Kumpulan 60+ Contoh Soal Simpulan Teks Laporan Bahasa Indonesia Kelas VI

sentralsoal.com - Selamat datang di sentral soal. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal simpulan teks laporan pengamatan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru muatan mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 6 revisi. Harapannya, contoh soal yang admin bagikan kali ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari referensi tentang contoh soal simpulan teks laporan pengamatan dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru muatan mata pelajaran bahasa Indonesia.

Kumpulan 60+ Contoh Soal Simpulan Teks Laporan Bahasa Indonesia Kelas VI

Gambar: pixabay.com

1. Minggu lalu, saya berekreasi ke Taman Tirta. Suasananya sangat menyenangkan. Sayangnya, ada hal yang membuat kami tidak nyaman. Sampah-sampah berserakan di kawasan Taman Tirta. Ternyata, fasilitas tempat sampah sangat minim sehingga tidak cukup untuk menampung sampah para pengunjung.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Suasana Taman Tirta sangat menyenangkan
B. Sampah-sampah berserakan di Taman Tirta karena minimnya tempat sampah
C. Taman Tirta adalah tempat rekreasi yang sangat menyenangkan walaupun banyak sampah
D. Tempat sampah di Taman Tirta sangat sedikit sehingga membuat tidak nyaman

2. Penguasaan yang mendalam mengenai bahasa merupakan tolok ukur keberhasilan seorang wartawan. Kemahiran berbahasa wartawan akan memudahkannya memanipulasi bahasa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya. Pilihan kata yang tepat dapat membangkitkan emosi pembaca. Sebaliknya, pilihan kata yang ceroboh dapat menimbulkan reaksi yang tidak diharapkan.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Wartawan memang menguasai bahasa
B. Wartawan pandai mengolah bahasa
C. Wartawan harus terampil mengolah bahasa
D. Wartawan pintar memanipulasi bahasa

3. Leptospirosis adalah penyakit akibat bakteri Leptospira sp. Bakteri ini dapat ditularkan dari hewan pada manusia atau sebaliknya. Apabila tikus terinfeksi, tinja atau kencingnya dapat menularkan virus pada manusia. Penyakit ini juga disebut penyakit weil, demam sawah, demam pemotong tebu, demam lumpur, dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus menjaga kebersihan lingkungan

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Leptospirosis juga disebut penyakit weil, demam sawah, demam pemotong tebu, demam lumpur, dan lain-lain.
B. Leptospirosis dapat ditularkan dari hewan pada manusia atau sebaliknya.
C. Leptospirosis adalah penyakit akibat bakteri Leptospira sp.
D. Kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit leptospirosis.

4. Akhir-akhir ini setiap kali ada demonstrasi di situ pula terjadi kekerasan. hal ini diperkuat dengan peristiwa hari Selasa, 16 Oktober 2021 di depan Istana Negara. Demonstrasi yang dilakukan para buruh ini menimbulkan bentrokan fisik antara buruh dengan aparat penegak hukum. Demonstrasi memang tergolong penting dalam penegakan demokrasi. Namun, jangan dimaknai bahwa demokrasi selalu berkaitan dengan kekerasan.

Simpulan paragraf tersebut adalah ....
A. Aparat penegak hukum tidak boleh melakukan kekerasan
B. Buruh harus melakukan demonstrasi dengan tertib
C. Masyarakat prihatin dengan para buruh di Istana Merdeka
D. Demokrasi Indonesia dicoreng dengan tindak kekerasan

5. Kantong plastik juga membahayakan penyu. Di dalam air, kantong plastik yang transparan akan terlihat menyerupai ubur-ubur. Sementara itu, ubur-ubur adalah makanan kesukaan penyu. Penyu akan mengira plastik itu adalah ubur-ubur. Jika penyu memakan plastik itu, penyu akan mati.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Bahaya kantong plastik bagi penyu
B. Plastik transparan di laut membahayakan penyu karena bisa dikira makanannya
C. Penyu sangat suka makan ubur-ubur
D. Penyu suka makan kantong plastik yang transparan di laut

6. Sungai penting untuk kegiatan perikanan. Khususnya, di sungai besar yang menjadi tempat hidup beragam ikan dan hewan lainnya. Sungai besar ini menjadi tempat nelayan mencari mata pencahariaan. Manfaat sungai dalam pertanian juga tidak kalah penting, yakni sebagai sumber irigasi. Kawasan -kawasan pertanian yang subur mendapatkan pengairan dari sungai. Belakangan, manusia membendung sungai sebagai irigasi dan pembangkit tenaga listrik. Pembuatan bendungan itu sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Simpulan isi bacaan tersebut adalah ....
A. Sungai sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia
B. Sungai sumber pencaharian nelayan
C. Sungai sebagai sumber kehidupan sebagian manusia
D. Bendungan bermanfaat bagi kelangsungan hidup

7. Pembangunan dan aktivitas manusia juga turut mengancam keberadaan penyu. Penyu bertelur di pinggir pantai. Di sisi lain, aktivitas manusia di pantai terus meningkat. Penyu jadi bingung mencari tempat untuk bertelur. Lama kelamaan, tempat tinggal penyu akan hilang.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Pembangunan dan aktivitas manusia berpengaruh terhadap perilaku penyu
B. Pembangunan dan aktivitas manusia terus meningkat
C. Pembangunan dan aktivitas manusia yang terus meningkat bisa menghilangkan tempat tinggal penyu.
D. Penyu bertelur di pinggir pantai

