubang keamanan yang disebabkan oleh kemacetan lalu lintas
C. penyebab masalah lalu lintas yang terjadi saat Anda pulang
D. mengingatkannya tentang arus lalu lintas ketika ia pulang ke rumah dan dengan demikian menyebabkan situasi lalu lintas

27. Bencana alam sering terjadi di Indonesia. Bencana alam yang sering terjadi adalah tanah longsor, gempa bumi, gunung meletus, dan banjir. Hal ini disebabkan oleh posisi Indonesia yang berada di jalur Cincin Api Pasifik. Indonesia pernah mengalami bencana alam tsunami di Aceh, gempa di Lombok, banjir dan longsor di Sumatera, dan lain sebagainya.

Gagasan utama dari paragraf di atas adalah ....
A. Bencana alam sering terjadi di Indonesia
B. Bencana longsor terjadi di Sumatera
C. Indonesia mengalami bencana tsunami
D. Posisi Indonesia berada di Cincin Api Pasifik

28. Gotong royong saat berladang masih membudaya di komunitas Dayak Jalai, Kalimantan Barat. Mereka bekerja sukarela tanpa diganjar upah sepeser pun. Pemilik ladang cukup menyediakan bahan dan peralatan menanam padi serta konsumsi. Bekerja dengan gotong royong saat berladang tidak semata mampu menekan biaya produksi. Tradisi itu juga merekatkan rasa persaudaraan dan solidaritas warga

Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. Peralatan penanam padi
B. Penekanan biaya produksi
C. Budaya gotong royong
D. Tradisi masyarakat Dayak Jalai

29. Tren selfie zaman now ini nampaknya semakin digemari hampir oleh semua kalangan. Entah itu untuk dokumen pribadi atau memang untuk diunggah di sosial media. Tak hanya itu, banyak juga warganet yang berlomba-lomba ‘memamerkan’ hasil jepretan mereka di dunia maya. Mulai dari pemandangan, makanan, atau bahkan barang-barang yang ada di sekitar kita.

Kalimat utama paragraf di atas adalah ....
A. Entah itu untuk dokumen pribadi atau memang untuk diunggah di sosial media
B. Tren selfie zaman now digemari semua kalangan
C. Tren selfie zaman now ini nampaknya semakin digemari hampir oleh semua kalangan
D. Warganet berlomba-lomba ‘memamerkan’ hasil jepretan mereka di dunia maya

30. Trusmi merupakan desa yang dijuluki sentra batik Cirebonan. Hampir semua orang mengenal batik, bahkan masyarakat Tiongkok sangat menyukai motif-motif batik dari desa yang satu ini. Batik banyak sekali ditemukan di desa yang berjarak kurang lebih lima kilometer ke arah barat Kota Cirebon ini. Dari produk rumahan sampai produk pabrikan terkenal dapat ditemukan di desa tersebut. Motifnya pun sangat beragam, ada mahkota, mega mendung, dan motif-motif pesisiran lainnya.

Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. Trusmi sebagai sentral batik Cirebon
B. Kegemaran orang Cina akan motif batik
C. Berbagai motif batik Cirebon
D. Produk batik rumahan dan pabrikan

31. Kini ada ratusan jenis teh yang bisa dinikmati. Bahan bakunya juga tidak hanya dari daun teh, tetapi juga berbagai jenis buah, seperti apel, strawberry, atau campuran bermacam buah; atau dari berbagai bunga, seperti melati dan rosela. Bahkan, ada yang berbahan baku dari dedaunan lain, seperti pepermint. Akan tetapi, secara umum ada tiga jenis teh yang dikenal, yaitu teh hitam, teh oolong, dan teh hijau.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. jenis-jenis teh
B. bahan baku teh
C. bahan campuran teh
D. kenikmatan jenis teh

32. Bermain dapat menyenangkan dan mendidik anak. Anak-anak sangat suka bermain karena bermain mampu membuat mereka merasa gembira. Beragam jenis permainan anak pun kini dihadirkan. Namun agar bermain menjadi lebih bermanfaat, pilihlah permainan yang juga mendidik. Dengan demikian kegiatan bermain menjadi lebih bermanfaat

Gagasan utama pada paragraf diatas adalah ....
A. Kegiatan bermain menjadi lebih bermanfaat
B. Bermain dapat menyenangkan dan mendidik anak
C. Anak-anak sangat suka bermain karena bermain mampu membuat mereka merasa gembira
D. Agar bermain menjadi lebih bermanfaat, pilihlah permainan yang juga mendidik

33. Hasil laut seperti karang, teripang, dan kepiting adalah barang ekspor. Karena itu, nelayan kita harus sangat terampil dalam menanam dan memanen hasil laut ini sehingga tidak ada makanan laut dari luar negeri yang mencapai Indonesia. Generasi muda harus memikirkan perkembangan laut. Jangan mengambil pandangan bahwa laut itu menakutkan, tetapi harus sebaliknya, laut adalah teman.

