Soal & Jawaban (Essay) Menjadi Dewasa dalam Segala Aspek Agama Kristen Kelas X

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh soal essay lengkap dengan kunci jawaban materi menjadi dewasa dalam segala aspek agama Kristen kelas 10 kurikulum merdeka. Sekiranya apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan juga peserta didik dalam mencari referensi soal-soal seputar materi menjadi dewasa dalam segala aspek.

Soal & Jawaban (Essay) Menjadi Dewasa dalam Segala Aspek Agama Kristen Kelas X

Gambar: freepik.com

1. Tuliskan enam aspek perkembangan yang dapat diamati pada manusia!

Kunci Jawaban:

Ada enam aspek perkembangan pada manusia yaitu.

  • fisik
  • intelektual
  • emosi
  • sosial
  • moral
  • identitas

2. Jelaskan pertumbuhan fisik pada remaja pria dan remaja wanita!

Kunci Jawaban:

Untuk pertumbuhan fisik, remaja pria mulai memperlihatkan pertumbuhan tinggi badan termasuk otot-otot sedangkan pada remaja wanita mulai merasakan bagaimana tubuh mereka semakin bertumbuh seperti tubuh wanita dewasa.

3. Apa saja yang perlu diperhatikan dalam menjaga pertumbuhan dan perkembangan seseorang?

Kunci Jawaban:

Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah menjaga keseimbangan gizi, keseimbangan antara jam aktif belajar dan bekerja dengan istirahat serta mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif seperti membaca, berolahraga, mengembangkan hobi, aktif dalam kegiatan sekolah, gereja, dan lingkungan.

4. Jelaskan alasan mengapa Tuhan menciptakan manusia secara unik!

Kunci Jawaban:

Kita harus menerima kenyataan bahwa Tuhan menciptakan manusia secara unik, tidak ada satu pun yang sama dengan yang lainnya, sekalipun mereka kembar identik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehangatan yang dirasakan di dalam keluarga dan hubungan yang aman dengan Tuhan membuat perempuan lebih menghargai tubuh mereka.

5. Apa keuntungan yang diperoleh oleh remaja terkait pembahasan mengenai pertumbuhan seksual yang mereka pelajari pada mata pelajaran agama Kristen?

Kunci Jawaban:

Keuntungan yang mereka peroleh yaitu peserta didik memiliki bekal yang benar bahwa seks adalah ciptaan Tuhan dan seharusnya tidak boleh disalahgunakan.

6. Jelaskan aspek intelektual pada usia lima belas tahun!

Kunci Jawaban:

Untuk aspek intelektual pada usia 15 tahun umumnya remaja mulai berpikir lebih kritis dan logis. Ketika di sekolah dasar, umumnya siswa perempuan memperlihatkan prestasi akademik yang lebih tinggi daripada siswa laki-laki. Perbedaan ini diartikan sebagai perbedaan jenis kelamin yang menunjukkan kekhususan perkembangan antara laki-laki dan perempuan.

7. Di jenjang manakah anak laki-laki dapat menyamai prestasi yang dimiliki oleh remaja wanita?

Kunci Jawaban:

Di jenjang sekolah menengah pertama, prestasi akademik remaja laki-laki mulai terlihat, menyamai remaja perempuan. Di jenjang sekolah menengah atas, mulai tampak kesungguhan remaja laki-laki untuk belajar dan memperluas wawasan dan keingintahuannya.

8. Jelaskan dampak negatif yang dihadapi oleh para remaja berkaitan dengan era digital!

Kunci Jawaban:

Remaja-remaja biasanya terlibat dalam kegiatan yang justru berbahaya dan mengganggu ketertiban masyarakat. Misalnya bergabung dalam kelompok perampok, penggunaan narkoba, teroris, dan masih banyak lagi.

9. Apa yang dimaksud dengan dewasa secara fisik?

Kunci Jawaban:

Dewasa secara fisik adalah tercapainya tinggi badan dan berat badan yang cocok untuk tiap tahapan usia yang dapat diperoleh bila kita makan dengan gizi yang cukup, tidak terlalu kurang atau tidak berlebihan.

10.  Jelaskan apa yang dimaksud dengan dewasa secara kognitif!

Kunci Jawaban:

Dewasa secara kognitif adalah merujuk pada memiliki kemampuan untuk membuat keputusan yang logis dan memahami apa yang terjadi di lingkungannya. Untuk itu, bekal pendidikan menjadi penting karena individu disiapkan untuk mengembangkan kemandirian, menjadi kritis, dan kreatif.

