Contoh Soal Potensi Lokasi dan Upaya Pemanfaatannya : IPS Kelas IX Kurikulum 2013

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi potensi lokasi dan upaya pemanfaatannya dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan dalam mata pelajaran IPS kelas 9 revisi. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal materi potensi lokasi dan upaya pemanfaatannya dilengkapi dengan kunci jawaban dan pembahasan dalam mata pelajaran IPS kelas 9 revisi.

Contoh Soal Potensi Lokasi dan Upaya Pemanfaatannya : IPS Kelas IX Kurikulum 2013

Gambar: freepik.com

1. Wilayah Indonesia berada pada posisi strategis diantara dua benua dan dua samudra. Dilihat dari posisi yang strategis, keuntungan yang diperoleh Indonesia adalah ....
A. memiliki hubungan baik dengan negara tetangga
B. mengusai lautan dunia
C. menjadi jalur perdagangan dunia
D. menjadi pusat pertemuan negara-negara dunia

Pembahasan:

Wilayah Indonesia berada pada posisi strategis, yaitu diapit dua benua dan dua samudra sertra dikelilingi tiga lautan besar. Posisi ini menyebabkan Indonesia berada di jalur lalu lintas laut dunia yang digunakan banyak negara untuk berdagang. Dari kegiatan tersebut Indonesia mendapatkan pajak masuk dan memiliki kemudahan dalam melakukan perdagangan dengan negara lain.

2. Indonesia memiliki iklim tropis. Dampak positif iklim tropis bagi kegiatan pertanian di Indonesia ialah ....
A. hama tanaman mudah dibasmi
B. kesuburan tanah terjaga setiap tahun
C. banyak jenis tanaman pangan dapat tumbuh subur
D. hasil panen para petani bertambah terus-menerus

Pembahasan:

Iklim tropis yang dimiliki Indonesia memberikan berbagai keuntungan bagi kegiatan pertanian di Indonesia. salah satu keuntungan dari kondisi tersebut ialah banyak jenis tumbuhan pangan yang tumbuh subur di Indonesia. Intensitas hujan yang tinggi dan penyinaran matahari sepanjang tahun menyebabkan banyak jenis tanaman pangan tumbuh subur di Indonesia.

3. Indonesia merupakan negara yang memiliki hasil tambang beraneka ragam. Kondisi tersebut merupakan keuntungan dari lokasi Indonesia yang strategis. Posisi strategis Indonesia tersebut ditentukan berdasarkan letak ....
A. astronomis
B. geografis
C. maritim
D. geologi

Pembahasan:

Letak Indonesia berada pada pertemuan tiga lempeng tektonik dunia, yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik. Kondisi tersebut menyebabkan wilayah Indonesia terdapat banyak gunung api dan bukit tersier. Banyaknya bukit tersier menyebabkan Indonesia kaya akan barang tambang. Di dalam bukit-bukit tersier terkandung banyak barang tambang seperti minyak bumi, batu bara, dan bauksit.

4. Perhatikan keterangan berikut ini!
1) Indonesia berada di jalur silang dunia.
2) Banyak kapal melewati wilayah perairan Indonesia.
Berdasarkan karakteristik tersebut, sektor perekonomian yang dapat dikembangkan di Indonesia adalah ....
A. perdagangan
B. perkebunan
C. perikanan
D. pertanian

Pembahasan:

Keterangan pada soal adalah keuntungan yang diperoleh Indonesia dari lokasi strategis jika dilihat dari letak geografis dan maritim. Dengan keuntungan tersebut, Indonesia mudah menjalin hubungan dagang dengan negara lain.

5. Perhatikan gambar berikut!

Contoh Soal Potensi Lokasi dan Upaya Pemanfaatannya : IPS Kelas IX Kurikulum 2013

Salah satu keuntungan yang diperoleh Indonesia dari kegiatan pada gambar kaitannya dengan perdagangan antarnegara ialah ....
A. daya saing komoditas perdagangan berkurang
B. terjadi persaingan tidak sehat antarprodusen
C. jenis barang impor di Indonesia lebih beragam
D. cadangan devisa negara bertambah

Pembahasan:

Kegiatan pada gambar tersebut menunjukkan proses bongkar muat di pelabuhan. Kegiatan tersebut terjadi karena adanya perdagangan antarmegara. Keuntungan yang diperoleh Indonesia dari perdagangan antarnegara ialah bertambahnya cadangan devisa Indonesia. Pajak dan keuntungan yang diperoleh Indonesia atas perdagangan antarnegara adalah salah satu pemasukan yang dapat menambah cadangan devisa.