Ide utama paragraf adalah ....
A. Produk Maritim adalah barang ekspor.
B. Budaya laut harus diajarkan sejak dini.
C. Laut adalah sahabat sejati manusia.
D. Laut dan isinya harus disimpan dalam pembangunan.

34. Perubahan iklim terjadi di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Perubahan iklim tersebut menyebabkan kemarau panjang hingga hujan yang tidak menentu. Peristiwa alam tersebut berdampak pada keadaan alam daerah tertentu. Misalnya, di daerah dataran tinggi, intensitas hujan yang tinggi menyebabkan tanah terkikis dan rapuh. Keadaan alam tersebut berpotensi menyebabkan bencana tanah longsor.

Kalimat utama paragraf tersebut adalah ....
A. Perubahan iklim terjadi akibat pemanasan global yang merusak lapisan ozon. Pemanasan global tidak lain disebabkan oleh ulah manusia sendiri.
B. Perubahan iklim terjadi di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.
C. Perubahan iklim menyebabkan cuaca ekstrem, mulai dari kemarau panjang hingga hujan yang tidak menentu.
D. Hal terpenting yang dapat dilakukan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat energi.

35. Pendidikan karakter dianggap sangat penting karena dunia butuh orang-orang yang berkarakter untuk membangun negara yang maju.
Inti kalimat tersebut adalah ....
A. Dunia butuh orang berkarakter
B. Pentingnya pendidikan karakter
C. Hal itu sangat penting
D. Pendidikan karakter sangat penting

36. Pelestarian hutan Suaka Margasatwa Nantu di Gorontalo semakin terancam. Alasannya adalah sekarang ada penambang ilegal. Mereka mencari emas. Ada ratusan penambang ilegal.
Gagasan utama dari bacaan di atas adalah ....
A. penyebab penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu
B. ancaman terhadap pelestarian hutan di Suaka Margasatwa Nantu
C. penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu
D. Cegah penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu

37. Inti atau dasar permasalahan dari suatu teks adalah ....
A. kalimat utama
B. ide pokok
C. informasi penting
D. gagasan penjelas

38. Pada paragraf Induktif, kalimat utama terletak pada ....
A. awal dan akhir paragraf
B. awal paragraf
C. akhir paragraf
D. tengah paragraf

39. Ide pokok dapat dijumpai pada ....
A. paragraf awal
B. paragraf akhir
C. kalimat utama
D. kalimat penjelas

40. Sirsak adalah salah satu tanaman obat terbaik yang pernah ditemukan dari hasil penelitian. Sampai-sampai hasil penelitiannya pun kadang dirahasiakan untuk kepentingan industri. Khasiat sirsak ternyata tidak hanya terdapat di daunnya, tetapi buah dan kulitnya pun mempunyai manfaat untuk pengobatan kanker. Kita cukup langsung makan buahnya saja untuk mendapatkan manfaat dari sirsak.

Kalimat utama pada teks tersebut terdapat pada nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

41. Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bergerak. Secara umum, gerak dapat diartikan berpindah tempat atau perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh. Makhluk hidup akan bergerak apabila ada rangsangan yang mengenai sebagian atau seluruh bagian tubuhnya.

Banyaknya kalimat penjelas dari paragraf di atas adalah ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

42. Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan pecandunya maupun orang yang berada di sekitarnya. Asap rokok dapat meningkatkan risiko terserang penyakit kanker dan impotensi. Pada wanita hamil, merokok dapat menyebabkan terjadinya kerusakan janin serta keguguran. Lebih dari itu, zat-zat yang terkandung dalam rokok itu menyebabkan toksin bagi tubuh.