8. Acara wisuda Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), tidak dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Alasan ketidakhadiran presiden dalam acara itu disampaikan oleh Mendagri. Wisuda dipimpin Menteri Dalam Negeri, Mardiyanto, sekaligus mewakili presiden memimpin acara tersebut.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. IPDN mewisuda Prajanya
B. Mendagri menunda wisuda Praja IPDN
C. Presiden tidak hadir dalam wisuda Praja IPDN
D. Rektor memimpin wisuda Praja IPDN

9. Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat, berkurangnya jumlah jenis mangsa, dan perburuan. Jumlah harimau Sumatera saat ini berkisar 400 ekor. Mereka hidup di dataran rendah, lahan gambut, dan hutan hujan pegunungan.

Kesimpulan teks diatas adalah....
A. Harimau sumatera hampir punah karena perburuan dan Jumlahnya kini berkisar 400 ekor dan tinggal di dataran rendah lahan gambut dan hutan hujan pegunungan
B. Harimau Sumatera kini sudah punah karena hilangnya habitat, jumlahnya berkisar 400 ekor.
C. Harimau sumatera hampir punah kini tinggal di dataran rendah lahan gambut dan hutan hujan pegunungan
D. Harimau sumatera sering diburu kini Jumlahnya berkisar 400 ekor dan tinggal di dataran rendah lahan gambut dan hutan hujan pegunungan

10. Lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu: unsur hayati (biotik), unsur sosial budaya, dan unsur fisik (abiotik). Unsur hayati (biotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan jasad renik. Unsur sosial budaya, yaitu lingkungan sosial dan budaya yang dibuat oleh manusia berupa sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Unsur fisik (abiotik), yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk tak hidup seperti tanah, air, iklim, udara, dan lain sebagainya. Keberadaan unsur ini sangat besar bagi kelangsungan hidup segenap kehidupan di bumi.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. lingkungan hidup terbagi menjadi tiga macam unsur.
B. tiga macam unsur itu adalah biotik, abiotik, dan unsur sosial.
C. ketiga unsur lingkungan tersebut penting bagi kelangsungan kehidupan
D. ketiga unsur tersebut harus bisa saling disinergikan dengan baik.

11. Daun pandan adalah tumbuhan semak. Daun ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara. Di Indonesia, tanaman pandan disebut dengan nama pandan wangi atau pandan rampe. Penduduk Thailand menyebutnya dengan nama Bai Toey. Di Vietnam, daun pandan dikenal sebagai La Dua.

Kesimpulan teks diatas adalah ....
A. Daun pandan itu adalah tumbuhan semak. Di Indonesia disebut Pandan Wangi atau pandan rampe, di Thailand disebut Bai Toey, dan di Vietnam Vietnam disebut La Dua
B. Daun pandan itu adalah tumbuhan semak. Di Indonesia disebut Pandan Wangi atau pandan rampe
C. Daun pandan itu adalah tumbuhan semak. Di Thailand disebut Bai Toey, dan di Vietnam Vietnam disebut La Dua
D. Daun pandan sangat terkenal di Indonesia, Thailand dan Vietnam.

12. Semburan lumpur Lapindo sangat berdampak kepada dunia usaha. Para pelaku usaha di Jawa Timur terus berupaya melakukan terobosan untuk menyiasati dampak berkepanjangan yang ditimbulkan oleh semburan lumpur Lapindo di Sidoarjo itu. Usaha ini ditempuh untuk mempertahankan usaha yang menjadi sumber penghidupan mereka. Umumnya pelaku usaha ini merelokasi usaha mereka ke beberapa daerah seperti Malang, Surabaya, dan Jakarta. Selain agar usaha mereka tetap eksis, para pengusaha ini sekaligus bertujuan mendekatkan barang-barang hasil produksi mereka dengan para pembeli.

Simpulan isi teks tersebut yang tepat adalah ....
A. langkah yang dilakukan pengusaha di Jatim untuk mempertahankan usanya.
B. upaya yang dilakukan pelaku usaha di Jawa Timur dalam rangka mendekati pembeli barang-barang hasil produksi mereka.
C. upaya pengusaha di Porong dalam merelokasi usahanya ke beberapa daerah yang jauh dari pusat semburan lumpur panas
D. langkah para pengusaha di Jatim untuk menghindari dampak semburan lumpur

13. Yang bukan merupakan cara menyimpulkan teks laporan adalah....
A. Membaca teks dengan seksama
B. Menentukan judul
C. Membuat kalimat utama
D. Membuat kesimpulan dari teks

