Kumpulan 20+ Contoh Soal (Essay) Teknologi Gambar Kontruksi : Prakarya Kelas VII

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal essay materi teknologi gambar konstruksi dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran Prakarya kelas 7 revisi. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal essay materi teknologi gambar konstruksi dilengkapi dengan kunci jawaban dalam mata pelajaran Prakarya kelas 7 terbaru.

Kumpulan 20+ Contoh Soal (Essay) Teknologi Gambar Kontruksi : Prakarya Kelas VII

Gambar: freepik.com

1. Tuliskan pengertian teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia!

Jawaban:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

2. Tuliskan pengertian konstruksi!

Jawaban:

Konstruksi adalah susunan (model dan tata letak) suatu bangunan (jembatan, rumah, dan sebagainya). Teknologi gambar konstruksi adalah teknologi yang menjelaskan susunan model atau tata letak suatu bangunan berupa gambar dua dimensi maupun tiga dimensi.

3. Jelaskan konstruksi bangunan yang baik dan memenuhi standar bangunan!

Jawaban:

Secara umum, konstruksi bangunan yang baik dan memenuhi standar bangunan harus memenuhi syarat yaitu fungsional artinya bentuk, ukuran, dan jenis ruangan yang dibuat sesuai dengan fungsinya, serta sesuai dengan kebutuhan pemiliknya. Kedua yaitu, indah artinya bentuk bangunan yang dibuat benar-benar enak dilihat dan dipandang.

4. Tuliskan pengertian bangunan gedung!

Jawaban:

Bangunan gedung adalah jenis bangunan yang biasa digunakan sebagai tempat tinggal atau tempat bekerja. Contoh bangunan gedung antara lain, kantor, rumah tinggal, rumah sakit, dan toko.

5. Apa yang dimaksud dengan bangunan transportasi?

Jawaban:

Bangunan transportasi adalah jenis bangunan yang digunakan sebagai sarana untuk membantu kegiatan transportasi. Contoh jenis bangunan transportasi adalah jembatan, stasiun, rel kereta api, jalan raya, terminal, dan bandara.

6. Tuliskan pengertian bangunan air!

Jawaban:

Bangunan air adalah jenis bangunan yang digunakan untuk sarana pengairan. Contoh bangunan jenis ini adalah bendungan, waduk, saluran air, saluran irigasi, dan dermaga.

7. Jelaskan pengertian bangunan khusus!

Jawaban:

Bangunan khusus adalah jenis bangunan yang memiliki fungsi khusus dan tidak termasuk dalam jenis bangunan gedung, transportasi, dan air. Contoh jenis bangunan khusus adalah menara identitas suatu kota, mercusuar, menara jaringan listrik tegangan tinggi, dan menara stasiun TV atau radio.

8. Jelaskan tahap perencanaan dalam proses pembuatan model jembatan sederhana!

Jawaban:

Tahap awal yang dilakukan untuk membuat model jembatan sederhana yaitu perencanaan. Tahap perencanaan diperlukan agar kita dapat menggambarkan atau mendeskripsikan model jembatan yang hendak kita buat. Dalam tahapan ini kita harus melalui beberapa langkah seperti ide dan model.

9. Jelaskan ide/gagasan dalam tahap perencanaan dalam proses pembuatan model jembatan sederhana!

Jawaban:

Ide atau gagasan berkaitan dengan menentukan jenis model konstruksi dan penggunaan bahan peralatan. Kita dapat memanfaatkan barang bekas, yaitu kertas kardus dan stik es krim sebagai bahan utama dalam membuat miniatur maket jembatan sederhana.

10. Jelaskan gambaran model dalam proses pembuatan model jembatan sederhana!

Jawaban:

Pada tahap gambaran model yang dilakukan adalah menyiapkan contoh gambar jembatan yang ditiru. Gambar tersebut bisa kita jadikan sebagai referensi dalam membuat jembatan sederhana.

11. Jelaskan tahapan kedua dalam proses pembuatan model jembatan sederhana!

Jawaban:

Tahapan kedua dalam proses pembuatan model jembatan sederhana adalah persiapan bahan dan peralatan. Setelah merancang persiapan berupa penyediaan bahan dan alat yang digunakan untuk membuat miniatur jembatan sederhana.

