Soal AKM Menemukan Informasi Tersurat (Siapa, Kapan, Di mana, Mengapa, Bagaimana) Teks Sastra

sentralsoal.com - Selamat datang di sentral soal AKM. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan kumpulan contoh soal AKM Literasi Membaca menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana) pada teks sastra dilengkapi dengan kunci jawaban terbaru. Harapannya, contoh soal yang admin bagikan ini dapat membantu Bapak, Ibu Guru, dan peserta didik dalam mencari contoh soal AKM Literasi Membaca menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana) pada teks sastra.

Soal AKM Menemukan Informasi Tersurat (Siapa, Kapan, Di mana, Mengapa, Bagaimana) Teks Sastra

Gambar: freepik.com

1. Sebagai seorang ilmuan, Yus Rusyana selain banyak melakukan penelitian dan menulis buku. ia juga menulis banyak karya sastra. sebagai seorang sastrawan, Yus Rusyana pernah mendapatkan hadiah sastra rancage pertama (1998) untuk karyanya yang berjudul jajaten ninggang papasten.

Informasi berdasarkan teks tersebut adalah ....
A. produktivitas ilmuan Yus Rusyana
B. kepintaran seorang ilmuan
C. kejujuran Yus Rusyana
D. kesederhanaan seorang ilmuan

2. Burung merpati memiliki beragam jenis warna, antara lain cokelat, putih, hitam, atau perpaduan dari beberapa warna tersebut Merpati memiliki semacam sensor dalam hidungnya yang digunakan untuk mengenali bau rumahnya. lnilah penyebab burung merpati dapat pulang ke rumahnya setelah terbang jauh. Makanan burung ini adalah biji-bijian, seperti jagung, beras, kacang hijau, dan lain sebagainya. Bahkan, di daerah desa burung merpati biasa memakan gabah yang sedang dijemur oleh petani.

Bagaimana burung merpati dapat kembali ke kandangnya setelah terbang jauh ....
A. Memakan biji-bijian agar awas
B. Memanfaatkan jenis warna
C. Mengepakkan sayapnya sekuat tenaga
D. Menggunakan sensor dalam hidungnya

3. Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen. Di negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cenderawasih, orang utan, dan komodo.

Informasi yang sesuai dengan teks tersebut adalah ....
A. Indonesia menjadi paru-paru dunia ke dua
B. Hutan lebat banyak terdapat di Indonesia
C. Banyak tumbuh-tuhan khas di Indonesia
D. Banyak hewan-hewan dan burung-burung di Indonesia

4. Berdasarkan bahan yang dikandung, minuman dapat dikelompokkan menjadi minuman berbahan soda dan berbahan alkohol. Minuman berbahan soda biasanya dapat menimbulkan efek menyegarkan, namun dapat menimbulkan rasa tidak enak di lambung(kembung). Minuman alkohol merupakan minuman yang mengandung alkohol di dalamnya. Selain dilarang oleh agama, minuman berbahan alkohol ini juga dapat menimbulkan berbagai macam penyakit pada tubuh kita, seperti penyakit liver dan kanker.

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ....
A. Minuman alkohol menimbulkan rasa segar
B. Minuman berbahan soda dapat menimbulkan penyakit
C. Minuman beralkohol dapat menimbulkan penyakit radang
D. Minuman berbahan soda lebih baik daripada alkohol

5. Kapitan Pattimura merupakan salah satu pahlawan nasional yang sangat gigih melawan penjajah Belanda. Beliau memiliki nama asli Thomas Matulesi. Ada juga yang mengatakan nama aslinya adalah Ahmad Lussi. Pattimura lahir di Hualoy, Seram Selatan, Maluku, pada tanggal 8 Juni 1783. Beliau meninggal di Maluku pada tanggal 16 Desember 1817. Pattimura adalah putra dari Frans Matulesi dan Fransina Silahoi.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. orang tua Pattimura bernama Frans Matulesi dan Fransina Silahoi.
B. kapitan Pattimura merupakan pahlawan yang ditakuti oleh penjajah.
C. kapitan Pattimura memiliki dua nama asli yang berbeda
D. kapitan pattimra meninggal pada usia 34 tahun

6. R.A. Kartini membaca banyak surat kabar atau majalah kebudayaan Eropa berbahasa Belanda yang menjadi langganan pada usianya misalnya karya Louis Coperus, antara lain De Stille Kraacht dan karya Van Eeden, Augusta de Witt, serta berbagai roman-roman beraliran feminis yang berbahasa Belanda. Selain itu, ia membaca buku karya Multatuli yang berjudul Max Havelaar dan Surat-Surat Cinta. Ketertarikannya dalam membaca membuat ia memiliki pengetahuan cukup luas soal ilmu pengetahuan dan kebudayaan. R.A. Kartini memberi perhatian khusus pada masalah emansipasi wanita, terutama melihat perbandingan antara wanita Eropa dan wanita pribumi. Selain itu, ia juga menaruh perhatian pada masalah sosial yang terjadi. Menurutnya, seorang wanita perlu memperoleh persamaan, kebebasan, otonomi, serta kesetaraan hukum.