14. Setelah membaca sebuah cerpen yang dibagikan oleh guru di kelas, biasanya Anda diminta untuk menceritakan kembali isi cerpen secara lisan dengan menggunakan kalimat/kata-kata Anda sendiri. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya: 1. Cermatilah cerpen tersebut dengan saksama. 2. Mencatat unsur intrinsik cerpen tersebut (tema, latar, alur, penokohan, sudut pandang, amanat) 3. Menentukan ide-ide pokok (topik-topik) cerpen sesuai dengan alur dalam cerpen. 4. Mengembangkan kembali ide-ide pokok itu dengan kalimat sendiri.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Dengan melakukan empat langkah itu maka kita bisa memahami isi cerpen.
B. Menceritakan kembali verpen yang telah dibaca tidak sulit
C. Keempat langkah menceritakan kembali isi cerpen itu cukup sistematis.
D. Langkah-langkah menceritakan kembali isi cerpen itu cukup praktis

15. Perhatikan pernyataan berikut! 1) Kesimpulan sebagai sebagai penjelas teks2) kesimpulan menjadi ide pokok 3) Kesimpulan menentukan fakta. 4) Kesimpulan menjadi rangkuman keseluruhan.
Pernyataan yang sesuai dengan kesimpulan ditunjukkan pada nomor....
A. 1)
B. 2)
C. 3)
D. 4)

16. Pelanggaran peraturan berlalu lintas di jalan raya yang dilakukan pengemudi becak itu diakui oleh Kepala Dishub Kota Solo, Yosca Herman Soedrajad. Dia merasa kesulitan menertibkan para pengemudi becak yang melanggar aturan lalu lintas karena becak tidak teregistrasi. Namun, pihak terkait, seperti kepolisian dan Dishub harus segera mengatasi persoalan itu. Pelanggaran lalu lintas yang banyak dilakukan pengemudi becak itu sangat berbahaya, baik bagi mereka sendiri maupun pengguna jalan lain.

Simpulan isi teks tersebut adalah ....
A. Para pengemudi becak harus diberi pemahaman tentang tertip berlalu lintas.
B. Jika karena tak teregistrasi pengemudi becak tidak bisa dikani tilang maka harus dicari jalan lain agar mereka mau menaati aturan lalu lintas
C. Harus ada pembicaraan dua arah, antara organisasi atau perkumpulan pengemudi becak dan pihak-pihak terkait.
D. Pengemudi becak juga harus diperlakukan sama para pengemudi kendaraan yang lain, jangan ada anak emas dalam penertiban berlalu lintas

17. Perubahan lingkungan dapat terjadi karena proses alamiah dan sebagai akibat dari ulah manusia. Perubahan lingkungan yang disebabkan proses alamiah, misalnya gunung meletus. perubahan musim, serta pergantian siang dan malam. Adapun perubahan lingkungan karena aktivitas manusia, misalnya perburuan hewan, penebangan hutan, pembangunan jalan, dan pembangunan bendungan. Perubahan lingkungan menyebabkan perubahan jumlah individu yang menempati suatu daerah tertentu sehingga muncul istilah hewan dan tumbuhan langka atau mendekati kepunahan.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....
A. Proses terjadinya hewan langka di bumi.
B. Hewan langka terjadi karena ulah manusia terhadap alam.
C. Manusia bertanggung jawab atas kelangkaan hewan di sekitarnya.
D. Perubahan jumlah individu terjadi karena proses alamiah dan akibat ulah manusia.

18. Keberadaan hutan sangat penting. Hutan merupakan tempat hidup berbagai jenis satwa liar. Saat ini jumlah satwa liar yang hidup di hutan semakin berkurang. Manusia terus memburu satwa liar yang ada di dalam hutan dan mengambil sumber daya yang ada. Jika kejadian ini dibiarkan terus-menerus, satwa liar dan hutan akan punah.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....
A. Kelestarian hutan sudah tidak dipedulikan lagi oleh manusia yang tidak brtanggung jawab.
B. Kelestarian hutan perlu dijaga agar satwa liar di hutan tidak penuh
C. Manusia terus memanfaatkan hutan demi kepentingan dirinya tanpa tanggung jawab.
D. Bila pembabatan hutan terus dilakukan tanpa aturan, hutan akan habis.

19. Tumbuhan merupakan sumber kehidupan yang ada di sekitar kita.Tumbuhan memberi banyak manfaat bagi kehidupan manusia.Bagian tumbuhan dapat digunakan sebagai bahan makanan, baik daun,buah maupun bagian lainya.Tumbuhan dapat membuat udara sejuk karena mampu menghasilkan oksigen.Tumbuhan juga dapat dibuat menjadi perabot rumah tangga dan kerajinan bernilai tinggi.Selain itu,tumbuhan dapat dibuat menjadi obat untuk menjaga kesehatan manusia.

Kesimpulan dari teks di atas adalah....
A. Manfaat tumbuhan bagi hewan
B. Cara tumbuhan berkembang biak
C. Tumbuhan dapat menghasilkan oksigen
D. Manfaat tumbuhan bagi manusia 

20. Lidah buaya bersifat merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Dalam lendir lidah buaya terkandung zat lignin yang mampu menembus dan meresap kedalam kulit. Lensir ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Hasilnya, kulit tidak terlihat kering dan terlihat awet muda.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ....
A. Lendir dalam lidah buaya menjadikan kulit terlihat kering karena kandungan zat lignin tidak mampu menembus kulit.
B. Lidah buaya mampu merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit karena mengandung berbagai jenis lendir yang baik untuk kulit
C. Manfaat lidah buaya dapat kita rasakan antara lain menghaluskan kulit dan merawat keremajaan kulit.
D. Zat lignin yang terkandung dalam lendir lidah buaya mampu meresap kedalam kulit sehingga kulit tidak terlihat kering.

