Soal Essay & Jawaban Sumatif (Peran Teman bagi Perkembanganku) Manusia Berkembang Berkat Peran Sesama

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal sumatif essay materi peran teman bagi perkembanganku dan manusia berkembang berkat peran sesama dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi soal-soal berkaitan dengan materi tersebut di atas.

Soal Essay & Jawaban Sumatif (Peran Teman bagi Perkembanganku) Manusia Berkembang Berkat Peran Sesama

Gambar: bukugurukemdikbud.co.id

1. Apa yang dimaksud dengan persahabatan sejati? 

Kunci Jawaban: 

Persahabatan yang sejati adalah persahabatan yang dilandasi oleh kasih Allah. Demi kasih-Nya kepada manusia, Allah berkenan mengorbankan Anak-Nya.

2. Apa manfaat dari Yesus memperlakukan para murid-Nya sebagai sahabat? 

Kunci Jawaban: 

Dengan memperlakukan para murid-Nya sebagai sahabat, Yesus mendorong mereka menjadi orang-orang yang hebat. Terlepas dari latar belakang mereka sebagai nelayan atau petani. Setelah Yesus terangkat ke surga, mereka berani tampil untuk berkotbah dan mewartakan Injil.

3. Rumuskan dalam Injil Yohanes yang menampilkan makna persahabatan yang sangat luhur! 

Kunci Jawaban: 

Yesus menyebut murid-murid-Nya sebagai sahabat. Bagi Yesus, murid-murid-Nya bukan sekedar orang-orang yang mengikuti-Nya ke sanakemari. Mereka sudah biasa bersama-sama dengan Yesus. Yesus mengenal mereka secara mendalam.

4. Jelaskan sikap yang luar biasa dicontohkan oleh Yonatan! 

Kunci Jawaban: 

Yonatan memperlihatkan sikap yang luar biasa dalam persahabatan. Dia mengakui kebaikan dan kebenaran sahabatnya. Pengakuan itu tidak luntur oleh apa pun, termasuk oleh niat busuk ayahnya sendiri. Yonatan tidak mau mengkhianati persahabatannya dan tidak berkompromi dengan niat jahat ayahnya. Dia berani menanggung risiko demi melindungi keselamatan sahabatnya, yang hidupnya benar dan baik.

5. Siapa yang kita butuhkan dalam mengembangkan diri? 

Kunci Jawaban: 

Kita butuh kehadiran orang lain, baik sebagai teman maupun sebagai sahabat agar dapat mengembangkan diri kita. Dalam kenyataannya, kita bisa memiliki banyak teman, tetapi hanya beberapa yang sungguh-sungguh menjadi sahabat.

6. Jelaskan perbedaan teman dan sahabat! 

Kunci Jawaban: 

Teman dan sahabat itu berbeda. Perbedaan itu terutama nampak dalam kadar pengenalan dan hubungan itu sendiri. Dalam tingkat pertemanan, pengenalan kita sangatlah terbatas. Misalnya terbatas pada nama, asal sekolah, atau alamat rumah. Tidak banyak waktu dihabiskan untuk berbicara satu sama lain. Dalam persahabatan, kadar pengenalan, relasi, serta komunikasi jauh lebih dalam. Kita bisa mencurahkan isi hati tentang masalah-masalah pribadi yang kita hadapi. Sebaliknya, kita juga bisa mengetahui kesulitan yang dihadapi dirinya maupun orang tuanya, atau pun harapan dan keinginannya, dsb.

7. Apa yang dimaksud dengan sahabat? 

Kunci Jawaban: 

Sahabat adalah orang yang saling mengenal secara mendalam, saling setia, dan percaya. Ia tidak meninggalkan saat kita mengalami masalah, berani mengkritik atau menasihati kalau kita melakukan kesalahan, dan berani menawarkan solusi saat kita mengalami kebuntuan. Ia tidak akan menjerumuskan kita pada tindakan yang salah, mau menerima kita apa adanya, berani mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran demi kebahagiaan temannya. Kehadirannya membuat kita merasa aman, dan sebagainya.

8. Tuliskan sikap-sikap yang dapat menghancurkan persahabatan! 

Kunci Jawaban: 

Beberapa sikap yang sering dapat menghancurkan persahabatan antara lain, egois, mencari keuntungan diri, munaik atau sikap pura-pura, tidak jujur dan tidak setia.

9. Tuliskan sikap-sikap yang perlu dikembangkan dalam  persahabatan! 

Kunci Jawaban: 

Sikap yang harus dipupuk adalah penuh cinta, terbuka, jujur, rela berkorban tanpa pamrih, saling memahami, setia dan tidak mencari keuntungan diri.

10. Mengapa dalam persahabatan perlu sikap kritis? 

Kunci Jawaban:

Persahabatan perlu disertai dengan sikap kritis. Kita perlu sadar bahwa siapa pun, entah kita sendiri atau sahabat kita, bisa saja mengalami saat-saat jatuh dalam pikiran dan sikap jahat, atau menawarkan nilai-nilai yang dapat menghancurkan diri kita. Kasus perkelahian antarpelajar diawali dengan persahabatan yang akrab satu sama lain. Sedemikian akrabnya, ajakan teman untuk berbuat ulah pun akhirnya diikuti juga. Walaupun banyak remaja yang tahu bahwa berkelahi itu tidak baik, karena takut dinilai tidak solider, akhirnya ikut-ikutan melakukan. Kasus yang lain terlihat dalam kekompakan untuk membolos dari sekolah atau menghabiskan waktu bermain game online.