Keistimewaan tokoh pada kutipan biografi tersebut adalah ....
A. Cukup membandingkan wanita Eropa dengan wanita pribumi
B. kepedulian terhadap emansipasi wanita dan masalah sosial
C. perhatian terhadap rakyat kecil dan kaum wanita
D. mengajak kaum wanita untuk rajin membaca

7. Pada tahun 2004, jalur bus Transjakarta mulai beroprasi dari Blok M menuju kota. Ini merupakan angkutan umum massal berbasis jalan atau bus (Bus Rapid Transit/BRT) yang menjadi cikal-bakal bertumbuhnya BRT di kota-kota besar di Indonesia selama 15 tahun terakhir. Setidaknya pada 2015 sudah ada lebih dari 10 kota di Indonesia yang mengembangkan transportasi umum Bus Rapid Transit (BRT). Meski dalam perkembangannya belum menunjukkan hasil yang signifikan mengatasi masalah transportasi kota. Nampaknya gagasan untuk terus menumbuhkembangkan transportasi umum Bus Rapid Transit (BRT) di masa mendatang ini akan berlanjut. Transportasi ini dapat mengubah pola warga kota dalam bertransportasi dan menunggu peran serta keterlibatan pemerintah daerah untuk memberi subsidi hingga membuat transportasi massal ini aman, nyaman, dan ramah bagi semua penumpang.

Informasi tersurat dalam bacaan tersebut adalah ....
A. Sudah lebih dari dua puluh tahun Transjakarta beroperasi dari Blok M menuju kota.
B. Transjakarta menjadi cikal-bakal tumbuhnya BRT di kota-kota besar lima tahun terkhir ini.
C. Tahun 2015 kota-kota di Indonesia sudah mengembangkan transportasi umum Bus Rapid Transit (BRT).
D. Gagasan untuk menumbuhkembangkan transportasi BRT ini akan dilanjutkan untuk mengubah pola warga dalam bertransportasi.

8. SDN Sangatta Selatan akan mengadakan lomba menulis puisi. Lomba ini diadakan dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional tanggal 2 Mei mendatang. Adapun peserta lomba adalah siswa kelas 4, 5, dan 6. Karya puisi yang terpilih akan dimuat di majalah dinding secara berkala. Selain itu, panitia juga menyiapkan hadiah yang menarik untuk peserta lomba. Tak hanya siswa yang mendapat juara lomba, seluruh partisipan lomba akan mendapatkan tropi dari sekolah. Lomba menulis puisi yang diselenggarakan ini juga bermanfaat untuk menggerakkan kegiatan literasi di sekolah. Kumpulan puisi yang tercipta akan dibukukan menjadi buku antologi puisi. Buku kumpulan karya siswa ini bisa dijadikan sebagai buku referensi literasi di sekolah.

Informasi tersurat yang terdapat dalam teks di atas adalah ....
A. Lomba menulis buku puisi
B. Lomba menulis buku referensi
C. Lomba menulis puisi
D. Lomba membaca puisi

9. Kebersihan lingkungan sangat diperlukan, jika lingkungan bersih kita akan merasa nyaman , tenang, dan konsentrasi dalam melakukan berbagai hal. Tapi jika tidak menjaga kebersihan lingkungan , kita akan mudah terserang penyakit. Kebersihan lingkungan perlu dijaga agar tidak menimbulkan berbagai penyakit. Contoh penyakit yang mungkin terjadi karena kita tidak menjaga kebersihan lingkungan , misalnya tifus, demam berdarah, cacingan , infeksi kulit, malaria, PES ataupun leptospirosis. Semua penyakit yang sudah disebutkan tersebut bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, kita sangat memerlukan kesadaan tentang kebersihan lingkungan dengan baik, lingkungan juga akan menjaga kita.

Informasi tersurat dalam paragraf kedua tersebut adalah ....
A. Kita sangat memerlukan kesadaran tentang kebersihan lingkungan.
B. Kebersihan lingkungan sangat diperlukan. 
C. Kebersihan lingkungan adalah salah satu hal yang wajib di suatu lingkungan.
D. Kebersihan lingkungan sangat penting bagi makhluk hidup yang ada di lingkungan tersebut.

10. Suatu hari terjadi kebakaran di kandang ayam. Di sana terdapat satu induk ayam dengan dua belas anaknya. Anak-anak ayam tersebut ketakutan. Induk tersebut membuka sayapnya dan meminta anak-anaknya berlindung di dalam sayapnya. Akhirnya, anak-anak ayam dapat selamat. Akan tetapi, sang induk mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan anak-anaknya.

Bagaimana cara induk ayam menjaga anak-anaknya ....
A. Memadamkan api dengan menggunakan sayapnya
B. Meminta anak-anaknya berlindung di dalam sayapnya
C. Meminta anak-anaknya segera pergi meninggalkan kandang
D. Mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan anak-anaknya

11. Kebersihan sangatlah penting untuk dijaga. Karena dengan kebersihan, akan tercipta kesehatan. Sebaliknya jika kita tidak menjaga kebersihan, maka penyakit akan mengintai kita. Oleh karena itu, marilah kita menjaga kebersihan dengan cara membersihkan lingkungan sekitar kita.

Isi tersirat teks persuasi di atas adalah ....
A. Memberi informasi tentang pentingnya menjaga kebersihan.
B. Pendapat tentang pentingnya menjaga kebersihan.
C. Meyakinkan pembaca tentang pentingnya menjaga kebersihan.
D. Mengajak para pembaca untuk menjaga kebersihan.

12. Tari kuda lumping adalah tari yang menggambarkan semangat kepahlawanan. Aspek kemiliteran pasukan berkuda juga digambarkan pada gerakan tarian tersebut. Hal ini terlihat dari gerakan-gerakan yang ritmis, dinamis, dan agresif. Melalui kibasan anyaman bambu menirukan gerakan seekor kuda di tengah peperangan.