12. Tuliskan bahan dan alat yang digunakan dalam membuat model jembatan sederhana!

Jawaban:

Bahan dan alat yang diperlukan dalam membuat model jembatan sederhana adalah cutter, pisau, penggaris, alat tulis, kertas kardus, gagang es krim, lem kayu, dan benang putih.

13. Jelaskan fungsi cutter dalam proses pembuatan model jembatan sederhana!

Jawaban:

Fungsi dari alat cutter atau pisau pemotong yaitu sebagai alat pemotong bahan-bahan lunak seperti plastik, kertas, dan kain.

14. Tuliskan kegunaan penggaris dan alat tulis dalam proses pembuatan model jembatan sederhana!

Jawaban:

Penggaris dan alat tulis digunakan sebagai alat bantu untuk menggambar bentuk dan membuat garis potongan kertas agar dihasilkan potongan yang lurus dan rapi.

15. Tuliskan langkah-langkah proses pembuatan model jembatan sederhana!

Jawaban:

Langkah-langkah pembuatan model jembatan sederhana adalah sebagai berikut.

  • Membuat gambar desain miniatur jembatan.
  • Siapkan kardus atau tripleks ukuran 19 cm x 15 cm.
  • Potonglah kardus atau tripleks menjadi dua bagian menggunakan cutter atau pisau sehingga menjadi ukuran 19 cm x 7,5 cm.
  • Buatlah lubang pada titik-titik yang sudah ditentukan.
  • Siapkan tali berwarna putih dengan ukuran sekitar 50 cm.
  • Masukan tali tersebut pada lubang yang sudah tersedia.
  • Siapkan gagang es krim, kemudian buatlah bentuk dan rekatkan dengan lem kayu.
  • Rekatkan stik pada bagian atas.
  • Pasang tali pada konstruksi yang berbentuk kotak.

16. Apa yang dimaksud dengan pengemasan dalam penyajian produk model bangunan dengan teknologi konstruksi?

Jawaban:

Miniatur atau market sebaiknya dikemas agar tidak mudah rusak. Pada umumnya, market bangunan dikemas menggunakan kotak kaca. Dengan demikian, bentuk market tetap dapat dilihat dan terlindungi dari debu. Maket bangunan yang telah dibuat dapat dikemas dengan kotak mika. Mika mempunyai bentuk yang lebih kaku dan berwarna lebih bening dari plastik sehingga dapat dijadikan sebagai pengganti kaca.

17.  Apa yang dimaksud dengan pengujian prosuk dalam penyajian produk model bangunan dengan teknologi konstruksi?

Jawaban:

Pengujian produk adalah suatu proses atau prosedur yang dilakukan untuk mengukur keberhasilan suatu produk. Pengujian maket atau miniatur jembatan dapat dilakukan dengan mengecek daya rekat lem pada bagian-bagian miniatur. Penggunaan lem yang baik sangat berpengaruh pada daya rekat yang kuat sehingga miniatur tidak mudah lepas atau rusak.

18. Jelaskan pengertian teknologi gambar konstruksi!

Jawaban:

Teknologi gambar konstruksi adalah teknologi yang menjelaskan susunan model atau tata letak suatu bangunan, baik berupa gambar dua dimensi ataupun tiga dimensi.

19. Tuliskan 4 jenis bangunan!

Jawaban:

Jenis-jenis bangunan dibedakan menjadi 4 kelompok yaitu sebagai berikut.

  • Bangunan gedung
  • Bangunan air
  • Bangunan transportasi
  • Bangunan khusus

20. Tuliskan 3 syarat konstruksi bangunan yang baik sesuai standar bangunan!

Jawaban:

Konstruksi bangunan yang baik dan sesuai dengan standar bangunan adalah sebagai berikut.

  • Kuat dan tahan lama artinya, pemilihan bahan bangunan harus benar-benar disesuaikan dengan standar bangunan sehingga bangunan yang dihasilkan kuat dan tahan lama.
  • Sehat dan higienis artinya, bangunan yang dibuat benar-benar memperhatikan proses sirkulasi udara dan cahaya dari sinar matahari langsung.
  • Ekonomis artinya, proses pembuatan bangunan mengeluarkan biaya minimal dengan hasil yang maksimal.