6. Letak geografis Indonesia berada diantara dua benua dan dua samudra. Oleh karena diapit dua benua, Indonesia memiliki banyak negara tetangga. Letaknya yang diapit dua samudra menyebabkan wilayah perairan Indonesia dilalui banyak kapal dagang dari negara-negara lain.
Pernyataan tersebut menyebabkan Indonesia mudah melakukan ....
A. penguasaan pelabuhan dagang
B. interaksi dengan negara lain
C. monopoli perdagangan
D. penarikan pajak tinggi

Pembahasan:

Pernyataan pada soal menjelaskan bahwa lokasi Indonesia yang strategis menjadikan Indonesia sering disinggahi kapal dari negara lain. Kondisi tersebut mendorong Indonesia mudah berinteraksi dengan negara lain. Kemudahan dalam berinteraksi memungkinkan Indonesia menjalin kerja sama dengan negara lain khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan.

7. Salah satu tujuan Indonesia melakukan kerja sama internasional ialah ....
A. mengusai perdagangan internasional
B. menaikkan tarif pajak barang masuk
C. meningkatkan perekonomian nasional
D. memperluas wilayah Indonesia

Pembahasan:

Salah satu tujuan Indonesia melakukan kerja sama internasional ialah menumbuhkan perekonomian nasional. Dengan kerja sama internasional, Indonesia mendapatkan kemudahan melakukan kegiatan ekonomi dengan negara lain. Indonesia juga mendapat bantuan atau pinjaman untuk memajukan perekonomian Indonesia.

8. Pada masa dahulu Asia Tenggara menempati kedudukan strategis karena memiliki peran dalam kegiatan ....
A. perdagangan upeti
B. perdagangan maritim
C. migrasi penduduk
D. kolonisasi

Pembahasan:

Wilayah Asia Tenggara berada pada posisi strategis yang menjadi jalur lalu lintas dunia. Posisi strategis ini sangat menunjang kegiatan perdagangan maritim negara-negara dunia.

9. Lokasi yang stragis memungkinkan Indonesia menjalin kerja sama ekonomi dengan negara lain. Akan tetapi, hasil perdagangan yang diperoleh Indonesia masih kurang maksimal. Salah satu permasalahan yang menyebabkan kurang maksimalnya kegiatan perdagangan Indonesia ialah ....
A. harga bahan baku produksi mahal
B. produk yang dihasilkan kurang diminati
C. komoditas ekspor berupa barang mentah
D. kualitas produk yang dihasilkan buruk

Pembahasan:

Salah satu permasalahan yang menyebabkan perdagangan Indonesia kurang maksimal adalah sebagian besar komoditas ekspor Indonesia masih berupa barang mentah. Kondisi ini menyebabkan harga komoditas ekspor Indonesia masih murah. Murahnya harga komoditas ekspor Indonesia karena negara lain masih perlu mengolah lagi agar dapat dikonsumsi.

10. Indonesia menjalin kerja sama internasional dengan negara-negara lain. Keuntungan yang diperoleh Indonesia dari kerja sama internasional adalah ....
A. dikuasainya perekonomian negara tetangga
B. dapat memonopoli perekonomian dunia
C. meningkatnya taraf ekonomi nasional
D. teratasinya perselisihan antarnegara

Pembahasan:

Salah satu keuntungan dari kegiatan kerja sama internasional yang dilakukan oleh Indonesia adalah meningkatnya taraf ekonomi nasional. Kerja sama internasional dapat mendorong pertumbuhan ekonomi negara lebih maju. Dalam kerja sama internasional setiap negara akan saling membantu. Adanya kerja sama ekonomi antarnegara diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi negara anggotanya. Bantuan yang diberikan dari negara lain akan membantu memenuhi kebutuhan suatu negara.