Pernyataan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah ....
A. Tari kuda lumping diciptakan oleh para pahlawan dan militer
B. Tari kuda lumping adalah penghargaan dan dukungan rakyat jelata
C. Tari kuda lumping adalah tarian berkuda dan berperang
D. Tari kuda lumping menirukan gerakan kuda di tengah peperangan

13. Kita perlu menjaga kesehatan tubuh. Dengan tubuh yang sehat, kita dapat aktif menjalani kegiatan sehari-hari. Jika kesehatan tubuh tidak terjaga, tubuh akan mudah terkena penyakit. Kegiatan sehari-hari pun akan terganggu. Kita perlu ke dokter untuk mengatasinya. Setiap orang menginginkan tubuh yang sehat, baik jasmani maupun rohani. Tubuh yang sehat dapat diperoleh dengan cara mengatur pola makan dan istirahat. Makanan yang sehat dan bergizi mampu menambah energi tubuh agar tetap sehat. Istirahat yang cukup dapat menjaga daya tahan tubuh.

Informasi tersurat yang terdapat pada teks di atas adalah ....
A. hanya kesehatan jasmani yang diinginkan oleh semua orang
B. pola makan yang baik dan istirahat bisa menjaga kesehatan
C. menjaga kesehatan dengan cara memeriksana diri ke dokter
D. istirahat yang cukup dapat menjaga kekuatan otot dan tulang

14. Indonesia sebagai negara yang luas memiliki kekayaan alam dan sumber daya alam yang sangat besar. Beberapa daerah di Indonesia terkenal dengan hasil sumber daya alamnya baik itu berasal dari pertanian, perkebunan dan juga pertambangan. Sumber daya alam atau biasa disingkat SDA ada yang sifatnya tidak akan habis dan ada juga yang bisa habis. Untuk itu kita sebagai manusia mempunyai kewajiban untuk memelihara dan menjaga sumber-sumber daya yang ada di bumi ini.

Pernyataan yang sesuai dengan teks di atas adalah ....
A. perkebunan di Indonesia adalah sumber daya alam yang dapat diperbarui
B. kita harus memelihara dan menjaga sumber daya alam Indonesia
C. Indonesia terkenal dengan sumber daya alam pertanian saja
D. kekayaan laut Indonesia harus kita nikmati dan pelihara

15. Terumbu karang mempunyai banyak manfaat bagi biota laut. Terumbu karang menjadi tempat hidup beraneka macam satwa laut. Terumbu karang juga berguna sebagai tempat biota laut untuk mencari makan, berlindung, dan berkembang biak.

Pernyataan yang sesuai dengan paragraf diatas adalah ....
A. terumbu karang termasuk ekosistem tertua di dunia 
B. terumbu karang berfungsi pemecah ombak lautan
C. terumbu karang menjadi tempat berlindung biota laut
D. terumbu karang dapat dijadikan objek wisata modern

16. Musim hujan tahun ini datang agak terlambat. Akan tetapi, air yang tercurah dari langit sungguh tak terkira. Hujan lebat berlangsung beberapa jam tanpa henti. Air menggenang di mana-mana. Beberapa wilayah pemukiman penduduk terkena dampak. Tanaman di kebun rusak, Selokan dioenuhi sampah, Lumpur pun menghampiri. Warga bergotong-royong membersihkan lingkungan sekitar. Sejak pukul 06.30. seluruh warga keluar rumah. Mereka membawa alat-alat kebersihan. Dengan penuh semangat, mereka bekerja keras. Butir-butir keringat menetes dan membasahi pakaian. Anggota badan menjadi kotor. Namun, tekad mereka tidak surut. Itu semuanya demi memelihara lingkungan yang bersih dan sehat.

Informasi tersurat pada paragraf kedua adalah ....
A. Kamar rumah dipenuhi lumpur.
B. Pemukiman penduduk tenggelam
C. tenggelamTidak ada tanaman di kebun.
D. Sampah menyumbat selokan.

17. Rokok mempunyai bentuk silinder dari kertas berukuran panjang yang berisi daun tembakau yang telah dicacah. Rokok biasaya dijual dalam bungkusan yang umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan akibat merokok, misalnya kanker paru-paru dan serangan jantung.

Informasi tersurat cerita di atas adalah ....
A. harga rokok di pasaran dipatok dengan sangat mahal
B. orang terbiasa merokok akan mengalami kesedihan
C. orang yang merokok akan merasa sangat bahagia
D. kebiasaan merokok dapat merugikan kesehatan

18. Affandi lahir di Cirebon pada tahun 1907. Beliau adalah seorang pelukis kenamaan. Orang menyebut lukisan Affandi bergaya ekspresionistis, pelukis yang melukiskan apa saja yang tampak oleh mata dan juga apa yang tampak oleh perasaannya. Affandi sendiri mengaku tidak tahu apa-apa. Ia tidak peduli. Bahkan, ia bingung jika orang mengatakan lukisannya bagus. Padahal ia sendiri tidak tahu di mana letak bagusnya.

Informasi berikut yang sesuai dengan isi kutipan tersebut adalah ....
A. Affandi seorang pelukis bergaya ekspresionistis
B. Affandi sangat mengetahui keindahan lukisannya.
C. Sejak kecil Affandi belajar melukis secara mandiri.
D. Darah seni yang mengalir ditubuh Affandi dari orang tuanya.