21. Dalam mendiagnosis batu ginjal, pertama-tama dokter mencoba menggali keterangan dari pasien, seputar gejala-gejala yang dialaminya. Biasanya dokter akan menanyakan apakah pasien mempunyai riwayat menderita batu ginjal sebelumnya atau tidak. Dokter juga akan menanyakan apakah pasien memiliki keluarga yang berpenyakit ama atau apakah belakangan pasien sering mengonsumsi makanan atau suplemen yang memicu terbentuknya penyakit itu.

Kalimat simpulan yang sesuai isi paragraf tersebut adalah ....
A. Langkah-langkah yang dilakukan dokter untuk mencari informasi seputar penyakit yang diderita pasien sangat penting.
B. Langkah-langkah yang perlu dilakukan dokter untuk mencari informasi tentang riwayat penyakit batu ginjal si pasien.
C. Berbagai pertanyaan akan diajukan dokter kepada keluarga pasien yang dirawatnya agar penyakit pasien cepat dapat diatasi.
D. Diagnosis dokter tentang makanan dan minuman si pasien penderita batu ginjal akan menentukan pengobatannya.

22. Kehilangan es multitahun ini merupakan masalah kronis di Arktik. Sebab, es di sini membentuk pusat es tahun depan dan merupakan habitat paus, singa laut, dan burung. "Juga berperan mengurangi jumlah panas yang ditampung laut saat musim panas," kata Moon. Jika hanya ada sedikit es yang mengapung di permukaan Arktik, laut berwarna gelap akan menyerap lebih banyak energi matahari.

Simpulan isi teks di atas adalah ....
A. Es berperan mengurangi panas yang ditampung laut musim panas.
B. Es di Arktik merupakan habitat paus, singa laut, dan burung.
C. Kehilangan es merupakan masalah kronis Arktik
D. Sedikit es mengapung membuat laut lebih banyak menyerap energi matahari.

23. Banyak iklan yang menawarkan jasa untuk menurunkan berat badan. Ada yang melalui tusuk jarum, sedot lemak, minum jamu, atau minum teh hijau. Jenis diet pun bermacam-macam ada diet macan yang lebih mementingkan konsumsi daging. Ada diet buah-buahan membatasi makan nasi dan makanan berkarbohidrat tinggi. Beragam kiat dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Kesimpulan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A. Kaum wanita berlomba-lomba melakukan diet dengan berbagai cara agar terlihat cantik.
B. Biaya yang diperlukan untuk menurunkan berat badan tidak mahal apabila dilakukan dengan berolahraga.
C. Pada remaja di kota-kota besar sering kesulitan untuk melakukan diet di salon atau dokter.
D. Banyaknya iklan penawaran diet membingungkan konsumen untuk memilih cara yang efektif.

4. Disebut-sebut, kemampuan turun-temurun Banun ini tak hanya ampuh mengobati patah-tulang orang-orang tani, tapi juga bisa mempertautkan kembali lutut kuda yang retak, akibat bendi yang dihelanya terguling lantaran sarat muatan. Kedua, Banun dukun beranak yang kendalanya lebih dipercayai ketimbang bidan desa yang belum apa-apa sudah angkat tangan, lalu menyarankan pasien buntingnya bersalin di rumah sakit kabupaten. Sedemikian mumpuninya kemampuan Banun kedua ini, bidan desa merasa lebih banyak menimba pengalaman dari dukun itu ketimbang dari buku-buku semasa di akademi.

Simpulan karakter tokoh Banun dalam kutipan cerita pendek di atas adalah ....
A. Orang yang tak punya kecakapan apa-apa
B. Orang yang punya kecakapan, tetapi tak mau berbagi
C. Orang yang tidak mempunyai kecakapan tetapi mau berbagi
D. Orang dengan kecakapan yang diakui 

25. Seorang petani jagung memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari, bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung dapat dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk seperti tongkol, pada mulanya berupa sekuntum bunga.

Kesimpulan paragraf tersebut adalah .... 
A. Jagung berkembang biak melalui biji
B. Buah jagung seperti tongkol
C. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung dapat dipanen
D. Setelah tiga sampai empat hari, bakal tanaman akan muncul 

26. Selesai belajar, dia menyuruh saya pulang karena hendak pergi mencari jangkrik. Saya langsung ingin menyatakan ingin ikut, tapi dia keberatan. Ayah dan ibunya pun melarang. Saya memang sering mendengar anak-anak beramai-ramai berangkat ke sawah untuk mencari jangkrik. Jangkrik-jangkrik yang diperoleh nantinya dapat dijual atau hanya sebagai koleksi, ditempatkan di sebuah kotak, lalu sesekali digelitik dengan lidi atau sehelai ijuk agar berteriak lantang. Dari apa yang saya dengar itu, proses mencarinya sangat mengasyikan. Sayang, Ayah tidak pernah membolehkan saya. Namun, malam itu saya nekat dan sahabat saya itu akhirnya tidak kuasa menolak.