11. Apa yang dimaksud dengan dewasa secara emosional?

Kunci Jawaban:

Dewasa secara emosional adalah merujuk pada kemampuan menyatakan emosi, baik positif maupun negatif, dengan alasan yang tepat, cara yang tepat, dalam situasi yang tepat, dan terhadap orang yang tepat.

12. Kapan dewasa secara emosional dapat diperoleh?

Kunci Jawaban:

Dewasa secara emosional dapat diperoleh bila sejak kecil seorang anak diberikan kesempatan menyatakan emosinya, tidak memendam sendiri apa yang ia rasakan, apalagi bila perasaan itu negatif, seperti sedih, takut, atau khawatir. Peran orang tua penting agar anak dapat merasakan bahwa ia dikasihi, dilindungi, dan dihargai sehingga dapat tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri.

13. Apa yang dimaksud dengan dewasa secara sosial?

Kunci Jawaban:

Dewasa secara sosial adalah kemampuan seseorang yang dapat berinteraksi dengan orang lain (lebih muda, sebaya, dan lebih tua) tanpa memanipulasi atau dimanipulasi. Manipulasi artinya dimanfaatkan. Jadi, pengertian dewasa secara sosial dikenakan pada orang yang tidak memanfaatkan orang lain untuk keuntungannya sendiri, dan juga tidak dimanfaatkan oleh orang lain untuk kepentingan orang tersebut.

14. Jelaskan hal terpenting dalam dewasa secara sosial!

Kunci Jawaban:

Hal penting lainnya dalam dewasa secara sosial adalah mengambil peran positif untuk memberi sumbangsih berarti bagi lingkungannya. Tidak ada orang yang bisa hidup sendirian; ia selalu membutuhkan keberadaan orang lain dan mengambil bagian untuk saling berbagi.

15. Apa yang dimaksud dengan dewasa secara moral?

Kunci Jawaban:

Dewasa secara moral atau spiritual adalah kemampuan menjalin hubungan dengan Tuhan dan sesama, menggunakan standar nilai yang berlaku universal dan konsisten. Dewasa secara moral atau spiritual mengakui bahwa ia membutuhkan Tuhan, merasa dikasihi Tuhan, bahkan bergantung pada Tuhan dan mengasihi-Nya.

16. Apa yang dimaksud dengan dewasa alam identitas diri?

Kunci Jawaban:

Dewasa dalam identitas diri adalah kesadaran tentang keberadaan diri, bahwa dirinya memiliki beberapa kekuatan, tetapi juga sejumlah kelemahan. Kekuatan dan kelemahan ini merujuk pada sifat, bukan penampilan fisik.

17. Jelaskan ciri-ciri bertumbuh dewasa dari aspek fisik dan jasmani!

Kunci Jawaban:

Bertumbuh secara jasmani yaitu pertumbuhan tubuh yang mengarah pada kedewasaan jasmani seperti bertambah tinggi, bertambah berat, dan berkembangnya organ dan ciri-ciri seksual.

18. Apa yang dimaksud dengan bertumbuh menjadi dewasa?

Kunci Jawaban:

Bertumbuh menjadi dewasa adalah tugas tiap orang. Sebagai pengikut Kristus, kita memaknai pertumbuhan ini seturut dengan teladan yang sudah diperlihatkan oleh Tuhan Yesus sendiri. Janganlah puas bila kita masih bertahan pada sikap kekanak-kanakan.

19. Kapankah dewasa secara spiritual akan diperoleh?

Kunci Jawaban:

Dewasa secara spiritual akan diperoleh bila kita menjadikan Tuhan sebagai
prioritas dalam kehidupan kita. Tidak pernah seseorang terlalu muda untuk
mulai mengenal Tuhan secara pribadi.

20. Dari usia berapakah Yesus mulai memulai pelayanan-Nya dengan mengumpulkan sejumlah murid-Nya?

Kunci Jawaban:

Dari usia 12 tahun hingga ke usia 30 tahun saat Yesus memulai pelayanan-Nya dengan mengumpulkan sejumlah murid bukanlah waktu yang pendek. Dalam Alkitab juga tidak ada cerita tentang kehidupan Yesus pada masa-masa itu. Meskipun demikian, saat ini kita cukup mehami bahwa Yesus menggunakan kesempatan yang ada untuk menyiapkan diri.