19. Tepat pukul 09.30 bel tanda istirahat berbunyi. Siswa-siswi kelas 6 langsung berhamburan keluar kelas. Semua siswa tampak sumringah saling bersenda gurau satu sama lain. Berbeda dengan Roni. Ia tampak menyendiri. Dia merasa menyesal karena perbuatannya yang sering berbohong kepada teman-temannya. Dia ingin bermain dengan teman-teman. Rupanya mereka tidak mau dengan Roni karena dia sering berkata bohong.

Konflik yang terdapat dalam karya sastra di atas adalah ....
A. Roni dijauhi teman-temannya karena dia sering berkata bohong.
B. semua siswa tampak sumringah saling bersenda gurau saat keluar kelas.
C. bel istirahat berbunyi dengan sangat keras tepat pukul 09.30
D. Roni merasa ketakutan karena berjalan sendirian saat keluar kelas

20. Selama ini, masyarakat mengenal sosok Rossa Roslaina Handayani alias Rossa sebagai penyanyi. Namun, siapa sangka ibunda dari Rizky Langit Ramadhan ini juga jago berbisnis. Rossa memilih berinvestasi pada bidang properti. Ia menekuni bisnis jual-beli rumah sejak 2002. Guna melipatgandakan asetnya, Rossa membeli rumah di pasar sekunder untuk investasi. Lalu, penyanyi bersuara sopran ini akan menjualnya kembali.

Informasi tersurat yang terdapat pada kutipan teks tersebut adalah ....
A. Rossa sekarang beralih profesi menjadi penjual rumah.
B. Selain jago menyanyi, Rossa juga jago berbisnis.
C. Rossa mempunyai suara yang merdu.
D. Rossa seorang penyanyi yang mempunyai anak tunggal.

21. Tepat pukul 09.30 bel tanda istirahat berbunyi. Siswa-siswi kelas 6 langsung berhamburan keluar kelas. Semua siswa tampak sumringah saling bersenda gurau satu sama lain. Berbeda dengan Rudi. Ia tampak menyendiri. Dia merasa menyesal karena perbuatannya yang sering berbohong kepada teman-temannya. Dia ingin bermain dengan teman-teman. Rupanya mereka tidak mau dengan Rudi karena dia sering berkata bohong.

Amanat yang terdapat dalam karya sastra tersebut adalah ....
A. Anak yang suka berbohong akan punya banyak teman
B. Biasakan bersikap jujur dalam kehidupan sehari-hari
C. Jangan suka menyendiri jika ada teman di kelas
D. Kita harus banyak bersenda gurau dengan teman

22. Liliyana dikenal sebagai atlet yang ramah, disiplin, dan berkemauan keras ini akhirnya berhasil mendapatkan gelar juara pada turnamen All England. Pada tahun 2012, Liliyana Natsir dan Tontowi Ahmad membawa pulang gelar juara untuk Indonesia yang telah mengalami penantian panjang selama 33 tahun untuk prestasi ganda campuran All England. Gelar terakhir Indonesia dipersembahkan oleh pasangan Christian Hadinata dan Imelda Wiguna pada tahun 1979. Gelar juara ini adalah title premier pertama bagi Tontowi dan Liliyana.

Keistimewaan tokoh pada kutipan biografi tersebut adalah ....
A. Liliyana adalah atlet yang ramah.
B. Liliyana pernah bermain di turnamen All England.
C. Liliyana mendapatkan gelar juara All England bersama pasangan ganda campurannya Tontowi Ahmad.
D. Liliyana bermain bulu tangkis sejak kecil.

23. Setiap pukul dua pagi, berbekal sebatang bambu, kami sempoyangan memikul berbagai jenis makhluk laut yang harus sudah tersaji di meja pualam stanplat pada pukul lima, sehingga pukul enam sudah bisa di serbu ibu-ibu. Artinya, setelah kami laluasa untuk sekolah.

Amanat yang terkandung dalam cerpen tersabut adalah ....
A. Bekarjalah terlebih dahulu sebelum berangkat sekolah.
B. Setiap ibu rumah tangga harus memasak demi keluarganya.
C. Perbanyaklah makan ikan agar menjdi anak yang pandai di sekolah.
D. Bekarja harus tepat waktu agar mudah untuk mendapat rezeki.

24. Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan julukan Hamka adalah seorang ulama, sastrawan, sejarahwan, dan juga politikus yang sangat terkenal di Indonesia. Buya Hamka juga seorang pembelajar yang autodidak dalam bidang ilmu pengetahuan seperti filsafat, sastra, sejarah, sosiologi dan politik, baik Islam maupun Barat. Hamka dikenal sebagai seorang moderat. Beliau tidak pernah mengeluarkan kata-kata kasar dalam berkomunikasi. Beliau lebih suka memilih menulis roman atau cerpen dalam menyampaikan pesan-pesan moral Islam. Buya Hamka terkenal karena keteguhannya memegang prinsip yang diyakini. Inilah yang membuat semua orang menyeganinya.

Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. disegani banyak orang
B. sebagai ulama terkenal
C. teguh memegang prinsip
D. suka menulis roman atau cerpen

25. Pak Balia selalu tampil prima karena ia mencintai profesinya, menyenangi ilmu, dan lebih dari itu, amat menghargai murid-muridnya. Setiap representasi dirinya ia perhitungkan dengan teliti sebab ia juga paham di depan kelas ia adalah center of universe dan karena yang diajarkan adalah sastra, muara segala keindahan.