Gagasan utama paragraf tersebut terletak pada kalimat ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat

43.  Yang bukan merupakan cara menyimpulkan teks laporan adalah ....
A. Menentukan judul
B. Membuat kalimat utama
C. Membaca teks dengan seksama
D. Membuat kesimpulan dari teks

44. Perayaan tahun baru yang berlangsung meriah di Jakarta meninggalkan sejumlah persoalan. Satu di antara persoalan tersebut adalah rusaknya sejumlah taman kota di Jakarta. Kerusakan taman ini seperti terlihat di Monas Jakarta. Hampir semua tanaman hias yang berada di area tersebut rusak akibat terinjak-injak ribuan pengunjung.

Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. taman kota di Jakarta rusak
B. tanaman hias rusak diinjak-injak
C. perayaan tahun baru berlangsung meriah
D. masalah yang muncul setelah perayaan tahun baru

45. Kadang kita mungkin harus mengonsumsi minuman manis setiap hari. Tapi, hal itu tidak baik bagi tubuh. Untuk mengatasi keinginan itu, kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka atau melon.

Kesimpulan dari penggalan paragraf di atas adalah ....
A. Semangka dan melon adalah buah yang mengandung banyak air
B. Kita mungkin harus mengonsumsi minuman manis setiap hari
C. Minuman manis dapat diganti dengan mengonsumsi buah yang berair banyak
D. Minum minuman manis tidak baik bagi tubuh

46. Udara di Bogor terasa dingin. Kali ini dinginnya melebihi hari-hari sebelumnya. Dinginnya suhu udara di Bogor mencapai 24ºC. Data tingkat suhu udara ini, terdapat di papan informasi pengukur suhu di jalan-jalan besar di kota Bogor.

Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. keadaan di Bogor
B. keadaan cuaca di Bogor yang dingin
C. suhu di Bogor mencapai 24ºC
D. informasi suhu di jalan-jalan Kota Bogor

47. Tumbuhan merupakan sumber kehidupan yang ada di sekitar kita.Tumbuhan memberi banyak manfaat bagi kehidupan manusia.Bagian tumbuhan dapat digunakan sebagai bahan makanan, baik daun,buah maupun bagian lainya.Tumbuhan dapat membuat udara sejuk karena mampu menghasilkan oksigen.Tumbuhan juga dapat dibuat menjadi perabot rumah tangga dan kerajinan bernilai tinggi.Selain itu,tumbuhan dapat dibuat menjadi obat untuk menjaga kesehatan manusia.

Kesimpulan dari teks di atas adalah ....
A. Manfaat tumbuhan bagi manusia
B. Manfaat tumbuhan bagi hewan
C. Cara tumbuhan berkembang biak
D. Tumbuhan dapat menghasilkan oksigen

48. Pohon memberikan banyak manfaat bagi manusia dan makhluk hidup lain. Pohon berperan sebagai sumber makanan, obat, dan bahan industri. Salah satu peran pohon yang tidak kalah penting adalah penghasil udara segar.

Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. pohon sebagai sumber makanan
B. salah satu peran pohon
C. pohon sebagai penghasil udara segar
D. manfaat pohon bagi kehidupan

49. Permainan sepakbola menuntut kemampuan teknik dasar yang baik. Teknik dasar ini merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki pemain agar dapat mengembangkan kemampuan dan keahliannya lebih lanjut. Penguasaan teknik dasar yang baik akan memberikan suguhan permainan sepak bola yang menarik.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. permainan sepakbola harus disuguhkan secara menarik
B. teknik dasar dalam permainan sepakbola
C. permainan sepakbola menuntuk kemampuan teknik dasar yang baik supaya menyuguhkan permainan yang menarik
D. teknik dasar harus dimiliki pemain agar mampu mengembangkan kemampuan dan keahliannya

50. Bunga Lili memiliki bermacam-macam warna. Setiap warna mengandung arti. Bunga lili putih melambangkan kesucian dan kebijakan. Lili peru mewakili persahabatan dan pengabdian. Bunga lili merah muda menandakan kekayaan dan kemakmuran.

