60+ Contoh Soal Penerapan Pola Lantai Tari Kreasi sesuai Iringan Seni Budaya Kelas IX

sentralsoal.com - Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal materi penerapan pola lantai tari kreasi sesuai iringan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran Seni Budaya Kelas IX revisi terbaru Kurikulum 2013. Harapannya, apa yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi seputar contoh soal materi penerapan pola lantai tari kreasi sesuai iringan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru dalam mata pelajaran Seni Budaya Kelas IX revisi.

60+ Contoh Soal Penerapan Pola Lantai Tari Kreasi sesuai Iringan Seni Budaya Kelas IX

Gambar: freepik.com

1. Berikut ini adalah jenis tari yang menggunakan pola lantai garis lengkung, kecuali ....
A. tari Kecak dari Bali
B. tari Bedaya dari keraton Jawa
C. tari Badong dari Toraja
D. tari Randai dari Minangkabau

2. Sebuah tarian pasti menggunakan musik pengiring atau iringan tari. Fungsi dari iringan tari adalah, kecuali ....
A. memberi irama
B. memberi ilusi
C. memberi efek
D. mempertegas ekspresi gerak

3. Tari piring merupakan tari ....
A. Kreasi tradisi
B. Kreasi nontradisi
C. Tari modern
D. Tari tradisional

4. Iringan tari adalah salah satu peranan dalam pementasan. Ada dua macam iringan dalam tari, yaitu ....
A. iringan gamelan dan iringan angklung
B. iringan langsung dan tidak langsung
C. iringan internal dan unternal
D. iringan internal dan iringan eksternal

5. Tari tor tor berasal dari daerah ....
A. Aceh
B. Sumatera utara
C. Sumatera selatan
D. Sumatera barat

6. Musik iringan tari bersifat bebas sesuai dengan sifat seni sendiri yang bebas. Meskipun bebas tetapi ada aturan yang harus ditaati, yaitu ....
A. rasa estetis
B. rasa ekspresi
C. internal
D. eksternal

7. Iringan tari yang berasal dari alat musik misalnya gamelan disebut ....
A. Musik eksternal
B. Musik pengiring
C. Musik internal
D. Tata suara

8. Watak alus atau luruh memerlukan suasana senang yang melambangkan kehalusan jiwa. Hal ini merupakan fungsi iringan musik dalam tari, yakni ....
A. memberi irama
B. memberi ilusi atau gambaran suasana
C. membantu mempertegas ekspresi gerak
D. memberikan dorongan semangat

9. Tempat, waktu, dan suasana terjadinya suatu adegan disebut ....
A. amanat
B. setting
C. bloking
D. dialog

10. Manakah yang termasuk dalam tari kreasi modern ....
A. Tari Sama
B. Ballet
C. Hip Hop
D. Salsa

11. Salah satu sebuah pendukung suatu pertunjukan tari adalah busana. Berikut ini yang termasuk fungsi busana dalam tari, yaitu ....
A. menambah keindahan penampilan
B. memberi fasilitas dan membantu gerak
C. membedakan masing-masing peran atau tokoh
D. membantu menghidupkan suasana panggung

12. Semua peralatan yang digunakan untuk pementasan tari disebut ....
A. Properti
B. Tata rias
C. Iringan tari
D. Gerak tari

13. Gerak dasar tari pada dasarnya dibagi menjadi tiga gerak inti. Berikut yang termasuk ke dalam gerak dasar tari, kecuali ....
A. mata
B. tangan
C. kaki
D. kepala

14. Tari zapin kipas adalah salah satu contoh gerak tari kreasi tradisi gaya ....
A. Arab
B. Melayu
C. India
D. Amerika

15. Jenis properti utama yyang digunakan pada tari Pakarena adalah ....
A. kipas
B. selendang
C. piring
D. payung

16. Pola lantai garis lurus dalam gerak tari memiliki makna ....
A. memberikan kesan sederhana tetapi kuat
B. memberikan kesan lembut tetapi lemah
C. memberikan kesan penuh dengan kekuatan
D. memberikan kesan sentuhan intelektual

17. Berikut ini yang bukan pernyataan benar tentang tata panggung adalah ....
A. panggung merupakan tempat sebuah tempat tari dipertunjukkan
B. tata panggung merupakan salah satu unsur pemberian ruang kepada penari
C. panggung tidak berhubungan dengan suasana tarian yang dipertunjukkan
D. tata panggung dalam pertunjukan tari dapat menambah keindahan sebuah pentas tari