Amanat penggalan novel tersebut adalah ....
A. Jadilah guru sastra karena selalu menyenangkan. 
B. Jadilah guru yang profesional dan dapat menghargai orang lain.
C. Tampilah dengan prima dan penuh gaya jika akan mengajar.
D. Hargai diri sendiri aar dapat menghargai orang lain.

26. Minuman tradisional merupakan warisan nenek moyang yang harus dilestarikan. Minuman tradisional lebih sehat daripada minuman kemasan ala luar negeri. Sebaliknya, minuman kemasan ala luar negeri menggunakan bahan pengawet. Minuman tradisional lebih mudah dibuat sendiri daripada minuman ala luar negeri. Bahannya pun mudah didapatkan. Banyak orang lebih suka mengonsumsi minuman kemasan ala luar negeri daripada minuman tradisional. Keadaan tersebut disebabbkan minuman kemasan ala luar negeri lebih mudah didapatkan daripada minuman tradisional. Minuman tradisional hanya dapat dijumpai di tempat dan pada acara tertentu. Diperlukan pengenalan lebih jelas jenis minuman tradisional kepada masyarakat, khususnya remaja Indonesia.

Kalimat berikut yang merupakan tanggapan positif terhadap isi bacaan adalah ....
A. Sebaiknya produksi minuman tradisional dihentikan karena tidak laku dijual dan menggunakan bahan pengawet.
B. Selain minuman ala luar negeri lebih murah, minuman ala luar negeri lebih mudah didapat.
C. Sebaiknya Pemerintah mempromosikan minuman tradisional agar tidak kalah bersaing dengan minuman ala luar negeri.
D. Sebaiknya Pemerintah menghentikan peredaran bahan pengawet untuk pembuatan minuman tradisional.

27. Mereka yang masih semangat sekolah umumnya bekerja di warung mi rebus. Mencuci piring dan setiap malam pulang kerja harus menggerus tangan tujuh kali dengan tanah karena terkena minyak babi. Atau menjadi buruh pabrik kepiting. Berdiri sepanjang malam menyiangi kepiting untuk di paketkan ke Jakarta dengan resiko dijepit hewan nakal itu. Atau seperti aku, Arai, dan Jimbron menjadi kuli ngambat. 

Amanat yang terkandung dalam penggalan cerpen tersebut adalah ....
A. Bekerjalah di bidang apapun demi kelangsungan pendidikan.
B. Apa pun jenis pekerjaanya, lakukan dengan senang hati.
C. Segala resiko akibat pekerjaan yang di lakukan harus kita tanggung.
D. Jangan menjadi kuli karena akan merendahkan diri sendiri.

28. Aktivitas penambangan pasir darat secara ilegal semakin marak di Batam. Salah satunya, lahan kosong di kawasan Batu Besar, Nongsa. Lahan seluas 50 hektare mulai disulap pelaku penambangan illegal menjadi kubangan-kubangan besar demi meraih keuntungan pribadi. Aktivitas penambangan pasir seolah tidak mendapat perhatian serius dari pemerintah daerah ataupun aparat kepolisian setempat.

Tanggapan negatif berdasarkan kutipan tersebut adalah ....
A. Kegiatan para petambang hanya sekadar memenuhi kebutuhan ekonomi semata.
B. Para petambang berbuat seenaknya tanpa memikirkan dampak terhadap ekosistem lingkungan.
C. Kegiatan perusakan lingkungan tersebut menguntungkan masyarakat di sekitar lokasi penambangan.
D. Pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama mengatasi masalah kerusakan lingkungan tersebut.

29. Namun, aku memiliki filosofi baru bahwa berbuat yang terbaik pada titik di mana aku berdiri itulah sesungguhnya sikap yang realistis. Maka sekarang aku adalah orang yang paling optimis. Jika ku ibaratkan semangat manusia sebuah kurva, sebuah grafik, maka sikap optimis akan membawa kurva itu terus menanjak. Sebaliknya aku semakin terpatri dengn cita-cita agung kami ingin sekolah ke Prancis, menginjakan kaki di almamater suci Sorbonne, menjelajahi Eropa sampai ke Amerika. Tak pernah sedik pun terpikir untuk mengompromikan cita-cita itu.

Amanat penggalan novel tersebut adalah ....
A. Bersemangatlah aar hidup memiliki makna.
B. Bersikaplah optimis untuk dapat meraih cita-cita.
C. Belajarlah sampai ke negeri seberang agar pandai.
D. Jangan malas belajar jika ingin menjadi terkenal.

30. Pada siang hari tampak satu keluarga semut bekerja keras sepanjang musim panas. Keluarga semut bekerja sama mengumpulkan makanan. Mereka juga bekerja sama mengeringkan butiran-butiran gandum yang telah mereka kumpulkan selama musim panas. Saat itu seekor belalang yang kelaparan dengan sebuah biola di tangannya datang. Belalang memohon agar keluarga semut memberikan sedikit makanan untuk dirinya. “Apa? Tidakkah kamu telah mengumpulkan dan menyiapkan makanan untuk musim dingin yang akan datang ? Selama ini apa saja yang kamu lakukan sepanjang musim panas?” teriak Semut dengan terkejut. “Saya tidak mempunyai waktu untuk mengumpulkan makanan,” keluh Belalang. “Saya sangat sibuk membuat lagu. Tanpa saya sadari musim panas pun telah berlalu,” kata Belalang. Semut lalu mengangkat bahunya karena merasa gusar. “Membuat lagu katamu ya?” kata Semut. “Baiklah, setelah lagu tersebut telah kamu selesaikan pada musim panas, sekarang saatnya kamu menari!” kata semut.