Gagasan utama pada paragraf di atas ada pada kalimat ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

51. Walaupun dianggap sebagai gulma, eceng gondok juga mempunyai manfaat. Eceng gondok dapat dijadikan peluang usaha sebagai bahan dasar kerajinan tangan. Bagian tumbuhan eceng gondok yang sudah dikeringkan ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tas, kopor, sandal, keranjang, tatakan gelas, tikar, dan sebagainya. Akhir-akhir ini eceng gondok juga banyak dimanfaatkan untuk mendukung industri mebel, yakni sebagai pengganti rotan yang harganya semakin melangit.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. eceng gondok dibuat tas, kopor, sandal, keranjang, tatakan gelas, dan tikar
B. eceng gondok dimanfaatkan untuk bahan kerajinan tangan dan industri mebel
C. eceng gondok dapat dijadikan bahan kerajinan yang berkualitas tinggi
D. eceng gondok sebagai pengganti rotan yang harganya semakin melangit

52. Anoa merupakan satwa langka Sulawesi yang mirip dengan sapi atau kerbau. Secara umum, anoa mempunyai warna kulit mirip kerbau (warna terang hingga gelap kecokelatan). Anoa juga memiliki bantuk kepala menyerupai kepala sapi. Pada kaki bagian depan berwarna putih atau mirip sapi bali, tetapi mempunyai garis hitam ke bawah.

Kalimat utama paragraf di atas ada kalimat ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

53. Kadang kita mungkin harus mengonsumsi minuman manis setiap hari. Tapi, hal itu tidak baik bagi tubuh. Untuk mengatasi keinginan itu, kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka atau melon.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. semangka dan melon adalah buah yang mengandung banyak air
B. kita mungkin harus mengonsumsi minuman manis setiap hari
C. minuman manis dapat diganti dengan mengonsumsi buah yang berair banyak
D. minum minuman manis tidak baik bagi tubuh

54. Indonesia memiliki kurang lebih 17.500 pulau dengan garis pantai sepanjang kurang lebih 99.000 kilometer. Hanya 30-35 persen yang berpenghuni. Laut Indonesia bagian tengah dan timur adalah bagian dari yang disebut sebagai Segitiga Terumbu Karang (Coral Triangle) yang menjadi tempat hidup bagi kurang lebih 20% jenis terumbu karang dunia. Negara Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia.

Gagasan utama pada paragraf di atas ada pada kalimat ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat

55. Minggu lalu, saya berekreasi ke Taman Tirta. Suasananya sangat menyenangkan. Sayangnya, ada hal yang membuat kami tidak nyaman. Sampah-sampah berserakan di kawasan Taman Tirta. Ternyata, fasilitas tempat sampah sangat minim sehingga tidak cukup untuk menampung sampah para pengunjung.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. taman Tirta adalah tempat rekreasi yang sangat menyenangkan walaupun banyak sampah
B. tempat sampah di Taman Tirta sangat sedikit sehingga membuat tidak nyaman
C. suasana Taman Tirta sangat menyenangkan
D. sampah-sampah berserakan di Taman Tirta karena minimnya tempat sampah

56. Letak kalimat utama ada di ....
A. akhir
B. awal
C. awal dan akhir
D. semua jawaban benar

57. Pembangunan dan aktivitas manusia juga turut mengancam keberadaan penyu. Penyu bertelur di pinggir pantai. Di sisi lain, aktivitas manusia di pantai terus meningkat. Penyu jadi bingung mencari tempat untuk bertelur. Lama kelamaan, tempat tinggal penyu akan hilang.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. penyu bertelur di pinggir pantai
B. pembangunan dan aktivitas manusia berpengaruh terhadap perilaku penyu
C. pembangunan dan aktivitas manusia terus meningkat
D. pembangunan dan aktivitas manusia yang terus meningkat bisa menghilangkan tempat tinggal penyu

58. Biji bunga matahari dapat diolah menjadi minyak goreng atau minyak campuran salad. Daunnya dapat dijadikan makanan ternak atau pupuk. Tanaman bungan matahari juga dapat menjadi tanaman hias. Banyak sekali kegunaan tanaman bunga matahari.

Kalimat utama pada paragraf di atas ada pada kalimat ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

59. Kantong plastik juga membahayakan penyu. Di dalam air, kantong plastik yang transparan akan terlihat menyerupai ubur-ubur. Sementara itu, ubur-ubur adalah makanan kesukaan penyu. Penyu akan mengira plastik itu adalah ubur-ubur. Jika penyu memakan plastik itu, penyu akan mati.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. penyu sangat suka makan ubur-ubur
B. bahaya kantong plastik bagi penyu
C. plastik transparan di laut membahayakan penyu karena bisa dikira makanannya
D. penyu suka makan kantong plastik yang transparan di laut

60. Suku Palembang menggunakan bahasa asli Palembang. Bahasa Palembang mempunyai dua tingkatan, yaitu Baso Palembang Alus dan Baso Palembang Sari-Sari. Baso Palembang Alus digunakan saat melakukan percakapan dengan orang yang dihormati. Sementara itu, Baso Palembang Sari-Sari digunakan saat melakukan percakapan sehari-hari.