Simpulan karakter tokoh saya dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. orang yang tak tahu diri
B. orang yang ingin menang sendiri
C. orang yang memunyai kemauan yang kuat
D. orang yang tidak memunyai kemauan

27. Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai daerah, juga di Indonesia. Contohnya, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Kesimpulan dari paragraf tersebut adalah ....
A. Jagung penghasil karbohidrat
B. Jagung makanan pokok penduduk Pulau Madura
C. Jagung adalah tanaman di Indonesia
D. Jagung sangat penting di Indonesia

28. ASI atau air susu ibu adalah sumber makanan utama bagi bayi. ASI mengandung banyak nutrisi penting bagi bayi. ASI mengandung asam amino yang diperlukan untuk proses tumbuh kembang otak bayi. Selain itu, ASI mengandung zat untuk kekebalan tubuh bayi.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. ASI adalah sumber makanan utama bagi bayi
B. ASI adalah sumber makanan utama bayi karena mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk bayi
C. ASI mengandung zat untuk kekebalan bayi
D. Asam amino diperlukan untuk proses tumbuh kembang otak bayi

29. Manusia dan hewan memerlukan makanan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jenis tumbuhan yang banyak mengandung sumber energi perlu dikonsumsi setiap hari. Ada beragam jenis tumbuhan yang mengandung karbohidrat, seperti padi, jagung, dan umbi-umbian. 

Kesimpulan dari paragraf tersebut adalah ....
A. Makanan merupakan sumber energi bagi manusia dan hewan
B. Makanan manusia dan hewan adalah tumbuhan berkarbohidrat
C. Makanan manusia dan hewan yaitu padi, jagung dan umbi-umbian
D. Makanan merupakan sumber karbohidrat bagi manusia

30. Meski terlihat mungil dan berukuran kecil, tetapi menanam bonsai cukup sulit. Teknik menanam bonsai sama sekali tidak bisa disepelekan. Sebab, seorang penanam bonsai harus menguasai berbagai teknik perawatan.

Simpulan paragraf di atas adalah ... .
A. Teknik menanam bonsai sama sekali tidak bisa disepelekan.
B. Bonsai bentuknya mungil dan berukuran kecil
C. Cara menguasai teknik perawatan bonsai cukup sulit
D. Menanam bonsai cukup sulit karena harus menguasai berbagai teknik perawatan

31. Meski terlihat mungil dan berukuran kecil, tetapi menanam bonsai cukup sulit. Teknik menanam bonsai sama sekali tidak bisa disepelekan. Sebab, seorang penanam bonsai harus menguasai berbagai teknik perawatan.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Teknik menanam bonsai sama sekali tidak bisa disepelekan
B. Bonsai bentuknya mungil dan berukuran kecil
C. Cara menguasai teknik perawatan bonsai cukup sulit
D. Menanam bonsai cukup sulit karena harus menguasai berbagai teknik perawatan

32. Kadang kita mungkin harus mengonsumsi minuman manis setiap hari. Tapi, hal itu tidak baik bagi tubuh. Untuk mengatasi keinginan itu, kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka atau melon.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Minuman manis dapat diganti dengan mengonsumsi buah yang berair banyak
B. Minum minuman manis tidak baik bagi tubuh
C. Semangka dan melon adalah buah yang mengandung banyak air
D. Kita mungkin harus mengonsumsi minuman manis setiap hari

33. Kadang kita mungkin harus mengonsumsi minuman manis setiap hari. Tapi, hal itu tidak baik bagi tubuh. Untuk mengatasi keinginan itu, kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka atau melon.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Minuman manis dapat diganti dengan mengonsumsi buah yang berair banyak
B. Minum minuman manis tidak baik bagi tubuh
C. Semangka dan melon adalah buah yang mengandung banyak air
D. Kita mungkin harus mengonsumsi minuman manis setiap hari

34. Walaupun dianggap sebagai gulma, eceng gondok juga mempunyai manfaat. Eceng gondok dapat dijadikan peluang usaha sebagai bahan dasar kerajinan tangan. Bagian tumbuhan eceng gondok yang sudah dikeringkan ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tas, kopor, sandal, keranjang, tatakan gelas, tikar, dan sebagainya. Akhir-akhir ini eceng gondok juga banyak dimanfaatkan untuk mendukung industri mebel, yakni sebagai pengganti rotan yang harganya semakin melangit.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Eceng gondok dimanfaatkan untuk bahan kerajinan tangan dan industri mebel
B. Eceng gondok dapat dijadikan bahan kerajinan yang berkualitas tinggi
C. Eceng gondok sebagai pengganti rotan yang harganya semakin melangit.
D. Eceng gondok dibuat tas, kopor, sandal, keranjang, tatakan gelas, dan tikar

35. Pembangunan dan aktivitas manusia juga turut mengancam keberadaan penyu. Penyu bertelur di pinggir pantai. Di sisi lain, aktivitas manusia di pantai terus meningkat. Penyu jadi bingung mencari tempat untuk bertelur. Lama kelamaan, tempat tinggal penyu akan hilang.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Pembangunan dan aktivitas manusia berpengaruh terhadap perilaku penyu
B. Pembangunan dan aktivitas manusia terus meningkat
C. Pembangunan dan aktivitas manusia yang terus meningkat bisa menghilangkan tempat tinggal penyu
D. Penyu bertelur di pinggir pant