11. Tuliskan 5 perbedaan antara sahabat dan teman! 

Kunci Jawaban:

  • Sahabat ada setiap saat tapi teman hadir sesaat
  • Sahabat selalu mempunyai solusi tapi teman hanya basa-basi
  • Sahabat siap dengan kritikan, teman hanya suka memuji
  • Sahabat tak pernah punya alasan tapi teman banyak alasan
  • Sahabat mampu terhitung tapi teman tak bisa dihitung

12. Rumuskanlah maksud dari sahabat ada setiap saat tapi teman hadir sesaat! 

Kunci Jawaban: 

Sahabat ada bukan hanya di saat membutuhkan sesuatu tetapi selalu hadir dalam setiap situasi dan kondisi. Sahabat tidak pernah pergi di saat duka dan datang hanya di saat suka. Sahabat hadir untuk merayakan kegembiraan bersama-sama dan menghibur di saat kesedihan melanda. Berbeda dengan teman, yang hadir hanya ketika membutuhkan sesuatu dan setelah itu menghilang entah ke mana.

13. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sahabat selalu mempunyai solusi tapi teman hanya basa-basi! 

Kunci Jawaban: 

Ketika menawarkan bantuan biasanya teman hanya sekedar memberikan janji. Pada kenyataannya, ketika lagi dibutuhkan, mereka tidak pernah bisa membantu dengan berbagai alasan klasik. Berbeda dengan sahabat, yang tidak banyak janji tetapi bisa memberi solusi terhadap masalah yang sedang kita dihadapi.

14. Apa yang dimaksud dengan sahabat siap dengan kritikan, teman hanya suka memuji? 

Kunci Jawaban: 

Sahabat berbicara apa adanya, tidak pernah berdusta, bahkan berani melontarkan kritik untuk perbaikan. Teman memang sering memuji. Tetapi jangan terbuai dengan pujiannya. Bisa saja pujian itu hanya sekedar basa basi. Inilah kelebihan sahabat yang berani mengkritik langsung jika salah.

15. Jelaskan maksud dari sSahabat tak pernah punya alasan tapi teman banyak alasan! 

Kunci Jawaban: 

Sahabat yang siap sedia dan selalu ada untuk membantu. Saat dimintai bantuan, sahabat selalu ada dan tanpa alasan. Berbeda halnya dengan teman, memiliki beribu alasan kalau diminta tolong. Berbagai jurus dikeluarkan untuk menolak permintaan temannya.

16. Apa yang dimaksud dengan sahabat mampu terhitung tapi teman tak bisa dihitung! 

Kunci Jawaban: 

Teman tanpa dicari pun akan datang dengan sendirinya. Hanya bermodal tegur sapa, siapapun bisa mendapatkan teman. Mencari teman itu, hal yang sangat gampang. Sementara itu, di antara sekian banyak teman, hanya segelintir orang saja yang bisa dipercaya sebagai sahabat. Sahabat tidak pernah mencari untung, tanpa pamrih, rela berkorban. Sungguh sulit mencari sahabat daripada teman.

17. Buatlah satu contoh doa pembuka berkaitan dengan materi hari ini! 

Kunci Jawaban: 

Ya Allah, Bapa sumber kebaikan Engkau menujukkan kasih-Mu kepada kami Melalui kehadiran teman dan sahabat kami Kami ingin berdoa untuk mereka. Semoga kebaikan mereka kepada kami selama ini Menjadi berkat melimpah bagi kebahagiaan dan kesejahteraan mereka Bimbinglah kami Agar kami tak henti-hentinya Menyandarkan persahabatan kami pada cintamu Sehingga tak ada kebohongan, kepura-puraan dan pengkhianatan di antara kami Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin

18. Jelaskan manfaat yang dapat diperoleh peserta didik dengan menghayati pesan dari tokoh-tokoh dalam Kitab Suci! 

Kunci Jawaban: 

Dengan menghayati pesan dari tokoh-tokoh dalam Kitab Suci, peserta didik diharapkan tergerak menjadikan Yesus sebagai model dalam upaya membangun persahabatan sejati. Dengan demikian, mereka melatih diri untuk mewujudkan nilai-nilai persahabatan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

19. Jelaskanlah makna persahabatan Yesus dalam Perjanjian Baru! 

Kunci Jawaban: 

Dalam Perjanjian Baru, Yesus memberi contoh atau model persahabatan sejati. Kepada murid-murid-Nya, Yesus menyebut mereka sahabat sebagaimana diungkapkan dalam Yoh 15: 9-17. Bagi Yesus, persahabatan sejati harus dilandasi oleh kasih Bapa sendiri. Kasih itulah yang mendorong Dia untuk membangun persahabatan dengan para murid-Nya. Dan yang mengagumkan, Ia tidak hanya mengasihi mereka, melainkan juga bersedia mengorbankan diri dengan wafat di kayu salib.

20. Selain keluarga dan lingkungan sosial, faktor apa lagi yang memunyai peranan penting dalam perkembangan diri remaja? 

Kunci Jawaban: 

Selain keluarga, lingkungan sosial yang mempunyai pengaruh cukup besar dalam perkembangan diri remaja adalah lingkungan teman sebaya. Kebutuhan terhadap kehadiran teman sebaya selama masa remaja sangatlah penting. Remaja yang tidak dapat bersosialisasi dengan teman sebaya akan merasa minder dan kesepian, yang pada akhirnya tersingkir dari kelompoknya.