Isi tersirat kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Jangan berikan bantuan kepada teman yang malas bekerja.
B. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya agar tidak menyesal.
C. Kita tidak harus mengikuti nasihat dari orang lain.
D. Jangan mudah terpengaruh oleh bujukan orang lain.

31. Setiap pukul dua pagi, berbekal sebatang bambu, kami sempoyangan memikul berbagai jenis makhluk laut yang harus sudah tersaji di meja pualam stanplat pada pukul lima, sehingga pukul enam sudah bisa di serbu ibu-ibu. Artinya, setelah kami laluasa untuk sekolah.

Amanat yang terdapat pada cuplikan novel di atas adalah ....
A. Bekarjalah terlebih dahulu sebelum berangkat sekolah.
B. Setiap ibu rumah tangga harus memasak demi keluarganya.
C. Perbanyaklah makan ikan agar menjdi anak yang pandai di sekolah.
D. Bekarja harus tepat waktu agar mudah untuk mendapat rezeki.

32. Ia menoleh ke sekeliling dan melihat banyak kerikil. Elang pergi ke sana dan mengambil satu dengan paruhnya, lalu memasukkan kerikil tersebut ke dalam guci. Air itu sedikit naik. Elang kembali dan membawa batu lainnya, hingga air makin meninggi. Elang terus memindahkan batu dan memasukkan ke dalam guci. Sedikit demi sedikit, air itu naik hingga akhirnya elang dapat mencapainya. Kemudian, Elang meminumnya dengan puas.

Penyebab terjadinya konflik dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Elang ingin mengukur kemampuannya.
B. Elang belajar memindahkan kerikil.
C. Elang kehausan dan ingin minum air.
D. Elang berjuang keras memindahkan guci.

33. Tetapi rasa gundah gulanaku kali ini bukan lagi karena mengenang Bang Rizani.Aku telah melepas kepergiannya dengan segala kesucian hati dan kejernihan asa. Aku tidak mungkin membohongi naluri keperempuananku. Sepuluh tahun menyendiri bukan waktu yang sekejap. Aku merasa bagaikan sepotong pualam yang tidak boleh tergores sedikitpun agar selalu berharga di mata banyak orang.

Nilai moral yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dalam kutipan tersebut adalah ....
A. Seorang istrinya selalu mengenang suaminya yang telah meninggal.
B. Seorang istri yang setia sampai mati terhadap suaminya.
C. Seorang wanita ibarat sepotong pualam yang sewaktu-waktu dapat pecah.
D. Seorang wanita yang telah ditinggal mati suaminya dapat menjaga diri.

34. Warga kelurahan Berok Nipah akan membudayakan kembali Surau. Anak-anak harus shalat berjamaah setiap waktu di surau. Setiap hari minggu mereka harus mengikuti kegiatan didikan subuh di surau dekat rumah adat masing-masing. begitu juga pada bulan Ramadhan. Anak-anak mengikuti pesantren ramadhan. Sejak saat itu tidak ada lagi anak-anak bermain dimalam hari.

Informasi tersirat pada teks tersebut adalah....
A. Mewajibkan mengikuti pesantren ramadhan.
B. Menanam ajaran agama sejak dini
C. Menanamkan agar shalat berjamaah
D. Membiasakan shalat subuh di surau

35. Prabawati beberapa hari tinggal bersedih karena kepergian suaminya untuk mencari nafkah tetapi, sahabat-sahabatnya membujuknya dengan menyuruhnya mencari seorang kekasih. Prabawati menetapkan untuk mencoba berbuat demkian, lalu berhias lah ia. Burung bayan betina mencoba mencegah perbuatan itu dengan memperlihatkan betapa salahnya kelakuan demikian. Tetapi, hasilnya ia hampir dipatahkan lehernya oleh prabawati. Untunglah ia menghindarinya.

Pesan moral yang tersirat dari penggalan cerita di atas adalah ....
A. Sayangilah binatang peliharaan.
B. Jangan turuti bujukan menyesatkan.
C. Jangan menyakiti pihak yang mau memperingati kesalahan kita.
D. Jadilah seorang suami yang mau bekerja keras.

36. Selain melakukan diet, olahraga merupakan cara yang dapat mengatasi masalah kegemukan. Hal ini pada kenyataan tidak hanya pada orang dewasa, melainkan juga pada anak-anak. Hanya saja, beberapa anak merasa malas untuk melakukan kegiatan fisik, apalagi jika televisi telah menghipnotisnya.

Informasi yang tersirat pada teks tersebut adalah....
A. Olahraga merupakan cara yang dapat mengatasi masalah kegemukan.
B. Beberapa anak merasa malas untuk melakukan kegiatan fisik.
C. Hal ini pada kenyataan tidak hanya sekedar pada orang dewasa.
D. Diet adalah salah satu cara untuk mengatasi kegemukan.

37. "Itulah, Koko kita tidak boleh bersikap sombong. Seharusnya kelebihan yang kamu miliki, kamu manfaatkan untuk kebaikan," kata Tura menasihati. Mendengar nasihat Tura, Koko pun merasa malu. Dia merenungkan nasihat Tura dan berjanji tidak akan bersikap sombong lagi.