18. Tarian merak adalah salah satu tari kreasi tradisi ....
A. Sunda
B. Aceh
C. Papua
D. Jawa

19. Jenis tata rias yang mengubah penampilan wajah seseorang dalam umur, wattak, bangsa, sifat dan ciri-ciri khusus yang melekat pada tokoh adalah ....
A. tata rias korektif
B. tata rias fantasi
C. tata rias karakter
D. tata rias seni

20. Fungsi musik dalam sebuah pertunjukan teater adalah ....
A. Memberi selingan
B. Membantu ketenangan tokoh
C. Memberi warna psikologis
D. Memberi latar belakang

21. Tari kreasi menurut penggolongannya dibagi menjadi 2 yaitu ....
A. pola tari kreasi daerah dan modern
B. Pola tari kreasi tradisi dan nontradisi
C. pola tari kreasi modern dan kontemporer
D. pola tari kreasi tradisi dan kontemporer

22. Berikut ini yang bukan merupakan prinsip dari tata rias dalam menunjang pertunjukan tari adalah ....
A. rias hendaknya mencerminkan karakter tokoh atau peran
B. kebersihan dan kerapian rias harus diperhatikan
C. ketepatan pemakaian rias desain rias harus diperhatikan
D. harga alat rias harus sesuai standar

23. Kegiatan seseorang dalam menilai atau menghargai karya seni disebut ....
A. apresiasi
B. kreasi
C. apersepsi
D. ekspresi

24. Jenis tata rias yang betujuan menyembunyikan kekurangan-kekurangan yang ada pada wajah dan menonjolkan hal-hal yang menarik dari wajah adalah ....
A. tata rias korektif
B. tata rias fantasi
C. tata rias karakter
D. tata rias seni

25. Unsur keindahan tari seperti irama disebut ....
A. Wirama
B. Wiraga
C. Wirasa
D. Wirupa

26. Pola tari Saman dari Aceh menggunakan jenis ....
A. pola lantai lurus vertikal
B. pola lantai horisontal
C. pola lantai garis melengkung
D. pola lantai diagonal

27. Dibawah ini merupakan pengertian Tari Kontemporer yang benar adalah ....
A. Tarian yang gerakannya bebas tergantung koreografer
B. Tarian yang merupakan hasil cipta karya seni dari suatu budaya
C. Tarian yang dirangkai dari perpaduan tari tradisional kerakyatan dan tari tradisional klasik
D. Tarian yang diciptakan dari leluhur

28. Pola lantai lurus vertikal pada tari menunjukkan kesan ....
A. lembut tetapi lemah
B. sederhana tetapi kuat
C. dinamis tetapi kokoh
D. lemah tetapi indah

29. Salah satu unsur-unsur daari lakon teater adalah ....
A. karakter
B. babak
C. epilog
D. prolog

30. Pola lantai yang dimainkan oleh penari dapat dibedakan menjadi ....
A. tegak dan lengkung
B. vertikal dan horisontal
C. lurus dan lengkung
D. diagonal dan lingkaran

31. Di bawah ini yang bukan merupakan manfaat pola lantai dalam tari adalah ....
A. menjaga setiap penari agar tidak bertabrakan
B. membantu penari menentukan gerakan selanjutnya
C. memberikan ciri khas suatu tarian
D. menunjukkan peran salah satu penari dalam tari

32. Aturan perpindahan tempat pemain dari tempat satu ketempat lainnya disebut ....
A. gesture
B. blocking
C. mimik
D. plot

33. Ada perbedaan dari pentas tari dan pentas musik teater. Pentas tari tidak menggunakan ....
A. musik
B. panggung
C. busana
D. property-set

34. Menyusun dan menyediakan surat-surat yang diperlukan untuk produksi teater adalah tugas ....
A. bendahara
B. seksi publikasi
C. sekertaris
D. seksi dokumentasi

35. Tari cendrawasih merupakan ciptaan karya seniman ....
A. Enoch Atmadibrata
B. Tjetje Soemantri
C. Indrawati Lukman
D. Irawati Durban

36. Penataan cahaya yang tepat akan semakin menampilkan ....
A. karakter dan isi dari tarian
B. pesan pencipta gerak
C. penataan busana
D. panggung yang gemerlap

37. Di bawah ini adalah fungsi dari properti tari, kecuali ....
A. penunjang dan pelengkap tari
B. menambah nilai-nilai keindahan tari
C. mempermudah makna dan pesan yang ingin disampaiakan penari melalui gerakannya
D. menutupi kelemahan dari penampilan penari