Gagasan utama pada paragraf di atas ada pada kalimat ....
A. pertama
B. kedua
C. ketiga
D. keempat

61. Meski terlihat mungil dan berukuran kecil, tetapi menanam bonsai cukup sulit. Teknik menanam bonsai sama sekali tidak bisa disepelekan. Sebab, seorang penanam bonsai harus menguasai berbagai teknik perawatan.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. menanam bonsai cukup sulit karena harus menguasai berbagai teknik perawatan
B. teknik menanam bonsai sama sekali tidak bisa disepelekan
C. bonsai bentuknya mungil dan berukuran kecil
D. cara menguasai teknik perawatan bonsai cukup sulit

62. Semua orang tua tentu berharap agar kelak anaknya menjadi orang sukses. lndikator kesuksesan biasanya dilihat dari pekerjaan. Oleh sebab itu, banyak orangtua memilih pendidikan yang tepat, agar anaknya dapat bersaing di dunia kerja. Pendidikan yang tepat memang akan membuat peluang kerja di masa depan semakin terbuka luas.

Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat ....
A. 4
B. 3
C. 2
D. 1

63. Akibatnya, jarak pandang menjadi terbatas. Selain itu, menimbulkan pusing dan sesak nafas.
Informasi dari teks di atas termasuk dalam aspek ....
A. kapan
B. mengapa
C. siapa
D. di mana

64. Ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan disebut ....
A. kalimat
B. gagasan pendukung
C. kalimat pendukung
D. gagasan utama

65. Kata tanya yang menunjukkan letak suatu tempat adalah ....
A. di mana
B. kapan
C. siapa
D. bagaimana

66. Letak gagasan utama terletak pada ....
A. judul cerita
B. awal atau akhir kata
C. awal atau akhir cerita
D. awal atau akhir paragraf

67. Salah satu ciri kalimat tanya adalah yaitu selalu diakhiri dengan tanda ....
A. petik
B. titik
C. seru
D. tanya

68. Salah satu langkah menemukan gagasan utama adalah ....
A. menulis semua isi cerita
B. membaca teks dengan seksama
C. membaca teks secara sekilas
D. mengetahui judul cerita

69. Hal penting yang perlu diperhatikan saat menceritakan isi teks bacaan secara tertulis adalah ....
A. menggunakan bahasa yang bertele- tele
B. mencontoh isi teks bacaan dan tidak menggunakan bahasa sendiri
C. menggunakan bahasa yang rumit
D. menggunakan bahasa yang jelas dan sederhana

70. Kumpulan dari beberapa kalimat disebut ....
A. kalimat
B. cerita
C. kata
D. paragraf

71. Ketika musim hujan, setiap pagi udara menjadi dingin. Penyakit asma nenek Minah kambuh apabila udara dingin. Kalimat tanya yang tepat untuk pertanyaan di atas adalah ....
A. Dimana nenek Minah dirawat?
B. Siapa dokter yang merawat nenek Minah?
C. Kapan musim hujan tiba?
D. Mengapa penyakit nenek Minah kambuh?

72. Salah satu ciri kalimat utama adalah ....
A. kalimat berisi contoh, data, detil
B. berisi gagasan utama
C. jumlahnya lebih dari satu dalam satu paragraf
D. kalimat tidak dapat berdiri sendiri, harus dengan kalimat lain

73. Daerah hutan gambut di Pulau Sumatera dan Kalimantan adalah beberapa daerah yang sangat rawan mengalami bencana kebakaran hutan. Teks tersebut mengandung informasi yang tergolong aspek ....
A. kapan
B. siapa
C. di mana
D. bagaimana

74. Bencana alam sering terjadi di Indonesia. Bencana alam yang sering terjadi adalah tanah longsor, gempa bumi, gunung meletus, dan banjir. Hal ini disebabkan oleh posisi Indonesia yang berada di jalur Cincin Api Pasifik. Indonesia pernah mengalami bencana alam tsunami di Aceh, gempa di Lombok, banjir dan longsor di Sumatera, dan lain sebagainya.