Apa amanat yang tepat untuk penggalan cerita di atas ....
A. Kita dapat menjadi orang yang sombong jika memiliki kelebihan.
B`. Janganlah menjadi orang yang sombong.
C. Kesombongan akan membuat kita bangga.
D. Hendaklah kita menasihati orang yang sombong.

38. Minarchi selalu belajar dengan sungguh-sungguh. Dia tidak mau menyia-nyiakan waktunya. Ia bahkan belajar dengan niat yang sangat tinggi. Sesulit apapun bahan pelajaran yang dihadapinya, Minarchi tidak mudah patah semangat. Apabila tidak mengerti ia segera bertanya pada guru atau teman.

Informasi tersurat pada cerita tersebut adalah....
A. Minarchi selalu belajar setiap saat
B. Minarchi tidak mudah patah semangat
C. Minarchi malas bertanya kepada gurunya
D. semudah-mudahnya peajaran, Minarchi ranjin bertanya

39. Suatu hari, karena begitu laparnya, ia makan semua makanan yang ada di meja, termasuk jatah makanan kedua orang tuanya. Sepulang dari ladang, bapaknya yang lapar mendapati meja yang kosong tak ada makanan. Marahlah hatinya, karena tidak bisa menguasai diri, keluarlah kata-katanya yang kasar. "Dasar anak keturunan ikan!" Seketika itu juga, isteri dan anaknya hilang dengan gaib. Ia menyesal atas perbuatannya. Karena ucapannya tersebut, ia telah melanggar janji pada isterinya.

Amanat kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Karena nila setitik akan rusak susu sebelanga.
B. Jangan mudah marah agar tidak menyesal.
C. Selesaikan segala persoalan dengan bermusyawarah.
D. Biasakan hidup sederhana jangan foya-foya.

40. Tumbuhan hijau membutuhkan cahaya matahari yang cukup untuk pertumbuhannya. Dengan mendapat cahaya matahari yang cukup, daun tumbuhan terlihat lebih hijau. Malah, tumbuhan yang kurang mendapat cahaya matahari, daunya lebih pucat. Selain itu, tumbuhan yang kurang mendapat cahaya matahari akan tumbuh tidak normal, yaitu memmounyai batang yang tinggi dan berdaun kecil.

Informasi tersirat dari teks tersebut adalah....
A. Tumbuhan hijau membutuhkan cahaya matahari untuk pertumbuhan
B. Dengan cahaya matahari yang cukup, daun tumbuhan hijau terlihat lebih hijau
C. Dampak negatif cahaya matahari untuk tumbuhan hijau
D. Manfaat cahaya matahari untuk tumbuhan hijau

41. "Jangan tanya bagaimana hidup di kota, jangan paksa aku untuk mengisahkannya. Sudahlah! Mending kita bicara yang lain saja,” buru-buru kalimat itu meluncur dari bibirku sebelum Parjo sempat menanyakannya. Bukannya enggan, takutnya kisah kota malah membebaninya. Bagaimana tidak, setengah lima pagi aku harus sudah bangun, mandi dan bergegas pergi ke ujung gang kampung tempat aku mengontrak sebuah rumah sederhana di sana sebelum jam menunjukkan pukup lima. Telat sedikit saja bisa ketinggalan bus jemputan perusahaan tempatku bekerja. Belum lagi, bahaya yang harus kulalui.

Amanat kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Tuturkan kondisi hidup di kota kepada setiap orang yang terdekat.
B. Sampaikan pengalaman hidup di kota dengan bijaksana.
C. Hadapi hidup ini dengan tegar dan bersemangat.
D. Bantu teman lama di desa dengan ikhlas.

42. Di sebuah desa hiduplah seorang petani. Ia bekerja sejak selesai subuh dan pulang saat matahari mulai terbenam. Ia giat mengerjakan sawah dan ladangnya. Ketika bekerja, Pak Tani tidak pernah mengeluh. Ia ingin membahagiakan keluarganya. Berkat ketekunan Pak Tani, hasil panennya sangat melimpah.

Informasi tersurat dari teks tersebut adalah....
A. Ia tak sanggup membahagiakan keluarganya
B. Ia bekerja sejak sebelum subuh hingga sakit
C. Berkat ketekunan Pak Tani, hasil panennya sangat melimpah
D. Di sebuah desa hiduplah beberapa orang petani yang kaya

43. "Maafkan saya, Rinda. Saya memang khilaf waktu itu," kataku pelan. Akhirnya muncul juga kata-kata itu setelah beberapa waktu tak jua ada keberanian untuk mengatakannya. Ya, aku memang harus minta maaf. Aku sadar, sikap dan kata-kataku tempo hari terhadapnya tentu saja telah membuatnya marah dan sakit hati. Dan kali ini aku sudah bersiap untuk menerima perlakuan dan makian paling kasar sekalipun dari mulut Rinda. Rinda diam sejenak, lalau memandangku tajam. Tetapi tak berapa lama, kulihat ekspresi Rinda seperti tengah menahan tawa.

Amanat kutipan cerita tersebut adalah ....
A. Hadapilah segala permasalahan dengan senyuman.
B. Memberi maaf tidak harus diucapkan dengan kata-kata.
C. Jangan takut meminta maaf jika melakukan kesalahan.
D. Saling bermaaf-maafan dalam persahabatan

44. Selain melakukan diet, mengolah tubuh merupakan cara yang dapat ditempuh untuk menyiasati masalah kegemukan. Akan tetapi, hal ini pada dasarnya tidak hanya berlaku untuk anak yang mengalami kegemukan, melainkan kepada setiap anak. Hanya saja, beberapa anak merasa malas untuk melakukan kegiatan fisik, terlebih jika layar kaca telah menghipnotisnya.