36. Permainan sepakbola menuntut kemampuan teknik dasar yang baik. Teknik dasar ini merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki pemain agar dapat mengembangkan kemampuan dan keahliannya lebih lanjut. Penguasaan teknik dasar yang baik akan memberikan suguhan permainan sepak bola yang menarik.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Teknik dasar dalam permainan sepakbola
B. Permainan sepakbola menuntuk kemampuan teknik dasar yang baik supaya menyuguhkan permainan yang menarik
C. Teknik dasar harus dimiliki pemain agar mampu mengembangkan kemampuan dan keahliannya
D. Permainan sepakbola harus disuguhkan secara menarik

37. Hewan Komodo yang paling besar di Indonesia sendiri pernah diukur tinggi serta beratnya yakni mencapai 166 kg dan panjangnya mencapai 3 meter. Namun pada umumnya sendiri panjang dan berat komodo ini hanya sekitar 91 kg dan 2,5 meter. Untuk beberapa jenis komodo sendiri memang ada yang mencapai panjang dan berat melebihi rata-rata.

Informasi yang terdapat pada paragraf tersebut adalah ....
A. berat dan panjang rata-rata komodo
B. habitat komodo
C. sejarah komodo di Indonesia
D. kebiasaan dan tingkah laku komodo

38. Betakaroten atau vitamin A merupakan zat gizi penting yang diperlukan mata. Zat ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, tetapi dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah penyakit katarak yang kerap menimpa para lansia. Untuk itu, anak-anak perlu mengonsumsi betakaroten sejak dini.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Betakaroten sangat penting untuk mata sehingga anak-anak perlu mengonsumsinya.
B. Betakaroten disebut juga vitamin A
C. Betakaroten tidak dapat menyembuhkan kebutaan
D. Betakaroten dapat mencegah penyakit katarak karena bersifat antioksidan

39. Beruang madu juga termasuk kedalam tergolong pemakan segala. Mereka tidak hanya mengkonsumsi madu sesuai namanya, namun mereka juga memakan beragam buah serta tumbuhan dalam hutan hujan tropis, termasuk juga tumbuhan jenis palem. Selain madu dan tanaman, beruang madu pun senang memakan serangga, burung, serta binatang-binatang kecil lainnya.

Informasi penting berdasarkan teks tersebut adalah ....
A. habitat beruang madu
B. jenis makanan beruang madu
C. populasi beruang madu
D. tingkah laku dan kebisaan beruang madu

40. Minggu lalu, saya berekreasi ke Taman Tirta. Suasananya sangat menyenangkan. Sayangnya, ada hal yang membuat kami tidak nyaman. Sampah-sampah berserakan di kawasan Taman Tirta. Ternyata, fasilitas tempat sampah sangat minim sehingga tidak cukup untuk menampung sampah para pengunjung.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Suasana Taman Tirta sangat menyenangkan
B. Sampah-sampah berserakan di Taman Tirta karena minimnya tempat sampah
C. Taman Tirta adalah tempat rekreasi yang sangat menyenangkan walaupun banyak sampah
D. Tempat sampah di Taman Tirta sangat sedikit sehingga membuat tidak nyaman

41. Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Biasanya, terkait dengan tanda-tanda penyakit saluran napas lainnya. Seperti, hidung tersumbat atau batuk. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu agar lebih nyaman ketika sakit, dapat dilakukan dengan minum air hangat yang diberi air perasan jeruk lemon dan madu.

Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ....
A. Penyakit tenggorokan disebabkan kebanyakan oleh virus.
B. Tanda-tanda penyakit tenggorokan adalah hidung tersumbat.
C. Usaha meringankan rasa sakit ketika menderita sakit tenggorokan.
D. Sakit tenggorokan dapat dikurangi dengan minum air perasan jeruk lemon.

42. Leptospirosis adalah penyakit akibat bakteri Leptospira sp. Bakteri ini dapat ditularkan dari hewan pada manusia atau sebaliknya. Apabila tikus terinfeksi, tinja atau kencingnya dapat menularkan virus pada manusia. Penyakit ini juga disebut penyakit weil, demam sawah, demam pemotong tebu, demam lumpur, dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus menjaga kebersihan lingkungan

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Leptospirosis juga disebut penyakit weil, demam sawah, demam pemotong tebu, demam lumpur, dan lain-lain.
B. Leptospirosis dapat ditularkan dari hewan pada manusia atau sebaliknya.
C. Leptospirosis adalah penyakit akibat bakteri Leptospira sp.
D. Kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit leptospirosis.

43. Tidur merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Orang yang tidur 8 jam per malam, bisa dipastikan lebih sehat dibandingkan orang yang sering bangun sepanjang malam. Tidur yang baik memulihkan sistem imun. Ketika tidur pulas di malam hari, kadar melatonik meningkat dan memperbaiki imunitas.