Gagasan utama dari paragraf di atas adalah ....
A. Bencana alam sering terjadi di Indonesia
B. Bencana longsor terjadi di Sumatera
C. Indonesia mengalami bencana tsunami
D. Posisi Indonesia berada di Cincin Api Pasifik

75. Kata tanya yang digunakan untuk mengetahui informasi tentang proses/ penjelasan sesuatu adalah ....
A. kapan
B. siapa
C. bagaimana
D. mengapa

76. Pemerintah kota (Pemkot) Salatiga bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan PT Pertamina MOR IV berkoordinasi terkait penambahan stok hingga dua kali lipat elpiji tiga kilogram pada Juni 2016. Upaya tersebut sebagai langkah antisipasi dini supaya tidak terjadi kelangakaan elpiji di Kota Salatiga. Selama Ramadan hingga menjelang Lebaran diperkirakan kelangkaan elpiji tidak akan terjadi. Bulan sebelumnya, stok elpiji melon di Kota Salatiga hanya 2.240 tabung. Per Juni 2016 stok elpiji tiga kilogram bertambah menjadi 4.480.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. stok elpiji di Kota Salatiga
B. stok elpiji melon di Kota Salatiga
C. penambahan stok elpiji per Juni 2016
D. kerjasama pemerintah Salatiga dengan Pemprov Jawa Tengah

77. Kapan acara lomba menyanyi dilaksanakan? Kata tanya "kapan" digunakan untuk menanyakan ....
A. tempat
B. waktu
C. orang
D. benda

78. Memainkan alat musik sasando tidak mudah. Diperlukan harmonisasi perasaan dan teknik untuk menciptakan melodi melodi. Ini juga membutuhkan keterampilan jari untuk memetik senar seperti kecapi.

Gagasan utama dari bacaan di atas adalah ....
A. bermain Sasando itu sulit
B. bermain sasando tidak sulit
C. teknik bermain sasando
D. karakteristik alat musik sasando

79. Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga dari gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

Kalimat pertanyaan yang sesuai untuk kalimat kedua adalah ....
A. Dimana letak Pantai Parangtritis?
B. Apa nama pantai yang memesona?
C. Di mana terlihat tebing yang sangat tinggi?
D. Apa yang terlihat di sebelah kiri dan kanan Pantai Parangtritis?

80. Perayaan tahun baru yang berlangsung meriah di Jakarta meninggalkan sejumlah persoalan. Satu di antara persoalan tersebut adalah rusaknya sejumlah taman kota di Jakarta. Kerusakan taman ini seperti terlihat di Monas Jakarta. Hampir semua tanaman hias yang berada di area tersebut rusak akibat terinjak-injak ribuan pengunjung.

Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. taman kota di Jakarta rusak
B. tanaman hias rusak diinjak-injak
C. masalah yang muncul setelah perayaan tahun baru
D. perayaan tahun baru berlangsung meriah

81. Pemandangan Pantai Parangtritis sangat memesona. Di sebelah kiri terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga dari gempuran ombak yang datang setiap saat. Pantai bersih dengan buih - buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

Tema dari teks di atas adalah ....
A. Pantai Parangtritis sangat memesona
B. Letak Pantai Parangtritis
C. Pemandangan pantai
D. Keindahan Pantai Parangtritis

82. Menjadi filatelis atau pengumpul perangko sudah dianggap kuno. Di tengah kemajuan teknologi, banyak pilihan untuk menikmati hobi dan hiburan. Ada hobi game online, fashion, beternak, dll. Mengumpulkan prangko dan benda-benda pos lainnya agaknya mulai ditinggalkan orang.

Ide pokok bacaan di atas adalah ....
A. jenis-jenis hobi
B. hobi orang masa sekarang
C. anggapan filatelis itu kuno
D. banyak pilihan untuk menikmati hobi dan hiburan

83. Cara menentukan ide pokok pada teks lisan ....
A. memperhatikan tanda baca
B. membaca teks dengan intonasi yang benar
C. mendengarkan teks dengan sungguh-sungguh
D. membaca teks dengan sungguh-sungguh

84. Sebentar lagi musim penghujan akan segera tiba. Sejumlah persiapan pun dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengantisipasi masalah banjir yang kerap menjadi langganan kala musim penghujan datang. Selain melakukan normalisasi waduk, Pemprov DKI pun mulai melakukan simulasi terkait penyaluran logistik kepada warga saat banjir. Pemprov DKI mempelajari berdasarkan hasil evaluasi dari musibah banjir yang terjadi pada awal tahun sebelumnya.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ....
A. Pemprov DKI langganan banjir setiap tahun
B. Antisipasi Pemprov DKI terhadap banjir
C. Pemprov DKI mempelajari hasil evaluasi banjir
D. Persiapan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta

85. Wilayah Indonesia yang berupa kepulauan, antara pulau satu dengan yang lainnya disatukan oleh laut mengakibatkan bervariasinya potensi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Masing-masing pulau memiliki karakteristik masingmasing, mulai dari kondisi alam maupun kondisi sosial-budayanya. Variasi dan karakteristik potensi tersebut terlihat dari lengkap dan beragamnya bentang alam dan hasil alamnya, beragamnya suku bangsa yang mengakibatkan beragam pula ada istiadat dan budayanya, serta beragamnya agama, golongan, dan kelompok masyarakatnya. Keberagaman yang disebabkan adanya perbedaan antara pulau satu dengan pulau yang lainnya ini tidaklah menjadi pemecah dan perenggang, namun justru menjadi pemersatu, karena antara yang satu dengan yang lain bisa saling melengkapi.

Kalimat utama dari paragraf di atas terletak di ....
A. seluruh paragraf
B. bagian tengah paragraf
C. awal paragraf
D. akhir paragraf

86. Penyakit influenza adalah penyakit yang sangat mudah ditransfer. Penyakit ini menyebar melalui kontak langsung dari satu orang ke orang lain. Menurut temuan terbaru, penyebaran virus influenza terkait erat dengan kelembaban. Di negara-negara beriklim seperti Amerika Utara dan Eropa, wabah flu biasanya terjadi di musim dingin. Di negara tropis, influenza menyebar di musim hujan.

Gagasan utama dari bacaan di atas adalah ....
A. penyebab influenza
B. mudah ditransfer
C. sejenis penyakit yang mudah ditularkan
D. penyebaran penyakit influenza

87. Berbagai posisi tubuh yang tidak tepat dapat mengakibatkan otot-otot tertentu bekerja secara berlebih. Misalnya saat duduk menulis, bekerja di depan komputer dengan posisi duduk yang tidak tepat, kebiasaan menelpon dengan menjepit telepon di antara kuping dan bahu. Hal-hal semacam ini dapat menimbulkan rasa pegal dan nyeri di punggung.

Ide pokok paragraf di atas adalah ....
A. kebiasaan menelpon
B. bekerja di depan komputer terlalu lama
C. posisi duduk yang tidak tepat
D. penyebab dan akibat jika otot bekerja secara berlebih

88. Pelestarian hutan Suaka Margasatwa Nantu di Gorontalo semakin terancam. Alasannya adalah sekarang ada penambang ilegal. Mereka mencari emas. Ada ratusan penambang ilegal.

Gagasan utama dari bacaan di atas adalah ....
A. Cegah penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu
B. ancaman terhadap pelestarian hutan di Suaka Margasatwa Nantu
C. penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu
D. penyebab penambangan ilegal di hutan Suaka Margasatwa Nantu

89. Pada situs-situs kebudayaan dan purbakala, banyak dijumpai gerabah atau tembikar yang difungsikan sebagai peralatan atau perkakas rumah tangga dan untuk keperluan peribadahan serta penguburan mayat. Gerabah yang paling sederhana dibuat dan dibentuk hanya menggunakan tangan dengan ciri adonan yang kasar dan bagian-bagian gerabah tersebut masih dipenuhi oleh jejak-jejak jari. Selain itu, bentuknya kadang tidak simetris.

Ide pokok paragraf di atas adalah ....
A. Gerabah dibuat dengan jari
B. Gerabah digunakan dalam penguburan mayat
C. Bentuk tembikar zaman purbakala tidak simetris
D. Fungsi dan ciri tembikar pada zaman purbakala

90. Sampah plastik sangat berbahaya jika dibuang dengan sembarangan. Sampah plastik tidak bisa membusuk. Ini berarti bahwa sampah plastik tidak dapat didaur ulang secara alami. Ketika dibawa oleh air sungai, itu mengganggu ekosistem. Banyak hewan mati karena tertelan limbah plastik.

Gagasan utama dari bacaan di atas adalah ....
A. banyak jalan yang dilewati kendaraan
B. aspal jalan mulai rusak karena tak dirawat
C. akibat dari rusaknya jalan
D. penyebab kerusakan jalan