Makna tersurat paragraf di atas adalah ....
A. Setiap anak sebaiknya tidak terlalu terhipnotis dengan televisi.
B. Mengolah tubuh sangat diperlukan untuk semua anak tidak hanya untuk anak mengalami masalah kegemukan.
C. Layar kaca terlalu menghipnotis anak dan membuat anak malas untuk melakukan diet.
D. Diet adalah salah satu cara untuk mengatasi kegemukan.

45. Angsa buruk rupa telah berubah menjadi Angsa yang cantik. Diantara teman-temannya, dialah yang paling anggun. Sayangnya, ia menjadi Angsa yang sombong. Angsa tidak mau berteman dengan siapa pun. Lama-kelamaan, tak ada yang berani menyapa Angsa. Suatu hari, Ibu Angsa meninggal. Angsa pun merasa kesepian. Angsa mendatangi teman-temannya. Ia berjanji tidak akan sombong lagi.

Amanat cerita tersebut adalah....
A. Kita harus rendah hati meskipun memiliki kelebihan.
B. Kita harus memiliki teman-teman yang senasib.
C. Sebaiknya kita berteman saat dalam kesedihan.
D. Sebaiknya kita selalu tampil paling anggun.

46. Yanazein murid kelas VI SD 9 Sangatta Selatan. Ia tergolong anak rajin. sepulang sekolah, ia membantu ibu membersihkan rumah. sekalipun banyak pekerjaan dirumah. ia tidak mpernah lupa menyelesaikan tugas sekolah. prestasi Yanazein disekolah juga tetap memuaskan. Itu sebabnya Yanazein sering mendapatkan pujian dari guru dan disukai oleh teman-teman.

Informasi tersirat pada penanggalan teks ceriata diatas adalah....
A. Ia adalah siswa kelas VI SD 9 Sangatta Selatan
B. Prestasi Yanazein disekolah sangat memuaskan
C. Yanazein sering mendapatkan pujian dari guru dan disukai
D. Yanazein dipuji karena ia rajin dan berbakti kepada orang tua

47. “Hanya itu alasan Mama melarang Anisa menikah dengan Handoko?” Bibir Anisa menyinggung sinis. “Oh, alangkah piciknya pikiran Mama! Lalu apa artinya kemuliaan hati Mama selama ini yang Anisa kagumi? Padahal dulu Mama tidak pernah mempermasalahkan status Handoko yang ternyata belum mempunyai pekerjaan tetap. Demikian kakakku yang selama ini mendukungku sekarang berbalik arah.

Konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. Anisa dan Handoko tidak jadi menikah.
B. Anisa dilarang menikah oleh Mama dan kakaknya.
C. Mama yang berpikiran picik terhadap Handoko.
D. Keinginan Mama agar Anisa hidup bahagia.

48. Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan julukan Hamka adalah seorang ulama, sastrawan, sejarahwan, dan juga politikus yang sangat terkenal di Indonesia. Buya Hamka juga seorang pembelajar yang autodidak dalam bidang ilmu pengetahuan seperti filsafat, sastra, sejarah, sosiologi dan politik, baik Islam maupun Barat. Hamka dikenal sebagai seorang moderat. Beliau tidak pernah mengeluarkan kata-kata kasar dalam berkomunikasi. Beliau lebih suka memilih menulis roman atau cerpen dalam menyampaikan pesan-pesan moral Islam. Buya Hamka terkenal karena keteguhannya memegang prinsip yang diyakini. Inilah yang membuat semua orang menyeganinya.

Hal yang patut diteladani dari tokoh tersebut adalah ....
A. disegani banyak orang
B. sebagai ulama terkenal
C. teguh memegang prinsip
D. suka menulis roman atau cerpen

49. Ketika tubuhnya digerogoti penyakit dengan enteng orang miskin itu melenggang ke rumah sakit. Ia menyerahkan Kartu Tanda Miskim pada suster jaga. Karena banyak bangsal kosong, suster itu menyuruhnya menunggu di lorong.”begitulah enaknya jadi orang miskin,” batinnya,”dapat fasilitas gratis tidur di lantai.” Dan orang miskin itu dibiarkan menunggu berhari-hari.

Permasalahan pada kutipan cerpen di atas adalah ....
A. Tubuhnya digerogoti penyakit
B. Buruknya pelayanan rumah sakit
C. Susahnya menjadi orang miskin
D. Banyak bangsal yang kosong

50. Sampah yang setiap hari dibuang, sebenarnya bisa dibedakan menjadi dua macam sampah, yaitu sampah organik yang mudah membusuk dan sampah anorganik yang sukar membusuk. sampah organik, misalnya sisa makanan atau sampah dapur yang biasanya sampah, dan daun-daunan dari kebun. sampah anorganik antara lain plastik, kaca, logam, karet, dan kain.

Informasi penting didalam cuplikan tersebut adalah ....
A. sampah organik (basah) sampah anorganik (kering) palstik, kaca, makanan
B. setiap hari kita membuang sampah sampah basah dan sampah kering selalu membawa masalah plastik, kaca,dan makanan
C. sampah mudah membususk sampah sulit membusuk setiap hari kita membuang sampah
D. sampah ada dua jenis yaitu organik dan anorganik sampah organik mudah membususk sampah anorganik sukar membusuk