Simpulan paragraf tersebut yang tepat adalah ....
A. Tidur yang cukup sebaiknya kurang dari 8 jam sehari.
B. Tidur yang cukup dapat meningkatkan imunitas diri.
C. Tidur dengan waktu cukup dan berkualitas dapat melindungi diri dari penyakit.
D. Tidur yang cukup adalah tidur yang tidak bangun-bangun sepanjang malam

44. Kantong plastik juga membahayakan penyu. Di dalam air, kantong plastik yang transparan akan terlihat menyerupai ubur-ubur. Sementara itu, ubur-ubur adalah makanan kesukaan penyu. Penyu akan mengira plastik itu adalah ubur-ubur. Jika penyu memakan plastik itu, penyu akan mati.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Bahaya kantong plastik bagi penyu
B. Plastik transparan di laut membahayakan penyu karena bisa dikira makanannya
C. Penyu sangat suka makan ubur-ubur
D. Penyu suka makan kantong plastik yang transparan di laut

45. Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai daerah, juga di Indonesia. Contohnya, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Kesimpulan bacaan di atas adalah ....
A. Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai daerah
B. Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok
C. Jagung merupakan makanan pokok penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.
D. Penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya

46. Pembangunan dan aktivitas manusia juga turut mengancam keberadaan penyu. Penyu bertelur di pinggir pantai. Di sisi lain, aktivitas manusia di pantai terus meningkat. Penyu jadi bingung mencari tempat untuk bertelur. Lama kelamaan, tempat tinggal penyu akan hilang.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Pembangunan dan aktivitas manusia berpengaruh terhadap perilaku penyu
B. Pembangunan dan aktivitas manusia terus meningkat
C. Pembangunan dan aktivitas manusia yang terus meningkat bisa menghilangkan tempat tinggal penyu.
D. Penyu bertelur di pinggir pantai

47. Kelebihan cairan juga tidak baik untuk tubuh. Hal ini terutama saat melakukan olahraga berat. Ternyata kelebihan minum air saat olahraga itu bisa menyebabkan kekurangan natrium yang bisa menyebabkan otak bengkak. Selain itu, kelebihan minum air saat olahraga berat dapat membuat seseorang tiba-tiba menjadi kejang-kejang, kesadaran menurun, dan gejala mual.

Ide pokok dari bacaan di atas adalah ....
A. Akibat negatif jika kelebihan cairan yang masuk ke tubuh
B. Kelebihan cairan ditubuh akibat sering minum
C. Kelebihan minum air saat olahraga berat
D. Kelebihan makan daat menyebabkan kegemukan

48. Berikut ini yang tidak termasuk langkah menyimpulkan isi paragraf adalah ....
A. Membaca intensif
B. Membaca paragraf
C. Menentukan ide pokok 
D. Membuat kesimpulan

49. Penyakit influenza adalah penyakit yang sangat mudah ditransfer. Penyakit ini menyebar melalui kontak langsung dari satu orang ke orang lain. Menurut temuan terbaru, penyebaran virus influenza terkait erat dengan kelembaban. Di negara-negara beriklim seperti Amerika Utara dan Eropa, wabah flu biasanya terjadi di musim dingin. Di negara tropis, influenza menyebar di musim hujan.

Ide pokok dari bacaan di atas adalah ....
A. sejenis penyakit yang mudah ditularkan
B. mudah ditransfer
C. penyebaran penyakit influenza
D. penyebab influenza

50. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat kesimpulan, kecuali ....
A. Menyimak dengan baik teks yang didengar
B. Mencatat pokok informasi
C. Mengambil kalimat utama
D. Menggunakan kosa kata baku

51. Pendidikan karakter penting bagi pelajar. Pendidikan karakter tak hanya diterapkan di sekolah saja, tapi di rumah dan di lingkungan sosial. Peserta pendidikan karakter tidak hanya anak usia dini hingga remaja, tetapi juga usia dewasa. Pendidikan karakter penting bagi pelajar karena kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Sudahkah kalian menyadarinya?

Pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang harus memiliki karakter kuat dan tangguh untuk menghadapi segala tantangan yang akan datang. Banyak kasus korupsi, penurunan moral, dan penurunan kualitas sumber daya manusia merupakan alasan utama pendidikan karakter penting diterapkan di sekolah. Tentukan kualitas sumber daya manusia pada tahun 2021 juga menjadi faktor penting pendidikan karakter bagi pelajar.

Ringkasan yang tepat dari teks tersebut adalah ....
A. Pendidikan karakter harus diterapkan baik di sekolah maupun di lingkungan sosial
B. Pendidikan karakter penting bagi pelajar mengingat pelajar adalah generasi penerus bangsa.
C. Pendidikan karakter remaja penting diberikan baik di sekolah, maupun di lingkungan sosial.
D. Pelajar harus memiliki karakter yang kuat karena adanya penurunan kualitas sumber daya manusia saat ini.