38. Berikut beberapa jenis iringan internal dalam penyajian tari, kecuali ....
A. suara gendang
B. tepukan tangan
C. hentakan kaki
D. suara gemericik gelang penari

39. Busana yang digunakan dalam tari akan selalu mengacu pada ....
A. keinginan penonton
B. bentuk dan tema tari
C. kesesuaian harga tiket
D. kemungkinan pesan yang disampaikan

40. Latihan terakhir sebelum pementasan teater disebut ....
A. briefing
B. gladi bersih
C. improvisasi
D. gladi kotor

41. Berikut yang termasuk rias putri yaitu ....
A. rias alus
B. rias gagah
C. rias tampan
D. rias lincah

42. Apa pengertian dari Koreografer ....
A. Orang yang menciptakan karya Musik
B. Orang yang memciptakan karya lukis
C. Orang yang memimpin paduan suara
D. Orang yang menciptakan karya tari

43. Pengaturan secara keseluruhan busana yang harus dipakai sesuai dengan peran yang dibawakan adalah pengertian dari ....
A. tata rias
B. tata busana
C. tata pentas
D. tata panggung

44. Seksi yang bertanggungjawab atas foto dan video saat pementasan dan sebelum pementasan adalah ....
A. dokumentasi
B. transportasi
C. publikasi
D. konsumsi

45. Tari hudog dan giring- giring berasal dari ....
A. Kalimantan
B. Jawa
C. Betawi
D. Sumatera

46. Tarian yang dimainkan dengan musik internal berupa tepukan tangan, tepuk dada, dan paha, serta bernyanyi merupakan sebuah tarian dengan nama ....
A. Tari Jaipong
B. Tari Saman
C. Tari Jaranan
D. Tari Gambyong

47. Teater tradisional bersifatkerakyatan yang terdapat di daerah Banten adalah ....
A. teater makyong
B. teater lenong
C. teater rajawali
D. teater ubrug

48. Pengertian dari tari yang berkembang di daerah tertentu yang berpijak dan berpedoman luas pada adaptasi kebiasaan turun-temurun serta dianut oleh masyarakat pemilik tari tersebut adalah ....
A. Tari Klasik
B. Tari Tradisi
C. Tari Kerakyatan
D. Tari Tradisional

49. Bentuk panggung dimana gelombang bunyi dipantulkan secara terpusat di sisi tengah ruangan dengan permukaan dinding yang berbentuk cekung adalah jenis panggung ....
A. thrust
B. tapal kuda
C. segi empat
D. proscenium

50. Tarian yang merupakan hasil cipta karya seni dari perpaduan tari tradisional kerakyatan dan tari tradisional klasik disebut ....
A. Tari Daerah
B. Tari Klasik
C. Tari Kreasi
D. Tari Kontemporer

51. Pengertian penempatan posisi penari di atas panggung agar terlihat rapi dan tertata dengan baik atau garis imajinatif yang dilakukan penari di atas panggung adalah ....
A. pola lantai
B. pola gerak
C. pola iringan
D. pola ruang

52. Dibawah ini yang merupakan salah satu teater klasik adalah ....
A. wayang kulit
B. film
C. srimulat
D. drama musikal

53. Kesan yang timbul pada pola gari lurus adalah ....
A. lembut dan lemah
B. lembut dan kuat
C. sederhana dan kuat
D. sederhana dan lemah

54. Melatih anggota badan agar mencapai kelenturan disebut ....
A. olah raga
B. olah tubuh
C. olah suara
D. olah sukma

55. Tujuan dari riasan dan busana tari adalah ....
A. mengacu pada pementasan
B. mengaju pada nilai
C. mengacu pada bentuk dan tema tari
D. mengacu pada estetis musik

56. Hal yang berhubungan dengan tinggi rendahnya penari pada saat melakukan gerakan tari disebut ....
A. pola lantai
B. level
C. ruang
D. irama

57. Koreografer Huriah Adam menampilkan tarian dengan menggunakan gaya ....
A. Pencak Silat Melayu
B. Modern
C. klasik
D. Debus

58. Gerakan seorang penari yang berjinjit dan melompat termasuk ke dalam level ....
A. tinggi
B. rendah
C. sedang
D. biasa

59. Jenis panggung dimana penonton menyaksikan aksi aktor dalam lakon melalui sebuah bingkai adalah jenis panggung ....
A. thrust
B. proscenium
C. arena
D. tapak kuda

60. Tari hudog dan giring- giring berasal dari ....
A. Kalimantan
B. Jawa
C. Betawi
D. Sumatera