52. Kesimpulan yang baik berisikan berikut ini, kecuali ....
A. pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca
B. suatu pernyataan yang dibuat berdasarkan kalimat pendukung
C. dimulai dari khusus ke umum
D. menggunakan kosakata baku

53. Gedung-gedung puskesmas pada tingkat kecamatan dan kelurahan di wilayah Jakarta Timur berada dalam kondisi yang tidak baik. Banyak di antara gedung-gedung tersebut bangunannya hampir roboh. Sejumlah 53 puskesmas dari 88 bangunan terhitung rusak. Banyak bangunan puskesmas yang pada bagian kusen dan temboknya mulai retak.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Kerusakan bangunan yang disebabkan oleh rayap
B. Kerusakan gedung Puskesmas
C. Bangunan yang rusak di Jawa Timur
D. Jumlah bangunan yang rusak

54. Meski terlihat mungil dan berukuran kecil, tetapi menanam bonsai cukup sulit. Teknik menanam bonsai sama sekali tidak bisa disepelekan. Sebab, seorang penanam bonsai harus menguasai berbagai teknik perawatan.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Teknik menanam bonsai sama sekali tidak bisa disepelekan.
B. Bonsai bentuknya mungil dan berukuran kecil
C. Cara menguasai teknik perawatan bonsai cukup sulit
D. Menanam bonsai cukup sulit karena harus menguasai berbagai teknik perawatan

55. Leptospirosis adalah penyakit akibat bakteri Leptospira sp. Bakteri ini dapat ditularkan dari hewan pada manusia atau sebaliknya. Apabila tikus terinfeksi, tinja atau kencingnya dapat menularkan virus pada manusia. Penyakit ini juga disebut penyakit weil, demam sawah, demam pemotong tebu, demam lumpur, dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus menjaga kebersihan lingkungan

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit leptospirosisin.
B. Leptospirosis dapat ditularkan dari hewan pada manusia atau sebaliknya.
C. Leptospirosis adalah penyakit akibat bakteri Leptospira sp.
D. Leptospirosis juga disebut penyakit weil, demam sawah, demam pemotong tebu, demam lumpur, dan lain-lain.

56. Kadang kita mungkin harus mengonsumsi minuman manis setiap hari. Tapi, hal itu tidak baik bagi tubuh. Untuk mengatasi keinginan itu, kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan yang mengandung banyak air, seperti semangka atau melon.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Minuman manis dapat diganti dengan mengonsumsi buah yang berair banyak

B. Minum minuman manis tidak baik bagi tubuh
C. Semangka dan melon adalah buah yang mengandung banyak air
D. Kita mungkin harus mengonsumsi minuman manis setiap hari

57. Sudah satu minggu hujan deras mengguyur kota Jakarta,sehingga membuat kota Jakarta terendam banjir.Oleh karena itu banyak sekali warga Jakarta mengalami kerugian besar.Warga meminta kepada pemerintah agar lebih serius menangani masalah banjir di ibukota.

Simpulan dari paragraf diatas adalah ....
A. Banyak kerugian yang dialami warga ketika banjir.
B. Hujan yang terus menerus menyebabkan kota Jakarta banjir.
C. Selama banjir pemerintah menyediakan kebutuhan warganya.
D. Banjir yang melanda kota Jakarta membuat pemerintah harus lebih serius menanganinya.

58. Walaupun dianggap sebagai gulma, eceng gondok juga mempunyai manfaat. Eceng gondok dapat dijadikan peluang usaha sebagai bahan dasar kerajinan tangan. Bagian tumbuhan eceng gondok yang sudah dikeringkan ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan tas, kopor, sandal, keranjang, tatakan gelas, tikar, dan sebagainya. Akhir-akhir ini eceng gondok juga banyak dimanfaatkan untuk mendukung industri mebel, yakni sebagai pengganti rotan yang harganya semakin melangit.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Eceng gondok dimanfaatkan untuk bahan kerajinan tangan dan industri mebel
B. Eceng gondok dapat dijadikan bahan kerajinan yang berkualitas tinggi
C. Eceng gondok sebagai pengganti rotan yang harganya semakin melangit.
D. Eceng gondok dibuat tas, kopor, sandal, keranjang, tatakan gelas, dan tikar

59. Menurut Wapres, kelalaian penanganan TKI ilegal merupakan kesalahan komulatif (tertimbun) dan harus segera dibenahi. Namun, bukan berarti selama ini pemerintah tidak serius menangani masalah TKI. Terutama persyaratan pemulangan TKI seperti yang terjadi di Nunukan.

Kesimpulan dari teks berita di atas adalah ....
A. Selama ini pemerintah tidak serius menanggulangi masalah TKI.
B. Pemerintah tidak pernah lalai dalam penanganan TKI.
C. Wapres mengakui bahwa kelalaian penanganan TKI adalah kesalahan bersama dan akan segera dibenahi
D. Pemulangan besar-besaran TKI ilegal merepotkan pemerintah.

60. Permainan sepakbola menuntut kemampuan teknik dasar yang baik. Teknik dasar ini merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki pemain agar dapat mengembangkan kemampuan dan keahliannya lebih lanjut. Penguasaan teknik dasar yang baik akan memberikan suguhan permainan sepak bola yang menarik.

Simpulan paragraf di atas adalah ....
A. Teknik dasar dalam permainan sepakbola
B. Permainan sepakbola menuntuk kemampuan teknik dasar yang baik supaya menyuguhkan permainan yang menarik
C. Teknik dasar harus dimiliki pemain agar mampu mengembangkan kemampuan dan keahliannya
D. Permainan sepakbola harus disuguhkan secara menarik